Gripen Goda Indonesia dengan Ilustrasi Pesawat Tempur Khas TNI AU

Saab Gripen mokup 2019. ©2019 Saab Indonesia

Masih belum pastinya pesawat tempur yang akan diakuisisi Angkatan Udara indonesia untuk menggantikan F-5 Fighter II dan armada pesawat tempur ringan Hawk, menjadikan beberapa pabrikan pesawat tempur menawarkan produk pesawat terbaik buatannya.

Sebelumnya santer Indonesia akan membeli pesawat tempur Su-35 dari Rusia, namun hingga kini masih belum ada kejelasan kapan Su-35 akan mulai didatangkan ke Indonesia.

Saab Gripen mokup 2019

Salah satu pabrikan pesawat tempur yang gencar menawarkan produknya adalah pabrikan SAAB asal Swedia yang mengandalkan pesawat tempur Gripen.

Baru-baru ini SAAB memposting ilustrasi pesawat tempur Gripen dengan skema warna khas pesawat tempur Angkatan Udara Indonesia termasuk dengan logo bendera Indonesia.

Saab Gripen mokup 2019

Gripen adalah salah satu pesawat tempur ringan SMART dengan teknologi tinggi. Apalagi digabungkan dengan pesawat radar peringatan dini (AEW dan AWACS), maka kemampuan pesawat tempur Gripen akan meningkat berkali lipat, terutama pada jangkauan deteksi dan koordinasi pertempuran udara.

Bahkan pabrikan SAAB akan merilis varian tertinggi Gripen E, yang diklaim sebagai lawan sebanding atau mungkin lebih baik dari pesawat tempur Sukhoi Su-35 buatan Rusia atau disebut sebagai “ Sukhoi Killer”, meski itu merupakan klaim sepihak.

Saab Gripen mokup 2019

Salah satu keunggulan lain dari Gripen adalah kemudahan operasional atau penempatan Gripen di landasan pacu pendek dan darurat seperti di jalan raya.

Gripen selain sudah memperkuat Swedia juga sudah dimiliki Angkatan Udara Thailand, Afrika Selatan, Hungaria dan Ceko.

Tinggalkan komentar