Jul 182016
 

Indonesia hampir dipastikan akan membeli pesawat tempur Su-35 dari Rusia. Namun pembelian tersebut sampai saat ini tidak terdengar lagi kabar beritanya. Entah jadi atau ditunda, atau mungkin malah gagal diakusisi.

Saat ini ada banyak tipe dan varian pesawat tempur intersep dari berbagai negara yang dapat menggantikan armada F-5 Indonesia yang sudah tua. Salah satu yang mungkin bisa dijadikan alternatif adalah JAS-39 Gripen.

Gripen adalah pesawat tempur serbaguna bermesin tunggal, dengan desain kompak dan performa tinggi yang diproduksi oleh Swedia. JAS-39 dirancang dengan sepasang sayap delta besar dan tambahan sayap canard kecil khas desain Eropa.

Pesawat ini memiliki kelebihan pada fleksibelitasnya, dapat mendarat di landasan pacu pendek atau jalan raya sepanjang 800 m. Saat dalam misi tempur, Gripen dapat mendarat dan mengisi bahan bakar dan amunisi dalam beberapa menit sebelum kemudian lepas landas lagi dan bertempur lagi.

JAS-39 dilengkapi dengan sistem avionik yang paling modern dari Swedia dan Eropa seperti radar pulse Doppler PS-05 / A yang memiliki jangkauan maksimum 120 km.

Persenjataan standar Gripen terdiri dari 1 meriam Mauser BK-2727mm, rudal udara-ke-udara AIM-120 AMRAAM, rudal AIM-9 Sidewinder dan AGM-65 Maverich.

Varian terbaru Gripen E / F dirancang dengan perbaikan peningkatan volume bahan bakar dan daya angkut persenjataan (ada penambahan 2 hardpoint, total menjadi 10 pylon persenjataan).

Gripen kini juga dilengkapi persenjataan yang terbaru, yakni rudal udara ke udara MBDA Meteor (jangkauan 185 km, kecepatan 4 Mach) dan rudal jelajah Taurus KEPD (jangkauan 350 km, dengan kecepatan 0.98 mach)

Gripen juga diklaim rendah biaya operasinal dan pemeliharaannya – sekitar US$ 4.700 /jam terbang, dan lifetime chassis sampai 10.000 jam terbang.

Gripen memang pesawat tempur ringan dengan jangkauan yang lebih terbatas jika dibandingkan dengan Su-35 Rusia, namun dengan avionic dan persenjataan yang super canggih, Gripen adalah salah satu pesawat tempur yang terbaik yang bisa dijadikan pilihan kedua setelah Su-35.

Bagikan Artikel:

  105 Responses to “Gripen dengan Rudal Taurus dan Meteor, Jet Tempur Alternatif Selain Su-35”

  1. AVTUR

    • “Gripen adalah salah satu pesawat tempur yang terbaik yang bisa dijadikan pilihan kedua setelah Su-35”.
      Kalo untuk pilihan ke dua sih mendingan pilih Rafale saja.

      • “dapat mendarat di landasan pacu pendek atau jalan raya sepanjang 800 m”.
        Itu memang memungkinkan kalau di jalanan Swedia karena kabel2 ditanam dlm tanah.
        Tidak bisa mendarat darurat di jalanan Indonesia karena di kanan-kirinya banyak centang-prenang kabel berseliweran. Belum lagi baliho besar bergambar caleg nyengir yang bisa membuat pilot bergidik ketakutan.

        • Indonesia sangat banyak memiliki landasan kecil yang panjangnya hanya sekitar 1.000km
          Pesawat tempur lain pasti nyungsep

        • Tidak bisa mendarat darurat di jalanan Indonesia karena di kanan-kirinya banyak centang-prenang kabel berseliweran. Belum lagi baliho besar bergambar caleg nyengir yang bisa membuat pilot bergidik ketakutan.

          kayak di pulau Jawa ini mang ada jln raya yg sepi?orang suka macet di sana sini kok! gmna mau bs steril ntu jln dr keramaian lalin dh cepat… ya udh, take off/landing aja di “kapal induk” versi Indonesia hehehehe… jangka panjang nya sih gitu…

          • Itu baru kabel dan baliho yang cuman ngeselin doank bung pokpink, yang paling menguras kantong kalo harus mendarat di jalanan Indonesia ya banyaknya Polisi cepek dan Tukang Parkir yang sok tau ikut-ikut ngatur posisi pesawat 😆

      • Jangkauan Radar 120 km
        Jangkauan Meteor 185 km

        Hahaha ? ada yg aneh

        • jadi inget hari pertama sekolah kemarin, begitu pilot tekan tombol launch rudal, karena jangkauan radar masih dibawah rudalnya, maka pesawat ikut nganterin si rudal dulu sampe deket sekolah eh sasaran 😆

        • aneh bagi yg kagak ngerti.. tp biasa aja yg bagi yg tau fungsi dari pesawat ? airborne early warning system . alias awacs. makanya dari kemarin2 dulu sdh diterangken kalau dijaman sekarang ini tdk ada pespur yg superior dan bertindak sendiri bak jagoan supermen atw betmen. semuanya saat ini kudu dibackup. ngarti ora son..?

        • aneh bagi yg kagak ngerti.. tp biasa aja yg bagi yg tau fungsi dari pesawat ? airborne early warning system . alias awacs. makanya dari kemarin2 dulu sdh diterangken kalau dijaman sekarang ini tdk ada pespur yg superior dan bertindak sendiri bak jagoan supermen atw betmen. semuanya saat ini kudu dibackup. ngarti ora son..?

        • Itu yg standar dg persenjataan aim 120 dsb…yg terbaru uda pake pake aesa, rudal amerika udah gak kepake…

        • @vegassus

          Anda teliti bro…tampaknya penulis artikel ini kurang teliti.

          Gripen c/d yang bisa menembakkan meteor telah mendapatkan upgrade pd sofwarenya dg software MS-20…dan radarnya adl tipe PS-05A mark3 yang jangkaun deteksinya bertambah 50% dibanding radar PS-05A generasi sebelumnya.

          Tahun 2017 dijadwalkan upgrade radar PS-05A mark4 dg lonjakan jangkauan deteksi sd 150% dan mampu mendeteksi obyek dg rcs 0,1 m persegi

        • gak ada yg aneh jika gripen didukung pesawat aew..yg dapat berbagi data

      • Rafale lebih mahal dari Gripen dan yang pastinya gak akan memberi TOT sebanyak Gripen (Saab). Untuk perkembangan TOT lebih bagus pilih Gripen buat penunjang IFX, lumayan murah juga buat intercep dan patroli. Sukhoi sebagai tukang gebuk utama aja.

    • Gripen aj lah..
      Bisa dirakit d indonesia tuh..
      Bangga dong indonesia bisa rakit pespur..
      Sambil tunggu ifx kelar..

      Bonus rbs15..
      Bonus integrasi 3 matra..
      Bisa hebat nih indonesia..

      • Tapi harus dipertimbangkan pula bahwa SDM aviasi kita saat ini tidak sebanyak di jaman IPTN bung.
        Kalo disibukkan dengan Gripen maka bisa makin keteteran itu pengerjaan N-219 dan IFX. Belum lagi projek berikutnya N-245, R-80.
        Untuk pespur lebih baik fokus di IFX dulu sampai tuntas.
        Ingat, saat ini PTDI sudah dibuat sibuk dgn NC-212i dan NC-295.
        Saya katakan “dibuat sibuk” karena, jangan2 memang pihak sana sengaja mempersibuk PTDI agar tidak ada kesempatan untuk menggarap proyek sendiri seperti N-219 dan R-80. Itu tekanan supaya Indonesia tidak bisa maju.

        • @bung PP
          Emangnya ente ga mau PT DI kaya IPTN lg?? Bisa punya banyak tenaga kerja & ahli.. karyawan PT DI butuh regenerasi.. kalo merasa sibuk yah bagus, brarti membuka lapangan kerja baru dan akan ada pundi2 uang masuk.. Kok pikiran ente pesimis begitu?? Gawat bung,, kalo peluang dibuang sayang..

          Inget bung,, pd saat IFX jadi.. indonesia akan produksi 50 pesawat.. dimana para sepuh PT DI udah mulai berumur.. hukumnya wajib fardhu a’in akan ada pergantian dan penambahan SDM utk mempercepat proses produksi IFX..

          • Bukan pesimis. N-219 itu bukti PTDI sedang meregenerasi SDM. Karena sejak N-250 digrounded, belum ada lagi proyek rancang-bangun pesawat sendiri.
            SDM angkatan N-250 seperti pak Alisyahbana sudah mendekati masa pensiun. Jika sampai mereka masuk masa pensiun tapi yang muda2 belum terlibat rancang-bangun pesawat dari proses awal sampai akhir, maka regenerasi bisa terputus. Kemampuan Indonesia membuat pesawat akan hilang. Indonesia hanya akan bisa merakit pesawat, tanpa bisa membuat. Nah untuk mencegah hal itu maka dibuatlah N-219 yang melibatkan generasi senior dan junior. N-219 ini bisa dikatakan sebagai ‘kawah penggemblengan’ ilmuwan muda aviasi kita utk pesawat sipil. Utk pespur jelaslah IFX yang sudah mulai tampak progresnya.
            Siapa sih yang tak ingin PTDI menjadi berkembang pesat dan maju? Semua yang mencintai NKRI tentu menginginkannya bung. Dan itu antara lain akan dihasilkan dari penjualan N-219 yang miliki prospek pemasaran yang bagus. Disusul N-245. Menjual pesawat buatan sendiri tentu lebih menguntungkan daripada merakit pesawat negara lain.
            Untuk membuat pespur sendiri, ilmunya akan didapat dari IFX.
            Jika masih perlu tambahan tenaga, ahli aviasi kita yang ada di berbagai negara tentu siap menjalankan tugas penting ini.
            Begitu @bung Welleeehh.
            Salam.

      • @ tom

        Bangga dong indonesia bisa rakit pespur kfx/ifx

        ha ha ha

    • Gak salah tulis ya itu,
      “dapat mendarat di landasan pacu pendek atau jalan raya sepanjang 80 m”??
      Kalo bener hebat bener, landasan sepanjang 80 m kan pendek bangat, pesawat jenis apapun kayanya gak ad yg bisa mendarat.

    • SALES NYA MULAI OBRAL BUAT MENGGAGALKAN PEMBELIAN SU 35.

      INI PESAWAT BELUM BOTOL PULPEN…BANYAK YANG JATUH…..!!!!

  2. kaleng biscuit carin

  3. apapun GENDONGANMU gk bakalan menang ama SU35

  4. Jiahh kagak ada matinye ini Gripen kalau untuk gantiin Su-35 Tidak bisa tapi untuk ganti kaleng krupuk boleh lahh

  5. Menurut Carin Shukoi Su-35 adalah pesawat kaleng krupuk :)
    Kata Tedjo Van Mollen Grippen jaas39 adalah pesawat kaleng biscuit (Y)
    Kata saya ” Noer Aini Az-zahra ‘ F-16 adalah pesawat kaleng Sarden , karena sarden ada kaitan’a dengan dapur ( Kompor & api ” maka’a ini pesawat ( F-16 A/B – C/D /ID – block 52 – block 60 sampai viper ” rawan kebakaran :D :D :D :D

  6. Sesuai judul, tp bukan alternatif utk SU-35, melainkan pengganti F-16. Krn pabrik asalnya F-16 sdh gak produksi nih pesawat lg. Suku cadang bakalan susah, klo toh ada pasti yg KW made in India, bakal lebih rawan rontok.

  7. SU-35 pasti….

  8. hi…hi…hi… ada2 saja ni orang, gripen bagus utk gantiin pespur hawk bro atau skadron baru, klo su35 itu pespur kelas berat utk menghabisi f35nya sikanguru.

  9. KATAKAN TIDAK PADA USA &RUSIA
    KATAKAN YA PADA TIONGKOK JF…QW3 c705 c802 SDH TERBUKTI BATLE PROVEN DEK WALAUPUN MURAH TAPI BUKAN MURAHAN

    • Betel prupen dr Brebes. Ora usah ngawur Mbah. Wes lah, elus aja burung emprit nya Mbah, itu sangkarnya sudah siap, di jamin tdk men lg.

      • Betul Mba Yu Ruskye C705 & c802 udah batlle propen , buat ngancurin kapal tongkang milik pencuri ikan yang kena tilang Bakamla :D :D :D :D

        • DEK NOER..PEJUANG PALESTINA PERNAH MEMAKAI C802 ISRAEL KAGET DEK NOER…HMMM (SAMBIL NGELUS REMOTE )MBAH KASIH OPSI YANG MURAH DEK PERUNIT 25JUTA $ SISANYA UNTUK KETAHANAN PANGAN DEK…(YO OPO IKI REMOTE SAMPE DI ELUS TERUS)

          • Mbah Otoritas Palestina tidak pernah menggunakan amunisi made in Tiongkok , apalagi sampai sekelas rudal C-802 wkwkwkwkwkwk Pake kapal apaan Mbah ?

      • Bung rusky, empritnya bowo kalo perlu disetrika dulu biar licin..hahahaha

        • uk buatan Cina kerap mendapat stigma kw-2 (kualitas dua), dimana standarnya dicibir masih dibawah produk besutan AS/Eropa. Tapi lewat C-802, Cina berhasil membutikan bahwa rudal yang dibuat cukup ampuh. Salah satunya diperlihatkan saat kelompok Hizbullah menghadang serbuan Isreal di Lebanon pada medio 2006. Mereka mengklaim telah menembakkan C-802 untuk mematahkan blokade laut AL Israel. Hizbullah menghajar kapal perang Israel, INS Hanit, dengan dua rudal, kapal perang itu rusal berat. Walau tidak tenggelam, diketahui empat pelautnya tewas.

          • @mbah jarwo

            Berarti rudal c-802 beneran rudal KW tuh mbak…masak rudalnya gak njeblog?

            Itu rudal opo mercon sreng…?

  10. Tukino is the best mba Wowo…

  11. Mbah kamsudnya

  12. gudubraggggg….lucu masa gripen buat gantiin su-35..ke enakan si neng carin..l

    pokoknya su-35 tetap akan dibeli indonesia…

    apalagi mbah jarwo koyo orang ngelindur..masa sabun jf yg KW KWan hrus dibeli…nehi nehi…

  13. kok yg fanatik su-35 bilg bhw su-35 lbh baik sdg gripen d bilg jg bgus, yg jd pertanyaan siapa yg memutuskan beli apa tdknya su-35 ato gripen, tu siapa, kok sptnya kalian yg memutuskan, la wong bkn pjabat cm rakyat jelata kok ikut campur urusan elite politik, pangkate tu yo op rek, wong kalian ngurusi kluarga aj lum becus msh kakean utang, kok mlh repot sndr, memange nasihat kalian digubris ma tu om menhan, pdhl ga tau op2 ttg strategi perang bisane cm dolanan maen game online, parah2

    • Lhah kalo dalam forum resmi seperti seminar tentunya yang ngomong harus dgn latarbelakang kepakaran sesuai disiplin ilmunya.
      Sedangkan ini adalah forum bebas, siapa pun boleh terlibat diskusi. Anggap saja sebagai ajang ngobrol. Dan itulah asiknya orang ngobrol bung. Tentunya orang awam kan boleh saja ikutan ngobrol.
      Orang yang gak pernah pegang bola pun bisa nyalahin kiper sekaliber Joe Hart dalam obrolan di warung kopi mbah bowo.

  14. Su 35 lebih tepat dibeli Indonesia daripada grippen lawan dikawasan adalah pemilik pesawat barat kecuali cina tentunya sambil menunggu KFX, Su 35 bisa bikin australia gak bisa mimpi dan tidur tenang tiap malam

    Tapi kenyataan kita yang mimpi meski gak tidur hahaha

  15. hari ini indonesia telah mengeluarkan dana 70juta rupiah, karenj apa? ya karena f16 tadi siang muter-muter terus selama 1jam diatas langitku. Ada apa ya kok jadi keseringan

  16. dah jelas kelasnya beda su 35 sama gripen,,,su 35 bungkus gripen jg, buat nongkrongin Natuna,,,

  17. Paling menarik dari pespur rusia adalah obral rudal jarak jauh nya asal punya duit kita bisa borong gak pake masalah ham dll apaguna beli pesawat canggih barat rudal maut tapi gak boleh dibeli

  18. Jos ,,mbah katrok class….bener banget

  19. Bagusan inilah gripen.. dr pada f16 pesawat rongsok.. Kata aa ical pswt dempulan.. :)

  20. Ks Kilo indonesia dikerjakan sebelum ada kontrak. Mungkinkah su 35 juga berlaku hal yang sama? Jas gripen? Masak sih saumlakin sorong mau diisi f5 atau su 35? Lbh baik gripen atau su 34.klo f 16 di saumlaki? Ya kedodoran sm f15, f18, f35….

  21. Tetap saja su 35 pesawat terbaik didunia
    ..

  22. Gripen nj….tidak bisa untuk Herder dan monster langit NKRI….karena produksinya masih ada campur tangan USA dan sekutu sekutunya….artinya Pesawat Gripen Nj masih bisa diketahui atau diobok obok teknologinya oleh USA dan sekutu sekutunya…..Tetapi kalau SU 35 dijamin kerahasiaannya…boro boro USA dan Sekutu sekutunya bisa mengetahuinya…itulah kelebihan Su 35….akan menjadi herder dan monste? Langit NKRI yg sangat mendebarkan…….boleh saja GRIPEN NJ diakuisisi sebagai pesawat pembantu untuk meronda langit NKRI…

  23. Gripen nj….tidak bisa untuk Herder dan monster langit NKRI….karena produksinya masih ada campur tangan USA dan sekutu sekutunya….artinya Pesawat Gripen Nj masih bisa diketahui atau diobok obok teknologinya oleh USA dan sekutu sekutunya…..Tetapi kalau SU 35 dijamin kerahasiaannya…boro boro USA dan Sekutu sekutunya bisa mengetahuinya…itulah kelebihan Su 35….akan menjadi herder dan monste? Langit NKRI yg sangat mendebarkan…….boleh saja GRIPEN NJ diakuisisi sebagai pesawat pembantu untuk meronda langit NKRI…

  24. ini forum militer apa forum stand up komedi …..?????

    apa saya yang salah masuk forum….????
    😀 😛 😉

  25. Bisa mendarat di sawah gak ?? Kwakk kwakk kwakkk….

    Kaya orang bingung beli celana itu bagus ini bagus akhirnya gak jadi beli celana…telanjang aja adem….

    • Kapan ya bisa naik pesawat tempur…?? Gripen atau sukoy gpp deh…kaleng susu kaleng krupuk, banci kaleng deh…gpp yang penting terbang…

      If i could fly hellowen…asikkkk…

  26. Indonesia nggak jadi beli dua2nya…Indonesia butuh pesawat capung seperti tokio buatan Brazil buat nyerang para perusuh santoso dan opm.

  27. Jangan ragu buat akusisi gripen dan juga rudal meteor dan taurusnya.. Tp su 35 jg jgn dibatalkan karena buat efek deterent Negara pemilik f 35..nkri harga mati!!!

  28. Jangan ragu buat akusisi gripen dan juga rudal meteor dan taurusnya.. Tp su 35 jg jgn dibatalkan karena buat efek deterent Negara pemilik f 35..nkri harga mati!!! !

  29. Aneh su35 dan s400 berita dr media gembar gembor mau beli dan di goreng2 segala tp berita dr orang militer barang sudh ada tenag aj Indonesia sekarang Kuat mau coba usik bisa di bantai.dan memang sengaja g di publikasikan semua.berapa jumlahnya.itu rahasia negara.pembelian bisa di keep MOU dan nambah lagi Su35 8 unit+kapal selam 2unit.dari sisah uang pinjaman 3m usd….

  30. kbr terbaru dr kemenhan… telah membatalkan pembelian su35 di karenakan pihak ruasky tdk brsedia berbagi tot, dan tdk sesuai dgn spek yg di inginkan kemenhan. dan segera mengalihkan perhatian untk bernegosiasi dgn pihak swedia dan us untuk pembelian gripen dan viper beserta tot nya. bye…bye… sukhoi fans…

  31. waduh… jgn manas manasin woi… ha

  32. Gak moncer..

  33. Jin Rafa lebih ringan dibawanya…manuver gesit cuma sayang radius tempur kurang…kalau avionik tidak kalah canggih… daripada grifen,mending jin Rafa…ngarep.com

  34. SU 35 ra bakal goyah,, tetap sukoi family pilihan RI, gripen bakal jadi mangsa empuk predator sukoi,, biar lah tetangga yg punya gripen RI tetap SU-35 end pakfa,, titik…

  35. carin itu photo sapa yang kamu pake…????
    wah kamu bahaya itu photo emak saya rin…. terlalu kamu photo orang tua saya kamu pakek aja…..!!!!

  36. wah tenyata saya salah lihat kirain emak saya…..tapi kok kamu mirip dengan emak saya yaa…..!!!!!
    apa ada faktor genetik….. semenanjung yaa….?????
    tapi saya kurang bisa membedakan kamu penjantan apa betina….????
    walau kamu dak pake baju sulit membedakannya yaa…!!!!!

    😀
    😛

  37. rin tapi bagus kamu photo ngak pake baju kayak gitu….. nafsuin tau….. nafsuin malon maksudnya…..
    🙂 😀

  38. Comment:

    sama aja mau beli produk buatan mana aja yang penting ada perubahan jangan jadi pecandu terus.

  39. Kapal induk saja panjang landasannya lebih dari 80 m.

    1 lagi, n219 pesawat dgn mesin propeler saja di klaim oleh PT DI mampu mendarat dilandasan paling pendek 600 m.

    Gripen ini bermesin jet, masa iya bisa mendarat dijalan raya sepanjang 80 m?
    Ybs deh!

  40. Gripen cocok untuk menggantikan f-16 viper $u-35 tetep borong sesuai rencana semula..dan tambah FA-50 untuk lapis kedua…

  41. Hebat

  42. Tes

  43. Gripen sama su-35 ya beda kelas, gripen emang cocok buat gantiin f-5, karena masih satu kelas, su-35 ya buat nandingin f-15, f-35 tetangga.

  44. SANG NAGA MULAI MENUNJUKAN TARINGNYA….
    PASUKAN BIRU PLAN AKAN TERBENTUK SPT RANTAI YANG AKAN SIAP MEMUTILASI DAN MEMOTONG MOTONG BANGSA YANG MENGHALANGINYA…
    AKAN ADA BANJIR DARAH…
    INI BUNYI SERAT JOYOBOYO….
    WONG JOWO KARI SEPARO….
    HMMMMMM…(SAMBIL NGELUS BURUNG EMPRIT YANG LOYO)

  45. Hanya pandangan pribadi…SEBISA MUNGKIN TNI AU HARUS MEMPERTIMBANGKAN LAGI PEMBELIAN PESPUR SELAIN DARI KELUARAN SUKOI DAN F 16.mengingat dalam jangka 10 samapi 15 tahun mendatang kita juga akan memiliki jenis pesawat tempur baru KFX/IFX. Jika pihak kemenhan membeli pesawat tempur diluar jenis dari keluarga F 16 DAN SUKOI.maka dalam jangka 15 sampai 20 tahun mendatang akan seperti apa farian pesawat tempur yg akan di operasikan oleh pihak TNI AU.dalam membeli peralatan perang…kita tudak perlu ikut2tan tren negara lain hanya karna sistem baru dan pespur keluaran terbaru…kita juga harus memandang jauh kedepan…saya pribadi lebih mendukung pembelian 12 su 35…melengkapi 16 su30/27 meblnjadi 24 buah…dan memekarkan skuadron 12 su 27 dan 12 su 30..jadi indonesia memiliki 3 skuadron keluarga sukoi masing2 berisi 12 buah dari keluarga su 27.30.dan su 35..di sisi lain pihak TNI AU juga dapat menambah dan memelarkan skuadron f16 dengan jumlah 12 buah per skuadron…dan dapat menambah dan meng upgretnya…lebih murah biaya dan lebih terkontrol

  46. Sungguh terlalu kl sampe gk beli gripen.. Gripen sm su 35 wajib dibeli.. Kalo f 16 jangan sampe dibeli.. Amit amit jabang bayi!!

  47. Sales jipen bertebaran !!! Patut diacungi jempol oleh kegigihannya ,,,,?

  48. Pesawat tempur apapun yg terpinting kl saat perang dan konflik bisa di pakai dan berfungsi.
    Secanggih apapun pesawat saat konflik atau perang kl tidak bisa digunakan untuk perang dan berfungsi. bakalan di pajang di museum kebanggaan.

  49. Oke deh, lbh baik gripen nyata, drpd su 35 takhayul alias ghoib selamanya alias ga jd beli… xiiixiix

  50. gripen-dengan-rudal-taurus-dan-meteor, klo keganjel sama HAM sama aja gk bisa digunakan. cuma buat gagah gagahan saja

  51. standart ganda ala nato, alutsista gw gk boleh di pake buat perang betulan. tp kalo buat latihan perang perangan silakan.

 Leave a Reply