Jan 142015
 
Prajurit TNI di Papua

Prajurit TNI di Papua

Jakarta – Mabes TNI menyelidiki aksi demonstrasi 50 prajurit TNI di Puncak Jaya, Papua. 50 Prajurit ini berunjuk rasa karena uang tunjangan lauk pauk dan pengamanan mereka disunat. Para prajurit ini ingin agar uang mereka Rp 500 ribu yang dipotong dikembalikan.

Aksi unjuk rasa terjadi Senin (12/1/2015) dan aksi mereka reda setelah perwira di Kodim meminta maaf dan melakukan dialog. Uang yang dipotong pun dikembalikan. Namun para prajurit ini ingin bertemu Pangdam Cendrawasih dan menyampaikan keluh kesahnya.

Maklum saja kawasan Puncak Jaya rawan pelaku kekerasan bersenjata, tentu akan sangat miris bila tunjangan anggota TNI disunat.

“Kami masih mengumpulkan informasi soal ini,” kata Kapuspen TNI Mayjen Fuad Basya, Selasa (13/1/2015).

Fuad menjelaskan, Mabes TNI masih melakukan pendalaman kasus ini. Prajurit tak boleh berunjuk rasa, demikian juga komandan tak boleh menyunat hak anak buahnya.

“Sedang kami dalami dan kami panggil, baik Dandim dan prajuritnya. Nanti kalau sudah jelas akan kami sampaikan lebih lengkap,” tutup Fuad. (Detik.com).

Bagikan :

  63 Responses to “Gaji Disunat, Prajurit Unjukrasa”

  1.  

    Tukang sunatnya diapain ya?

  2.  

    Keterlaluan ,, seharus nya di tambah bukan di sunat !! ,, pagi All

    •  

      Dunia tentara adalah dunia yg penuh kedisiplinan, semua komunikasi dari atas ke bawah bersifat komando yg harus dg tegas dilaksanakan, karena itu kebijakan dr atas sangat jarang dibantah dr bawah. Oleh karena itu bila ada bantahan atau perlawanan dari bawah berarti itu sudah sangat keterlaluan atau kebangeten.

  3.  

    kasihan para prajurit….semoga yang berbuat secepatnya dikasih sanksi. jangan sampai kejadian seperti ini terulang lagi.

  4.  

    pantes,

    nyimak aja lah.

  5.  

    Wahhh…..seharusnya Tentara di sana disejahtrakan, (bukan di makan keringat dia}
    yang sunat keringat dia (Tentara) biar makan asin DosaNya

  6.  

    Presiden dan pnglima hrs brtndak tegas, hukum sbrt2 ny dan copot pngkt krna ini trmasuk korupsi juga, alasan apapun kasus sunat semacam ini sudah menjadi tradisi lama trlbh lagi sampai dana BOP RT/RW pun ikut di sunat juga…..hahaha…Terlalu n gak tau malu….selamat pagi dan salam warjager.

  7.  

    Sangat miris! Harapan saya pelakunya bukan cuma dicopot dari jabatannya tapi dipecat tidak hormat

  8.  

    Tambah gaji dan tunjangan mereka………

  9.  

    Disunat kan cm dipotong ujungnya..biar bs brnafas lega dan tambah sehat. Dokter dan mantri pun ikut tambah sehat krn penghasilan brtambah dr menyunat.

    Yg gak disunat cm tentara PLA.

    Tapii kalo disunat gajinyaa??
    Yo keterlaluan..gk berperikesunatan namanya..

    •  

      Siip..trims kawan merah putih. Masukan bwt sy

    •  

      @ bung petruk bkn hanya tentara PLA yg gk disunat tentara BULE,NEGRO, jg sipilnya rata2 gak disunat karena mrk bukan muslim… dulu pernah kejadian uang prajurit di sunat trus mereka demo pecahkan kaca komplek sampai perwira tinggi juga treluka kena lemparan batu…
      ane lupa di mana ya itu…waktu itu perwira tingginya orang Batak, maaf bukannya kesukuan tapi cuma menjelaskn, jgn tersinggung yg dr sumatera….salam

  10.  

    sudah saatnya TNI transparan tentang anggaran, harus ada audit dari KPK, kesejahteraan harus di junjung tinggi, mereka meninggalkan keluarga untuk bertugas, dengan taruhan nyawa didaerah konflik.

  11.  

    prajurit tidak boleh berunjuk rasa,komandan tidak boleh menyunat hak anak buahnya…aneh jg pernyataan kapuspen,prajurit protes ya wajar dong klo ada ketidak adilan yg dilakukan atasannya..
    Sebenarnya yg perlu di kritik cukup pimpinannya

    •  

      Ada mekanisme penyampaian pendapat di internal. Ini yang mungkin bisa ditingkatkan efektivitasnya oleh jajaran pemimpin organisasi. Untuk organisasi dengan karakteristik semacam tentara, memang tak tepat kalau anggota melakukan unjuk rasa , dalam arti sampai diketahui terbuka oleh media. imho

  12.  

    Sungguh terlalu!! Harusnya prajurit itu disejahterakan bukan disengsarakan. Apalagi yg bertugas di daerah rawan konflik. Komandan hrs diberikan sanksi.

  13.  

    Tega tega nya menyunat gaji prajurit yang sedang bertugas ditempat terpencil membela negara, sudah begitu bobrok kah oknum2 internal TNI, dimana semangat perjuangan dan kejuangan nya, dimana jiwa korsa nya, dimana kesetiaan nya pada tanah air !
    GANTUNG UKNUM PENYUNAT GAJI PRAJURIT,………………. !!!

  14.  

    sy dukung bapak2 prajurit untk mogok. yaa,, mau bgmn lg itu keterlaluan sekali, mudah2an hukuman untk prajurit y tdk terlalu berat,, biasa y yg paling sering kena yaa yg plg bawah. 500.000 x 50 = 25 juta rupee

    sekalian titip kangen kangen rindu sama bung Naraya, PS, Melekteck. mudah2an d baca.

  15.  

    Sedih dan miris yak….
    makanya sering saya bilangin, “berseragam belum tentu nasionalis,”…
    Menjadi prajurit yg kuat itu mudah, namun menjadi bersih itu sulit. Kakau sudah bersih, untuk menjadi kuat tinggal tingkatkan kedisiplinan.

    milih kuat atau bersih?

  16.  

    Hmm.hmmm??/???….?!?

  17.  

    Oknum yang nyunat gaji tentara hukumannya disunat/dikhitan kembali aja…biar habis sekalian. Harus ada yng intropeksi dengan kejadian ini, apakah tidak ada saluran aspirasi dari tentara dilapangan dengan mabes. sebenarnya dengan adanya saluran aspirasi tidak akan ada yang tentara yang demonstrasi.Semoga menjadi pelajaran berharga bagi TNI khususnya mabes TNI, untuk lebih meningkatkan pengawasan dilapangan.HIDUP TNI !

    •  

      Imho. Tentara mendukung demokrasi, tapi secara institusi ketentaraan..tdk terlalu membutuhkan demokrasi di dlmnya.
      Yg penting ada perintah dijwb..siaap!! Kalo dibiasakan demokrasi malah pd mbantah perintah dgn sgl macam alesan.

      Makanya jg, tentara tdk mempunyai hak pilih..

      Lagian umpama ada tempat penyampaian inspirasi dlm insitusi tentara..ntar semua tentara inspirasinya pingin beli su35, kirov, bukminah..dsb

      •  

        Lagian umpama ada tempat penyampaian inspirasi dlm insitusi tentara..ntar semua tentara inspirasinya pingin beli su35, kirov, bukminah..dsb,………………bukanya itu yang kita harapkan bung..he3,tpi disiplin harus tetep ditegakan. Karna disiplin adalah jiwa dari tentara yang sesungguhnya. Salam bung petruk K.B..kita suka wayang kayaknya

    •  

      aduh maaf,,ini kok malah komentar disini,,

  18.  

    setelah MIGAS,PERHUBUNGAN,KELAUTAN,TAMBANG,HUTAN & POLRI, SAYA HARAP PRESIDEN BISA BERMAIN CANTIK UTK MENCARI JALAN MASUK KE TUBUH TNI BUAT BERSIH2/CUCI GUDANG

    •  

      Apa yang di cuci gudang liat bbm naik tanpa ada publikasi publik kemana arah tujuan lihat jaksa agung dari parpol sekarang calon kapolri nya telak telak sebagai tersangka korup.. simbol nya kerja kerja apa nya di kerja bolak balik keluyuran habisi anggaaran buat blusukan sekali berangkat berapa nyerap biaya. Kebijakan tepat sasaran dan berguna bagi masyarakat itu peran utama.

      Coba anda buka sedikit otak kiri untuk mengamati pemerintah saat ini. Gagal kali ini bukan hanya lima th berasanya.

      •  

        Tenang bung jangan pesimis serahkan semua pada kehendak Allah SWT….. insyaAllah pasti ada jalan keluarnya, seperti hari ini 15 januari atau paling lambat 16 januari 2015 pemerintah akan mengumumkan harga baru BBM. Berdasarkan ICP diposisi US$ 59,56 dan kurs tengah dollar AS 12,600 harapan kita harga baru ron 88 paling tidak di angka Rp 6,100 – 6,200/liter (non subsidi)….. aminn

        #EdisiTahajud

  19.  

    Eh…
    Bukanya ditamabah malah disunat

    sudah berapa kali ya disunat itu tentara

  20.  

    Selain sunat gaji, ada lagi ini sunat nyawa, saya perhatikan penjaganya diatas kok gak ada yg pakai rompi anti peluru ya, wah ini nyawanya juga disunat hehe, mestinya tentara yang menjaga kawasan konflik seharusnya juga dilengkapi keamanan yang memadai, biarpun pak tentara jago tembak jago beladiri tetap saja gak bisa menghindar sama peluru tajam, nanti kalau ada penembak gelap kan gawat pasti mati penjaganya, mohon setidaknya didisiplinkan nyawanya juga, tentara juga punya keluarga dan anak, kasian nanti

    •  

      Satu lagi mas bro, pakai kacamatanya biar kelihatan keren & profesional, nanti kalau ada penembak gelap kan mikir-mikir, wahh tentaranya keren ya, malahan gak jadi nembah malah diajak foto bersama hehe, setidaknya meminimalkan resiko ya ๐Ÿ˜€

  21.  

    Jadi kesejahteraan prajurit yg selama ini di bilang kurang itu karena disunat atasannya?

  22.  

    Miris…..
    Knp malah kejadian d daerah konflik…..?

  23.  

    wajib dan harus hukumnya untuk dipecat secara tdk hormat….!!!oknum atasan yg menyunat bawahan.apalagi ini dlm kerangka militer,dan korbanya adalah prajurit yg notabene merekalah yg akan maju digaris terdepan jika ada perang,sungguh suatu kejadian memalukan dan efek nya jls jls.besar bgi NKRI,,,!!!gmn kalau mrk pra prajurit sdh berkurang rasa nasionalisme nya???enggan untuk maju dimedan terdepan menjaga garis depan NKRI????jgn2 kalau terjdi perang bkn musuh yg ditembak,,tapi atasan mereka sendiri,krn faktor dendam,hrus ada tindakan tegas kpd atasan atasan ygbertindak sadis kpd bawahan,jika gak dipecat,org2 sprti itulah yg akan mrusak NKRI dri dalam tbuh nya sendiri,pecat aja pak pecat…!!!!

  24.  

    Salah satu sebab PESIMISME rakyat pada pemimpin dan bangsanya sendiri….hilangnya SURITAULADAN yg baik seorang pemimpin pada bawahan dan rakyatnya.

  25.  

    Tentara memang punya militansi kuat kepada rekan sesamanya. Pekerjaan dalam situasi ekstrim memang menuntut kepercayaan anggota tim untuk bisa melindungi rekannya serta rantai komando / perintah yang sederhana jelas dan kokoh.

    Masalahnya memang ketika hal ini terkotori moral jelek, seperti peribahasa “karena nila setitik maka rusak susu sebelanga”. Keterikatan yang kuat (platonic ~ persaudaraan erat; companion ~ teman dekat seperjalanan) dalam hal kebenaran dan kemurnian akan jadi benteng yang kuat melindungi, dan jika jadi kotor maka akan melindas.

    Nah perlunya perangkat yang kuat untuk menemukan menyaring dan membersihkan nilai-nilai kotor tersebut.

  26.  

    Lagu Serdadu by Bang Iwan Fals ternyata msh berlaku…

  27.  

    @bung sarkem tolong di dupakii temen”nya yg kurangajar tuu

  28.  

    Kasus ini mirip tragedi di Sentani pada tahun 2009…..terulang lagi….
    Ratusan anggota Batalion Infantri 751 mengamuk dan melepas tembakan di dalam markas
    aksi unjuk rasa yang disertai perusakan sejumlah fasilitas markas Yon 751/BS itu berawal dari prosesi pemakaman salah satu anggota Yon 751/Sentani ke Nabire.

    โ€œPara anggota meminta agar rekannya dimakamkan di Nabire. Namun, komandan setempat keberatan karena biayanya terlalu mahal mengingat harus menyewa pesawat. Akhirnya, para anggota sepakat untuk menyisihkan uangnya guna membayar 50 persen biaya, dan sisanya ditanggung komandan bersangkutan.Karena kesal setelah uang makan dan uang kesejahteraan mereka dipotong oleh atasannya. Pemotongan itu dipakai iuran memulangkan jenazah Prajurit Satu Joko yang meninggal ke Nabire.

    Mereka merusak rumah dinas Komandan Batalion 751 Letnan Kolonel Inf Lambok Sihotang. Sedangkan Wakil Komandan Yonif 751 Mayor Inf Raimond Power Simanjuntak kepalanya bocor terkena lemparan batu. Kedua pimpinan ini dijadikan sasaran amarah karena dianggap mempersulit pemakaman jenazah anggota tentara yang meninggal karena sakit.

    Jenazah itu hendak diangkut ke Nabire, namun terhambat oleh mahalnya harga sewa pesawat sekitar Rp 30 juta. Amuk prajurit itu baru dapat diredakan setelah Mayor Jenderal Azmin Yusri Nasution datang ke lokasi, berdialog dengan para prajurit.

  29.  

    wah ini komandan hrs masuk buku hitam..! siapa nama komandannya ?

  30.  

    Kasihan juga mrk, udah hrs sll waspada menghadapi teroris, gajinya disunat lagi.
    Shrsnya atasan itu mengasihani bawahannya, shgg bawahan akan menghormatinya lahir batin. Ini malah didholimi.
    Dimana rasa tanggung jawabnya terhadap negara dan terhadap kemanusiaan?
    Ingat, hidup itu cuma skl. Jadi beramal salehlah utk kebaikanmu dunia akhirat!
    Tegakkan hukummu, Indonesia!

  31.  

    Weleh weleh komen ndak bermutu

  32.  

    ADUH SUDAH DI DPR.. SEKARANG DI TUBUH TNI DAH MULAI ADA PENYAKIT KORUPSI…
    HANCUR…HANCUR.. HANCUR…
    SAPA YG BAWA PENYAKIT KORUPSI INI KE TUBUH TNI….
    HARUS DI BASMI….

  33.  

    Kalo bener disunat .. wahh.. banyak temennya itu ๐Ÿ˜€
    Yang nyunat apa gak mikir efeknya ya.. semua jadi salah. Yang nyunat salah, yang disunat demo jg salah. Efek dominonya dicontoh dictempat lain. Jadi ikutan salah semua.

    IMHO: Serdadu kalo sampek demo kemungkinan besar karena sudah sering terjadi atau sudah tingkat keterlaluan.

  34.  

    kirain yg bisa di sunat itu cman si anu,eh trnyata si ana juga bsa

  35.  

    ITULAH SIFAT PARA PEMIMPIN INONESIA.MEREKA GA MIKIR DI SANA NYAWA MENJASDI TARUHANNYA.SEDANGKAN ATASANNYA ENAK2AN DI PUSAT CARI MUKA KE SANA KEMARI.

  36.  

    kalo ndak boleh demo masak di suruh pasra dengan keadaan mereka punya anak dan istri yg perlu di hidupin

 Leave a Reply