Feb 172019
 

JakartaGreater.com – Komandan Angkatan Udara Swedia, Mats Helgesson, pernah menyatakan pesawat tempur multi-peran Saab Gripen E dapat dengan mudah mengalahkan jet tempur Sukhoi Rusia dalam pertempuran udara.

Menurut Halgesson, Saab Gripen E Swedia diciptakan tepat untuk menghancurkan pesawat tempur buatan Biro Desain Sukhoi Rusia. Saab Gripen E memang tidak memiliki kualitas siluman atau fighter jarak jauh, namun jet tempur Swedia dilengkapi dengan sistem peperangan elektronik canggih.

Igor Korotchenko, pemimpin redaksi majalah Pertahanan Nasional Rusia, percaya pernyataan Komandan Angkatan Udara Swedia memperlihatkan kekurangan pengetahuan dari Komandan tersebut.

Menurut Igor, Saab Gripen E tidak akan mampu bersaing dengan jet tempur Sukhoi, karena pesawat Swedia termasuk dalam kelas pesawat tempur ringan, yang berarti bahwa Gripen tidak mampu membawa persenjataan dalam jumlah besar.

Selain itu, seseorang masih harus mempertimbangkan faktor-faktor lain, seperti misalnya pelatihan pilot, kata Igor Korotchenko.

Ditempat lain, instagram fighter Bomber Rusia menyatakan, semua pesawat tempur bisa dikalahkan, bahkan seekor burung bisa menjatuhkan sebuah pesawat tempur.

Namun terkait pernyataan Komandan Angkatan Udara Swedia Mats Helgesson, dirinya tidak setuju dan menyatakannya sebagai omong kosong.

  46 Responses to “Gripen E Bukan Lawan Su-35”

  1.  

    nah kan, selanjutnya mari kita simak siapa yg nanti mendadak muncul dan menyangkal berita ini ngoahahah uhhuukk…

  2.  

    Mungkin gripen perlu mengujinya ke su 30 india
    πŸ˜† πŸ˜†

  3.  

    “semua pesawat tempur bisa di kalah kan,bahkan seekor burung bisa menjatuhkan pesawat tempur”
    Asek,msti ada anggaran buat perawatan burung nih,,wkwkw

  4.  

    Ya namanya juga orang dagang, bebas lah ngecap produknya top dunia akherat kalo ga gitu mana laris tu produk.

  5.  

    sebagian pesawat produk Swedia,blm sepenuhnya teruji,bisa dibandingkan dng pesawat”era soviet &Rusia sekarang, platform mereka bikin pesawat hampir semua tipenya Flanker/berperang di udara secara jantan,bukan secara kucing kucingan ala USA.

  6.  

    Gripen pesawat yang tidak pernah turun ke medan tempur… sebenarnya sederhana, kalau mau jualanya laku ya kirim saja ke medan operasi militer…

  7.  

    Jawaban pilot bomber Rusia cuman gitu aja?? Hhhhhhhhhhh. Wajar aja sih, orang kapal mataΒ² paling canggih Rusia aja kalah ama Kapal Sapi. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

  8.  

    nah dari pada ASU, barangnya gak laku pake ngancem ngembargo negara yang mau beli sukhoi, dah tau dagangannya basi

  9.  

    Hehehe…..walaupun sampai berbusa dagangin Grifen E tetap jha gak selku Su 35 Russia……mimpi y kelewat tinggi

    •  

      Ya soalnya terlalu berlebihan tanggapan mereka kalau gripen bisa melawan pesawat sukhoi terutama su 35
      Kalau lawan f 16, f 18 hornet, j 10, tejas, jf 17, fa 50 mah lebih unggul gripen, apa lagi varian terbaru gripen E sangat hebat, dan juga mesinnya bisa memakai mesin EJ2000 thurst vectoring pengembangan dari mesin eurofighter, bakalan membuat manuvernya semakin hebat
      Gripen E mungkin juga sebanding dengan mig 29, eurofighter typhoon, dassault rafale, dan f 18 super hornet, kekurangannya hanya ada di mesinnya saja masih jomblo

  10.  

    Saya lebih suka jika rencana pembelian pespur itu untuk kelas medium atau light fighter diisi dengan Gripen e daripada f 16 V. Apalagi dengan janji alih teknologi yang ditawarkan Saab. Dan lagian sista yang ada di kita dari Saab itu lumayan. Dan kalau memang terwujud pengadaan Gripen bisa sebagai pengisi kelas medium dari IFX sebelum beroperasi penuh. Dan kemungkinan alih teknologi tersebut seharusnya bermanfaat dan bersinergi dengan pengembangan IFX batch II nantinya.

  11.  

    Yang bilang Gripen tak “terkalahkan” paling cuma 3 orang aja yaitu DR, Agato, si kitab Fiksi

    😎

  12.  

    Semua bisa kalah oleh seekor burung,,,

  13.  

    98 unit F16 untuk pertahanan udara RI.

    Yang ada sekarang 38 unit.

    Tinggal mengadakan 60 unit lagi.

    Lumayan 98 unit bisa untuk disebar ke 8 titik strategis.

    kabuuuuurrr