Gripen E Sukses Terbang Perdana di Brasil

Jakartagreater.com – Pada 24 September, Gripen E Brasil pertama, yang oleh Angkatan Udara Brasil (FAB) disebut sebagai F-39 Gripen, menyelesaikan penerbangan pertamanya di Brasil. Gripen terbang dari bandara di Navegantes ke fasilitas Embraer di Gaviao Peixoto, lansir SaaB Group.

Jet tempur terbaru Brasil ini dijadwalkan akan ditampilkan pada Hari Penerbang dan upacara Hari Angkatan Udara Brasil di Brasilia, yang dirayakan setiap tanggal 23 Oktober.

Menurut Micael Johansson, Presiden dan CEO Saab, Kedatangan jet tempur pertama Gripen di Brasil dan penerbangan pertamanya merupakan tonggak penting dalam program pesawat tempur Gripen Brasil.

Sedangkan menurut Presiden dan CEO Embraer Defense & Security, Jackson Schneider, perusahaan Embraer akan memainkan peran utama dalam pelaksanaan program Gripen di Brasil, dan bertanggung jawab pada pengembangan sistem, integrasi, pengujian penerbangan, perakitan akhir, dan pengiriman pesawat untuk mendukung operasi Angkatan Udara Brasil. Terkait transfer teknologi, Gripen memberikan peluang besar bagi Brasil dan industri penerbangannya untuk meningkatkan pengetahuan, pengembangan dan pembuatan pesawat tempur canggih.

Bagi Menteri Pertahanan Brasil, Fernando Azevedo e Silva, pihaknya menekankan pentingnya berbagi pengalaman dan kerja sama antara Brasil dan Swedia: “Gripen meningkatkan kapasitas operasional Angkatan Udara Brasil dan mempromosikan kemitraan yang memupuk penelitian dan pengembangan industri di kedua negara,” kata Menteri Pertahanan.

Kedatangan pertama jet tempur F-39 Gripen ke Brasil menurut Komandan Angkatan Udara, Letnan Brigadir. Antonio Carlos Moretti Bermudez, menjadi tonggak utama penting proyek ini, “Merupakan kepuasan yang luar biasa bagi Angkatan Udara Brasil untuk melihat pesawat ini terbang di wilayah Brasil. Dan F-39 Gripen akan menjadi tulang punggung Angkatan Udara Brasil untuk mempertahankan wilayah seluas dua puluh dua juta kilometer persegi.”

Kemitraan antara Swedia dan Brasil dimulai pada tahun 2014 dengan kontrak untuk pengembangan dan produksi 36 pesawat Gripen E / F untuk Angkatan Udara Brasil, Transfer teknologi juga mencakup pada sistem, purna jual, dan suku cadangnya.

Pesawat tempur Gripen E / F Brasil dikembangkan dan diproduksi oleh teknisi dan insinyur Brasil bekerjasama dengan pabrikan Saab. Upaya bersama ini merupakan bagian dari program transfer teknologi pembelian jet tempur Bripen E. Pada 2021, perakitan lengkap untuk 15 pesawat Gripen akan dimulai secara lokal di Brasil.

Sharing

Satu pemikiran pada “Gripen E Sukses Terbang Perdana di Brasil”

  1. Senang dan bangganya Brasil bisa buat pespur sendiri, tidak hayal muluk2 penting lsg eksekusi dan berbuah hasil gemilang apalagi dipandu langsung dari produsen , urusan modifikasi atau pengembangan lanjut lebih mudah, lepas dari cibiran sebagian orang/negara ini adalah pesawat yg jelas mampu terbang, mampu deteksi musuh dan ancaman dan bawa persenjataan mematikan…kalau bisa buat banyak aman negeri dan tak akan disepelekan negara lain.

Tinggalkan komentar