Dec 012014
 

Penyelundupan 1 Juta Liter Minyak Mentah

kapal-bbm-illegal

Kapal MT. Sea Jade hendak selundupkan minyak mentah (photo: detik.com)

Jakarta -Percobaan penyelundupan minyak mentah Indonesia kembali terulang. Meski beberapa kali kasus serupa digagalkan, namun para penyelundup minyak tak kapok.

Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea dan Cukai, Kementerian Keuangan melalui tim patroli BC 20002 berhasil menangkap kapal MT. Sea Jade yang membawa sekitar 980.000 liter minyak mentah, di Perairan Karang Heluputan, Bintan, Kepulauan Riau.

Kapal MT. Sea Jade tersebut tidak membawa dokumen pelindung, baik muatan mau dokumen pengangkutan. Kejadian ini pada Kamis, 27 November 2014 pukul 16.00 WIB.

Berdasarkan keterangan Ditjen Bea dan Cukai Kanwil Khusus Kepulauan Riau, Senin (1/12/2014), pada saat pemeriksaan, petugas Bea CUkai tidak ditemukan manifest terhadap muatan MT. Sea Jade dan port clearance dari syahbandar.

MT. Sea Jade yang diketahui bebendera Malabo/Equatorial Guinea dengan GT. 786 dan No. Register 71853 BN ini, menggunakan modus antar pulau untuk menyelundupkan minyak mentah ke luar negeri.

Pada saat proses penindakan, nakhoda kapal mengaku akan membawa muatan minyak mentah ini ke Batam. Hasil analisa terhadap haluan kapal, jalur pelayaran serta pemeriksaan yang mendalam terhadap ABK MT. Sea Jade, didapati tujuan sebenarnya adalah ke East OPL Malaysia.

Upaya penyelundupan ini diduga melanggar Pasal 102A huruf (c) dan (e) UU No. 17 Tahun 2006 tentang Perubahan atas UU No. 10 Tahun 1995 tentang Kepabeanan dengan ancaman pidana penjara paling singkat 1 tahun dan pidana penjara paling lama 10 tahun, dan pidana denda paling sedikit Rp 50 juta dan paling banyak Rp 5 miliar. (finance.detik.com).

  76 Responses to “Gantung Penyelundup Minyak Mentah !”

 Leave a Reply