Frigat PKR Indonesia Memiliki Propulsi Tambahan Bakker Sliedrecht

(navaltoday.com)
Perusahaan Belanda Bakker Sliedrecht bertanggung jawab untuk sistem propulsi tambahan listrik yang dipasang pada frigat rudal pertama dari dua Perusak Kawal Rudal (PKR) untuk Angkatan Laut Indonesia yang dibangun Damen Schelde Naval Shipbuilding.

Komponen kunci dari sistem propulsi tambahan listrik dua motor penggerak listrik dan dua air-cooled drive variabel-frekuensi dengan ujung depan yang aktif. Kedua drive frekuensi didinginkan oleh satu unit water-cool untuk menghemat berat, ruang dan biaya.

Setelah merakit sistem penggerak listrik di lokakarya Bakker Sliedrecht, instalasi dikirim ke Damen Shipyards dimana salah satu segmen kapal itu dibangun. Damen memasang sistem propulsi listrik setelah Bakker Sliedrecht melakukan pemeriksaan instalasi di kapal tersegmentasi selesai. Kemudian, segmen kapal itu dikirim ke Indonesia semua segmen kapal yang terhubung satu sama lain.

Setiap drive frekuensi terhubung ke jaringan listrik kapal, tanpa menggunakan transformator, untuk menghemat berat dan ruang. Tanpa langkah-langkah tertentu, ini langsung (konduktif) kopling dapat menyebabkan efek yang tidak diinginkan pada peralatan operasional sensitif terhubung ke grid.

Bakker Sliedrecht berpartisipasi dalam uji coba laut yang dilakukan di perairan Indonesia untuk memverifikasi kinerja sistem propulsi tambahan listrik.

Sumber: Naval Today