Feb 102019
 

JakartaGreater.com – Pesawat tempur berkursi tunggal Saab Gripen E pertama yang ditakdirkan untuk Brasil telah memasuki perakitan akhir tahap kedua yang berada di jalur untuk uji terbang perdana pada tahun ini, seperti dilansir dari laman IHS Jane pada hari Jumat.

Conal Walker, juru bicara Saab, mengatakan pada 31 Januari bahwa ada tiga tahap dalam perakitan akhir:

  • Tahap 1 adalah tempat sebagian besar instalasi dibuat, seperti kabel dan pipa.
  • Tahap 2 meliputi pemasangan avionik, unit daya tambahan (APU), mesin, radar, canard, kanopi, dan pemasangan kaca depan atau windshield.
  • Tahap 3 adalah pengujian

Sebelumnya pada bulan Desember 2018 yang lalu, Brasil telah membentuk Tim untuk mengenal lebih dekat jet tempur masa depan Gripen E. Dimana lebih 140 personel telah dikirimkan ke Swedia, dan saat ini telah kembali ke Brasil.

Tampilan kokpit Gripen E Brasil © Brasil MoD via Wikimedia Commons

Sementara itu di bulan November 2018, sebuah jet tempur superioritas Gripen E berhasil menyelesaikan uji peluncuran rudal udara-ke-udara Beyond Visual Range (BVR) Meteor untuk pertama kalinya. Uji peluncuran itu dilaksanakan di lapangan terbang perusahaan Saab di Linköping, Swedia.

Pilot uji coba Gripen Saab, Robin Nordlander, mengatakan bahwa pesawat itu terus berkinerja mulus sebagaimana terlihat pada sepanjang fase uji terbang.

Bagikan: