Mar 212015
 
Perwira TNI AU dan

Foto bersama Perwira TNI AU dan RTAF di depan jet tempur Gripen dan pesawat AEW@C SAAB Swedia, di Thailand.

Beberapa waktu lalu TNI AU berkunjung ke Angaktann Udara Thailand (RTAF), dimana maksud dari kunjungan ini adalah meningkatkan kerja sama militer antara kedua negara dan khususnya TNI AU dan Thailand AU. Namun terdapat misi lain yang menurut sumber adalah melihat secara langsung “kondisi” Gripen dan pesawat radar SAAB yang saat ini ngontrak di negeri gajah putih.

Sumber lain mengatakan, kunjungan ini sekaligus menanyakan secara langsung kinerja Gripen SAAB dalam hubungannya dengan rencana pengantian F-5 Tiger TNI AU.

Kunjungan TNI AU ke RTAF Thailand

Kunjungan TNI AU ke RTAF Thailand

Dari kunjungan TNI AU ke Thailand Air Force, kalau boleh saya membuat kesimpulan :

1. Persaingan Rusia,Euro konsorsium dan SAAB Gripen masih terbuka lebar, selama belum adanya MoU resmi dan ketok palu oleh pemerintah RI dalam memutuskan siapa pemenangnya.

2. Pemerintah R.I tampaknya sangat hati hati dalam memilih siapa penganti F-5 Tiger, karenanya semua kandidat yang ada dipelajari kekurangan dan kelebihannya.

3. Perang sales antara Rusia, Euro typhoon dan SAAB sangat kuat untuk menjadi pemenang penganti F-5 Tiger.

4. Pesawat manapun yang akan dipilih tampaknya menjadi pilihan terbaik oleh TNI AU.

Kunjungan TNI AU ke RTAF Thailand

Kunjungan TNI AU ke RTAF Thailand

Seperti diketahui bahwa kandidat utama penganti F-5 Tiger bisa kita ketahui mulai dari SU-35, Euro Typhoon dan SAAB Gripen. Dari berita di atas semua kontestan masih bersaing ketat untuk menjadi penganti F-5 Tiger yang akan masuk purna tugas.

Silakan yang mau menambahkan 🙂

Salam NKRI

Telik Sandi

Bagikan:
 Posted by on Maret 21, 2015