Mar 202019
 

Fregat Admiral Gorshkov bertugas di Armada Laut Utara © Kemenhan Rusia via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Fregat Armada Utara Rusia, Admiral Gorshkov beserta konvoinya melewati Gibraltar dan menyeberang ke Laut Mediterania sebagai bagian dari pelayaran operasional jarak jauhnya, kata layanan pers Armada Utara seperti dilansir dari TASS di hari Selasa.

“Satu skuadron kapal perang dan kapal logistik Armada Utara Rusia termasuk fregat Admiral Gorshkov, kapal pendukung logistik multifungsi Elbrus, kapal penarik Nikolay Chiker dan kapal tanker medium Kama telah melewati Selat Gibraltar semalam dan sekarang memasuki Laut Mediterania”, kata layanan pers mengumumkan.

Dalam beberapa hari mendatang, skuadron akan terus melakukan tujuan penyebaran jarak jauhnya di Laut Mediterania. Sebelumnya, armada telah beroperasi di teluk Moray Firth serta mempraktikkan pertahanan anti-sabotase saat berada di jalan yang tidak aman dan pertahanan udara melacak target udara dengan alat bantu radio.

Skuadron berangkat dalam perjalanan jarak jauh dari pangkalan utama Armada Utara di kota Severomorsk sejak 26 Februari. Ini adalah perjalanan operasional jarak jauh pertama dari Admiral Gorshkov.

Uji peluncuran rudal hipersonik 3M22 Zircon buatan Rusia © New Update Defence via Youtube

Uji-coba rudal Zircon

Rudal hipersonik buatan Rusia, Zircon akan diluncurkan dari sebuah kapal perang untuk pertama kalinya pada akhir 2019, menurut informasi di kompleks industri militer Rusia pada hari Selasa.

“Uji coba peluncuran rudal dari kapal angkatan laut rencananya akan dimulai pada akhir tahun. Fregat kelas Admiral Gorshkov, juga dikenal sebagai Proyek 22350 Armada Utara akan digunakan”, kata sumber itu, menambahkan bahwa uji coba sebelumnya termasuk uji-coba meluncurkan rudal Zircon dari darat.

Bagikan: