Aug 152014
 
Kapal Selam DSME 209

Kapal Selam DSME 209

Jakarta – Tonggak sejarah peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, bermula dari kesusksesan dan keberhasilan diproduksinya Kapal Patroli Cepat (Fast Patrol Boat) 57 Meter pada Tahun 1995, yang dirintis Menteri Negara Riset dan Teknologi kala itu, BJ Habibie. Setelah 19 tahun sejak diperingatinya Hakteknas, terus bermunculan karya-karya teknologi buatan bangsa Indonesia.

PT PAL Indonesia (Persero), sebagai salah satu Industri Negara turut andil dalam 19 tahun Kebangkitan Teknologi Nasional, di Auditorium Gedung II BPPT Jakarta, Senin (11/08). Acara yang berlangsung mulai 09 Agustus ini secara resmi dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Boediono. Mengangkat Tema “Inovasi Pangan, Energi dan Air untuk Daya Saing Bangsa” juga turut dihadiri Presiden Ketiga RI BJ Habibie, Menteri Riset dan Teknologi, Gusti Muhammad Hatta, Para menteri cabinet Indonesia bersatu II, Anggota Dewan, Kepala Daerah dan Tokoh IPTEK lainnya.

RITECH Expo 2014 diselenggarakan pada tanggal 9-12 Agustus 2014 dengan membuka 78 stand terdiri dari komunitas iptek, lembaga penelitian pemerintah, BUMN, Swasta, umum, juga perguruan tinggi yang menampilkan berbagai hasil riset dalam negeri yang membanggakan. Dengan tujuan bukan hanya sekedar memberikan informasi perkembangan inovasi Iptek karya anak bangsa, tapi juga diharapkan dapat mendorong pemanfaatan hasil inovasi sebagai solusi pemecahan, yang selanjutnya dapat meningkatkan daya saing bangsa Indonesia di antara bangsa bangsa maju lainnya.

Sebagai bagian dari inovasi bangsa yang terus berkembang dan sebagai sumber Inspirasi Nasional PT PAL Indonesia (Persero) memberikan sumbangsih sebuah karya nyata atas teknologi pembangunan kapal perang, yang masuk dalam 19 karya unggulan Teknologi Anak Bangsa, sebagai persembahan untuk memperingati 19 tahun kebangkitan Teknologi Indonesia.

SIGMA 10514 Guided Missile Frigate (photo DSNS)

SIGMA 10514 Guided Missile Frigate (photo DSNS)

PT PAL Indonesia (Persero) juga menampilkan beberapa produk unggulan sejalan dengan hasil yang dicapai, berupa prototype berbagai jenis produk kapal perang yang telah dibangun dan innovasi teknologi yang akan dikembangkan dan menggambarkan kemampuan perusahaan dalam alih teknologi yaitu mulai dari tipe : Fast Patrol Boat 57 Meter, Kapal Cepat Rudal 60 mater (KCR-60), Landing Platform Dock 125 meter (LPD-125), SSV 120 Meter, sebagai pengembangannya, dan Submarine DSME 209, serta kemampuan Harkan berbagai jenis kapal sampai 50.000 DWT. Beberapa produk kapal seperti Kapal Tanker yang dihasilkan didukung oleh penggunaan mesin las otomatis (Weldcare) ini serta innovasi pembangunan Kapal Perusak Kawal Rudal (PKR-105) dengan system modul. (PAL.co.id).

  70 Responses to “Frigate dan Kapal Selam PT PAL”

  1.  

    Lanjutkan…!!!

  2.  

    bikin yg banyakk

  3.  

    telu

  4.  

    Tinggal Kucuran Dananya yang masih kurang

  5.  

    Dirgahayu Hateknas.

  6.  

    Tunggu kejutan lagi dari MenHan

  7.  

    Alutsista rsa indonesia mule tercipta dg inovasi iptek maupun riset anak bangsa,mudah2an buget RnB meningkat jd da terobosan2 baru lg yg diciptakn kaya putra/i indonesia…

  8.  

    Affirmative 😈

  9.  

    Yg ditakutin ada pesanan pihak luar buat ngelemahin kemajuan bangsa di bidang teknologi militer..!! Wait & see..!! Moga” ngga. !! Pihak luar maunye kite beli trs sebagai importir biar gampang diaturnye klo nih negara mau macem” salah satunye biar bisa di embargo, tuh kerjaan si ASU dan antek”nye..gelagatnye deh mulai nampak dg masa pergantian presiden.

    …NKRI HARGA MATI…

    •  

      Di tangan Jokowi-JK, Presiden dan Wapres baru, semua berjalan sesuai dgn impian kita (bukan impian “mereka”). Bravo Jokowi, Bravo Indonesia Raya….

      •  

        Mudah”an tapi klo kaga siap” az di demo..klo ga sesuai sama janji”nye..karena ente tau separuh pemilih presiden indonesia adalah pemilih prabowo..!!

      •  

        Apasih hebatnya seorang Jokowi..???? Rakyat Indonesia dan waktu yang akan membuktikannya..

        •  

          imho, ga hebat-hebat amat. cuma lebih populer.
          dalam hal intelektualitas, leadership, wawasan dan personalitas masih di bawah rivalnya kemarin.
          kita lihat saja sepak terjangnya nanti. kalau bagus kita dukung. kalau jelek kita kritisi, tolak dan lawan.

        •  

          Hebatlah….lagipula yg merdekakan negara ini jg orang sipil…Soekarno Hatta…he5x…sipil atau militer sama bagusnya…yang penting personnya…bukan lembaganya…

          •  

            Soekarno hatta puinter lha yg ini…

          •  

            Bung Traveller@ Pada jaman perang kemerdekaan, semua nya sipil yg perang kan juga sipil. Kenyataan nya TNI itu adalah people army!

            Tidak masalah mau sipil atau militer latarbelakang nya, ya silahkan aja, tetapi harus di ingat sejarah terbentuk nya negara ini dan juga dipahami bahwa sejarahlah yang mengajarkan kita untuk tidak mengabaikan persatuan dan kesatuan, dan sejarah pula yang mengajarkan kita untuk tidak mengabaikan militer. Permasalahanya kalau pemimpin sipil nya cuma bisa plenga-plengo tanpa memahami esensi dari sejarah perjuangan dan kemerdekaan Indonesia.

        •  

          meskipun golfut, saya seneng Nkri dipimpin presiden yg bekerja tanpa pamrih, yang mau didemo rakyatnya sepert SBY dan tidak berkeinginan menculik pendemonya atau melempar hp nya hanya karena rakyatnya salah ucap.

          saya mau presiden yg jalan kaki dikelilingi rakyatnya dan mendengar teriakan, pujian maupun hujatan rakyatnya. saya tidak mau presiden yang naik kuda diikuti pengawalnya yg lari pontang panting seperti raja diraja…

          saya mau presiden yang mau mengaku salah dan kalah daripada seorang benar yang menghalalkan segala cara didukung saksi yg lebih mirip pelawak.

          akhirnya saya lebih suka memilih saudara, tetangga, idola yang lahir dan besar dari tengah tengah masyarakat kami yang sama sama manusia Indonesia untuk memimpin kami daripada malaikat dewata yang duduk jauh di singgasana sana yang hidup di kemewahan istana raja raja yordania dan istana kepresidenan afrika utara saat rakyat Indonesia bertungkus lumus dengan darah dan keringat membangun kembali bangsa ini setelah badai krismon lalu…

        •  

          anda lebih lebih suka dipihak yang saksi pendukungnya adalah pemuja israel?
          silakan buka fb nya novela yg dukung israelllll

          abis itu anda pasti akan bilang itu manipulasi, ato dihack ato apalah persis ahmad dhani yg bilang kale twitternya dimanipulasi karena tidak mau potong burungnya sesuai nazarrrrrr

          kasian anda2 yang termakan bujukan ularrrrrr

          kembalilah ke garuda emas yg bukan merahhh
          kembali ke garuda yg bulunya berjumlah 17 + 8 + 45 membawa dasar negara pancasila dan mencengkeram erat bhinneka tunggal ika…..

      •  

        jokowiiku ora iso opopo kalo sampek NKRI dipreteli ama jokowi, ayo kita kebiri rame2 aja dia

  10.  

    Kalo anggaran kemenhan 200trilyun,estimasinya 50% anggaran dipakai utk alutsista matra laut dan udara,maka era jokowi akan lebih gahar dibanding sby,tiap tahun kt bs bikin 2 pkr dan 3 korvet sekelas sigma,1 KS sekelas changbogo,3 heavy fighter dan rudalnya,3 heli AKS, 2 cn 235 mpa dan asw,1 LPD, 1 batalyon bmp 3 f/ anoa amphibious, 6 kcr, nah dalam 5 tahun pemerintahan jokowi silakan dihitung sendiri segahar apa tni kita

    •  

      Kapal Induk versi Jokowok sdh ada bung Wedus..yaitu “si mbok”…itulah Induknya.

    •  

      Jangan berharap lebih dulu bung,,,belum genap 16 bulan mas joko kalo jadi presiden jalan ibukota sdh bakal penuh org berdemo. @tersenyumlah selagi bisa tersenyum.

      •  

        meskipun golfut, saya seneng Nkri dipimpin presiden yg bekerja tanpa pamrih, yang mau didemo rakyatnya sepert SBY dan tidak berkeinginan menculik pendemonya atau melempar hp nya hanya karena rakyatnya salah ucap.

        saya mau presiden yg jalan kaki dikelilingi rakyatnya dan mendengar teriakan, pujian maupun hujatan rakyatnya. saya tidak mau presiden yang naik kuda diikuti pengawalnya yg lari pontang panting seperti raja diraja…

        saya mau presiden yang mau mengaku salah dan kalah daripada seorang benar yang menghalalkan segala cara didukung saksi yg lebih mirip pelawak.

        akhirnya saya lebih suka memilih saudara, tetangga, idola yang lahir dan besar dari tengah tengah masyarakat kami yang sama sama manusia Indonesia untuk memimpin kami daripada malaikat dewata yang duduk jauh di singgasana sana yang hidup di kemewahan istana raja raja yordania dan istana kepresidenan afrika utara saat rakyat Indonesia bertungkus lumus dengan darah dan keringat membangun kembali bangsa ini setelah badai krismon lalu…

  11.  

    wow

  12.  

    wow

  13.  

    Klewang mana klewang..saking silumanya ampe ga sadar lo dah sliweran..met pagi smua..

  14.  

    test

  15.  

    absen tengah malam.

  16.  

    200t…ha ha ha…terbesar di kawasan…dlm 5 thn benar benar jd garuda gagah perkasa

  17.  

    Smg kita tdk salah pilih pemimpin.

  18.  

    Jujur ketar ketir…apa mungkin NKRI maju ma Joko Tingkir wong Wapresnya aja dah meragukan kalau Joko TIngkir jadi Presiden bs hancur Negri ini…..eh bener kejadian wktu open house tragedi…apakah ini pertanda..?

  19.  

    Coba komen nya ‘back to topic’ …

  20.  

    Masih banyak yg nyerang seseorang secara personal. Jokowi blm jdi presiden udh dihakimin sama sesuatu yg belum dilakuin.

  21.  

    oke teman2 semua…. kita kembali laptop, yaitu topic artikel diatas “Frigate dan Kapal Selam PT PAL”. Jangan melebar kemana mana.
    Silahkan diskusi tentang artikel tsb.
    Salam hangat

  22.  

    Back to topic…brooow…hehehehe.

  23.  

    sekilas info tentang trimaran :

    Sea Platforms

    Indonesia confirms acquisition of four Klewang-class stealth patrol ships

    Ridzwan Rahmat, Jakarta – IHS Jane’s Defence Weekly

    14 August 2014

    A model of the new Klewang class displayed by Saab at DSA 2014 in Kuala Lumpur. Source: IHS/Ridzwan Rahmat

    The chief of the Indonesian Navy (Tentera Nasional Indonesia – Angkatan Laut, or TNI-AL) has confirmed that the Klewang-class stealth patrol ship programme has resumed and that the service will operate a class of at least four vessels.

    Admiral Marsetio, chief of staff of the TNI-AL, confirmed the plans in an interview with IHS Jane’s at the Indonesian Armed Forces headquarters in Cilangkap, East Jakarta, on 14 August.

    The stealth trimaran programme was suspended after first-of-class KRI Klewang was gutted by fire and damaged beyond repair at a naval port in Banyuwangi, East Java, weeks after its official launch on 31 August 2012. The vessel was still undergoing sea trials. There were no casualties in that incident but Indonesia’s defence ministry suspended the programme indefinitely pending further investigations into the cause of the fire.

    The Indonesian government has not released the results of the investigation into the fire but IHS Jane’s understands that a new hull material, described by Saab as a “nanocomposite compound” that is stronger and stealthier, was chosen partly to mitigate the effects of similar calamities in the future.

    Besides the four confirmed boats, Adm Marsetio also indicated that the navy might consider more vessels in the near future if options presented by the shipbuilders are attractive enough. “We could be looking at a class of between 6 to 20 vessels by 2024”, he said. “The final number will depend on factors such as acquisition costs and offset conditions presented by shipbuilders, but for now we are looking at a class of four ships.”

    Peter Carlqvist, head of Saab Indonesia, confirmed to IHS Jane’s on 15 August the number of vessels to be built but indicated that a contract has only been established for one ship. “We are hopeful that the contract for the other three ships will materialise very soon”, said Carlqvist, who added that Saab is now the prime contractor for the programme and has received full financing from the Swedish government to fulfil the order for the four vessels. However the current vessel being built is produced in collaboration with Indonesian shipbuilder PT Lundin at its facility in Banyuwangi, East Java.

    The 63 m Klewang-class features a wave-piercing trimaran design that allows the vessel to cut through waves and incorporates stealth features such as reduced acoustic, infrared, and magnetic signatures. The patrol craft is propelled by four MJP 550 water jets and can reach cruise and sprint speeds of 16 kt and 35 kt respectively.

    The boats will be armed with four RBS15 Mk3 surface-to-surface missiles with active radar homing of up to 200 km and feature Saab’s new Sea Giraffe 1X 3D compact radar, which will be mounted higher on the vessel’s mast to increase coverage. The vessel’s weapons and radar will be managed via Saab’s 9LV Mk4 series combat management system (CMS), which incorporates the company’s CEROS 200 air defence fire-control director.

    Carlqvist also provided design updates, which include the integration of a Bofors 40 Mk4 (BAE Systems 40 mm Mk4) naval gun under a stealth cupola and a Saab electronic support measure (ESM) system that can intercept and identify the positions of mobile phone signals and radio calls.

    “These will be very useful in counter piracy and illegal fishing missions where phone signals can be used as a target locator”, said Carlqvist.

    When asked of his opinion on the TNI-AL’s consideration of operating up to 20 such vessels, Carlqvist said that the figure seems reasonable given that the Indonesian Navy has plans to increase its fleet by up to 200 ships by 2024. “Some of these might include the Klewang-class given its suitability for the archipelagic nature of Indonesia’s maritime territories”, he said.

    The first Klewang-class vessel is expected to enter service by 2016.

    http://www.janes.com/article/42052/indonesia-confirms-acquisition-of-four-klewang-class-stealth-patrol-ships

  24.  

    bung novri tau karma ngga. orang kpk belum menyatakan menang dia duluan. kalo sekarang di hakimi duluan ya resiko. cuman skenario karma kanjeng mami 2 tahun turun ini berat di rakyat bung. kalo pak wi berdiri kanjeng mami ancur, kalo kanjeng mami berdiri pak wi ancur. mudah mudahan ajah di mamih yang ancur. negeri ini bukan peninggalan bokapnya. bukan cuman bokapnya yang berjuang. kami juga rakyat indonesia. kalo di kalahkan oleh ego seseorang kami tentunya ngga ikhlas kecuali dikalahkan oleh pribadi. itu yang kami tunggu

  25.  

    test

  26.  

    Kita lihat aja perkembangannya….kedepan. Tim transisi nampaknya mo revisi kebijakan MEF sebelumnya….

  27.  

    Terserah apa kata loe semua..yang penting
    Angkata Bersenjata Republik Indonesia
    Setiap saat….
    siap sedia…..
    Mempertahankan…
    Negara Republik INDONESIA…….!!!

    ” DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA ” Bersama Rakyat TNI kuat….

  28.  

    Bakar kemenyan biar Bung @PS muncul..

    Biasanya sensornya suka tajem klo ada artikel yg nyangkut KS… 😀

  29.  

    Cie barisan sakit hati. Hahaha. Lagian lambangnya garuda gadungan sih.

  30.  

    Hadeh..kalo udah politik yg dibahas alamat Sesepuh Ga pd nongol nih…

    Pemilu udah lewat, yg menang Ga udah Jumawa, yg kalah mesti legowo…

    Skrg saatnya Pilih No 3>> PERSATUAN INDONESIA..

  31.  

    Mudah mudahan kita bisa bikin kapal induk rasa NKRI , MAJU TERUS PT PAL !!!

  32.  

    Jkgr ancoooooor dipenuhi orang gak punya otak mirip pengamat politik kagetan yang sukanya menghina, menghujat padahal dia sendiri belum tentu becus. Atau mungkin skarng warga jkgr dipenuhi tentara disersi atau tentara stress yang takut kehilangan lahan karena presidennya dari kalangan sipil. Saya sudah muak sama tentara beginian palingan jadinya tentara hasil kkn, harusnya tni itu merakyat gak usah sok paling berjasa bagi negeri ini tni tanpa rakyat gak aada apa2nya. Ingat semua atribut yang kalian pakai adalah hasil keringat kami! Rakyat Indonesia yang tiap bulan bayar pajak jadi gak usah sok eksklusif deh tni karena sejatinya tni kuat bersama rakyat.

  33.  

    Kepada yth,Perkenal kan kami dari PT. MEKARJATI JAYA LESTARI, Consultan penerbit jaminan
    Garansi Bank & Jaminan Surety Bond Untuk Tender Projec Non Collateral
    Ada pun prodoc yang kami tawarkan

    1. Jaminan Garansi Bank antara lain :
    *. Jaminan Penawaran
    *. Jaminan Pelaksanaan
    *. Jaminan Uang Muka
    *. Jaminan Pemeliharaan
    *. Jaminan Pembayaran /
    Pembelian Barang (LC)
    *. Jaminan Pembayaran ,
    Pencairan Sisa ANGARAN akir Tahun

    A: Bank Pendukung antara lain :
    BANK BRI, BCA, BNI, PERMATA, EXIM, PERMATA, MUTIARA, SINARMAS,
    BJB, BENGKULU, SUMSEL, KALTIM, BTN, DKI, BII, DINAD, DLL

    2. Jaminan Surety Bond antara lain :
    *. Jaminan Penawaran
    *. Jaminan Pelaksanaan
    *. Jaminan Uang Muka
    *. Jaminan Pemeliharaan
    *. Asuransi Kariawan & CAR

    B: Asuransi Pendukung antara lain :
    ASKRINDO, BUMIDA, JASINDO, JASA RAHARJA PUTRA, BOSOWA PERISKOP, SINARMAS, RAYA,
    BERDIKARI , MEGA PRATAMA , PANPACIFIC, ASOKA, dan asuransi terdaftar di defqiu keuangan

    Hormat Kami
    PT. MEKARJATI JAYA LESTARI
    Consultan , Penerbit jaminan tender projec non collatral (tampa agunan)
    Dan Kita bisa terbitkan
    * Jaminan Pembayaran SP2D. Akir Tahun
    * Jaminan Pembelian Barang , ( Bisa di terbitkan dari Bank & Asuransi )
    Marketing :
    Wiwin Dwi Putra
    HP . 08. 53685. 237. 71
    Telp : 021 – 2983 3066
    Fax : 021 – 2983 3067
    E-mail _ wiwindwiputra.mjl46@gmail.com

  34.  

    Hmmm….

 Leave a Reply