Gelar Latihan “Mail Bag Transfer”, Menhan Brasil Akui Kemampuan Prajurit KRI Bung Tomo—357

36
5

KRI Bung Tomo—357.
KRI Bung Tomo—357.

Kapal perang TNI Angkatan Laut KRI Bung Tomo–357 dan kapal perang Angkatan Laut Brasil BRS Liberal melakukan latihan mail bag transfer di Laut Mediterania. Latihan bersama ini dimaksudkan untuk menjaga sinergitas antar unsur Maritime Task Force (MTF) UNIFIL yang bertugas melaksanakan misi perdamaian.

Latihan ini juga menjadi salah satu upaya untuk mempererat Seaman Brotherhood antar prajurit Angkatan Laut kedua negara, sehingga diharapkan memperkokoh hubungan dan kerjasama kedua Angkatan Laut maupun kedua Negara.

Mail bag transfer merupakan salah satu bagian replenishment at sea (pembekalan di laut) yang berperan menjaga kerahasiaan, efisiensi waktu, dan memperpanjang kehadiran unsur-unsur kapal perang di laut. Kegiatan ini menjadi salah satu cara untuk mendukung kepentingan taktis kapal-kapal perang di laut.

Mekanisme latihan mail bag transfer antara KRI Bung Tomo–357 dan BNS Liberal diawali dengan pengecekan komunikasi dan kompas antar kedua kapal. Kemudian, BRS Liberal mengambil posisi sejajar dengan KRI Bung Tomo–357 dengan jarak sekitar 50-80 yards. Selanjutnya adalah melakukan pengiriman tali dengan menggunakan Gun Line. Setelah tali diterima oleh kapal penerima, diteruskan dengan melaksanakan pengiriman berbagai barang penting (surat rahasia, dll.) dan berbobot ringan.

Menteri Pertahanan Brasil akui semangat dan profesionalisme prajurit KRI Bung Tomo—357.
Menteri Pertahanan Brasil akui semangat dan profesionalisme prajurit KRI Bung Tomo—357.

Menteri Pertahanan Brasil, Raul Belens Jungman Pinto, yang menyaksikan langsung jalannya latihan mail bag transfer menyatakan kebanggaannya atas semangat dan profesionalisme prajurit-prajurit KRI Bung Tomo–357.

“Saya sebagai Menteri Pertahanan Brasil mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Komandan KRI dan kepada seluruh prajurit KRI Bung Tomo – 357. Kalian adalah pelaut-pelaut yang handal dan profesional, selain itu kebersihan KRI Bung Tomo–357 patut diacungi jempol dan harus menjadi contoh bagi unsur-unsur MTF UNIFIL yang lain,” ujar Raul Belens Jungman Pinto.

Latihan mail bag transfer antara KRI Bung Tomo–357 dengan BRS Liberal berjalan dengan aman dan sukses berkat semangat dan profesionalisme yang ditunjukkan oleh kedua unsur. Peran parade dan lambaian tangan kedua unsur mengakhiri jalannya latihan.

Sumber: Pen Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-I/Unifil 2016

36 COMMENTS

  1. Oh itu ?

    Tahukah anda kalau FZ dan FH itu sedang disiapkan untuk menjadi 2 astronot mewakili 250 juta lebih rakyat Indonesia.

    Kapan ?

    Saat satelit militer RI pada 2019 diluncurkan oleh roket ke luar angkasa maka 2 astronot ini akan ditugaskan untuk mengawal kepastian satelit ini sampai ke luar angkasa.

    Nah caranya ? Mereka akan dihubungkan dengan tali diikat ( supaya nggak jatuh) ke puncak kepala roketnya. Nah sesampai di ruang angkasa di titik orbitnya mereka akan dilepas secara otomatis bersama dengan satelitnya. Dan mereka akan mengawal terus satelit itu dalam menjalankan tugasnya di orbit luar angkasa.

    Sungguh suatu tugas yang luar biasa. Demi bangsa dan negara mereka akan rela menjalankan tugas ini. Sungguh mereka ini patriot sejati.

    xixixixixixixi

  2. kita musti paham rekam jejak Jokowi yang tidak biasa menyudutkan orang/ kelompok kalau dia sampai mengeluarkan statemen spt itu musti ada dasarnya…..demo sudah selesai kita lihat besok hukum yang akan putuskan, so mari kita jaga persatuan dan kesatuan itu lebih penting itu hidup kita.

  3. Kalo gua jadi presiden terus di geruduk orang sekecamatan yg pingin ketemu meskipun bilangnya pingin ketemu dan bicara baek baek .tetep aja waswas dan takut dan lbh baik gak ketemu.emangnya itu orang sekecamatan baik semua dan nurut semua.apalagi judulnya demo!!!..bukannya musyawarah.

  4. bung diego, saya mo saran nich
    tolong donk yg koment melenceng dr topik di delete aja, terus terang jd bikin ndak enak bacanya
    ndak nyambung antara artikel ma koment, tolong kembalikan seperti dulu dimana bnyk diskusi dgn argumen yg dapat dipertanggung jawabkan
    yg berkomentar menjurus SARA di delete aja, klo msh terus2an di banned jg boleh

LEAVE A REPLY