Jul 122017
 

Gripen E akan mundur dari kompetisi akuisisi pesawat tempur baru Belgia. Swedish Defense Materiel Administration atau FMV, menyatakan pemerintah Swedia tidak siap untuk memberikan dukungan operasional yang dipersyaratkan oleh pemerintah Belgia, yang sedang mencari 34 pesawat tempur baru untuk mengganti armada F-16.

“Ini akan memerlukan kebijakan luar negeri dan mandat politik Swedia yang tidak ada saat ini. Oleh karena itu Swedia dan FMV memilih untuk tidak memberikan jawaban atas permintaan Belgia tersebut, “demikian pemberitahuan tersebut.

Keputusan tersebut merupakan pukulan bagi perusahaan pertahanan utama Saab di Swedia. Awal tahun ini, pejabat perusahaan mengatakan mereka berharap untuk mengusulkan versi terbaru dari jet tempur Gripen E, yang melakukan penerbangan pertamanya bulan lalu.

Dan kini persaingan tinggal menyisakan F-35 Lockheed Martin, Eurofighter Typhoon dan Dassault Rafale. Dari pilihan tersebut, santer terdengar F-35 kemungkinan akan menjadi pemenang, setelah sebelumnya Denmark, Belanda dan Norwegia menjatuhkan pilihan pada F-35.

Defencenews

Bagikan:

  11 Responses to “Gripen E Mundur dari Kompetisi Akuisisi Belgia”

  1.  

    Test

  2.  

    1

  3.  

    Mungkin akhir tahun ini pesawat yang datang ……. Tahun depan baru sukhoi 35

  4.  

    dukungan operasional apaan sih yg diminta belgia,…ampe swedia jd mundur??

  5.  

    Belgia adalah negara anggota NATO.
    Belgia sering mengirim alutsistanya termasuk pespur untuk operasi tempur NATO.

    Di lain pihak :
    Swedia adalah negara netral, tidak berpihak pada NATO.
    Swedia kuatir pespur buatannya dipakai Belgia untuk operasi tempur NATO.
    sebab jika pespur produk Swedia dipakai untuk operasi tempur NATO secara tidak langsung bisa dibilang Swedia mendukung NATO.
    Jadi Swedia tidak mau dibilang berpihak pada NATO. jadi karena prinsip itu Swedia batal.

    •  

      ah jangan gitu lahh bung Phd, kami khan bukan anak-anak ….
      1. walo bukan nato dan disebut netral, tetapi semua elemen gripen adalah produk Nato , silakan cek dari ujung sayap sampe ujung kolor pilotnya
      2. jika khawatir dipake operasi tempur negara lain, kenapa jualan pespur ? Jika RI beli untuk melawan Auise misalnya, apakah nanti akan dilarang juga ? atau bagaimana sih cara berpikirnya orang swedia masalah ini ?
      3. apakah jika Malaysia memakai Mig29 melawan Indonesia F16 berarti Rusia mendukung Malaysia dan Amerika mendukung Indonesia ?

 Leave a Reply