Nov 072019
 

Fregat rudal BRP Antonio Luna (foto : Maxdefese)

JakartaGreater.com – Upacara peluncuran fregat kedua Filipina, BRP Antonio Luna (FF-151), akan berlangsung di galangan kapal pembuat kapal Korea Selatan, Hyundai Heavy Industries (HHI) di Ulsan pada 8 November, lansir PNA.

Hal ini diungkapkan oleh kepala kantor urusan publik Angkatan Laut Filipina, Letnan Komandan Maria Christina Roxas. Sebelumnya fregat rudal pertama BRP Jose Rizal (FF-150) diluncurkan pada 23 Mei lalu di fasilitas yang sama.

“Sesuai jadwal, 8 November adalah peluncuran (BRP Antonio Luna) di Ulsan,” katanya dalam sebuah pesan kepada Kantor Berita Filipina, Senin.

Diharapkan acara ini dihadiri oleh perwira tinggi angkatan laut Filipina, Wakil Laksamana Robert Empedrad, dan perwira tinggi angkatan laut lainnya.

BRP Antonio Luna dinamai jenderal revolusioner Filipina yang dikenal karena perlawanannya yang keras terhadap pasukan Amerika yang menyerang.

Filipina dan galangan kapal HHI menandatangani kontrak senilai PHP16 miliar untuk akuisisi dua fregat rudal dengan PHP2 miliar yang disisihkan untuk sistem persenjataan dan amunisinya pada Oktober 2016.

BRP Jose Rizal diharapkan akan dikirim ke Angkatan Laut Fiipina pada April 2020 sementara BRP Antonio Luna dijadwalkan pada bulan September di tahun yang sama.

Pemotongan baja untuk BRP Jose Rizal berlangsung pada 1 April 2018 sementara upacara yang sama untuk BRP Antonio Luna berlangsung pada November tahun yang sama. Sedangkan upacara peletakan lunas untuk BRP Jose Rizal berlangsung pada Oktober 2018.

Kedua kapal dipersenjatai dengan meriam utama Oto Melara Super Rapid kaliber 76-mm, dan meriam otomatis Aselsan SMASH 30-mm, torpedo anti-kapal selam, rudal anti kapal dan rudal pertahanan udara.

Fregat Jose Rizal class Filipina juga dilengkapi dengan sistem manajemen tempur Naval Shield (CMS) Hanwha Systems, yang mengintegrasikan semua sensor dan sistem persenjataan kapal.

 Posted by on November 7, 2019

  7 Responses to “Fregat Rudal Kedua Filipina Diluncurkan Minggu Ini”

  1.  

    Uuuwuuuik….negara kecil, nambah fregat baru….mosok kalah sama pinoy?

  2.  

    Pinoy baru memiliki 2 kapal fregat sedangkan indonesia sdh memiliki 8 kapal fregat.

  3.  

    panjang 100 meter disebut fregat yaaa?

  4.  

    Pengkatagorian kapal perang entah itu destroyer,fregat,korvet semua tergantung kebijakan negara yg memiliki kapal perang.beberapa negara terkadang mengklasifikasikan kapal perangnya berbeda dr negara yg lain.

    •  

      Siiplah semoga bertambah kuat navy Pilipina tetangga kita karena spt kita mereka juga butuh kuat manakala semua anggota negara ASEAN kuat paling tidak siskamling kawasan ini bisa ditingkatkan, dengan solidaritas asean bisa berbagi tugas dan tanggung jawab lebih baik dan imbang demi kemakmuran kawasan

  5.  

    kayanya beli di pal kurang puas mknya bli lngsung ke Korsel ??…..

    (kecewa)

  6.  

    Gak ini warganya ada yang protes di grup sebelah katanga sistem kontrol senjatanya didowngrade sama korsel