Nov 242015
 
Freeport

Freeport

Meski belakangan menimbulkan kegaduhan, PT Freeport Indonesia tetap ingin pembicaraan renegosiasi kontrak yang akan habis pada tahun 2021 dilakukan secepatnya.

Menurut Freeport, pembicaraan renegosiasi kontrak itu tak harus menunggu 2019 sesuai yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No 77 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

“Kami ingin secepatnya, karena ada karyawan kita yang banyak. Kita ingin secepatnya renegosiasi,” kata Vice Presiden Corporate Communication PT Freeport Indonesia Riza Pratama di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, (23/11/2015).

Riza membantah keinginan membicarakan perpanjangan kontrak ini membuat PT Freeport akhirnya berusaha melobi berbagai pihak, seperti Ketua DPR Setya Novanto.

Riza pun enggan banyak berkomentar pertemuan antara Presiden Direktur PT Freeport Maroef Sjamsoeddin, pengusaha minyak Riza Chalid dan Setya Novanto itu.

“Enggak enggak, kami hanya negosiasi dengan (kementerian) Energi dan Sumber Daya Mineral,” ucapnya.

Menurutnya, saat ini upaya untuk membicarakan renegosiasi kontrak ini secepatnya, adalah dengan menunggu pemerintah merevisi PP No 77 tahun 2014.

“Kita tunggu rekonstruksi hukumnya. Itu kan janji dari pemerintah, kita menunggu untuk rekonstruksi,” ucapnya.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said sebelumnya melaporkan Setya Novanto ke MKD, (23/11/2015).

Bisniskeuangan.kompas.com

https://web.facebook.com/JakartaGreater

  54 Responses to “Freeport Sudah Tak Sabar Ingin Renegosiasi Kontrak Secepatnya”

  1. Numero uno

    • Selamat ya bung Blackdevil….. anda layak dapet Olla Ramlan !!… xixixixi…

      • Mooh aku mas..istri orang,mending yg dodolan di pinggir jalan aja asalkan bkn istrinya orang.aku bukan aril peterpan mas…ajo kesusu mas,xixixixixi

        • Selamat ya bung Blackdevil… anda layak dapet yg dodolan di pinggir jalan karena anda bukan Ariel Peterpan !!… xixixi….

          #edisi revisi….. kabuuuuuur…

    • freeport ingin memperburuk dan memperkeruh susana supaya makin gaduh dan memasang supertrap pd pemerintahan ini………..

  2. Ooo.. jd nuntut di revisi pp No 70 thn 2014.

    • Nomer duo dapet Ayu Tingtong !!… xixixi…

    • sepertinya begitu…….

    • ya jelas nuntut dianya mas orang udah di janjikan sama ESDM kemarin sempet di tayangin surat nya waktu di ilc ditanda tangani mentriESDM dan tembusan presiden indonesia yang akan menjamin freeport tetap operaasional meski tidak akan pernah membangun smelter seperti yang tertara dalam uu minerba tahun 2014, saya paham bahkan sebelum isu mama minta saham di gulirkan yang jelas setya novanto dah masuk jebakan dan sekarang dia tinggal nunggu nasib aja namanya dah masuk perangkap setelah itu ya terserah yang memerangkap mau di apain nih setya novanto,

    • tuker 2 ska F-22 gratis…

  3. papa restui perpanjang free repot selama satu abad

  4. Kenapa harus di refisi PP nya…ahh gk bener ni,kalau sampai di refisi berarti nanti tanda tangan perpanjangan kontraknya tidak menunggu 2thn sebelum masa kontrak habis lagi,kalau seandainya nanti diperpanjang kontrak freeport.
    Seharusnya yg di refisi itu adalah royalti,pajak atau saham yg di terima negara ini.sdh cukup puluhan tahun kita di kuras sama freeport.bayangkan saja seandainya pendapatan dari freeport di gunakan untuk membiyayai pangkalan militer asu,bisa 2atau 3 pangkalan di biyayainya…coba dari dulu para pengusaha kaya di indonesia seperti bos rokok sama bos lapindo gabung untuk beli seluruh saham freeport pastinya kan lebih bermanfaat.tinggal kita pilih mau di curi orang asing atau di curi anak bangsa sendiri…????
    Kalau freeport sdh 100% milik kita kan gampang kita kelolanya..maaf orang mabok lagi marah,jd ngelantur bicaranya…kata bung@bw edisiesmosi…….xixixixxxixi,salam semuanya

    • Nasib rakyat hanya bisa mengeluh. Coba klu …… ‘
      Keliatan bakal diperpanjang…….tinggal poin anu.. saham anu brppp…
      papa mamah jahat….. apalagi nenek ……

  5. sukses ya say Bung PKB daku muncul lagi, semoga dikau dn warga JKGTR sehat selalu, nafas segar bugar

    waaah andaikan tu minimal 50-50 % gaji para abdi negara pasti tdk sekarat,

  6. sabang bar..eh sabar bang..tunggu aja th 2019 ngga usah revisi pp no 77..klu kami rakyat Indonesia sih ngga sabar revisi royalti yg harus dibayarkan freeport..

  7. gak perlu diperpanjang lageee..
    segeraa nasionalisasii, kita mampuu kok menggelolaa…

  8. yg harus jd catatan penting pemerintah jika ingin mengubah pp no 77 thn 2014 adalah pemerintah harus memastikan bahwa dlm pp yg baru nanti indonesia harus memperoleh pembagian keuntungan yg proporsional minimal 50:50 pembagiannya, jika tidak maka seperti pemerintahan masa lalu pemerintah kita telah melanggar UUD 1945 pasal 33 yg menyebutkan “”bahwa bumi air dan yg terkandung didalamnya harus dimanfaatkan yg sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat indonesia”, untuk itu terkait dg permohonan izin usaha pertambangan khusus yg diajukan oleh PT freeport terhadap RI mari kita dorong bersama agar pemerintahan ini bisa mengambil leputusan yg terbaik untuk bangsa ini dg memberikan kritik dan masukan yg konstruktif agar tercapai cita2 kehidupan berbabgsa yakni kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

    • Setujuu @bung santri gaul,benar harusnya pembagian keuntungannya 50:50.. jgn kita tekor mulu dan cuma dinikmatin sebagian pihak aja.. 🙁

    • percuma pemabgian 50;50 tuh liat sekarang aja dpr teriak teriak minta dana aspirasi peranggota 20 milyar…kalo dapat 50% dari freeport bis bisa dana aspirasinya bisa naik 50 milyar per anggota…kalo dpr aja bisa berani meminta 20 milyar berarti apbn negara ini besar sekali…sayang hanya diketahui dpr saja…………….

  9. yeee masa negara kalah sama perusahaan asing. ckckckckck

  10. Rakyat Indonesia sudah tak sabar Freeport hengkang dari Papua..semoga Pemerintah BERANI untuk tdk MEMPERPANJANG KONTRAK KARYA yang habis tahun 2021 dan diganti Perusahaan milik Pemerintah (Nasionalisasi cara LEGAL)..@tapi PESIMIS kalau liat kelakuan PEJABATnya..Papa minta SAHAM & JET dunk..:(

  11. Kenapa selam berpuluh – puluh tahun royalti cuma1% ya? ah tanya saja pada rumput yg bergoyang.

  12. ayo bangun PAPUA, Ayo sejahterakan PAPUA, Ayo Bahagiakan PAPUA. Sampai kapanpun PAPUA Tetap Saudara Kita.

    LOve PAPUA Dari bumi Pasundan, Engkau Tetap Sahabatku Bahkan Lebih.

    • Salam buat penghuni tanah pasundan(tanah yg tidak sempat ditaklukkan oleh Mahapatih Gajah Mada,menurut artikel lawas bung Yayan)…Salam dari timur jauh Tanah Papua.

  13. Satu pertanyaan, kenapa pemerintah tidak membuka tender terbuka untuk melanjutkan penambangan bekas freeport? Klu ada tender terbuka banyak perusahaan pertambangan luar lain yg akan ikut tekder termasuk dr dlm negeri yakni BUMN. Dengan demikian pemerintah dapat memilih penawaran yg terbaik dan terhindar dr tekanan zionist freeport.

  14. jika memang jadi kontrak dan perpanjangan, maka selamat datang di republik garong, wkwkwkwk…..
    dari rakyat hingga pemimpin adalah garong.

  15. freeport mulai panik,takut tidak dapat izin perpanjangan kontrak,,,,hehehe,,,selamat menikmati tensi tinggi,,,

  16. Jika Imperialisme dan Kolonialisme Kuno (Spanyol, Portugis, VOC, Fasis Jepang, dan NICA) menggunakan senjata api untuk menjajah suatu negeri, maka sekarang, Imperialisme dan Kolonialisme Modern (Neo Kolonialisme dan Neo Imperialisme, Nekolim) lebih pintar dengan tidak lagi memakai senjata api namun mempergunakan kekuatan uang (baca: kekuatan utang).JFK, CIA, dan FreeportDi atas telah disebutkan, hanya beberapa bulan setelah secara de-facto berkuasa, Jenderal Hartomenggadaikan nyaris seluruh kekayaan alam negeri ini kepada blok imperialisme asing. Salah satu cerita yang paling menyedihkan adalah tentang gunung emas di Papua Barat. Gunung emas yang sekarang secara salah kaprah disebut sebagai Tembagapura, merupakan sebuah gunung dimana cadangan tembaga dan emas berada di atas tanahnya, tersebar dan siap dipungut dalam radius yang amat luas.Lisa Pease menulis artikel berjudul “JFK, Indonesia, CIA, and Freeport” dan dimuat dalam majalah Probe. Tulisan bagus ini disimpan di dalam National Archive di Washington DC. Dalam artikelnya, Lisa Pease menulis jikadominasi Freeport atas gunung emas di Papua dimulai sejak tahun 1967, namun kiprahnya di Indonesia sudah dimulai beberapa tahun sebelumnya. Freeport Sulphur, demikian nama perusahaan itu awalnya, nyaris bangkrut berkeping-keping ketika terjadi pergantian kekuasaan di Kuba tahun 1959. Saat itu Fidel Castro berhasil menghancurkan rezim diktator Batista. Oleh Castro, seluruh perusahaan asing di negeri itu dinasionalisasikan. Freeport Sulphur yang baru saja hendak melakukan pengapalan nikel produksi perdananya terkena imbasnya. Ketegangan terjadi. Menurut Lisa Pease, berkali-kali CEO Freeport Sulphur merencanakan upaya pembunuhan terhadap Castro, namun berkali-kali pula menemui kegagalan.Di tengah situasi yang penuh ketidakpastian, pada Agustus 1959, Forbes Wilson yang menjabat sebagai Direktur Freeport Sulphur melakukan pertemuan dengan Direktur Pelaksana East Borneo Company, Jan van Gruisen. Dalam pertemuan itu Gruisen bercerita jika dirinya menemukan sebuah laporan penelitian atas Gunung Ersberg (Gunung Tembaga) di Irian Barat yang ditulis Jean Jaques Dozy di tahun 1936. Uniknya, laporan itu sebenarnya sudah dianggap tidak berguna dan tersimpan selama bertahun-tahun begitu saja di Perpusatakaan Belanda. Van Gruisen tertarik dengan laporan penelitian yang sudah berdebu itudan membacanya.Dengan berapi-api, Van Gruisen bercerita kepada pimpinan Freeport Sulphur itu jika selain memaparkan tentang keindahan alamnya, Jean Jaques Dozy juga menulis tentang kekayaan alamnya yang begitu melimpah. Tidak seperti wilayah lainnya di seluruh dunia, maka kandungan biji tembaga yang ada di sekujur Gunung Ersberg itu terhampar di atas permukaan tanah, jadi tidak tersembunyi di dalam tanah. Mendengar hal itu, Wilson sangat antusias dan segera melakukan perjalanan ke Irian Barat untuk mengecek kebenaran cerita itu. Didalam benaknya, jika kisah laporan ini benar, maka perusahaannya akan bisa bangkit kembali dan selamat dari kebangkrutan yang sudah di depan mata.Selama beberapa bulan, Forbes Wilson melakukan survei dengan seksama atas Gunung Ersberg dan juga wilayah sekitarnya. Penelitiannya ini kelak ditulisnya dalam sebuah buku berjudul The Conquest of Cooper Mountain. Wilson menyebut gunung tersebut sebagai harta karun terbesar yang untuk memperolehnya tidak perlu menyelam lagi karena semua harta karun itu telah terhampar di permukaan tanah. Dari udara, tanah di sekujur gunung tersebut berkilauan ditimpa sinar matahari.Wilson juga mendapatkan temuanyang nyaris membuatnya gila. Karena selain dipenuhi bijih tembaga, gunung tersebut ternyata juga dipenuhi bijih emas dan perak! Menurut Wilson, seharusnya gunung tersebut diberi nama Gold Mountain, bukanGunung Tembaga. Sebagai seorang pakar pertambangan, Wilson memperkirakan jika Freeport akan untung besar dan dalam waktu tiga tahun sudah kembali modal. Piminan Freeport Sulphur ini pun bergerak dengan cepat. Pada 1 Februari 1960, Freeport Sulphur menekan kerjasama dengan East Borneo Company untuk mengeksplorasi gunung tersebut.Namun lagi-lagi Freeport Sulphur mengalami kenyataan yang hampir sama dengan yang pernahdialaminya di Kuba. Perubahan eskalasi politik atas tanah Irian Barat tengah mengancam. Hubungan Indonesia dan Belandatelah memanas dan Soekarno malah mulai menerjunkan pasukannya di Irian Barat.Tadinya Wilson ingin meminta bantuan kepada Presiden AS John Fitzgerald Kennedy agar mendinginkan Irian Barat. Namun ironisnya, JFK malah sepertinya mendukung Soekarno. Kennedy mengancam Belanda akan menghentikan bantuan Marshall Plan jika ngotot mempertahankan Irian Barat. Belanda yang saat itu memerlukan bantuan dana segar untuk membangun kembali negerinya dari puing-puing kehancuran akibat Perang Dunia IIterpaksa mengalah dan mundur dari Irian Barat.Ketika itu sepertinya Belanda tidak tahu jika Gunung Ersberg sesungguhnya mengandung banyak emas, bukan tembaga. Sebab jika saja Belanda mengetahui fakta sesungguhnya, maka nilai bantuan Marshall Plan yang diterimanya dari AS tidak ada apa-apanya dibanding nilai emas yang ada di gunung tersebut.Dampak dari sikap Belanda untuk mundur dari Irian Barat menyebabkan perjanjian kerjasama dengan East Borneo Company mentah kembali. Para pimpinan Freeport jelas marah besar. Apalagi mendengar Kennedy akan menyiapkan paket bantuan ekonomi kepada Indonesia sebesar 11 juta AS dengan melibatkan IMF dan Bank Dunia. Semua ini jelas harus dihentikan!Segalanya berubah seratus delapan puluh derajat ketika Presiden Kennedy tewas ditembak pada 22 November 1963. Banyak kalangan menyatakan penembakan Kenndey merupakan sebuah konspirasi besar menyangkut kepentingan kaum Globalis yang hendak mempertahankan hegemoninya atas kebijakan politik di Amerika.Presiden Johnson yang menggantikan Kennedy mengambil siap yang bertolak-belakang dengan pendahulunya. Johnson malah mengurangi bantuan ekonomi kepada Indonesia, kecuali kepada militernya. Salah seorang tokoh dibelakang keberhasilan Johnson, termasuk dalam kampanye pemilihan presiden AS tahun 1964, adalah Augustus C. Long, salah seorang anggota dewan direksi Freeport.Tokoh yang satu ini memang punya kepentingan besar atas Indonesia. Selain kaitannya dengan Freeport, Long juga memimpin Texaco, yang membawahi Caltex (patungan dengan Standard Oil of California). Soekarno pada tahun 1961 memutuskan kebijakan baru kontrak perminyakan yang mengharuskan 60 persen labanyadiserahkan kepada pemerintah Indonesia. Caltex sebagai salah satu dari tiga operator perminyakan di Indonesia jelas sangat terpukul oleh kebijakan Soekarno ini.Augustus C. Long amat marah terhadap Soekarno dan amat berkepentingan agar orang ini disingkirkan secepatnya.Mungkin suatu kebetulan yang ajaib. Augustus C. Long juga aktif di Presbysterian Hospital NY di mana dia pernah dua kali menjadi presidennya (1961-1962). Sudah bukan rahasia umum lagi jika tempat ini merupakan salah satu simpul pertemuan tokoh CIA.Lisa Pease dengan cermat menelusuri riwayat kehidupan tokoh ini. Antara tahun 1964 sampai 1970, Long pensiun sementara sebagai pimpinan Texaco. Apa saja yang dilakukan orang ini dalam masa itu yang di Indonesia dikenal sebagai masa yang paling krusial.Pease mendapakan data jika padaMaret 1965, Augustus C. Long terpilih sebagai Direktur Chemical Bank, salah satu perusahaan Rockefeller. Agustus 1965, Long diangkat menjadi anggota dewan penasehat intelijen kepresidenan AS untuk masalah luar negeri. Badan ini memiliki pengaruh sangat besar untuk menentukan operasi rahasia AS di negara-negara tertentu. Long diyakini salah satu tokoh yang merancangkudeta terhadap Soekarno, yang dilakukan AS dengan menggerakkan sejumlah perwira Angkatan Darat yang disebutnya sebagai Our Local Army Friend.Salah satu bukti adalah sebuah telegram rahasia Cinpac 342, 21 Januari 1965, pukul 21.48, yang menyatakan jika kelompok Jenderal Suharto akan mendesak angkatan darat agar mengambil-alih kekuasaan tanpa menunggu Soekarno berhalangan. Mantan pejabat CIA Ralph Mc Gehee juga pernah bersaksi jika hal itu benar adanya.Awal November 1965, satu bulan setelah tragedi 1 Oktober 1965, Forbes Wilson mendapat telpon dari Ketua Dewan Direktur Freeport, Langbourne Willi

  17. Jadi di kelola RI saja tapi pemerintah ada ketakutan kepada investor2 negara lain jadi takaut masuk ke RI….anda percaya demikian…

  18. jangan diperpanjang..penjarah rakus..sdh brapa juta ton emas papua diangkut ke usa.ameriko kaya nkri tetap loyo..kelola sendiri masa gk bisa mulu

  19. sdh tdk ada istilah renegosiasi kontrak, yg ada sekarang perpanjangan ijin operasional freeport di indonesia.

    bicara kontrak kedudukuan para pihak baik pemerintah dan freeport adalah sejajar mereka bs saling lobi tawar menawar, berbeda dg ijin dimana kedudukan pemerintah diatas freeport, mau tidak mau freeport harus ikuti aturan main pemerintah agar dapat ijin.

    namun demi kebaikan bangsa mending stop dah tdk usah kasih ijin, kembalikan tambang emas papua kepada negara guna kemakmuran sebesar2nya bagi rakyat.

  20. freeport gak mau nunggu 2019 karena kemungkinan RI sdh cukup kuat dr segi alutsista, dan gak mau terpecah konsentrasi sama LTS, padahal 2019 Indonesia jg pasti banyak gonjang ganjing karena mo pilpres, kenapa freeport gak deketin n dukung aja salah 1 calon potensial di 2019, ntar klo ketahuan ntu calon di didukung freeport tinggal kita toyor2in palanya,,

  21. diperpanjang sih gk masalah ya,dgn catatan bagi hasil untuk RI 60%_untuk freeport 40%,,,itupun klo freeport mau,klo gk mau ya sudah gpp

  22. Saya ada usul untuk perpanjangan Kontrak Freeport ini mari kita libatkan rakyat Papua ,atau minimal tokoh tokoh Adat Papua. Apakah mereka masih ingin Freeport ada di sana ?. Ini penting agar seandainya perpanjangan kontrak di lakukan Freeport akan aman dari gangguan sebab itu kehendak rakyat Papua sendiri.

    Kemudian karena terbukti Pihak Freeport yang ngotot di perpanjang maka manfaatkan sebesar besarnya untuk Indonesia mendapatkan benafit lebih ,seperti kalaupun sahammnya di jual bebas itu harus di lakukan di Indonesia bukan di Amerika. untuk memperbesar pasar saham kita dan memungkinkan di beli rakyat Indonesia sebanyak banyaknya.

    Saya juga heran kenapa tidak Indonesia sendiri yang lewat BUMN misalnya menawarkan diri untuk membangunkan Smelter atau kalau tidak punya kapital bisa patungan dengan Freeport..Pasti banyak keuntungan untuk Indonesia bisa dapatkan keuntungan besar dari memurnikan hasil tambang sekaligus memastikan berapa sebenarnya volume tiap jenis hasil tambang yang keluar dari sana tiap tahun.

    Saya sebagai rakyat ingin menyaksikan proses nego perpanjangan kontrak Freeport secara live seperti sidang di DPR misalnya agar rakyat tahu apa yang dilakukan pejabat Indonesia dalam memperjuangkan kepentingan bangsa . Tapi pertanyaannya apa itu mungkin??.

  23. “Kami ingin secepatnya, karena ada karyawan kita yang banyak. Kita ingin secepatnya renegosiasi,” kata Vice Presiden Corporate Communication PT Freeport Indonesia Riza Pratama ..

    Nih bocah kalo ngemeng … karyawan kami banyak… kepentingan bangsa dibanding kepentingan segelinteir karyawan apa sebanding??? terlepas dari mau diperpanjang kek mau enggak kek kontraknya… tapi menurut saya enggak etis dia ngomong begitu…

  24. ya allah.”makin kacau negara ini…
    saya orang awam..”sampe ngeri ngeliat anggota2 dewan…

    negara yg harusnya kaya rayaaa..
    hanya di nikmati segelintir orang orang yg gak bertanggung jawab…

    miriis saya mirissss…

    • Hati hati boss nati pasti ada yang bilang ,Indonesia sudah di kepung AS dengan pangkalan yang ada di sekitar Indonesia jika berani tidak memperpanjang atau menekan freeport . Isu yang sengaja di kembangkan oleh pihak pihak tertentu agar rakyat diam saja bila Indonesia selalu di rugikan dalam kontrak. Dengan terkuaknya rekaman oknum oknom di repoblik ini apakah anda masih percaya isu itu ?.

  25. Punya gunung emas belum tentu menjadi berkah, melainkan juga musibah. Minyak dan emas selalu terkait dengan darah dan nyawa manusia. Cadangan emas dibawah bumi Papua yang saat ini dikelola Freeport masih memiliki cadangan jutaan kilogram emas lagi yang baru habis dieksploitasi pada tahun 2056.

    Kontrak Karya (KK) Freeport habis pada 2021. Pernah terjadi MoU antara pemerintahan SBY dan Freeport pada 2009 lalu untuk memperpanjang lagi s/d 2041. Tapi dengan berlindung kepada UU Minerba yg menyebutkan bahwa KK baru bisa dievaluasi 2019.

    US kebakaran jenggot. Jika Freeport tidak diperpanjang kontraknya, maka cadangan emas milik US yang menjadi pondasi mata uang Dolar diseluruh dunia bakal rontok. US tetap ingin menancapkan kukunya di Freeport, apapun taruhannya.

    Negosiasi ulang KK Freeport baru bisa dilaksanakan pada 2019.

    Opsi US cuma ada 2:
    Perpanjang kontrak Freeport (meski ada beberapa penyesuaian) atau hancurkan Indonesia.

    Waspadalah!!! Pada kurun 2016 – 2018 bangsa ini bakal diserang issue separatis dan konflik SARA. Kelompok radikal bakal kebanjiran transfer uang Dolar dan Real. Pentolan kelompok intoleran itu aslinya cuma menjalankan peran sebagai event organizer bernama KERUSUHAN. Terima order, terima fulus, bikin kerusuhan disana-sini, dan kirim laporan kepada sang juragan.

    Gereja dibakar, masjid dibakar, larangan membangun masjid, larangan membangun gereja, makin berseliweran beritanya di sosial media. Mereka yang ingin beragama tetapi miskin pengetahuan, bakal jadi korban hasutan provokator yang memimpin mereka angkat senjata. Isue Sunni-Syiah yang sukses menghancurkan Suriah dan Irak akan diduplikasi di republik ini.

    Aceh dan Papua adalah titik masuk potensial bagi US untuk mensuriahkan NKRI. Para oportunis yang mendompleng kepentingan US bakal berpesta-pora. Oknum Parpol-parpol busuk ikut menunggangi kepentingan Amerika untuk menggulingkan pemerintahan yang sah. Dengan konsesi bahwa jika negara chaos dan mereka akan berkuasa, maka KK Freeport bakal diperpanjang.

    Hura hara dan kegaduhan politik makin banyak. Demo buruh dan mahasiswa bakal merajalela. Karena ada bandar besar yang membiayai mereka. Buruh dan mahasiswa adalah obyek penderita dari para aktivis yang melakukan konspirasi dengan parpol busuk yang melacurkan diri kepada US.

    Bangsa ini terancam, negeri ini sedang memasuki episode bencana yang sudah didepan mata. Tapi warganya masih sibuk berkelahi akibat aspirasi politiknya yang beda afiliasi. Masih ribut melakukan dikotomi sebagai pendukung Prabowo atau pendukung Jokowi. Sibuk dengan onani politik bersama media elektronik maupun cetak.

    Banggalah menjadi INDONESIA. Cobalah buka mata hati dan nurani, dan sejenak mengesampingkan suku, agama, mazhab atau warna kulit. Berpikir dan bertindaklah sebagai warga negara Indonesia.

    Negeri tercinta sedang terancam bahaya. Ayo bersatu, ayo saling mendukung. Jangan mau dipecah belah oleh Rambo dan sejenisnya.

    Bangsa ini adalah bangsa yang besar dan kaya raya jika warganya bersatu membangun negeri.

    • setuju

    • Aliran konspirasi yang selalu menyalahkan negara lain atas apa yang terjadi di Indonesia. Negeri ini tak kan hancur jika di serang dari luar ,justru negeri ini akan hancur di tangan poliTIKUS berdasi. Contoh Hugo Chaves karena di dukung kuat rakyatnya membuat Amerika tidak berkutik.
      Indonesia tentu tidak perlu meniru Chaves dengan menasionalisasi perusahaan asing karena akan rugi besar sebab Indonesia bukan venezuela yang semata mata bergantung pada minyak. Tapi semangatnya yang perlu ditiru dengan berani merundingkan kontrak dengan kedudukan yang sejajar paling tidak memastikan hasil maksimal dalam berunding.Jangan seperti selama ini kita selalu di rugikan dan pemerintah sepertinya tak berdaya ,contoh sampai saat ini belum juga jelas dimana dan kapan smelter di dirikan padahal undang undang sudah jelas mengatakan keharusan mendirikan smelter adalah harga mati tapi nyatanya tidak berlaku untuk freeport.

    • mantap bung Raymond analisanya… Saya sangat setuju 100%…
      Kita memang wajib bersatu karena kita dijajah pun dengan cara yang sama yaitu dipecah belah dan diadu domba…
      Dan cara mengatasinya pun sama yaitu bersatu… Mayoritas masyarakat Indonesia masih belum sadar bahwa sedang menuju marabahaya… Kebanyakan dri mereka masih memikirkan perut sendiri, masa bodoh dengan orang lain…
      Banyak masyarakat masih berpikiran ” primitif ”…klo berbeda pendapat udah dianggep musuh ( sifat ini lebih bahaya dri ideologi komunis nih 😆 )… Saatnya kita bersatu dan selalu ingat isi sumpah pemuda… Bertumpah darah satu, berbangsa satu, dan menjunjung tinggi bahasa persatuan INDONESIA… kita juga harus ingat arti Bhineka Tunggal Ika, Berbeda” tetapi tetap satu jua… Kita juga tidak boleh terlalu fanatik dengan apapun, karena sesuatu yg berlebih lebihan akan mendatangkan bencana… MERDEKA !

  26. Pingin cepet2 di perpanjang. Soalnya tau klo 2019 udh pak bowo presidennya.. Haha

  27. hehe ya jelas lah Freeport ketar-ketir dengan geliat pemerintah sekarang apalagi ada backup china dibelakangnya jadi gak salah donk freeport melobi pihak2 yg punya pengaruh dinegara ini..jadi tergantung pihak kita sendiri yg mau ato tidak ditawarin lobi2 tsb dengan imbalan sebuah jet pribadi ato pembagian saham misalnya hehe yg lucu kubu yg kmaren ngomong mo menasionalisasikan freeport sekarang kok malah mati2an membela pentolan kubunya saat mau dilobi ma freeport ampe pake alasan Ini itu sehingga tidak bisa disidang Di MKD
    jadi ternyata sama saja kok antara kubu ini dan kubu itu saat kampanye pada janji manis doank tapi kenyataanya bisa dilihat sendiri…??? semua hanya pepesan kosong belaka

  28. seandainya benar terjadi freeport diakuisisi pemerintah dan freeport marah lantas USA menyerang Indonesia saya lebih suka demikian karena daripada kita perang antar saudara sebangsa dan setanah air,saya lebih suka berperang melawan bangsa asing

  29. Tidak akan KEJAHATAN kalo tdk ada IBLIS yg menggoda..(Sunatullah)

    Semoga Bangsa ini terlindung dari HAMBA IBLIS berwujud Malaikat.,yg saling menyalahkan padahal bertujuan MEMECAH PERSATUAN sesama anak bangsa.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)