Mar 112015
 
ATGM NLAW Swedia

ATGM NLAW Swedia

Swedia akan membatalkan perjanjian pertahanan dengan Arab Saudi senilai miliaran crown dikarenakan perdebatan diplomatik terkait pelanggaran HAM negara tersebut.

Pemerintah Swedia yang dipimpin kubu Sosial Demokrat, sejak Oktober tahun lalu, telah memfokuskan kebijakan luar negerinya pada hak asasi manusia.

Namun sikap vokal itu membuatnya bertentangan dengan industri pertahanan, padahal, Swedia adalah eskportir senjata terbesar ke-12 di dunia.

“Keputusan tentang perjanjian dengan Saudi telah dibuat beberapa waktu lalu,” kata Perdana Menteri Stefan Lofven di koran Dagens Nyheter, saat ia berada di Kiev, ibu kota Ukraina. “Apa yang telah terjadi dalam beberapa hari terakhir belum menentukan (akhir perjanjian).”

Pada Senin, Arab Saudi memblokir Menteri Luar Negeri Swedia Margot Wallstrom untuk memberikan pidato di Liga Arab di Kairo. Seorang juru bicara Wallstrom mengatakan pemblokiran itu berasal dari kritik Swedia terhadap catatan hak asasi manusia Arab Saudi.

Pada Februari, Wallstrom mengatakan kepada parlemen, Arab Saudi melanggar hak-hak perempuan termasuk mengkritik hukum cambuk terhadap aktivis hak asasi manusia dan blogger Raif Badawi. Dia juga menyebut Arab Saudi sebagai negara ”diktator.”

Perjanjian pertahanan yang dibatalkan meliputi sistem militer, pelatihan dan transfer teknologi, senilai 4,8 miliar crown Swedia (Rp7,3 triliun) pada 2011-2014.

Sebastian Carlsson, seorang pejabat yang berhubungan dengan pers di perusahaan otomotif Saab mengatakan regulasi lain dikendalikan ekspor perusahaan, bukan perjanjian.

“Arab Saudi merupakan pasar yang sangat penting bagi kami dan pelanggan yang baik,” katanya. “Bagaimana Swedia menangani hal ini dapat mempengaruhi kita.”

Saab tidak mempublikasikan data berapa banyak penjualan mereka ke Arab Saudi atau negara lain di luar Swedia.

Kesepakatan itu ditandatangani pertama kali pada 2005 oleh pemerintah Sosial Demokrat sebelumnya dan diperbaharui oleh pemerintah kanan-tengah tahun 2010.

Partai Hijau, mitra junior dalam koalisi saat ini, telah menyerukan kesepakatan itu dibatalkan.

Nmaun para pelaku industri Swedia telah melobi pemerintah demi perpanjangan perjanjian itu, dengan alasan reputasi Swedia sebagai mitra dagang yang dipertaruhkan.

Pembatalan dapat mempengaruhi tidak hanya perusahaan-perusahaan pertahanan tetapi perusahaan di luar sektor militer, 31 pemimpin bisnis mengatakan dalam sebuah surat terbuka yang diterbitkan pada Jumat pekan lalu di koran Dagens Nyheter. Mereka termasuk pemimpin perusahaan ritel fashion H&M, Stefan Persson, dan Ketua Investor Jacob Wallenberg.

Ulf Bjereld, seorang profesor ilmu politik di Gothenburg University, mengatakan pembatalan kesepakatan dapat menyebabkan Swedia terisolasi dalam politik dunia.

“Tapi itu juga dapat memperkuat peran Swedia, bahwa kita memperlakukan semua orang sama dan kita mempertahankan hak-hak asasi manusia,” katanya. (CNN Indonesia).

Bagikan Artikel :

  98 Responses to “Gara Gara HAM, Swedia Hentikan Kerjasama Pertahanan”

  1. Embargo lgi

  2. Watch……..

  3. Hemm

  4. Tingalken negri barat ,, mendekatlah pada timur … !!!

  5. Masih kah kita mempertimbangkan untuk membeli alat pertahanan dari swedia???

  6. Mungkin ini bisa jadi pertimbangan indonesia tentang pengadaan alutsista.
    Jangan sampai salah langkah.
    Jangan percaya kata sales.

  7. Liat tu yang kemarin gembar gembor tentang Gripen lah ini lah itu lah liat sekali lagi baca berkali kali embargo masih ada dan tidak menutup kemungkinan terhadap indonesia

  8. Blunder tuh barat, bersiaplah arab dan indonesia condong ke timur.

  9. katanya BEBAS embargo!plus TOT 100%.apakah cuman akal akalan sales aja?mohon pencerahan bung GRIPEN!

    • Namanya jg nyeles bung . Apapun dilakukan untuk memikat hati user ato pemakai..
      giliran dihadapkan ham dan arah politik tdk cenderung lg ke block mereka terjadilah dinamika yg ujung2 nya mengarang cerita dengan judul HAM alias embargo……

  10. embargo lagi embargo lagi bosen denger nya

  11. JAS gripen makin jauh….. Hal ini bisa terjadi dengan indonesia

  12. Mana sales gripen???????

  13. Nah loh :mrgreen: itu aja yg blanjanya terbesar didunia diembargo . .
    tp Indonesia jg keknya agak sulit lepas dr barat, soalnya sama2 menganut paham demokrasi, beda ama timur yg komunis :mrgreen:
    apalagi US mau bikin IMOC di Jakarta :mrgreen:
    US dgn IMOC
    Rusia dgn Jakarta-Moscow
    China dgn bantuan 40 milliarnya
    wkwk makin ekstrem :mrgreen:

    • Jangan sampai ‘amit-amit’ “Pelanduk mati di tengah-tengah”. NKRI harus jaya dengan memutar otak dan memainkan perannya sebagai negara merdeka sesuai proporsinya.

  14. Mungkin ini bisa jadi pertimbangan Indonesia tentang pengadaan Alutsista.
    Jangan sampai salah langkah, Lalu kita di embargo Jas Gripen
    Mau di apain Gripen itu kalau embargo ?????????????

  15. Waspadalah…… …

    EMBARGO mengintai…

    • Sudah Siap kah Anda Menyantap hidangan Dinner dg Menu Special:

      1.”CAPCAY HAM RASA ATIT NA TUH DISINI KK”
      2.”OSENG2 TUMIS HAMBARGO PEDAS RASA PENGEN LEMPAR SENDAL JEPIT”

      Ayoooo.., Di coba ! Silahkan .. Silahkan ! Bapak2… Silahkan Ibu2..!

  16. Dalam foto diatas, itu tentara yg hadap belakang lg ngapain yaa??

  17. typhoon saudi tidak atau belum di embargo oleh eu dan f-15 belum juga diembargo oleh us malah didahului oleh negara yang faktor politiknya kecil.

  18. Pertahankan pilihan pada su35.
    Wahai presiden kami yang baru tolong dengarkan suara hati kami

  19. Walah… si mbah saidi d embargo….
    Duwitnya lo banyak… lagian yang jual mainan kan sekarang banyak.. ada cina rusia

  20. Warning buat indonesia…bukan tidak mungkin bakal terjadi pada indonesia..barat selalu menggunakan kata HAM untuk embargo…. asal tidak sejalan inilah bakal terjadi…

  21. Pilih senjata dari rusia maka dipastikan macan asia akan kembali mengaung

  22. Mbah Saidi??? HAHAHAHA ngakak Gue….

  23. setuju, lebih baik condong ke rusia dalam hal pembelian alutsista, dulu kita punya senjata gahar waktu dekat dengan rusia tapi pas berpaling ke barat kita ga leluasa lalu diembargo

  24. Haaammmmm lagiiiiii, embargo lagiiiiiii, lebih baik ke DULUR TUA KITA ..RUSIA, beli SU35..

  25. Brasil mau jual Grippen ke Argentina, dilarang oleh mamaely, padahal katanya boleh dijual kemana saja, akhirnya brasil kecewa.
    Sekarang ganti swedia sendiri yang mengembargo Arab Saudi sebagai pembeli senjata terbesar didunia dng alasan HAM.
    Dua alasan yang sangat jauh berbeda,tetapi tindakannya sama yaitu EMBARGO, jangan berpikir tidak akan menimpa Indonesia.
    Kata cak Lontong MIKIR MIKIR.

  26. Bisa-bisa pemerintahan Swedia sekarang dilobi sama negara-negara Eropa lain atau negara lain yang ingin menjual barang mereka di Saudia Arabia. Bukankah kata artikel JKGR beberapa waktu yang lalu bahwa Saudi adalah importir alutsista militer no 1 dunia? Kalaupun keputusan dibuat murni karena alasan HAM, beruntunglah perusahaab militer lain yang jadi punya kesempatan untuk masuk.

  27. Kalo dibalas dgn mengembargo minyak oleh arab saidi lalu jual ke cina india
    Pasti kplotan barat pringas pringis

  28. Mending beli su 35 dr om rusky drpd beli dr negara eropa barat sekutu asu yg rawan embargo……ga usah mudah termakan oleh iming2 TOT…

  29. Sudah gua bilang apa produk barat emang rawan embargo, INGAT KATA SAYA JANGAN RAYU GODAAN GRIPEN ATAU BATALKAN SAJA, WASPADA EMBARGO MENGINTAI.. INDONESIA HARUS BERKACA INI

  30. Untuk para sales gripen sdh saatnya skrg bertaubat, bkn gak mungkin suatu saat tanah papua yg msh berkonflik dijadikan alasan utk embargo dgn dasar HAM.. Harga diri lebih penting dr sekedar TOT..! Peace

  31. Itulah ruginya klu brgabung dgn blok barat. Apa2 hrs sjln dgn kbijakannya. Tdk ada kbebasan sm skl, trmasuk mslh snjata. Dan klu dia tahu ada potensi akan tdk sjln dgn kbijaknnya, mk dia akan cari cr utk mlemahkn militernya. Dulu kt jg prnah mrasaknnya.
    Skrg, stlh kt bs lepas dr cengkramannya & mau mmbuka diri slebar2nya utk snjata blok timur, mk tdk ada jln lain bgnya kcl hrs brskp baik pd kt. Apa dia mau tdk dpt apapun dr kt?
    Ane yakin, tdk akan ada embargo lg bg kt. (IMHO)
    Jayalah negeriku!

  32. ana fikir gak lagi deh beli dari swedia, kafok kafok…

  33. Tuh denger sales gripen….wkwk

  34. Yg gak abis fikir kenapa para pengambil keputusan dinegeri ini selalu tidak mikir masalah ini, taunya fee aja

    Lebih cerdas dikit napa, bikin muak aja ma blok nato

  35. Vote su 35 harga mati ” say no to west “….

    ….NKRI HARGA MATI….

  36. oke juga nih tante…bagi PIN bb donk tan…

  37. Assalamualaikum wr.wb.
    sama seperti semua negara punya potensi untuk mengembargo/menyerang Indonesia
    namun yang perlu mendapat perhatian khusus adalah negara yang berpotensi besar mengembargo/menyerang Indonesia
    terlebih lagi bagi negara yang sering turut campur/mengintervensi dalam kebijakan dalam negeri

    • “Punya potensi untuk mengembargo”
      ———————————————————–
      So, Kita Lihat Dari Rekam Jejaknya Saja. Dan TANDAI.

      Negara Yg Sudah pernah Melakukan Boikot dengan embel2 HAM, ke negara manapun, AMAT SANGAT Punya potensi untuk mengembargo Kembali.
      Apalagi , ini Kasus Terbaru. jadi paling SANGAT2 memungkinkan akan Terjadi kembali untuk mengembargo negara manapun dgn Alasan HAM.

      Contohnya : SWEDIA yg hanya menurut mereka ada masalah HAM lalu membatalkan perjanjian Sepihak., ini Jelas Super keterlaluan dan
      Terlihat Sangat RAPUH kebijakan mereka, Hanya mulut Manis Di awal-Awal Saja.

      Kalau beda kubu dalam perang trus mengembargo, Mungkin diwajarkan.
      Tapi, kalau hanya masalah HAM lalu Mengembargo atau memutus Kontrak secara sepihak, ini Jelas Sangat keterlaluan dan kekanak-kanakan,

      • Sebenarnya ..kita ini pernah di embargo swedia….kalau tidak salah jaman nya presiden BJ Habibie….
        Hanya…waktu itu kita terlalu banyak masalah politik sampai hal ini terlewatkan….
        Tidak ada masalah kalau saudi arabia di embargo..mereka punya uang banyak dan pegang peranan kunci di politik dunia arab dan islam.. .
        Swedia Sangat percuma meng embargo saudi arabia….
        Yang perlu dikuatirkan itu …..
        ya negeri Kita ini….

  38. Saudi milih sukhoi India..
    Swedy jaga muka..
    Ga da embargo-embargo an.
    Siapa yg ga mau minyak.. haduh..
    Nah India mungkinkah memilih gripin?

  39. watak orang barat memang SOK, mereka memandang teknologi timur tidak hebat, tapi sekarang apa yg terjadi? mereka takut kekuatan militer rusia dan china….indonesia mau kuat?ikutlah bersama rusia dan china

  40. bagi negara yg pernah mengalami pahitnya di embargo…………….perlahan,namun pasti akan berpaling ker rusia……..ingat……..!!!!!sakitnya tuh di sini.

  41. Semua blok barat rese bin licik mending ke blok timur aja no embargo. Hati2 embargo sedang mengintai, apabila kita mengunakan alusista blok barat berarti kita sedang dilemahkan yg setiap saat bisa diembargo.

  42. Biar saudi sedikit belajar..agar Pintar….
    Untung nya mereka punya uang dan pegang peran terpenting Di politik negara arab dan islam….
    Yang rugi ya swedia….Kita lihat sampai Kapan mereka mau embargo….

  43. menurut saya indonesia untuk peralatan tetap harus ketimur paman bear, barat untuk penyeimbang untuk kita tetap tau tekhnologi yang digunakan supaya tidak buta sama sekali dengan kekuatanya……

    salam kenal semua

  44. Tante..tante ..udah lah insap aja..jangan gara2 fee dr jualan grepean harga diri dan masa depan bangsa anda gadaikan…

  45. wah kurang ajar komennya…

    …Apa negara kita sudah berubah jadi negara Islam ?…

    apa pelanggaran HAM monopoli negara Islam, yahudi, komunis dan barat yang kristen semua melanggar HAM !

  46. ini menjadi pelajaran penting bagi pemimpin indonesia sekarang maupun yg akan datang..bahwa haluan politik suatu negara sangat berpengaruh terhadap kerjasama antar negara di kemudian hari..blok barat selama ini dan seterusnya akan selalu mendikte negara2 yg memiliki hubungan kerjasama..no free lunch..hari ini arab saudi di pimpin oleh raja salman..yg nota benenya seorang muslim yg alergi terhadap barat..
    coba cermati ke depan..embargo apalagi yg akan di terima arab saudi setelah batalnya alutsista dari jerman, turunnya harga minyak, alutsista dari swedia..jangan2 akan ada kudeta berdarah lagi..
    ungtungnya mereka negara kaya..
    Bagaimana dengan negara kita yg masih pas2an gini..?

  47. Begal

  48. Nah, klo kita kaitkan sekarang terhadap isue2 HAM yg terkini yaitu eksekusi “Bali Nine”, apabila rencana eksekusi tsb tetap dijalankan oleh Pemerintah, lalu bagaimana reaksi Ausie dan konco2nya, khususnya Swedia terhadap isue HAM di Indonesia? ….. Segala sesuatu bisa saja terjadi!

    Meskipun tidak ada warga negara Swedia yg pernah atau sedang dieksekusi karena kejahatan berat di Indonesia, semoga saja Pemerintahan Swedia (yg sekarang tengah mengedepankan isue HAM didalam setiap hubungannya dgn negara2 lain), bisa tetap menjaga serta menghormati Kedaulatan Hukum yg berlaku di Indonesia, serta tetap memperkuat hubungan mitra yg strategis yg saling menguntungkan. … disamping itu juga mampu mengenyampingkan propaganda2 Ausie yg kian sengit/tajam untuk mendeskreditkan kita didunia Internasional karena persoalan HAM, khususnya dinegara2 Eropa dan AS.

  49. like

  50. Jadi …
    – Hukum setiap negara di dunia mau diseragamkan? Hehehe.. lucu
    – Embargo tetap mungkin… kecuali untuk Indonesia ? Hahaha.. makin lucu
    – Rusia lebih mungkin meng-embargo Indonesia dibanding negara barat? Huhuhu….

    Saya bangga Indonesia bisa menggapai keberhasilan dengan TOT, bukan bangga dengan melihat dari negara mana TOT tersebut.

 Leave a Reply