JakartaGreater.com - Forum Militer
Jul 292014
 
PT Freeport Papua (photo Reuters)

PT Freeport Papua (photo Reuters)

Jakarta – Renegosiasi kontrak karya antara pemerintah dengan PT. Freeport Indonesia tidak membahas perpanjangan kontrak. Wewenang untuk memperpanjang operasional perusahaan tambang emas terbesar di dunia itu bukan tanggung jawab pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Kita tidak memperpanjang kontraknya, yang berhak adalah pemerintah yang baru. Maunya mereka diperpanjang tapi kita tidak mau,” ucap Menteri Koordinator Perekonomian, Chairul Tanjung di kediamannya, Menteng, Jakarta, Senin (28/7).

Dia menuturkan, Freeport dan pemerintah sepakat dalam enam poin renegosiasi kontrak karya. Mulai dari pengurangan area penambangan Freeport, fasilitas bea keluar, kewajiban membangun pabrik pengolahan atau smelter, pemberian royalti sebesar 3,5-4 persen dari semula hanya 1 persen dan adanya uang jaminan untuk pembangunan smelter.

Untuk pemberian fasilitas pembebasan Bea Keluar (BK) untuk ekspor konsentrat, wewenang sepenuhnya ada di menteri keuangan.

“BK sudah keluar, tanya menkeu jangan tanya saya. Kalau pun sudah keluar itu tidak bisa otomatis. Cek list tetap dibuat,” kata dia.

Dalam pandangan Chairul Tanjung, poin-poin renegosiasi tersebut menguntungkan pemerintah Indonesia. Pasalnya, pemerintah akan mendapatkan pendapatan dari Freeport sekitar Rp 1,5-2 triliun.

“Pemerintah Indonesia sudah menyelesaikan masalah itu. Kita sudah banyak keuntungan. Menaikkan profit pemerintah,” ucapnya.

Dia menegaskan, renegosiasi dengan Freeport tidak dilakukan dengan sembunyi-sembunyi. Mantan Ketua KEN ini menegaskan prinsip nota kesepahaman harus dilakukan terbuka ke publik.

“Itu penandatangan memorandum yang sifatnya definitif diterjemahkan di amandemen kontrak karya yang baru,” kata dia. (Merdeka.com).

Berbagi

  144 Responses to “Freeport Sepakat Beri Royalti 3,5 – 4 Persen”

  1.  

    cuma segitu ya?? mestinya berapa?

    •  

      saya tanya pesawat ktx sudah test siap belum protaip, pesawat japang sudah siap protaip
      https://www.youtube.com/watch?v=v_KQ76YFF4s

    •  

      maunya 50%

    •  

      Yg diamanatkan PP no 9 tahun 2012 tentang jenis dan jenis tarif atas pemerimaan negara bukan pajak, pelaku tambang wajib menyepakati besaran renegosiasi dengan besaran emas 3,75%, perak 3,25%, tembaga 4%…. walau pada awalnya freeport menolak tp saat ini ketentuan itu disepakati untuk ditaati.

    •  

      untuk KSO minyak bumi bagi hasilnya NKRI 85 : 15 Kontraktor, wajib hukumnya utk di sama kan dg Freeport

      •  

        bung den bdg,

        ekstraksi mineral / penambangan dan eksploitasi sumur minyak adalah proses yang berbeda, di perguruan tinggi juga merupakan disiplin ilmu berbeda (makanya ketentuan2 pemerintah yang dibuat oleh pakar kedua bidang juga berbeda).

        sekali ditemukan, cadangan minyak tinggal dipompa dari perut bumi secara mekanis hingga habis, setelah penerapan teknik secondary ataupun tertiary recovery. operator melaksanakan tugas2nya di permukaan tanah.

        di tambang, untuk mendapatkan ton terakhir mineral para penambang/miner harus masuk semakin jauh ke bawah tanah, akses semakin sulit, resiko semakin
        tinggi, biaya juga semakin tinggi.

        sebagian besar proses pemompaan minyak bumi mekanis / otomatis, sebagian besar proses penambangan manual / membutuhkan sangat banyak operator aneka peralatan dalam proses estafet.
        komponen biaya produksi tambang lebih tinggi sehingga perhitungan bagi hasil juga beda.

    •  

      Rika oh Rika semua tambang ingin kau miliki, krn rika bisa menggulingkan presiden dgn konspirasi kudeta. dulu ada yg berani membantahnya “go to hell with ur aid” di gulingkan olehnya, bahkan pemimpinya pun berakhir juga.

  2.  

    test

  3.  

    lumayan 10 besar

  4.  

    test

  5.  

    Sy yakin di pemerintahan yg baru yakni pemerintahan jokowi-jk kontrak freport akn diperpanjang, untuk gas akn diobral ke china dg harga yg tak masuk akal dn merugikan bangsa. Kita lihat!

    •  

      Sependapat dng bung garuda

      •  

        Kurang sepakat…jangan menganggap rendah/remeh bangsa sendiri yang memang benar benar mau kerja bung…dan pilihan 70 juta rakyat indonesia…era nya sudah berubah….bersikaplah kesatria…kalau memang tidak terima dengan hasil pilpres kali ini ya mari bertarung lagi di pilpres 5 tahun lagi…salam

        •  

          Sepertinya anda salah kaprah saudaraku, sebagai warga negara sy mempunyai hak untuk mengemukakan pendapat. Tidak ada satu kata pun yg sy lontarkan kalau sy menolak hasil pilpres. Tidak kah kau sadar saudaraku pada zaman era bu Megawati gas tangguh di jual brp ke china? Ayo belajar dari sejarah dn jadilah warga negara yg cerdas dn tidak cepat lupa. Salam persaudaraan ๐Ÿ™‚

          •  

            Jngn curiga dulu bung kita liat aja dulu bgaimana kpemimpinan bliau kita tdk tau masa depanindonesia kdepanny seperti apa yg pnting kita kuatkan barisan jngn smpaikita dgoyahkan bngsalain sehingga mnghancurkan bngsakita sndiri

          •  

            Belum apaa2 udah pesimis….hadeuhhhh. emang no.1 ok?????

          •  

            Anda boleh beda, ini demokrasi tapi jangan menganggap anda benar sendiri dan orang lain salah. Silakan kritik bila merugikan bangsa Indonesia tapi pendapat yg hanya didasari prasangka negatif dapat berarti tuduhan dan menyinggung, tentu saja akan menimbulkan respon dari yg lain yg juga mempunyai pilihan yg berbeda dgn anda. Salam

          •  

            periode 5 tahun pertama akan penuh pencitraandi media. untuk melanggengkan kekuasaan 5 tahun ke depan lagi… nah setelh tahun ini bru dah muncul sifat aslinya…. jual sana jual sini. semga hanya #firasat

          •  

            Kalau anda tidak cepat lupa, tetangga saya masih hilang diculik majikan anda bung. Kalo anda tidak cepat lupa, saat kita berdarah2 membangun negeri I ini junjungan anda lari ke Jordan secara pengecut bung…

          •  

            bung garuda,

            sepertinya anda super duper salah kaprah.

            apakah mega dan jokowi kembar identik?
            apakah mereka masih satu garis keturunan sehingga mempunyai persamaan DNA?

            apa dasarnya memastikan kesalahan mega akan diulangi jokowi?
            dan karakter jokowi adalah fotocopy mega?

            sukarno adalah pemimpin besar, mega pemimpin kelas pinggiran, ini bukti bahwa kesamaan DNA sekalipun bukan jaminan bahwa kualitas 2 manusia akan identik !
            apalagi yang beda asal usul !

            jangan biarkan suudhon melumpuhkan logika dan membutakan mata anda!

    •  

      Tunggu aja kasus busway karatan keluar, biar anda tau siapa Jokowi sebenarnya. Ungkapan Jokowi bersih itu sama aja bilang air laut itu tawar.

    •  

      Jokowi presiden pilihan Tuhan. AMIN.
      Yang kalah dipersilahkan untuk lengser ke prabon.

      Looserโ„ข

    •  

      Mungkinnnnn
      jokowinya tidak tp partai dan ketumnya?
      katanya kan PD partai ter korup pas dirilis KPK nyatanya siapa
      bendum nya aja skrng kena

      maav saya bukan anti jokowi
      cuma saya anti partainya

    •  

      udaahh dieemm..!!!!
      kita tunggu KPK yang mau gelar perkara kasus BLBI salah satunya kebijakan RnD Buatan bu mega…. kalau sampai iya….. bisa2 oma mega nyungsep di penjara

      •  

        sebelum itu terjadi kpk nya pan dikebiri dulu….. :mrgeen: ….he,he,he

      •  

        Hati2 kebangkitan trio musketeer ari soemarno, raden prijono, efendy simbolon… ari soermarno pernah diangkat yu, tun aka si ibu sebagai dirut PETRAL tahun 2003, lalu terkena skandal minyak zatapi di tahun 2006, beliau juga kakak dari rini soemarno swandi (timses) mantan menperindak era yu, tun 2001-2004. Raden prijono mantan ketua BP Migas yg disinyalir ada permainan dgn kernel oil dan PT Parna Raya di SKK Migas. Efendy simbolon dgn kerabatnya artha meris simbolon mendirikan PT Parna Raya.

        Waspadalah akan segala gerak geriknya…

    •  

      Bagai mana dengan kasus bus transjakarta

    •  

      Just info saja. Partai pendukung jokowi banyak disupport oleh para mafia yg ada di singapura spt salim, riady cs dll. Pd waktu mega memerintah byk asset BLBI spt BCA yg dijual murah skg BCA mjd milik salim lg dan mjd besar skg, seharusnya BCA tetap mjd BUMN tdk perlu dijual lg. Berkat konektivitas mereka indosat jatuh ke tangan temasek. Saya yakin nasib FIR akan terbengkalai krn pengaruh para cukong di singapura ini.

      •  

        Weiii….!!!! Konser sakit hati kah…!!! Seng LEGOWO ( let it go WOO…) hahaha…

        •  

          Weehh salah coblos kalau gitu saya kemarin……biar lain kali Legowo yang menang….., kalau saat ini yang kalah kan bukan Legowo Subianto…..biar aja proses untuk Menang bermartabat dan Kalah terhoermat dijalani… sejauh sesuai perundangan….ya jalani saja gitu aja kok repot……

      •  

        Info di atas belum valid, contohnya pemilik BCA saat ini bukan lagi keluarga Liem….tapi Jarum Kudus…..

      •  

        Sekedar info aja pendukung wowo jagoan karapan sapi, jago nabrak orang n tรชteup bebaz, jago Nilep Alquran n Haji, dan semua ada di media resmi bukan abal2 macem obor penghasut rakyat…googling aja ndiri paling entar bilang Google dibayar halllah kaya Ahmad dhani aja gk brani potong burung ngeles doank…

    •  

      Belum apaa2 udah pesimis…….hadeuhhh.emang no 1 ok????

    •  

      masalah lain sudah sering dibahas, jadi tidak usah di perpanjang lagi

      daripada mengudurkan diri dan menunggu denda 50m

    •  

      culikbaaa…culikbaaa

      ente masih lapar? kacian…
      makan dulu nasi bungkusnya

    •  

      janganlah kalian mencela,. Coba kalian intropeksi diri,. Apa Yang telah anda lakukan untuk bangsa ini, klo blum Ada tolonglah hargai mereka yg punya niat untuk membangun bangsa tercinta kita ini, thanks

    •  

      Langsung TKP gk pake ngecap, pedez n hottzzz

    •  

      heran ujug2 jadi banyak banget peramal dadakan kelas kakilima tentang apa yang akan terjadi 5 tahun ke depan…

  6.  

    Ijin nyimak

  7.  

    walau tetap berharap , gak yakin pemerintahan jokowi – jk akan lebih bertaring di depan asing

    •  

      Kita harus optimis siapa pun presidennya. Saya aja gak memilih keduanya karena dari dulu saya berprinsip akan menjagokan presiden yg bisa menjadikan syariat islam sebagai hukum negara. Di dua pilihan tidak ada kriteria saya.

      Sedikit bercerita kebelakang, dulu Pak SBY membentuk Partai Demokrat dasarnya dari mana?? Beliau berkunjung kemana dan meminta restu siapa?? Dan akhirnya terbentuk yg namanya partai Demokrat. Di akhir masa jabatannya, ada masyarakat yg mengakui beliau berhasil membawa negara ke arah yg lebih baik. Dab melupakan awal sejarah beliau. Nah begitu juga dengan presiden kedepan, mari kita hormati walaupun beliau tidak kita sukai. Tapi di hati harapan beliau berbeda dengan apa yg kita pikirkan pasti ada. Harapan rakyat adalah harapan negara. Ingat Negara kita bukan presiden, tapi negara kita Indonesia…

  8.  

    10 besar kah

  9.  

    jika seribu kambing jika dipimpin oleh seekor harimau akan mengaum semua. Namun seribu harimau jika dipimpin seekor kambing maka akan embeeeek semua. Sejarah mengajarkan kepada kita: Kualitas kepemimpinan menentukan bangkitnya atau rubuhnya suatu bangsa. pernyataan prabowo

  10.  

    Soal negosiasi, jujur saya tidak berharap banyak pada pak Jokowi. Harapan saya sekarang bersandar pada pak JK. Yang masih jadi masalahnya, pak JK belum didukung oleh partainya dalam koalisi. Semoga nanti Golkar tidak menempatkan diri sebagai oposisi, selain kurang bertaring, suaranya akan lebih bermanfaat apabila diletakkan sebagai penyeimbang suara PDIP dalam koalisi. Supaya kemampuan JK bisa maksimal, jangan ciptakan salah satu partai sebagai suara mayoritas dalam koalisi.

    •  

      Bung yayan…sy jd inget politik luar negeri inggris…jangan ada hegemoni tunggal di eropa…yg lain terserah…

      Politik ini digenggam inggris dari era napoleon hingga sekarang…inggris berani melawan apabila ada negara yg mau jadi raja diraja eropa walaupun ia bkn yg terkuat…napoleon,tsar rusia,utsmaniyah,Hohenzollern,mussolini hingga hitler pernah merasakan sengatan inggris walaupun ia sendirian sementara negara eropa lain sdh menyerah kalah…tp ingris sendiri jg tak mau jd raja diraja karena inggris tahu mengawasi imperium yg luas bkn perkara mudah…akan lebih baik kalau mereka jd sekutunya saja dan memerintah bersama secara oligarki…

      Alangkah bijaknya kalau indonesia jg begitu di kawasan…jgn biarkan ada hegemoni yg begitu sombong di asteng…ajarkan mereka supaya tahu diri…dan itu berarti otot karena di asia otot adalah bahasa negosiasi…

      Tinju kita harus di arahkan ke utara sementara keselatan uluran tangan sementara bs kita lakukan karena di selatan darah anglo saxon masih tersisa mengalir sehingga kompromi masih bs dilakukan…pd dasarnya politik luar negeri australia sama dgn inggris sementara utara? :mrgreen:

      •  

        Betul bung Wehr..! Dalam politik luar negeri, dari dulu saya mengidolakan Inggris. Jerman juga, dimata saya, sekarang mulai kelihatan bagus. Soal pak Jokowi, saya bukan tidak suka pada sosoknya, tapi saya masih kurang percaya dengan orang-orang yang berada dalam partai yang mengusungnya. Karena itu diperlukan penawar yang cukup, agar beliau bisa mengambil dan mempertahankan kebijakan pro rakyatnya. Saya masih trauma dengan propaganda partai wong cilik, tapi yang dibela justru wong licik. Lihat saja kasus Kwie Kian Gie, yang nekad melunasi hutang Indonesia di IMF, malah ditendang akhirnya. Karena mayoritas suara partai sudah dan mudah terbeli oleh kepentingan asing. Saya masih menunggu sosok penentu dalam pemerintahan mendatang, untuk bisa menyimpulkan apakah partai yang satu ini sudah bereformasi, atau bahkan mungkin telah mampu menjadi pelopor dalam revolusi mental yang sempat didengungkan sebagai jargon politiknya. Atau..? Sama-sama hanya akan jadi pengekor? Hehehe..! Wait and see, bung..! Saya juga masih mengkhawatirkan proses resufle kabinet di kemudian hari. Tapi saya gak mau paranoid. Saya akan memulainya dengan sikap percaya dan berjaga. Salam hangat bung..!

        •  

          I like it ๐Ÿ™‚

        •  

          Sama bung yayan…sy jg menunggurekonsiliasi nasional pasca ancur ancuran pilpres…sy tebak jokowi akan menawarkan pembagian kabinet pada koalisi merah putih sbg pampasan perang…ini agar kebijakannya tdk dijegal oposisi di parlemen…

          Tp tetep posisi menko ekuin dan menkeu di genggam erat erat…secara gitu loh ๐Ÿ˜€

          Salam hangat juga bung yayan ๐Ÿ™‚

        •  

          Tepat sekali analisa anda bung Yayan. Saya sependapat dengan anda. Bila belajar dari sejarah, saya kurang percaya sekali dengan partai yg mendukung jokowi, makanya saya sangat berharap sekali jokowi lebih memperhatikan suara rakyat dibandingkan suara partai. Anda sbg presiden mempunyai wewenang yg lbh tinggi utk memajukan bangsa ini. Jangan ada kompromi politik dgn partai bila ingin merusak bangsa ini demi kepentingan segelintir wong licik.

        •  

          sepemikiran bung
          yg bahaya adalah di blkngnya

    •  

      Makanya mama suruh drumah aja ngurusin dapur…tuh cucian piring bekas ketupat rendang masih banyak lemak…urusan politik serahin sm anak angkat aja…mama drumah duduk manis terima setoran di rekening beres kan?

      Tuh bos lumpur suruh sowan dulu sama kanjeng mami biar direstuin koalisi…kepentingan bangsa dan negara lebih penting drpd urusan sunlight ama molto…

      Kalo soal SBY sy yakin tanpa restu mami pun tuh bos mebel akan tetep ngerapet karena SBY kuncinya bkn demokratnya…kalo mau pak beye bisa bkn partai baru…demokrat silakan di bawa anas ke cipinang…

  11.  

    seharusnya royalti yang diterima negara 10-20 %. untuk kemakmuran indonesia khususnya masyarakat papua. lebih bagus lg klo freeport di nasionalisasi, agar NKRI semakin Mandiri.

  12.  

    untuk saat ini seharusnya royalti yang diterima negara 20-30%. untuk kemakmuran indonesia khususnya masyarakat papua. lebih bagus lg klo freeport di nasionalisasi, agar NKRI semakin Mandiri.

  13.  

    Lumayan 2T ^_^)..
    Tangguh brani berapa?
    Wah besok ikutan nodong yg di medan ah.
    Lenih bagus macem inalum.. 100%daerah

    •  

      Inalum jg bs kita ambil karena peran pemerintah pusat bung BHL…daerah taunya bersih karena jepang tentu saja gak mau negosiasi dgn pemda karena gak ada untungnya buat jepang…tanpa restu pusat daerah cm omong kosong tanpa jaminan untuk memegang janjinya…yg dipegang jepang janji pemerintah pusat (kompensasi kalau jepang mau lepas saham inalum)…kalau daerah sih banyakan bualnya…

  14.  

    klo freeport cuma mau ngasih segitu,
    berarti republik ini cuma dianggap SAMPAH oleh mereka.

    •  

      Iya iyalah… masa sih alumunium aza laba bersihnya 68,61US$. Belum keuntungan lainnya bagi daerah. Listrik dan air misalnya.

      •  

        Bukan uranium. Tapi plutonium. Dan itu bukan inalum. Itu bukitbarisan. Penunggunya ada mawas dan harimau. Tenang aja…

        Inalum = alumi ingot. Ga tau apa beda.

        •  

          Inalum=perusahaan industri alumunium patungan Indonesia-Jepang di Asahan-Sumut, yang sudah diakuisisi sepenuhnya oleh pemerintah.

          Alumunium ingot=alumina(Al2O3)=alumunium dioksida. Semoga tidak keliru. Salam hangat untuk semuanya..!

  15.  

    Harusnya Minimal royalti 20%, kalo gak bisa bayar…ya bayar saja dengan F16-52 sebanyak 4 skuadron.

  16.  

    Lumayanlah untuk kado akhir jabatan bapak SBY .. menambah pendapatan negara ..
    walaupun jumlahnya tidak seperti yang seharusnya diperoleh sebagai yg empunya harta. .
    btw , untuk royalti apakah diberikan berdasarkan waktu per brapa tahun? dan jumlah 3% royalty itu apakah diambil dari laba freeport per tahun atau gmana bung yayan?
    *Salam Lurus *haha

  17.  

    3.5-4% ? Yg bener aja…kayaknya pemerintah harus sekolah lagi khusus pelajaran “Negotiation skill”.

  18.  

    Selain freeport, sektor lain yang akan menuai hal yang serupa adalah sektor migas di laut dalam. Sampai saat ini, hampir semua blok migas di laut dalam dikuasai oleh asing. Bahkan sampai saat ini, Pertamina tidak punya satu blokpun. Selain faktor keterbatasan teknologi, sektor migas laut dalam, tergolong sektor yang padat modal. Seandainya kelak perusahaan asing itu mampu menghasilkan minyak dalam jumlah yang spektakuler, akankah pemerintah kita juga mampu bersuara lantang?

  19.  

    “Naik menjadi 3,5 – 4 % itu sudah menguntungkan”. Apa gak salah itu? Dari mana untungnya? Kl memang untung perlu dikeluarkan laporan audit yang transparansi terhadap freeport. Kadang saya gak habis fikir soal parameter “untung” dari para pemimpin di negeri ini.

    #cumabisagarukgarukkepalaaja

  20.  

    Mungkin perlu dicermati lagi bung..! Yang dimaksudkan 50% itu adalah kepemilikan saham negara di perusahaan. Sedangkan angka 3.5-4% adalah royalty yang harus dibayarkan oleh perusahaan pada kas negara dari setiap hasil penjualan produknya. Royalti akan berada pada jumlah yang tetap sesuai dengan kesepakatan, sedangkan dividen, dihitung dari persentase penjualan dengan jumlah kepemilikan saham. Ringkasnya, sumber pendapatan negara dari freeport setidaknya akan berasal dari royalti, dividen dan pajak. Maaf, sekedar opini tukang masak. Hehehe..! Salam hangat bung..!

  21.  

    Maap maap. Keliru persepsi. Okelah kalo begitu good job. 3,5 sampe 4% tapi belum di perpanjang kan yah. Sekali lagi maap

    •  

      Gak ada yang perlu dimaafkan, bung..! Keliru itu soal biasa dan lumrah..! Hehehe..! Justru saya yang seharusnya minta maaf, udah bikin bung freakout merasa terdebat. Saya gak punya niat dan maksud apa pun bung. Senang sekali bisa berinteraksi dengan anda..! Selamat menikmati liburan idul fitri..! Salam untuk keluarga..!

      •  

        Kalo bisa debat sama bung yayan saya sangat senang yang jadi masalah kosakata saya jelek jadinya ngga enak di baca deh. Yang ada di kepala sama yang di tulis kadang beda jauh persepsinya. Makanya saya belajar komen di sini biar agak lancar mengemukakan pendapat sesuai yang di fikirkan soalnya dari kecil di ajarin kudu 1,2 langkah di depan. Asli ngga nyambung dah untuk kebanyakan orang. Bung bhl aja tensinya di turunin, itu aja masih banyak yang ngga ngeh kalo ngga di jelasin bung wehr.

      •  

        mohon maaf lahir batin warjagers….

        bravo bung @yayan dan @freaxout….anda berdua telah memberikan contoh diskusi yang sehat….bebas mengemukakan pendapat sekaligus terbuka akan koreksi dan pembelajaran…

        salam iedul fitri bagi yang merayakan.

  22.  

    Itu sudah biasa pemerintah indonesia.carilah pemimpin yg beda mungkin presiden dari papua klo mampu dan sanggup ga masalah yg penting hebat cerdas dan bermanfaat.indonesia satu.harus cepat2 pemerintahan ekonomi indonesia.makannya hidup itu mikir kedepan jauh.klo tidak negara ini akan selalu tertinggal.good luck.from kuli tukang panggul

  23.  

    Salam hangat bung surya. Satu lagi skenario. Kalo melon ngambil camar bulan ama tanjung datuk bijimane. Kalo di samperin nanti ngomong soal nyang berbilion ringgit sama sosmed. Si upil minta jatah fir ato kite jangan ngelobi si kuning buat terusan di sonora kalo ngga nyang di kapalin diomongin. Joechink lagi ngebet pingin jatah di lcs kalo ngga nyang hacker sprinnya di keluarin ke sosmed, tante rossiyah nanya kelanjutannye apa mau terus ape kagak. Kalo si asu ame sonotan udah keliatan maunye.

  24.  

    Iya anda orang berada kalo ane cuman pkl bang beli data plan aja ngirit2. Lagian sepeda sekarang ngga kayak dulu 1 ltr bisa 90 km sekarang bisa 40 km aja udah bagus dengan cc yang sama

  25.  

    Lama banget tidak jumpa Bung Surya dengan A1-nya. Semoga sehat selalu…

  26.  

    Kl presiden yang menang yang di dukung oleh gerombolan preman yang ngmngnya sok hebat ya pasti lbh ambrol indonesia…..bs bs bkn cm freeport tp sexan ama papuanya di jual bkn cm di kontrak

  27.  

    jadi dengan memakai bbm subsidi bisa menjadi patokan seseorang untuk dapat berpartisipasi di forum ini dan menunjukan rasa cinta nya kepada Banga ini? @Bung wekudoro

  28.  

    kalau ngomong yo disaring dulu tho Bung…

  29.  

    Assalamualaikum …
    Saya senang di warjag ini karena etika berdebatnya lebih baik dari formil lainnya …
    Jadi jaga etika berdebatnya …
    Sesuatu yang baik bila disampaikan kurang baik maka hasilnya juga tidak maksimal …
    Be your self, stay cool and lovely and keep istiqomah …
    Salam Indonesia Besar …

  30.  

    Pak [email protected] belajar cuisine di mana dan pengalaman kerja kuliner di company apa aja ya…Sir you’re so smart. Pak yayan hobinya apa sih

    •  

      Saya ambil D3 perhotelan di salah satu akademi perhotelan negeri di Indonesia. Melanjutkan S1 untuk bidang Art Culinary di La Trobe university Australia. Kemudian ambil S1 Marketing di salah satu STIE di dekat rumah di Jakarta. Balik lagi ke Australia, ambil S2 untuk management hospitality. Di Indonesia saya pernah bekerja untuk perusahaan perhotelan Sedona, Sahid, Hilton dan Shangri La. Kembali ke Australia, bekerja untuk sebuah perusahaan kapal passenger. Pernah mengelola Le Meridien Hotel Singapore, pindah ke Jepang, bekerja untuk Le Cordon Bleu Asia. Setelah itu dan sampai sekarang, saya bekerja untuk sebuah perusahaan investasi bidang hospitality terbesar di Asia dari Jepang. Hehehe..! Asli sipil kan? Salam hangat untuk anda..!

      •  

        He he…asli sipil bung yayan,iya…tp mengingat tulisan bung yayan berkonsep indeepth news dgn gaya bertutur bergaya global full report,mengingatkan sy pd tulisan PK Ojong dan Ong Hok Ham…saya tebak bung yayan lulusan jurnalistik atau hubungan internasional,lulusan yg paling di cari kemenlu dan badan intelijen….sy tebak bung yayan ini agen….minyak! Licin sekali soalnya…peace bung yayan ๐Ÿ˜€

        •  

          Hehehe..! Saya mau banget jadi agen minyak perusahaan Shell untuk seluruh Indonesia..! BTW, PK Ojong yang anda sebutkan, adalah salah satu idola saya dan juga idola ayah saya. Tapi kalau saya pribadi sih, masih jauh, gak ada apa-apanya..! Soal kursus jurnalistik, itukan salah satu ekstra kurikuler waktu SMP dulu. Hahaha..! Salam damai juga anda..!

      •  

        Bung yayan di Shangrila thn berapa…jkt ato sby…

    •  

      Wah!! Bung black belum faham juga. Bung yayan ini a.k.a casey raybeck !! menunggu sekuelnya mengenai konspirasi di semenanjung Andaman saja belum rilis ini trailernya. Terutama ketika adegan pemaparan dari sumber terpercaya mengenai dirty war di sana beserta warlord-warlord yang turut membina kericuhan di aceh dan pengerahan volunteer perang afgan. Salam tabik bung black dan diplomat mr.yayan..

    •  

      Thanks Mr yayan; kalo juragan meubel lelang jabatan menteri, ikut aja…

  31.  

    Oh ya … Ngomong-ngomong bung yayan lagi di awasin terus sama formil malaysia neh …
    Hati-hati bung yayan …
    Malaysia tidak seperti Indonesia yang bebas berbicara apa saja …
    Salam hormat …

    •  

      Gak juga bung..! Bahkan diantaranya adalah teman saya. Jadi kami bersahabat kok..! Beberapa blog militer malaysia memang ada yang didrive oleh militer aktif, tapi kebanyakan dimiliki oleh anak pensiunan perwira, atau ada juga seorang dokter anak dari tentara yang kecelakaan helicopter. Kalau ada tokoh penting di hotel saya, mereka suka contact saya untuk dihubungkan dengan beliau. Alhamdulillah, so far so good..!

    •  

      Lebih tepat diawasi bung afiq bung sea. Ini materinya bakal dikolase dan elaborasi jadi Setra ganda mayit part deux…

    •  

      Kalau bicara soal diawasin,, saya pernah coba lacak JKGR menggunakan alat kantor. Saya lihat selain Indonesia sebagai mayoritas, negara lain yg aktif disini kebanyakan datang dari Singapura (kedua) dan beberapa negara di timur tengah… Mantab juga nih

  32.  

    Nyelip ditengah-tengah bung yayan dan bung freaxout aaahhh
    Monggo dilanjut

  33.  

    Smg capres..yg… jd.

  34.  

    Mau nanya nih sesepuh…
    Seandainya pilpres thun ni gagal di mnangkan kubu no2 apakah ,,satrio bergelar jokolelono akan naik tahtaa..
    Pnya istana megah tapi hidupnya tak brntung,trlunta lunta..apaa yg dia lakukan tak prnah ditrma masyarakat,…dialah satria yg akan membawa indonesia gemmah ripah loh jinawi..jokolelono

  35.  

    Klo mngmbil iatilah NOTONEGORO..harusnya RO.rhoma irama heeeheee

  36.  

    pemimpin itu paling mudah dinilai kesalahannya…
    aku tak sanggup menilai kesalahan para pemimpin yang sudah memimpin negeri ini karna malu pada diriku sendiri yang belum mampu “memberi” pada negeriku ini

  37.  

    Sabar Bungโ€ฆ.
    Disini Warga JKGR pinter pinterโ€ฆbungkus dianggap mencerminkan isi..kalau komentnya kurang santun sepertinya perlu belajar lagiโ€ฆ

  38.  

    Bung jet lg ngelindur yak ???…

  39.  

    Buat bung Blaze … Sory jawabnya disini aja … Soale pake HP jadul neh, ga bisa repost …
    Waktu saya main di formil malaysia nama bung yayan sering disebut sebagai mata-mata dari Indonesia yang ada di KL …
    Makanya saya sedikit khawatir juga … Ngomong-ngomong bung Afiq jarang ‘ngopi’ di Warjag lagi neh … Keseringan di TANDEF yah …
    Peace …. Salam Hormat buat semua …
    Jaga persatuan …

    •  

      Saya merasa mereka paranoid bung sea. Bung yayan menurut pendapat saya adalah military enthusiast. Untuk masuk core dengan data valid, seorang harus menjadi profiler. Mencermati hal-hal yang remeh. Diksi kata-kata, penempatan titik perhatian, kekeliruan minor, opini, fakta dan rumor. Beberapa senior pun kadang ada yang dipertanyakan dalam penyampaian info, ditilik dan kesesuaian bahasa, latar belakang,dialektika, justru anda bisa menafikan info yang ada. Tapi menurut pendapat saya beliau ini profesional muda yang antusias dalam berbagi berita, kesenangan dan kolega. Tidak bisa dibayangkan bung yayan yang berpenampilan seperti chef arnold diusia menjelang akhir 30 an sampai diduga mata-mata. Terlalu berlebihan nampaknya bung sea.

  40.  

    begh di JKGR masih banyak yang tidak terima dengan no.2….kasihannnnn
    Seorang mantan ketua MK dari kubu no.1 saja sudah menyerah dengan hasil PILPRES
    suara rakyat = suara tuhan, salam 3 jari

    kQ5x3BDSHvY

  41.  

    gk juga bung @ djoeni..itu opini dan kritikan membangun buat RI kita selanjutnya koq kl bung djoeni menanggapi dgn arif. …Suara rakyat yakin? Suara yg milih kubu lainnya dan Golput kl d gabung banyak lho.. itu jg rakyat koq

  42.  

    nyimak

  43.  

    Ini mah bukan A1 lah, ntar kalo dah dilantik baru pasti hehehe…aya aya wae nih

  44.  

    Pastinya akan ada gugatan balik dari kubu No.2 bung jadi nggak kelar-kelar dah

  45.  

    jOKOWI ITU pencitraanya rapi,bisa dihargai oleh media,tp pernyataan dilapangan beda,seperti kasus,MRT,BUSWAY,KJS ( program in sebelum Jokowi jd gebernur udh ada tinggal ganti nama aj ),ESEMKA,kalau org Awam itu bahwa Jokowi baik,tp org yang tahu politik & wawasan bahwa jokowi tidak sesuai dg kata2nya

  46.  

    bung @Herman saya adalah pengidola sosok prabowo dan tentunya kecewa dengan kekalahan beliau, tapi tidak berarti dengan kekalahan beliau saya mencari2 kesalahan sang lawan. terus terang saya tidak terlalu yakin akan kepemimpinan pak jokowi kelak, tapi marilah berdemokrasi secara sehat, beliau dipilih oleh 70 juta rakyat indonesia yang saya yakin mereka punya alasan kuat tersendiri. kalau pun anda yakin pak jokowi selama ini melakukan pencitraan dan berbagai hal yg anda sebutkan, kawal kepimpinan beliau, jika dalam kepemimpinannya kelak hal yg anda sebutkan tentang beliau terbukti, saya yakin bukan anda saja yang akan menjatuhkan beliau tapi juga 70 juta rakyat indonesia yg memilihnya juga akan menjatuhkannya. jadi mari bung kita kawal pemerintahan yang baru dengan harapan indonesia lebih baik
    salam damai…… indonesiaku

  47.  

    @Djoeni saya suka gaya loe ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚
    bagi kubu pasangan no.1, salam 3 jari
    jangan suka menebar fitnah, tidak baik ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚
    macam ini contohnya
    http://www.youtube.com/watch?v=S9pfcbCzprU

    cie-cie ada yang fans sama JKT48
    http://4.bp.blogspot.com/-sisMs63mTXI/T7Z1QdIvHZI/AAAAAAAABDg/Y6umequm4cY/s1600/1761_-_ghaida_JKT48_kinal_sonya_ve_wallpaper.jpg

    Mana katanya jiwa prajurit, apalagi mantan seorang jendral (jendral luarbiasa) yang tidak bisa menerima kekalahan. malah mengundurkan diri yang justru mencedrai sistem

    dan buat yang alergi dengan pencitraan JOKO WIDODO monggo di baca
    kalau Jusuf Kalla saya kira tidak usah, karena sepak terjang beliau sudah sangat banyak ๐Ÿ™‚

  48.  

    50%=deal / <10%=get out

 Leave a Reply