Dec 012014
 

Penyelundupan 1 Juta Liter Minyak Mentah

kapal-bbm-illegal

Kapal MT. Sea Jade hendak selundupkan minyak mentah (photo: detik.com)

Jakarta -Percobaan penyelundupan minyak mentah Indonesia kembali terulang. Meski beberapa kali kasus serupa digagalkan, namun para penyelundup minyak tak kapok.

Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea dan Cukai, Kementerian Keuangan melalui tim patroli BC 20002 berhasil menangkap kapal MT. Sea Jade yang membawa sekitar 980.000 liter minyak mentah, di Perairan Karang Heluputan, Bintan, Kepulauan Riau.

Kapal MT. Sea Jade tersebut tidak membawa dokumen pelindung, baik muatan mau dokumen pengangkutan. Kejadian ini pada Kamis, 27 November 2014 pukul 16.00 WIB.

Berdasarkan keterangan Ditjen Bea dan Cukai Kanwil Khusus Kepulauan Riau, Senin (1/12/2014), pada saat pemeriksaan, petugas Bea CUkai tidak ditemukan manifest terhadap muatan MT. Sea Jade dan port clearance dari syahbandar.

MT. Sea Jade yang diketahui bebendera Malabo/Equatorial Guinea dengan GT. 786 dan No. Register 71853 BN ini, menggunakan modus antar pulau untuk menyelundupkan minyak mentah ke luar negeri.

Pada saat proses penindakan, nakhoda kapal mengaku akan membawa muatan minyak mentah ini ke Batam. Hasil analisa terhadap haluan kapal, jalur pelayaran serta pemeriksaan yang mendalam terhadap ABK MT. Sea Jade, didapati tujuan sebenarnya adalah ke East OPL Malaysia.

Upaya penyelundupan ini diduga melanggar Pasal 102A huruf (c) dan (e) UU No. 17 Tahun 2006 tentang Perubahan atas UU No. 10 Tahun 1995 tentang Kepabeanan dengan ancaman pidana penjara paling singkat 1 tahun dan pidana penjara paling lama 10 tahun, dan pidana denda paling sedikit Rp 50 juta dan paling banyak Rp 5 miliar. (finance.detik.com).

Bagikan Artikel :

  76 Responses to “Gantung Penyelundup Minyak Mentah !”

  1. 1st

  2. Kebagusan digantung… disuruh minum aja hehehe

  3. hmm..harus makin diperberat nih hukumannya biar ada efek jera

  4. 1

  5. No siji

  6. Wew, lagiii….
    Astaghfirullah….

  7. dasar malon! ayo panglima tenggelamkan kapalnya!

  8. duuuh… dendanya dikit amat yaa, ga sebanding dengan kerugian negara. hukumannya juga sebentar bangeeet…

  9. 1 ketangkep kapal penyelundup bbm tujuan malaysia.kemaren ikan oleh nelayan malaysia,tarian adat suku diIndonesia diakui pemerintah malaysia,lagu daerah dari suku diIndonesia diakui pemerintah malaysia,pulau milik rakyat Indonesia diambil pemerintah malaysia,penduduk/warga perbatasan diambil pemerintah malaysia.besok apalagi nih yg mau diakui (malaysia).bgmn mau berkah tuh negara klu semuanya hasil maling dari tetangganya,PARAHHHHH…..

  10. setujuuuu…. hukuman mati

  11. Gantung pakai kawat berduri,,,

  12. benar-benar lengkap malaysia itu
    pencuri sekaligus penadah
    bedebah…

  13. Awk,tak bnyk comen lah,
    macai macai sahaja. ntar awk repot,cube awk silent rider ja.

  14. (malaysia) negara mental maling,jangan pernah menyebut serumpun dgn Indonesia.Rakyat Indonesia tak akan sudi menerimanya.negara kami mental pejuang,lebih baik bekerja keras walaupun nyawa taruhannya dari pada Maling milik tetangganya.PARRRRRAH….

  15. Asyiik nihh..disini aja.,gak sepanas lista satu disitu..,
    Ngadeem..

  16. Waaah…… Malassia lg….. Haddooooh,,, ini negara kok gk kapok2nya yaah…

  17. Hukumanye terlalu ringan boooss…!!! Mana bisa ada efek jera booosss.!!! Mane mau sadar klo begitoh..blm lagi budaya suap menyuapnye booosss..palingan satu tahun dah paling lama hukumanye…kalah sadis donk sama hukumanye maling motor ketangkep bonyok bin blanksax….kahkahkah…!!!

    …NKRI HARGA MATI….

  18. penyelundup itu gak usah di hukum penjara, mendingan disuruh minum tuh minyak mentah satu ember ..

  19. setuju bung… semoga undang-undangnya segera di rubah, sy heran dg negeri ini bikin hukum kok gak ada efek jeranya, ringan banget….. apa emang di bikin begitu???

    • gantung penyelundupnya, denda besar minimal 1 m penadah hasil selundupan, sita kapal tanker nya…..melanggar hham gak ya?
      maaf cuma opini orang awam

  20. wew… lompat d mari.
    tuk komen 17 … 11:44.

  21. Suruh nyermplung orangnya di minyak yang ada di kapal tsb, lalu bakar kapalnya beserta orangnya sampai tenggelam jd rumpon………!!!!!!

  22. Semangkin mirip topix kah kah kah

  23. AH YG KOMEN BUKAN ORANG MALAYSIA ASLI, BAHASANYA JG DIBUAT2….ITU MH ORANG KITA PURA2 JD MALAYSIA…..HADEUHHHHHH

  24. Setuju!
    Gantung saja!
    Selama ini ri terkesan melindungi para penjahat,khususnya kelas kakap,baik kuruptor,penyelundup, atau yg lainnya.
    Kenapa bs ada kesan seperti itu?
    Jawabannya, karena penerapan hukuman utk mereka terlalu ringan!
    Dan karena itu pula jgn salahkan kami/rakyat, klu kami/rakyat jadi curiga,jangan2 yg membuat hukum/aturan itu adalah para dalangnya.
    Menyedihkan!
    Bagaimana kawan, enakkan jd penduduk ri? Hehehe!
    Lalu,bgmn tdk berani jd penyelundup klu sanksinya cm sprt di atas.

  25. Harga BBM sudah di naikan dengan pertimbangan penyelundup akan mikir karena disparitas harga kecil maka akan tidak ada untungnya, tapi di lapangan tetap saja ada penyelundupan orang awam akan berpikir berarti masalahnya bukan disitu.

    • Bung rafly, kalau menyelundup kan kulakan dng harga murah dijual lebih mahal, kalau ini mungkin barangnya tdk kulakan tetapi hasil dari curian, dijual ke penadah di malingsial. xixixixixi.

    • bung rafly,

      1,000 ton ngumpulinnya cukup lama. pasti sejak sebelum harga naik….

      • Bung danu,

        Ingat kasus MT Jelita Bangsa? Kapal tanker pengangkut minyak mentah yg kencing di tengah laut, MT Jelita Bangsa angkut CRUDE (minyak mentah) dari sumur minyak Chevron di Riau ke Kilang Minyak di Balongan. Meski MT Jelita kencing di laut, transfer CRUDE 1000-5000 ton tapi PERTAMINA bilang mereka tdk dirugikan… Alasannya? Karena PERTAMINA bayar sesuai jumlah minyak yg diterima di kilang. Lalu siapa yg dirugikan dgn “kencingnya” MT Jelita Bangsa? NEGARA.

        Negara dirugikan karena jumlah produksi minyak Chevron yg sebenarnya akan berbeda dgn catatan pemerintah/ SKK Migas dicatat lebih rendah. Contoh, chevron sebenarnya produksi 1000 barel 200 barel dikencingkan di laut (diselundupkan chevron) catatan resmi produksi 800 barel, Lalu kemana minyak RI hasil selundupan itu dijual? Ada yang mengatakan ke broker2 minyak… Ditampung di kapal2 tanker raksasa lalu dijual ke RI lagi.

        Jadi kalau hanya menyelundupkan 1000 ton saja bukan lah hal yang sulit dan membutuhkan waktu yang lama bung danu, kesimpulannya harus ada niat yang super untuk mengungkap masalah ini.

        • bung rafly,

          apakah sudah confirmed minyak gelap tsb milik chevron bukan milik pns batam yang punya rekening trilyunan ?

          • Niwen dan abob kakaknya hanya broker saja bung danu, MT Ocean Maju milik abob menerima kencingan dari MT Jelita Bangsa yg dimiliki PT Trada Shipping dengan sistim sewa. Aktor utamanya adalah yang menginstruksikan MT Jelita kencing di MT Ocean.

  26. Tampar bolak balik pak..

  27. diparitas atau perbedaan harga minyak Indo dengan malon tidak terlalu jauh, ni mungkin minyak mentah hasil dari jarahan/pencurian ditambang minyak yg bisa dilakukan orang dalam or murni pencurian orang eksternal pertambangan

  28. Rendam penyelundupnya di minyak biar pada melar…….

  29. Ringan banget dendanya……masak 980.000 liter dendanya cuma rp 5 jut s/d 5 M……jadi ingat pesawat pelanggar cuma di denda rp 60 juta…….undang2 sekaligus aparat perlu di refomasi kayaknya…..

  30. Luaar biasa Bitang 5 bung analisisnya – saya setuju sangat setuju ma abang ni- cocok jadiin 1 aartikel ini (Malingsia Krisis mental dan SDM)

  31. Mohon maaf para wajager,tu perusahaan singgapore register kapalnya Basteere,tu 85 % crew dari indonesia…harusnya yng pny perusaan dgntung kl Abk hanya menjalankan perintah dari bos didalam kpalnya pasti ada cicunya dr pershaan,nah dialah yang berkuasa dkpal…biasanya mereka masuk untuk ambil minyak dari indonesia kdang tunggu di luar plabuhan,kdang mereka janjian bertemu diselatan pulau bawean tuk ambil minyak dijual di east opl…yng Harus dilakukan PEMDRINTAH MEMUTUS JARINGAN MAFIA DIDLM N E G R I..kl didlam negri g ada Mafia minyak g mukin mereka mau masuk ambil minyak seenak udelnya..!!! Dan jangan salahkan ABK kpal mereka juga cari sesuap nasi,join pun kadang harus ada cas mereka juga g tau kl itu perusaan mafia.,.Kl soal opec / kencing mereka hnya menjual sisa pemakain per day ,kl pelaut kita g boleh opec / kencing Please naikan gaji pelaut sesuai Standar gaji internasional sesuai kesepkatan bersama negara” dunia Imo manila confrension,mampu g pershan Indonesia..???

  32. Hmm. . .bung jalo di uber trus. Sbr bung jalo kami sudh bs membdakan kedewasaan pemikiran seseorng dgn komentarnya. .

  33. yang di berantas oknum2nya dl
    mslh penyelundupan bukan hal baru

    masa kapal segede gitu bisa muatin segitu bnyak logikanya kapal segitu menyandar ga bisa sidak antisipasi penyelundupan
    nanti kalau ada perang gimana 1 kapal gitu bisa masukin pasus berapa bnyk negara lain

    lha wong kapal nelayan yg terv
    bawa arus atau angin ja ketahuan

    ingat jg reklamasi singPure
    awasi pasir indonesia

    maaf cucu lancang

  34. ham ga ada gunanya. kok malah menyelamatkan pelaku-pelaku kriminal. maling kayak gini sangat melanggar ham. begitu ditangkap, pada triak ham utk kepentingan maling….

  35. Tangkapan besar nih, paling gak sampai ke meja hijau,,, he he he

  36. Hukumannya HANYA 1 TAHUN???? Pantas saja tidak pernah kapok…..?!!

  37. malaysia lagi malaysia lagi…

  38. cuma wacana,jadi inget statement anas urbaningrung yg kalo terbukti 1 rp korupsi siap digantung di monas,……….tindakan rill nya ga ada!!!!

  39. Tangkap oknum dan dedengkotnya (Mafia Migas), ambil kembali minyak mentah curian tsb, selanjutnya kapal MT. Sea Jade tsb sebaiknya disita oleh negara, kalau pun pihak yg terkait ingin menebusnya harus dikenakan denda yg tinggi, bila tidak pun sebaiknya dilelang saja, atau diserahkan kepada TNI/Pemerintah utk dimanfaatkan!

  40. Setuju bung, …mantap!!

 Leave a Reply