Jul 082017
 

Kendaraan tempur BMPT-72 alias Terminator 2 buatan Rusia. © Ilya Bogachev

BMPT-72, tank dukungan tempur canggih dari Rusia, dijadwalkan dilengkapi dengan senjata dan juga modul tempur baru, menurut direktur jenderal riset dan produksi UralVagonZavod Alexander Potapov, seperti dilansir dari laman Sputnik News.

Harian berbahasa Rusia, Komemrsant mengutip pernyataan Alexander Potapov, bahwa kini perusahaannya telah mulai memodernisasi kendaraan tank pendukung tempur generasi baru yang disebut BMPT-72.

Mesin perang baru tersebut dijuluki sebagai “Terminator 2”. Saat ini, terdapat dua versi dari kendaraan berdasarkan sasis tank tempur T-72, yaitu “Terminator 1” dan “Terminator 2”. Yang keduanya dialokasikan untuk pasar ekspor oleh Kementerian Pertahanan Rusia.

“Kami tidak berdiri diam”, kata Potapov, menambahkan bahwa perusahaannya kini sedang mengembangkan senjata kaliber baru dan memodernisasi unit tempur, termasuk BMPT.

Mengomentari belum adanya pesanan dari Kementerian Pertahanan Rusia untuk membeli Terminator-2, Potapov tidak mengesampingkan bahwa Kementerian Pertahanan tersebut dapat memulai pembelian itu di masa yang akan datang.

“Militer [Rusia], sejauh yang saya tahu, telah mengubah sikapnya terhadap kendaraan ini, oleh karena itu, saya pikir reaksinya akan positif. Selain itu, BMPT mampu melakukan operasi militer di tempat terbatas, dan cukup sesuai untuk itu”, katanya.

BMPT-72 dilengkapi dengan sistem persenjataan berpemandu mutakhir dan mampu untuk menghancurkan kendaraan infanteri musuh, tank dan objek-objek lapis baja lainnya, serta helikopter.

Kendaraan tempur BMPT-72 dipersenjatai dengan dua senapan otomatis 2A42 30 mm yang dapat dilengkapi dengan 850 butir amunisi, 4 sistem rudal anti-tank Ataka-T dipandu laser dan sebuah senapan mesin koaksial dengan mekanisme pengisian ulang jarak jauh.

BMPT juga membawa 4 peluncur rudal anti-tank 9M120-1 (atau 9M120-1F/4), yang mampu mencapai target pada jarak hingga 6 kilometer. Apalagi terdapat 2 peluncur granat otomatis AG-17D.

Kendaraan tersebut memiliki 3 orang awak, dapat bertahan di iklim dan zona yang berbeda, termasuk daerah perkotaan, baik dalam kondisi ringan sekalipun. Terminator 2 dilengkapi dengan penglihatan malam, pencari jarak laser, serta sistem pemandu rudal yang dikontrol laser terpadu. Sistem ini bisa mendeteksi target dalam jarak 5 km, baik siang atau malam hari.

Akhir bulan lalu, sejumlah media melaporkan bahwa BMPT-72 telah terlihat di pangkalan udara Hmeymim di Suriah. Kendaraan itu ditunjukkan pada Presiden Suriah Bashar Assad oleh Kepala Staf Umum Rusia Jenderal Valery Gerasimov saat Assad berkunjung ke lokasi militer tersebut.

Gambar-gambar yang dipublikasikan setelah kunjungan Assad ke Hmeymim menunjukkan versi terbaru dari BMPT-72 di padang pasir, sebagian kendaraan ditutupi jaring kamuflase. Ternyata, kendaraan tempur tersebut merupakan bagian dari pasukan Rusia yang terlibat dalam melindungi pangkalan, selain tank tempur utama T-90.

  7 Responses to “Ganas, Terminator 2 Rusia Mendapat Senjata Baru”

  1.  

    jossss banget nih

  2.  

    Marinir wajib memilikinya sebagai pendamping BMP 3F kepunyaan marinir tni al

  3.  

    Klu tank medium Pindad tlh diproduksi bs dikembangkan dgn Versi setara Terminator, klu bs buat untuk apa beli import lg!

  4.  

    mantap nih desainnya…
    berharap panser anoa bisa angkut rudal seperti terminator 2

    :selamat

  5.  

    Kayakna marder 2nd yg cocok dijadikan persenjataan seperti ini..borong lagi marder 2ndnya….100 unit!…marder yg dipersenjatai sepeti ini cocok manuvernya dg leopard kita dan dia dpt melindungi dr heli…utk memimpin kasta yg dibawahnya?…tambah jago..misal divisi marder aja,marder dg persenjataan tsb+marder kemampuan APC..sudah cukup..atau ditambah 8X8 ….tambah kuat…ditambah ANOA …tambah gila..ditambah BMP 3F kita…mau mana lagi yg akan diratakan???….

 Leave a Reply