Agu 142019
 

dok. HMS Kent Inggris. (@ Holger.Ellgaard – commons.wikimedia)

London, Jakartagreater.com – Kapal perang Inggris HMS Kent (F-78)berlayar ke Teluk pada Senin, 12-08-2019 untuk bergabung dengan misi pimpinan-AS untuk mengawal kapal niaga di kawasan itu di tengah meningkatnya ketegangan politik antara Barat dan Iran, dirilis Antara.

Inggris sepakat untuk bergabung dengan Amerika Serikat dalam misi keamanan maritim di Teluk untuk melindungi kapal dagang yang melintasi kawasan tersebut.

Keputusan ini diambil setelah Iran menyita tanker minyak Inggris di Selat Hormuz. Pada 4 Juli 2019 lalu, Angkatan Laut Inggris menangkap sebuah kapal Iran yang diduga menyelundupkan minyak ke Suriah, di lepas pantai Gibraltar.

“Fokus kami di Teluk tetap kuat untuk mengurangi ketegangan saat ini, “kata Andy Brown, komandan kapal. “Kami berkomitmen untuk menegakkan kebebasan navigasi dan meyakinkan pelayaran internasiona melalui operasi ini,” katanya.

Penempatan pertama kali diumumkan bulan lalu dan frigate HMS Kent akan menggantikan kapal Inggris lainnya, Duncan, yang sudah lebih dulu berada di wilayah tersebut.

Bagikan