Gemuruh Poros Maritim Tiongkok di LCS

69
90

image

image

image

image

image

image

image

image

Tiongkok terus memperkuat cengkeramannya di Laut China Selatan. Satu persatu gugus karang di wilayah itu dibangun menjadi markas militer, depo logistik, tempat pendaratan pesawat dan helikopter, pangkalan kapal perag dan sebagainya, seperti yang terekam oleh photo satelit yang direkam baru baru saja.

69 KOMENTAR

    • Sebenarnya kitapun bisa..trgtung niat..jika niat sudah bulat mslh apapun lewat..ingat artikel dahulu ttg negeri 1001 prtotype..bgtu bnyk karya yg dimulai tp blm terselesaikan semuanya terbengkalai..bagaimana kabar TOT rudal C 08 bung?..andai teknologi pemandu sdh kita kuasai tgl di aplikasikan dan kita buat rudal utk 3 matra.mulai darat(hanud,ground base).kapal..dan utk pespur..

  1. Indonesia kapan seperti itu ???

    kapan Karang Unarang di laut ambalat di reklamasi ?? masak cuma sekedar tiang pancang doang.

    Kapan pulau sekatung (salah satu pulau terluar di Natuna) di reklamasi menjadi pangkalan Militer Terpadu (Radar + BBM + KRI + KS + Marinir) ?? Jangan kalah sama Tiongkok dong !

  2. sebaiknya kepulauan natuna, harus segera diperbesar dan diperkuat dengan kerangka bangunan serupa,

    – untuk gelar pasukan TNI AL ( MARINIR 1 BATALYON ) …..
    – untuk gelar 4 KCR, 2 KORVET, 1 FRIGAT

    – untuk landasan pesawat tempur …- 4 sukhoi 35 dan 4 F-16 block setara 52
    – untuk landasan terbang 2 helicopter Apache dan 2 Heli Mi-35

    – untuk tempat wisata mancing ikan ….. hehehe … biar tidak spaneng dan buat refressing…….
    – untuk segera diexplorasi sumber sumber minyak dan gas bumi yang ada didalamnya……………

    maaf, doa tukang nyangkul seperti saya…. nwn

    • kalau melihat menhan periode saat ini, sepertinya harapan anda semacam itu gak bakal terwujud @bung Gajah Sura (stidaknya sampai 5 thn kedepan), secara pemikiran pk menhan kan; ” Indonesia u/ saat ini tidak bakalan ada perang secara terbuka”, & yang jadi perioritas dari pk menhan ialah memperkuat alutsista yang bersifat u/ kemanusiaan atau bencana alam. Tapi kita lihat saja nanti dari Panglima TNI (penggantinya pk Moel) seperti apa? apakah satu pemikiran dengan pk menhan atau tidak..?

  3. yang penting kepulauan Natuna tidak masuk klem mereka, termasuk wilayah Zona Ekonomy Exclusive 200/300 mill tetap masuk NKRI, jika perlu kerjasama pengelolaan explorasi minyak dan gas bumi area ZEE kepulauan Natuna dengan pihak Tiongkok ….. maka semuanya akan menjadi lancar dan Normal ……………..

  4. Ini jelas persiapan invasi.
    Secara logika, akan lebih mudah, murah dan bermartabat bagi china untuk secara legal melakukan kerjasama eksporasi/ekploitasi atau membeli migas. Duitnya banyak! Keuntungan lain, china akan menjadi “saudara tua” bagi asean.
    Dari pernyataan china bahwa mereka siap bagi hasil migas secara adil asalkan negara pengklaim LCS lain mengakui kedaulatan china di LCS, jelas ini bukan hanya menyangkut faktor ekonomi.

  5. Bersiaplah menghadapi strategi “lompat atar pulau” atau apalah namanya. Dengan cara ini china tidak terlalu bergantung pada kapal induk.
    Masalah bagi Indonesia ialah jika china menerapkan strategi “leher botol”. Garis putus-putus yang yang digambar china memang “hanya” memotong ZEE seputar Natuna, TAPI… karena BENTUKNYA putus-putus, bisa saja mereka menggambar garis putus-putus tambahan yang besaran serta arahnya bisa kemana saja (mencakup singapur dan kepri miaslnya).

  6. Gak usah melu melu perang nang lcs, mberno malesia karo tiongkok gegeran..ngko nek wes kentekan duit lhak mari mari dewe..duite kene digaee mbangun pabrik, sawah n dalan wae..ben makmur rakyate.tapi nek macem mavem karo indonesia yo sikat wae..

    • Kesempatan buat indonesia jual senjata untuk asean. Tapi jangan lupa indonesia produksi untuk dalam negri juga perbanyak. moment yg baik saat nya untuk meminta tranfer teknologi ke AS atau barat. Untuk membendung kekuatan china. Lihat AS sekarang mengijinkan jepang untuk aktik terlibat perdamaian. Akibat nya jepang banyak order produksi senjat negara asean. Coba kalo indonesia lebih aktif terlibat di lcs indonesia akan banyak tawaran teknologi canggih dari AS. karena moment ini tidak di manfaatkan lebih baik oleh indonesia maka AS memandang indonesia kurang siap menghadapi isu LCS. Akhirnya AS harus menghaktifkan lagi jepang untuk terlibat di lcs dan penyeimbang china..
      Maaf jika analisa nya salah. Masih baru..

  7. Ngapain takut sama tiongkok, mongol aja yang kuat tidak bisa menaklukan nusantara sejengkal tanah pun.. Jika tiongkok melakukan perang terbuka di lcs lebih baik kita diam terlebih jika tiongkok berhasil maka pasti tiongkok ” kelelahan ” disaat yang sama lancarkan serangan ke utara

  8. Bener bung, Asean gak ada manfaatnya buat kita. Nyatanya maling ma spur terus aja ngasah golok mereka. si maling malah ngusik perbatasan terus, dan coba manantang kita. Lebih baik sekarang kita kirimkan sinyal ke tetangga usil, jangan coba main api dengan kita. karena kita akan membalasnya dengan yang lebih menyakitkan. Ayolah Indonesiaku bangkit dan berjaya di lautan, udara dan seluruh Nusantara Raya. Indonesia memiliki sejarah kebesaran dimasa lalu dan masa depan.

  9. Tidak ada yang namanya ras unggulan. Memang apa hubungannya dengan fisik saya ? Tiap pencapaian memang perlu diapresiasi. Tiongkok memang unggul dalam militer pada saat ini. Tetapi tetap saja tidak perlu mendewakannya seperti itu. Jika anda yakin bahwa Indonesia akan dikalahkan PLA mengapa anda tidak pindah ke sana ?