Gambar Satelit Tunjukkan Program Rudal Balistik Arab Saudi

Gambar citra satelit menunjukkan Arab Saudi mengembangkan program rudal balistik. (twitter @ArmsControlWonk)

Citra satelit yang baru dianalisis menunjukkan bahwa Arab Saudi memajukan pengembangan rudal balistiknya di fasilitas pengujian di pusat negara itu.

Para ahli di Institut Studi Internasional Middlebury di California utara meninjau ulang gambar satelit yang diambil oleh Planet Labs Inc. pada akhir tahun terakhir dan menemukan bukti bahwa Arab Saudi mungkin memiliki teknologi manufaktur yang telah secara konsisten mengkritik musuh-musuhnya Iran untuk berkembang.

Tahun lalu, Putra Mahkota Kerajaan, Mohammed bin Salman, mengatakan bahwa pemerintahnya akan menanggapi dengan cara serupa terhadap pengembangan rudal balistik Iran yang mampu membawa hulu ledak nuklir ke sasaran di seluruh dunia.

Salah satu pakar dari Middlebury yang menemukan tujuan pangkalan itu, Jeffrey Lewis, mengatakan bahwa Amerika Serikat mungkin “meremehkan” ambisi nuklir Saudi.

Pangkalan militer – pertama kali ditemukan pada tahun 2013 oleh Jane’s Defense Weekly – terletak sekitar 145 mil di sebelah barat ibukota Riyadh.

Pakar lain dari Institut Internasional untuk Studi Strategis Washington mengkonfirmasi temuan Lewis, mengatakan bahwa fasilitas tersebut tampak cukup besar baik untuk membangun dan bahan bakar rudal balistik.

Menurut Lewis , uji coba mesin roket yang dicurigai di pangkalan Saudi sangat mirip dengan desain Cina, menimbulkan pertanyaan dari mana Riyadh belajar bagaimana mengembangkan fasilitas tersebut.

Cina dan Arab Saudi memiliki hubungan yang semakin kuat, terutama dalam hal penjualan senjata.

Sumber: i24news.tv

Tinggalkan komentar