Mei 262016
 

Korea Selatan akhirnya memilih General Electric (GE) sebagai pemenang lelang untuk menyediakan mesin jet bagi pesawat tempur Korean Fighter Xperimental (KF-X).

Badan pengadaan Korea Selatan, Defense Acquisition Program Administration (DAPA) mengadakan seleksi terbuka pada Kamis, lapor Yonhap.

Produsen mesin Eropa- Eurojet Turbo GmbH dan GE sebelumnya bersaing untuk menjadi penyedia mesin jet pada proyek senilai 18 triliun won (US $ 15.3 milyar), proyek yang akan membangun 120 pesawat tempur bermesin ganda buatan Korea Selatan.

Seoul berencana untuk menyebarkan pesawat tempur baru tersebut pada pertengahan tahun 2020-an untuk menggantikan armada jet tempur F-4 dan F-5 yang sudah tua. DAPA berencana untuk menandatangani kontrak dengan GE bulan depan setelah melakukan negosiasi kesepakatan.

DAPA akan berusaha untuk menyelesaikan desain dasar pesawat KF-X pada September tahun depan dan meyelesaikan desain rinci pada Januari 2019.

Pada bulan lalu DAPA juga telah memilih produsen pertahanan Korea, Hanwha Thales sebagai pemenang lelang untuk menghasilkan sistem radar canggih yang akan dipasangkan ke pesawat KF-X.

Proyek KF-X telah mendapatkan janji dari AS untuk mentransfer beberapa teknologi jet. Tapi Seoul menghadapi tantangan untuk menemukan pemasok alternatif lain untuk empat teknologi inti yang tidak bisa diserahkan Washington.

DefenceWorld

 Posted by on Mei 26, 2016