JakartaGreater.com - Forum Militer
Jan 152015
 
Para penyelam saat melakukan persiapan di kapal KN SAR 101 Purwerejo di Pelabuhan Kumai, Kalteng, Kamis (1/1/2015). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Para penyelam saat melakukan persiapan di kapal KN SAR 101 Purwerejo di Pelabuhan Kumai, Kalteng, Kamis (1/1/2015). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

 

Liputan6.com, Jakarta,  Pencarian pesawat AirAsia QZ8501 di Laut Jawa tak hanya dilakukan pemerintah RI, tapi juga melibatkan bantuan sejumlah negara sahabat. Kecelakaan ini pun tak luput dari sorotan masyarakat dunia.

Di satu sisi, pencarian ini membawa misi kemanusiaan. Namun di sisi lain, martabat bangsa dipertaruhkan ketika bersaing melakukan pencarian pesawat berpenumpang 155 orang dan 7 awak ini.

“Kemarin saya khawatir, Amerika, Rusia, Malaysia turun. Ini kan mempertaruhkan nama bangsa. Tapi untungnya kita nemuin duluan korban dan black box-nya,” ujar Komandan Penyelam TNI AL Mayor Profs saat berbincang di KRI Banda Aceh, Rabu (14/1/2015).

Dia mengungkapkan, perjuangan dan kegigihan penyelam TNI mendapat apresiasi dari prajurit negara lain, termasuk pasukan elite Amerika Serikat (AS) Navy SEAL. Penemuan korban dan black box AirAsia merupakan prestasi yang membanggakan. Meski di tengah kondisi cuaca ekstrem, tim SAR gabungan, khususnya penyelam TNI, dapat menemukannya lebih cepat berkat kegigihan dan kerja keras mereka.

Ini diakui internasional, ini luar biasa. Kalau ada temen saya dari Navy SEAL (pasukan elite Amerika Serikat), penyelam Indonesia katanya gila. Penyelam Rusia saja bilang mampu penyelaman 0-3 knot, tapi begitu arus 2 knot (mereka) sudah menyerah,” sambung Profs.

Sesuai instruksi Panglima TNI Jenderal Moeldoko, pencarian badan pesawat AirAsia tetap berlanjut. Tim penyelam pun siap melakukan misi pencarian ini sampai tuntas.

“Tadi masih siap saya tanyakan mereka. Mereka siap pada prinsipnya. Tentara satu kalahnya, perintah. Ini kan tugas mulia, pertaruhanya bangsa, ketemu AS, Malaysia,” pungkas Profs.

Kunci Keberhasilan

Profs pun mengungkapkan bahwa kunci keberhasilan tim penyelam gabungan yang terdiri dari pasukan khusus Denjaka, Kopaska, Intaifib dan Dislambair ini adalah kerja sama dan ketulusan.

“Kerja sama tim dan ikhlas. Dari kerja sama itu bisa menguraikan bagaimana pelaksanaan, Alhamdulillah berjalan lancar. Dan lokasi puing pesawat itu tidak berjauhan,” ujar Profs.

Selain 2 hal itu, ada juga kunci keberhasilan para tim penyelam. Mereka selalu optimistis setiap melakukan suatu misi atau operasi. “Saya sendiri kalau di lapangan kondisi cape luar biasa, itu saja yang buat saya optimis. Kalau penyelam biasa harusnya sudah istirahat,” kata Profs.

Tak hanya itu, pinger detector atau alat pendeteksi black box juga sangat membantu para penyelam menemukan kotak hitam AirAsia QZ8501. “Misalnya kolam renang koin gelap, bisa ditemukan dalam waktu berapa menit, ini lautan.”

“Ini luar biasa sekali. Ini semua bangsa Indonesia ini yang buat, saya bangga. Kapal milik Indonesia, Geo Survei, KN Jadayat, Baruna Jaya. Mereka selalu koordinasi, butuh penyelam,” tandas . (Liputan6.com)

Berbagi
 Posted by on January 15, 2015

  28 Responses to “Gigih Temukan AirAsia, Penyelam TNI Dipuji Pasukan Elite AS”

  1.  

    mantap

    •  

      Kalo untuk kemampuan individu TNI memang top…., negara mana yang tidak kenal Kopasus, Taifib, Denjaka, Marinir Indonesia, AASM saja 7 tahun berturut-turut….

      Tapi untuk kemampuan Sarana dan Senjata… hemmm…, bukan rahasia umum…

      *Menanti barang import S-35, Kirov, Kilo, S-400, Radar Satelit dan OHS, dll
      *Menanti produk lokal PAL 10514, KCR-60, KCR-40, Tank Medium Pindad, Gandiwa, N-245, Roket LAPAN, SUV Komodo, Kapal SAR Samudra, dll

    •  

      yang hebat juga orang luar gak sungkan memuji prestasi tni. ini menunjuka mereka juga tidak sombong.

  2.  

    Mantepppp…. kasih penghargaan dunk

  3.  

    TNI strooooonggggggggg

  4.  

    Salut

  5.  

    Hanya satu bangga dengan pasukan elit kita ini.

  6.  

    Selamat bertugas.. baktimu pada negeri sudah tak terhingga..

  7.  

    saluut..

  8.  

    Hmm..hmm..mayor profs (???) ….pendek amat itu nama salut utk perjuanganmu demi tetap tegak&harumnya nama bangsa
    &NKRI tetap jaya.
    salam & selamat atas perjuanganmu
    yg tak mengenal lelah.
    …!

  9.  

    tinggal kesejahteraannya saja yang ditingkatkan….tapi awas jangan tamak

  10.  

    mantap buat TNI>>>

  11.  

    mantap buat TNI……

  12.  

    semoga kesejahteraan mereka dan keluarganya diperhatikan oleh para petinggi negara. amin

  13.  

    Hebat saudara ku

  14.  

    Salut buat Tim Selam TNI
    Gimana gak dibilang gila latihannya saja harus berenang nyebrangin selat

  15.  

    seandainya sja kesejahteraannya lebih diperhatikan.;…kesian…TNI.krna sudah kerjaan & cinta bangsa….perintah pukul rata semua,,,hhe

  16.  

    beri penghargaan berupa kenaikan pangkat, bagi seluruh anggota tim yang terlibat !!!

  17.  

    “Di satu sisi, pencarian ini membawa misi kemanusiaan. Namun di sisi lain, martabat bangsa dipertaruhkan ketika bersaing melakukan pencarian pesawat…” .Nah kalau pemilihan dan bakal Kapolri BG di DPR sekarang martabat bangsa sedang dipertanyakan..???miris…

  18.  

    Kunci Keberhasilan
    “Profs pun mengungkapkan bahwa kunci keberhasilan tim penyelam gabungan yang terdiri dari pasukan khusus Denjaka, Kopaska, Intaifib dan Dislambair ini adalah kerja sama dan ketulusan”

    Salut dan bangga.

  19.  

    ehm… bung frans mana nih?? …

  20.  

    Bravo tni ku nkri hrg mati..

  21.  

    bangga dengan TNI ku..
    jangan hany kemampuan aja yg membanggakan..
    alutsista nya jg harus ditingkatkan

  22.  

    ‘Bersama Kita Bisa’

  23.  

    Pondasi yang bagus. Tinggal menunggu bangunan terbaik.

  24.  

    indonesia sdh penuh dgn prestasi tinggal alustistanya, semoga bpk presiden sll mendukung peningkatan alustista generasi tingkat tinggi..

 Leave a Reply