Sep 092012
 

KRI Klewang Trimaran

Fantastis… Kata kata ini layak diberikan kepada KRI Klewang 625 yang dibuat oleh PT Lundin Industry Invest, Banyuwangi Jawa Timur. Masih sedikit negara di dunia yang memiliki kapal perang trimaran seperti KRI Klewang. Bahkan Amerika Serikat pun masih bereksperimen dengan kapal perang Trimaran.

Model kapal perang Trimaran Indonesia lebih menyerupai kapal Trimaran USS Independece Amerika Serikat. Terlihat cantik, futuristik dan gagah. Untuk negara Asia Tenggara, Indonesia merupakan satu-satunya pengguna dan pembuat kapal perang Trimaran. Betapa berkah yang begitu besar diberikan kepada negara Indonesia.

KRI Klewang yang dibuat John Lundin CS, sedang diujicoba TNI AL. Jika performanya dianggap baik, akan dilanjutkan dengan produksi 3 trimaran berikutnya. John Lundin menjanjikan produksi Kapal Trimaran selanjutnya, akan lebih cepat.

Optimisme TNI AL terhadap performa KRI Klewang cukup besar. Hal itu terlihat dengan ditempatkannya Kapal Cepat Rudal Trimaran KRI Klewang 625 di Armada Timur, yang memiliki laut ganas. “Operasinya bisa di kawasan barat atau timur sesuai dengan kebutuhan”, ujar Wakil Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Pertama Sayyid Anwar.


Kapal perang Trimaran akan dilengkapi empat peluru kendali. Sejauh ini Kementerian Pertahanan merencanakan persenjataannya kepada produk China. Rudal C-705 daya jangkau 120 km, serta Close-in Weapon System CIWS 730. Kapal seharga Rp 114 miliar per unit ini, memiliki panjang 63 meter dan lebar 15 meter mampu melesat dengan kecepatan maksimal 35 knot.

Dengan menggunakan serat karbon dan cat khusus, KRI Klewang diklaim memiliki teknologi stealth, tidak dapat dideteksi radar. Teknologi stealth diadopsi dari Selandia Baru dan Amerika Serikat. Sementara serat karbon sebagian besar diimpor dari China.

PT Lundin membutuhkan waktu 2,5 tahun untuk melakukan riset ke berbagai negara dan 2,5 tahun sisanya untuk pembuatan.
“Ini mimpi saya dan rakyat Indonesia yang menjadi kenyataan”, ujar John Lundin saat launching KRI Klewang ke laut Banyuwangi- Jawa Timur.

KRI Klewang

Konsep Trimaran ini memang unik. Ada dua lubang di sisi kiri dan kanan kapal yang bertujuan memecah ombak, agar bisa bermanuver dengan kecepatan tinggi di laut dengan ombak 6 meter lebih.

Kedepannya Trimaran akan dilengkapi persenjataan 8 rudal C705, rudal anti kapal selam RBS dan Exocet. Untuk combat management systemnya CMS, KRI Klewang memadukan teknologi CSOC dan CPMIEC China bekerjasama dengan PT LEN Indonesia.

Trimaran Berkah Buat Negara Ini

Berurusan dengan orang seperti John Lundin, gampang-gampang susah. Darah daging John Lundin adalah laut serta pembuatan kapal, yang ia peroleh turun temurun. Ketika ayahnya sakit, Pemerintah Swedia salah memperlakukan orang pintar tersebut. Kredit yang diminta John Lundin untuk galangan kapalnya dipersulit. Padahal ayahnya sudah terbukti membuat berbagai kapal trimaran untuk Patroli Maritim dan Polisi Laut Swedia.

Di tengah keputusasaannya, John pun pergi mencari negara maritim yang membutuhkan keahliannya. Beruntunglah Indonesia, karena John memilih Bali dan kini bolak balik ke perusahaan kapalnya di Banyuwangi.

John Lundin ingin membuktikan kepada kreditur dan pemerintah Swedia bahwa kemampuannya tidak perlu diragukan lagi dan seharusnya kreditnya tidak ditolak.

Untuk pembuktian itulah John Lundin dan temannya rela tinggal berbulan-bulan di Selandia Baru, demi mempelajari kapal Trimaran tercanggih. Setelah mendapat ilmu yang cukup, dia kembali ke Banyuwangi untuk mewujudkan mimpinya. Tidak semua orang memiliki mental baja seperti John Lundin. Pembuktian diri menjadi kata kunci mengapa John seteguh itu.

What’s Next John ?

Kini John Lundin telah mewujudkan mimpinya, lalu apa selanjutnya yang dia lakukan ?

Orang seperti John Lundin tidak akan silau bekerja di sebuah perusahaan bonafid serta memperoleh pendapatan yang besar. Orang seperti John selalu ingin membuat pencapaian-pencapaian yang belum dibuatnya atau orang lain.

Selama pencapaian itu belum selesai dia akan menetap di perusahaan itu. Namun begitu selesai dan dianggap tidak lagi memiliki tantangan, maka dia akan hengkang mencari tantangan di tempat lain.

John Lundin telah menyelesaikan kapal Trimarannya. Produksi kapal sejenis produksi 3 kapal trimaran berikutnya, bukan lagi kategori “pencapaian” bagi John Lundin. Dan saat ini John Lundin tentu sedang berpikir, pencapaian apa lagi yang akan dia lakukan.

Jika TNI AL atau Kemenhan tidak memiliki rencana yang lebih besar bagi John Lundin, maka siap-siaplah bersalaman dengan pria asal Swedia itu.

Dengan bekal kapal trimaran yang telah dia buat, tentu sangat mudah bagi John Lundin untuk mencari investor lain untuk mewujudkan tantangan berikutnya.

“Dato…saya sudah membuat kapal perang trimaran KRI Klewang untuk Indonesia dan ingin membuat kapal yang lebih hebat”, ujar John Lundin seumpama disampaikan kepada Pemerintah Malaysia. Kira-kira, apa jawaban pihak Malaysia. Tentu kita sudah tahu jawabannya.

Hingga kini proyek Korvet Nasional tidak jelas. Rencana membuat Frigate Nasional dengan teknologi dari Damen Schelde Naval Shipbuilding Belanda, masih jauh dari kenyataan.

Dengan prestasi John Lundin, sudah waktunya ia diberi kesempatan yang lebih besar. Perlu dipikirkan agar proyek pembuatan Frigate Nasional diserahkan kepada John Lundin. Sebuah frigate trimaran yang memiliki hanggar untuk helikopter.


Saat ini kapal perang modern Indonesia KRI Diponegoro Class tidak memiliki hanggar. Begitu juga dengan 3 light frigate Nakhoda Ragam Class yang akan datang.

Sudah waktunya John Lundin diberi tantangan membuat frigate trimaran yang memiliki helipad dan hanggar. Budget pembuatan dari Frigate Trimaran bisa diambil dari anggaran pembuatan Frigate Nasional yang belum jelas jalan ceritanya.

Kalau itu terwujud, maka Indonesia akan memiliki kapal perang modern yang benar benar siap Combat Duty dalam menghadapi ancaman dari bawah laut, permukaan dan udara.

Jika frigate trimaran itu terwujud, bisa diberinama KRI John Lundin, untuk menunjukkan kepada dunia bahwa bangsa Indonesia tidak pelit menghargai orang yang layak dipuji.

Kapal Trimaran merupakan konsep kapal perang modern yang juga sedang didisain oleh Rusia untuk kapal perang masa depan. Trimaran dianggap bisa membawa persenjataan yang lebih komplit. Jangan sampai ujicoba pembuatan Trimaran dilakukan di Indonesia, namun kapal yang sempurnanya dinikmati oleh negara lain.

Seharusnya 5- 10 tahun lagi kita akan mendengar: “Jangan coba-coba dengan Angkatan Laut Indonesia. Kapal perang Trimarannya sangat mematikan”.

Moto harus berubah: “Kau yang memulai, kau juga yang mengakhiri”. Jangan sampai seperti yang lalu-lalu: “Kau yang memulai, orang lain yang mengakhiri”. (JKGR).

  37 Responses to “Frigate KRI John Lundin”

  1. sangat setuju!!! terima kasih Pak John Lundin

  2. Alihkan rencana pembuatan Korvet Nasional yang tertunda untuk pembuatan trimaran yang lebih besar. amin….

  3. ”Saat ini kapal perang modern Indonesia KRI Diponegoro Class tidak memiliki hanggar””’ gk salah tulis tu?? KRI diponegoro bawa heli NBO

    • Heli-nya diikat di deck. Sigma 10513 Maroko yang sudah memiliki hanggar, KRI Diponegoro adanya deck doang, no hanggar

    • Betul Sekali, KRI SIGMA Diponegero tidak punya hanggar / garasi buat heli, jadi hanya helipad saja. sama dengan kapal fregat Van Speijk Ahmad Yani, dulu punya, sekarang jadi hanggar rudal Yakhont, jadi tinggal helipad saja.

    • yenny. nggaaak salah tuuuuuuuuhhhhh ……..

      yenny belum tau yaa perbedaan hanggar heli ama helipad ???????????

      ATAU

      OOON.

      HELIPAD : TEMPAT HELI LANDING
      HANGGAR : TEMPAT BERTEDUHNYA HELI DI DLM KAPAL , BIAR NGAK KEUJANAAN,KEPANASAN,TERKENA AIR LAUT., DLL

      JADI KESIMPULAN NYA :

      kapal punya hanggar pasti punya helipad. tpkl punya helipad belum tentu punya hanggar kayak sigma class RI.

  4. ini adl permulaan, inilah pembuktian, KRI KLEWANG salah satu buktinya bahwa kita mampu membuat alutsista sendiri yang hebat, byk orang yg mentertawakan, mencibir kemampuan bangsa indonesia, termasuk orang indonesia sendiri, skrg industri alutsista indonesia mulai menggiliat : anoa, SS2 pindad, roket, LPD pt pal, dll banyak yg mulai pesan mulai brunei, malasyia, pilipina, irak, uganda, timtim, bahkan khabarnya arab saudi mulai tertarik. Sebentar lagi bangsa indonesia akan melihat : pesawat tempur, korvet, fregat, kapal selam. Tank medium, rudal nasional, satelit pertahanan, dll buatan bangsa indonesia sendiri. Tapi semoga ini tidak cepat puas karena jalan masih panjang dan semoga pemerintah tetap jalan terus mengembangkan industripertahanan nasional dan DPR RI harus mendukung. Majulah BangsaKU………..

  5. Gambare gak metu bos

  6. KRI Klewang 625 Trimaran terbakar di Banyuwangi…ada apa gerangan ?

  7. MOHON DIBIKIN THREAT LAGI DONG………………………………
    UDAH GATAL INGIN KOMENTAR

  8. Sesuai dugaan saya, di forum lain udah saya jelaskan, carbon composite ada kelemahannya……………
    namun ndak papa, namanya juga uji coba, semua bisa saja terjadi dan dievaluasi

  9. Semoga bisa buat lagi!

  10. Jumat keramat..!! Launching hari jumat, terbakar hari jumat… Pengen menangis rasanya… 🙁

  11. dari negara jiran teriak girang tuh.malah dari analisa merke bahwa ini adalah sabotase dari pasukan komando mereka.biasalah sih penulis penghayal millitaryofmalaysia.net yang menipu

  12. Biar saja mereka bicara apa, wong kapal itu dalam taraf uji coba, belum diserahkan ke AL, dalam uji coba adalah hal biasa, contoh sukhoi Su-27 berapa besawat yang hancur dan merengut nyawa dalam test, belum lagi F-22, Gripen, kapal selam pun demikian baik Rusia, AS dan barat lainnya.

    malah bagus, karena kita jadi tahu kelemahannya, dan belajar dari kegagalan tersebut

  13. Kemarin sempat gak percaya bro… gak nyangka… seakan2 gak bisa terima kenyataan kebakaran itu… Bahkan semalem gak bisa tdr. Kalo feeling sy sih akibat dari korsleting listrik, hal / masalah kecil akhirnya sangat fatal jadinya…

    Ini pengalaman sangat berharga untuk kedepan…

    Selamat tinggal KRI Klewang T.T

    Oh ya… KRI Klewang ini ada asuransinya gak?

    • Peralatan militer gak ada asuransinya, tapi karena belum diserahterimakan berarti masih milik sipil dan masih mungkin diasuransikan, semoga ada -kasihan John Lundin!.

      Sepertinya ada masalah fireproofing (bisa sampai 4 lapis coating) terhadap material komposit yang digunakan, kelalaian dalam hal ini bisa dipermasalahkan – seandainya memang diasuransikan.

  14. Kalau ada potensi terbakar lebih baik sekarang saja, jangan nanti pas dipake perang baru bermunculan penyakitnya … . Yang terpenting semoga tidak ada korban dan didapat akar permasalahannya.

  15. Kita ambil hikmahnya dan john lundin jangan putus asa..bikin lagi yang lebih safety and tangguh ..
    Biar orangg lain bicara apa yang penting kita sudah berbuat tuk kemajuan teknologi bangsa ini
    Keberhasilan menanti dibalik kegagalan

  16. ya…memang..kita ambil hikmahnya…..
    sabar…tabah…jgn putus asa…..dan jgn sombong..tetaplah rendah hati…agar kita selalu diperhitungkan…
    mudah2an TNI AL dan PT Lundin diberi kemudahan dlm segala hal…..
    kepada bpk anggota DPR Komisi I….Toolong jgn asal ngomong….asbun…dan asal njeplak…..
    krn anda ini tdk menjalankan fungsi tugas anda dgn baik….baik dulu waktu masih aktif di pemerintahan maupun skrg sbg wakil rakyat….ngaca donk sebelum mengkritik…

  17. Yang penting sekecil apapun kemajuan yg didapat oleh bangsa ini, harus kita syukuri….gitu aja kok repot…

  18. Waktu TNI AL mulai marak bikin fast boat dri fiber, ada kritikan (lupa dri TNI sendiri atau pengamat) “kalo kapal fiber memang kuat dan cepat, namun rawan terbakar bila terkena satu tembakan kanon saja”. Wkt itu ga ada yg percaya dan peduli coz tdk ada buktinya. Dan jg ada argumen bhwa fiber tdk bisa terbakar. Smp kejadian KRI Klewang ini trbakar…
    Trlepas dri ada sabotase ato tdk, aku pikir kejadian ini bisa jd bahan evaluasi penggunaan fiber. Mengingat kapal stealth amerika pun tdk pakai fiber, namun ttp bisa stealth.

  19. yang cocok agar mampu stealth dan tidak mudah terbakar dan cepat menurut pengamatan awam saya, lebih baik mengunakan material semi fiber dengan lapisan kaca pelindung

  20. nah…. yg bgini nih yang mantap buat ngusir org luar yg coba nerobos laut kita….. buat ampe 200 biji lah…. biar mantap….

  21. Jhon lundin dikirim tuhan ke indonesia. Agar indonesia mempunyai TNI AL yang paling di takuti di dunia.dan bukan cerita msa lalu yg gagah berani tp g ada bukti cuma cerita.so…kesempatan tidak dtang 2 x.hargai Customer hormati dia sebagai utusan……amiiin

  22. Jangan mikirin biaya,kalo negara indonesia udah disegani karena memiliki angkatan bersenjata yang kuat,dan hebat ,…negara manapun didunia Ini akan berlomba-lomba invest, dan uang akan datang sendiri g usah ngemis2 lg,nanti kita yang ..malah menolak..bravo indonesia

  23. sangat stuju, kita perlu memberi kesempatan lebih untuk usaha Bpk John Lundin ,Beliau sudah membri ilmu yang berharga bagi masyarakat di Indonesia , mungkn di masa mendatang kita tidak lagi bergantung pada produsen negara lain untuk membeli kapal canggih, dan kita lakukan riset dan pengembangan sekarang untuk mendapat hasilnya nanti, songsong kemajuan militer, dan jaga wilayah kelautan Indonesia, karena laut kita amat sangat kaya yg juga sangat di minati banyak negara,,

  24. Mungkin lebih baik kalo di beri misi produksi kapal induk……
    Setuju gak?……

  25. Good point.. Lanjutkan

 Leave a Reply