Aug 242014
 
image

KRI Bung Tomo 357 singgah di Pelabuhan Jeddah, Arab Saudi (photo: KJRI Jeddah).

Kapal perang Republik Indonesia (KRI) Bung Tomo 357 singgah di Pelabuhan Jeddah, Rabu (20/8/2014), dalam pelayarannya menuju tanah air. KRI Bung Tomo yang dipimpin Komandan Kolonel (laut) Yayan Sofiyan, membawa ABK sebanyak 87 personel, terdiri dari strata pangkat Perwira, Bintara, Tamtama, ditambah dengan 5 orang sipil dari warga negara asing sebagai teknisi kapal.

Kapal Perang terbaru buatan Inggris tipe fregat ringan atau Multi Role Light Frigate (MRLF) ini sandar di Pelabuhan Jeddah sekitar pukul 09.00 waktu setempat. Usai sandar, Komandan kapal beserta ABK disambut oleh Konjen RI Jeddah, Dharmakirty SP beserta jajarannya dan Atase Pertahanan KBRI Riyadh, Kol. Chb. Roedy Roemin.

Dalam perjalanan dari Inggris ke Jeddah, mampir di Spanyol

KRI john Lie 358, dan Usman Harun 359, mampir di Spanyol sebelum melanjutkan perjalanan ke Indonesia, sementara KRI Bung Tomo melanjutan pelayaran ke Jeddah

Selama transit di Jeddah, Kamis (21/8/2014), kegiatan ABK diantaranya melakukan kunjungan kehormatan Komandan KRI Bung Tomo kepada Komandan Armada Barat, Kepala Otoritas Pelabuhan, Kepala Satuan Pengamanan Pelabuhan dan Kepala Konjen RI Jeddah. Selain itu, ABK juga melaksanakan ibadah umrah dilanjutkan dengan ziarah ke Kota Madinah Al-Munawwarah.

Esoknya, Jumat (22/8/2014), ABK diagendakan acara coctail party di atas geladak kapal dan mengakhiri seluruh rangkaian kegiatan selama sandar di Pelabuhan Jeddah. Kegiatan tersebut, dihadiri oleh Dubes RI Riyadh , Bapak Abdurrahman Muhammad Fachir, Konjen RI Jeddah, Bapak Dharmakirty SP, serta Atase Pertahanan KBRI Riyadh, Kol. Chb. Roedy Roemin.

Hari berikutnya, Sabtu (23/8/2014), pukul 08.00 waktu setempat KRI Bung Tomo 357 kembali melanjutkan perjalanannya ke Indonesia. Sebelum sampai ke Indonesia, KRI Bung Tomo 357 singgah kembali di beberapa kota pelabuhan, yakni Salalah (Oman) dan Cochin (India).

Dalam perjalanan dari Inggris ke Jeddah, mampir di Spanyol

KRI john Lie 358, dan Usman Harun 359, mampir di Spanyol sebelum melanjutkan perjalanan ke Indonesia, sementara KRI Bung Tomo melanjutan pelayaran ke Jeddah

KRI Bung Tomo 357 merupakan sebuah kapal perang yang dilengkapi dengan sistem persenjataan mutakhir, seperti peluru kendali anti kapal permukaan MM 40, peluru kendali anti serangan udara Sea Wolf, meriam 76 mm, meriam 30 mm, dan torpedo anti kapal selam. Dengan memiliki berat 1.941 ton, dengan panjang 95 meter, lebar 12,7 meter, dan dilengkapi sistem pendorong empat motor pokok CODAD (Combined diesel and diesel) yang mampu berlayar dengan kecepatan maksimum 31 knots dan jarak jelajah 9,000km, KRI Bung Tomo didukung juga oleh sistem kendali persenjataan, navigasi dan komunikasi yang terintegrasi dengan baik, kapal jenis MRLF tersebut dirancang untuk mampu bertempur menghadapi ancaman baik dari atas air, bawah air maupun udara.

Selain itu, KRI Bung Tomo 357 merupakan salah satu dari tiga kapal perang canggih yang dibeli Indonesia yang kini tengah dalam perjalanan dari Inggris menuju Indonesia. Kedua KRI yang menyusul yakni KRI Jhon Lie 358 dan KRI Usman Harun 359 yang direncanakan juga akan singgah di Pelabuhan Jeddah pada tanggal 1 September 2014. Ketiga kapal tersebut akan memperkuat sistem pertahanan laut Indonesia dalam rangka menjaga keutuhan dan kedaulatan wilayah NKRI. (detik.com).

  40 Responses to “Frigate Bung Tomo Mampir ke Jeddah”

  1.  

    Mantap

  2.  

    bisa umrah dulu nih..hehehe

  3.  

    lanjutkan

  4.  

    pesan sepuluh lagi deh, selesai 2017 plus nambah tujuh buat 2024

  5.  

    Kapan nich sampai indonesia?
    Mantap

  6.  

    Mampir umroh nih?

    •  

      Mantaaap… dengan umroh dan ziarah, makin meningkatkan moral pasukan. Jadi inget Bung Tomo saat perang Surabaya, membangkitkan moral perlawanan rakyat Indonesia.

  7.  

    top

  8.  

    akhir pekan, sepi

  9.  

    Ass.Salam kenal&numpang sr.

  10.  

    Hahahaa kolonel jangan lupa kalo sudah nyampe di indonesia buatin artikel. Perjalanan inggris ke indonesia

  11.  

    Mantap !!!!

  12.  

    wohoho mantap

  13.  

    “KRI john Lie 358, dan Usman Harun 359, mampir di Spanyol sebelum melanjutkan perjalanan ke Indonesia, sementara KRI Bung Tomo melanjutan pelayaran ke Jeddah”..beeritannya kemaren KRI Usman harun masih tahap perbaikan..jadi yg dikirim duluan KRI Jhon Lie n Bung Tomo..Mumet, kalau dipikir..KRI Usman Harun suruh mampir ke Batam..gimana reaksinya Singapornoe??

    •  

      mungkin itu enam La fayette class dikeluarin semua buat unjuk gigi gitu deh

    •  

      KRI Jhon lie sudah nyampai di pelabuhan CIVITAVECCHIA palermo Italia bung sandar disana
      bareng saudaranya KRI Usman harun yang baru merapat kemarin pagi waktu setemipat,,,
      Mungkin bareng nanti berlayarnya menuju libanon dan masuk ke perairan libanon ketemu saudaranya lagi KRI FKO .

      Sedangkan KRIU Bung Tomo akan status red /siaga berhubung mau mendekati teluk aden sebelum sandar ke oman,,,
      meninggalkan Jedah sudah sabtu kemarin
      mungkin lho yaa,,,
      Hehehehehe

  14.  

    kenapa benderanya belang merah putih merah putih ya? apa ane salah lihat?

  15.  

    Syukur deh dikit lagi sampai …
    Lewat selat singapura pasang kembang api ya …

  16.  

    hadeeeeh ini wartawannya bodrek pa gimana sih? kemaren bilang sudah ganti sama vls mica, sedang ini masih di tulis pake sea wolf #tepokpantataurakasih#

  17.  

    Selamat Datang KRI Bung Tomo 357

  18.  

    Syukur banget bisa mampir ke jeddah….. alhamdulillah sebagian mimpi dan harapan kawan-kawan yang pangkat tamtama, bintara dan sebagian perwira bisa tercapai…. selamat beribadah umroh sobat… doakan bangsa Indonesia semakin jaya dan tambah bersatu dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika..amin

  19.  

    bung yayan umroh nih

  20.  

    *Kapal perang Republik Indonesia (KRI) Bung Tomo 357 singgah di Pelabuhan Jeddah, Rabu (20/8/2014), dalam pelayarannya menuju tanah air. KRI Bung Tomo yang dipimpin Komandan Kolonel (laut) Yayan Sofiyan*

    jadi bung Yayan itu ternyata….

  21.  

    saya dengar katanya mica di pasang di PAL. Gan…..mohon koreksi kalo salah

  22.  

    Aslkm para warjager,kira2 bahan bakar apa yang dipakai pada kaprang ini,apa seperti MDO atau MFO? Dan spek mesin bagaimana? Mohon pencerahannya?

 Leave a Reply