Jun 262016
 

Dalam Baltic Military Fair BALT-MILITARY-EXPO 2016 yang berlangsung di Gdansk, Polandia, Perusahaan Israel IAI Elta menampilkan (melalui video) beberapa frigat yang dilengkapi dengan desain radar laut AESA, Active Electronically Scanned Array, untuk naval radar for long-range air and surface surveillance and tracking. Radar MF-STAR ini sedang ikut bersaing dalam program Surface Combatant Kanada (CSC) dan IAI bergabung dengan Rheinmetall Kanada mengusulkan MF-STAR untuk kapal perang permukaan masa depan Angkatan Laut Kanada.


Lihat Video, cara kerja radar :

Menurut IAI Elta, radar ini bisa juga dipasang di frigate type 26 (yang sedang dibangun Inggris, serta di F100 dan FREMM Prancis.

HMS Daring SAMPSON multi-function AESA radar

HMS Daring SAMPSON multi-function AESA radar

Sebelumnya radar AESA versi naval hanya terpasang di kapal perang modern jenis destoyer. Salah satunya adalah destoyer Type 45, HMS Daring Inggris. Pada awal konflik Suriah, Inggris ikut mengirim HMS Daring ke Suriah, untuk menjaga armada NATO yang bertolak ke sana, termasuk kapal induk AS.

Destroyer HMS Daring

Destroyer HMS Daring

Kini, IAI menawarkan bahwa radar AESA juga bisa dipasang di frigate class. Tentu akan efektif jika frigate itu pun, dilengkapi dengan rudal berjangkauan jauh. Radar AESA berfungsi untuk menangkap rudal atau pesawat dengan RCS kecil, alias siluman.

  20 Responses to “Frigate Berkemampuan Radar AESA Dipasarkan”

  1. tpertamax

  2. Wow

  3. Comment:keren habis

  4. Mantap

  5. pertamax pagi2 mantaapp..belum begitu paham saya kalau AESA di pasang pada platform kapal..dari videonya radar AESA menyapu aera 360′,pastinya radius juga besar..yg jadi pertanyaan apakah area yg tercover tergantung ketinggian letak AESAnya..terus kalau objek yg terbang lebih rendah gimana..mumet juga mikir

  6. cocok dipasang di sigma class… btw berapa harganya

  7. Masa Indonesia gak beli..

  8. Bagusss

  9. Bagus sih.. Israel emang rajanya inovasi teknologi! Tpi klo kita beli ntar bnyk yg ga sukaa.. Maklum, bnyk dikita yg ga suka apapun yg made in Israel! Salam warjager semua met berhari minggu 🙂

  10. Indonesia tertarik dgn program radar Naval Aesa milik Elta, hanya sebatas tertarik ajah…

  11. Cocok banget disandingkan dg rudal Barak-8 buat dipasang di PKR…jotosannya 5 kali lebih jauh dibanding VL mica

    • Cukup ga space vls pkr buat barak 8 ? Pasang aesa di pkr mubazir. Sam jarak pendek, power radar aesa gede + pkr kekecilan krna pkr light frigate jd sayang bgt pake aesa.

      • @raku

        Barak 8 footprintsnya cukup ringkas lho…, kalo PKR bisa dipersenjatai dg ESSM, pasti bisa juga dipasangi Barak 8.

        Kalo dipasang radar aesa gak ada ruginya kok, malah akuisisi targetnya lebih cepat, bisa mengawasi obyek yang terbang pdd ketinggian sangat rendah/speedboat/sampan dg lebih baik dan mampu menangani target yang lebih banyak secara simultan dibanding radar PESA/stack beam.

        Untuk kapal bertonase sekelas korvet/light frigate sudah ada produk miniatur radar aesa spt Thales NS-100 yang dipake opv singapur atau miniatur radar MF star buatan Elta

  12. Musuhnya Su-30 MKI dengan brahmosnya.
    Juga musuhnya F35.

  13. indonesia adalah negara islam terbesar jangan sampai beli dari israel apapun itu, mending sama russia.

  14. PT PAL bisa bikin sendiri

 Leave a Reply