Aug 262014
 
ICV Stryker US Army di Indonesia (jakartagreater.com).

ICV Stryker US Army di Indonesia (jakartagreater.com).

Banyuwangi – Latihan bersama Garuda Shield-8/2014 antara TNI AD dengan AD Amerika Serikat direncanakan akan diselenggaraan pada Bulan September 2014 di Malang dan Asembagus Situbondo. Sampai dengan saat ini telah dilaksanakan koordinasi dan rapat untuk persiapan, khususnya terkait dengan transportasi logistik dan armada perang dari Amerika Serikat yang akan menggunakan fasilitas Pelabuhan Tanjung Wangi.

image

ICV Stryker US Army di Indonesia (jakartagreater.com).

image

ICV Stryker US Army di Indonesia (jakartagreater.com).

PT Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Wangi yang telah memiliki terminal internasional yang comply dengan ISPS Code dialokasikan menjadi tempat bersandarnya bagi Kapal Cargo Ocean Giant untuk melaksanakan kegiatan bongkar muat, dengan kapasitas muatan berupa kurang lebih 22 jenis kendaraan perang, pesawat Helicopter AD Amerika Serikat dan perlengkapan lainnya yang dimuat dalam Β± 40 dengan ukuran container 40 feat. Dalam rangka persiapan penyelenggaraan dimaksud, pihak Tim US Army telah melakukan survey secara langsung ke Dermaga Pelabuhan Tanjung Wangi.

US Army di Indonesia (jakartagreater.com)

US Army di Indonesia (jakartagreater.com)

Merupakan suatu kehormatan bagi Pelabuhan Tanjung Wangi karena hal ini merupakan kunjungan perdana The United States Army (USA) melalui Pelabuhan Tanjung Wangi di saat Pelabuhan Tanjung Wangi sedang mempersiapkan diri untuk menjadi Pelabuhan Internasional dengan melayani kegiatan Petikemas, ungkap Bangun Swastanto General Manager Pelabuhan Tanjung Wangi saat ditemui setelah menghadiri Undangan Rapat koordinasi pelaksanaan Mid Exercise (MPC) Latma Garuda Shield-8/2014 di Jember. (pp3.co.id).

  46 Responses to “Garuda Shield 2014”

  1. cek lagi ah.. πŸ˜€

    • Nah baru kentara ni tempat pelabuhan masuknya si apache dan si blackhawk…ternyata mereka datang gak hanya berdua tapi ama rombongan…menarik nih ada “22 jenis kendaraan perang” kira2 apa aj yg di boyong ke sini yaaa…bung satrio sempet ngulas ini di artikel sebelumnya…monggo di jelasken bung item2 nya …

      • sptnya ada oleh2…kendaraan tempur bakal g dibawa pulang lagi…he7x…berat.bos…buang2 ongkos…dititipin di Indonesia aja..kalo ada serangan para Naga Utara…bisa utk siap2 dipakai….(ngarep.com)…

    • Tenang aja bung TNI tentu lebih tahu dan ahli buat mengantisipasinya…toh mereka dtg jg buat bagi2 ilmu kok hehehe

      • Betul bung corporal, semua pendapat bisa mewarnai warjag ini, namun juga sebaiknya jangan terlalu naif dengan mencurigai semua aktivitas asing disini, atau sebaliknya menganggap mereka seperti dewa penolong. Curigation boleh-boleh saja, tapi dilandasi dengan alasan yang cerdas bukan sekedar asal amrik pasti “ada apa-apanya”, atau sebaliknya kalo bu rosiyah misalnya pasti tidak ada kepeng dibalik amplop… πŸ™‚

        (padahal semua kegiatan pasti ada apa-apanya termasuk komentar di warjag qiqiqiqiqiiqi)

        • bung@MJ, maaf saya masih awam atas kedatang berbagai pasilitas tempur US, untuk saat ini sya masih blm paham.. latihan kah, pameran kah, atau kah apa??
          kayaknya US amat sangat semangat. hehee

    • Ya semoga mreka tidak bermaksud untuk sabotase kri klewang…

      • Mereka sudah punya kapal model trimaran yang lebih tangguh dan besar bung. Tetapi, saya masih heran ada angin apa sampai-sampainya us army datang ke sini, sungguh sebuah kejutan dan pertanyaan besar.
        Banyak warga di sini yang merasa curious, tetapi bagamanapun jika tamu datang, maka harus diperlakukan dengan sebaik mungkin.

  2. artikelnya ..dgrujuk terus..thanx

  3. numbet four

  4. Bakalan ada mainan apa aja nih dari asu yg ikutan πŸ˜€

  5. Ting

    • Bung DJ, anda sungguh patriotik, namun nama anda justru bisa menjengkelkan warjager lain karena tulisan anda, bukan kontennya, tapi gunakanlah huruf kecil biasa supaya bisa menjelaskan tingkat kesopan-santunan anda….

      Pusing mata saya “mendengar” pidato anda yang berapi-api… 😎

  6. mantabbb…. yuk mari selfie sama combatan

  7. Lain kali pasti us carrier mampir situ Juga..pasti pelabuhan ketapang di tutup sementara..

  8. garuda shield ini emang tiap tahun kah?..koq kayanya tahun ini wah bgt yak..bela2in boyong alutsista ampe 40 container yg 40 feet..ampe bawa longbow ama UH60 plus stryker segala..ga pernah tuh segede ini kayanya ya garuda shield..bagus deh lagian males mikirin rempeyek dibalik udang..ambil bagusnye aja dah..seribu teman kurang, satu musuh kebanyakan..

  9. Ngga bangga bingit ma latian ini..!!! Seneng amat tu si asu dimari akhir”ini…!!!! Sekali- kali latian ma yg laen ama papa bear ke..asu lagi asu lagi..susah bisa lepas dari asu soale bnyk kepentingan dimari…

    ….NKRI HARGA MATI…

  10. lanjutkan,..

  11. disamping ada kebaikan ,,,kebuirukan pun mengikuti. Smoga TNI lebih punya jalan keluar untuk menghadapi nya. Karena slaLU ADA batu dibalik genggaman ASU. ma’af klo salah…belajar komentar.

  12. TNI semakin dipercaya dunia internasianal, kemarin latihan bersama 26 negara sahabat di sentul bogor jawa barat, skarang latihan lagi dengan AD USA di jawa timur trus bln depan latihan lagi sm negara sahat mana lagi ya?…..

    • Sama Iran, Korut, Venezuela dll he..h.e..

      • iy yaa,,,ma korut blm prnah..ma vnezuela,,,iran….sptw dbwain oleh2 mainan pnya mreka

        • Tinggal tunggu aja waktunya Bung, cepat atau lambat negara sahabat indonesia pasti akan melakukan kerjasama pertahana militer, karena indonesia adalah bangsa BESAR yang cinta perdamaian, INDONESIAanjadi magnet bagi negara lain karena kita menganut prinsip cinta damai dan nonblok dalam menyikapi situasi politik kawasan yang semakin memanas akir-akir ini

  13. Akhirnya fulgar juga…..ternyata pelabuhan petikemas tanjung wangj….

  14. Beberapa bulan lalu China lat di ujung pulau chrismast, skrg ASU dtgkan banyak alutsistanya ke Indonesia.,harusnya Rusia juga dikasi jatah buat latihan juga di indonesia..

  15. knpa muka nya pada di ilangin gitu……………………,

  16. @senior 22 jenis kendaraan perang nya apa aja tuh bang ? Model dan bentuknya .
    Thanks

  17. mau tidak mau harus diakui memang tentara ASU yang paling betel propen d jagad ini dlm kurun waktu 50 tahun kebelakang, lepas dri kelemahan dan kekurangan mereka,moga TNI mampu serap ilmunya.

    dlm hati sih mending latma ma rusky

    • Lebih jelas lagi Movie propen bung DD, secara holywood bikin film jagoannya pasti pasukan amrik, bahkan bisa menang lawan musuh yang belum bisa dihadapi tentara NATO atau Rusia: Tentara Alien (Battle Ship, Battle Los Angeles, Pacific Rim, Space Trooper dll)…

  18. Angkatan Udara AS Kandangkan 82 Jet Tempur F-16D (harap harap cemas dengan punya TNI AU

    Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) mengandangkan sementara 82 jet tempur F-16D Fighting Falcon setelah ditemukannya retak pada canopy longeron sill antara kursi pilot depan dan belakang pada saat inspeksi pasca penerbangan rutin, menurut pernyataan Air Combat Command (ACC) USAF yang dirilis Selasa di Washington.

    Akibat penemuan tersebut, sebanyak 157 jet tempur F-16D juga diperiksa oleh inspektor angkatan udara untuk memastikan integritas struktural pesawat dan keselamatan pilot. Hasilnya didapati 82 F-16 mengalami keretakan serupa sedangkan 75 sisanya dinyatakan layak terbang. Hasil pemeriksaan juga menegaskan bahwa varian F-16 lainnya tidak terpengaruh.

    Wakil Kepala Divisi Sistem Senjata USAF Letnan Kolonel Steve Grothohn mengatakan: “Sebagaimana jam terbang terus bertambah, keretakan pun muncul akibat penggunaan yang terus menerus. Untungnya, kami memiliki pemeliharaan dan program inspeksi dan integritas struktural yang baik untuk menemukan dan memperbaiki masalah yang terjadi.”

    Sementara itu, Kantor Program F-16 USAF dan produsen F-16 Lockheed Martin telah bekerjasama untuk menganalisa struktur F-16D dan melakukan prosedur perbaikan agar 82 pesawat tersebut aman diterbangkan untuk sementara waktu sementara prosedur perbaikan permanen masih dipelajari.

    F-16 adalah pesawat tempur multiperan yang awalnya dirancang sebagai pesawat superioritas udara di siang hari, tetapi kemudian terus dikembangkan hingga menjadi pesawat siang-malam dan segala cuaca ditambah kemampuan multiperan untuk mendukung misi-misi sulit. Sedangkan F-16D adalah varian dua kursi dari F-16, yang utamanya digunakan USAF untuk melatih personel. Usia rata-rata F-16D saat ini adalah 24 tahun dengan lebih dari 5.500 jam terbang. Saat ini USAF mengoperasikan sebanyak 969 F-16 dari seluruh varian.

    Meskipun sudah 40 tahun diproduksi, tapi para pejabat Lockheed Martin masih melihat pasar yang bagus untuk F-16, utamanya adalah untuk upgrade F-16 lama.

    Sebelumnya, Amerika Serikat telah menyetujui penjualan 36 unit F-16 kepada Angkatan Udara Irak, termasuk di dalamnya paket pelatihan. Upacara penyerahan dua F-16 pertama kepada Irak dilakukan di markas pelatihan Fort Worth, Juni lalu. AS berencana mengirimkan seluruh pesawat ke Irak pada musim gugur, namun ditunda akibat pengepungan Irak oleh ISIS.

    • punya kita udah di STAR kog…

      crack pada struktur bisa aja terjadi pada pesawat kalau bermanuver terlalu ekstream………
      tanya MR crack AKA Prof. Habibie…

      • mudah mudahan ya bung@bonex … Star Falcon punya TNI ga ada indikasi retak…was was juga mengingat usia nya sudah uzur… dari 157 ditemukan 82 unit gejala yang sama.. “sesuatu” banget kata syahrini hampir 50% nya kena penyakit retak.

  19. asu lagi, waspadalah..

  20. F16ID sptnya aman2 sajalah, Barusan kan sdh menjalani refurbish dan penguatan disana sini…lagian cuma 5 pespur versi D yg kita ambil

  21. Hasil intipan. Ada IFV Bradley,humvee, Mrap,SPH,MLRS,M1A Abrams.. ups

    • yang bener bung ada MLRS dan M1A1 Abrams..?
      wuih bakalan ditinggal nggak tuh barang sebagai kenang-kenangan,
      atau mau tes adu HIMARS lawan ASTROSS
      dan Leopard 2 lawan M1A1 Abrams

  22. Teknologi gelembung yang melindungi permukaan ks tuh ya bung ?

  23. yaah kok kendaraan tempur mamarika-nya kaya besi tua semua yaa…udah lungsumm tuu bodinya..sepertinya yg dibawa bukan yg utama tapi yg biasa buat mainan n jadi kelinci tembak..heheh

    maaf kalo buram pandang….

  24. stiap tjuan pasti ad mksd, jgn lupa ya… kt wjr ad sangka krna asu ini sllu memntau pergerkan aktifitas negara yg merka anggap berbahaya…, baru aja kmaren berita yg membuat indonesia geram atas tindakan penyadapan yg dalangnya ialah asu ini…, mereka itu penjajah..jngan bangga mereka datang ke indonesia… karna asu ini pintar memainkan perannya untuk kepentingan mereka…. asu ini sering membuat rakyat sumpah serapah atas
    sikap dan tindakan mereka.. dan sekarang kalian pada bangga… jgn d banggain…

 Leave a Reply