Aug 122017
 

Rudal ICBM Hwasong-12 Korea Utara (KCNA / BNO Newsroom)

Los Angeles – Jika Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK) menembakkan rudal ke arah Guam, rudal itu akan memerlukan waktu 14 menit untuk mencapai pulau tersebut dan sistem siaga di sana akan memberitahu rakyat.

Wanita Juru Bicara Kantor Keamanan Dalam Negeri Guam, Jenna Gaminde, sebagaimana dikutip oleh harian lokal Pacific Daily News, mengatakan warga akan segera diberitahu oleh sirena 15 All-Hazards Alert Warning System -yang berada di daerah dataran rendah di seluruh pulau tersebut.

All-Hazards Alert Warning System, yang mulai dipasang pada 2014, adalah satu sistem yang antara lain dirancang untuk semua bahaya, termasuk tsunami, gempa bumi dan banjir bandang.

“Kantor kami akan diberitahu oleh militer dan akan memanfaatkan semua bentuk komunikasi massa untuk mengirim pesan kepada masyarakat,” kata Gaminde, sebagaimana dikutip Xinhua. Ia menambahkan rakyat mesti beralih ke media lokal -radio, cetak, televisi- untuk mengetahui instruksi lebih lanjut, jika mereka mendengar sirene.

Lporan tersebut mengatakan militer di pulau itu terus mempertahankan operasi standard di tengah ancaman dan tak ada perubahan dalam tingkat ancaman.

Menurut Missile Defense Advocacy Alliance (MDAA), organisasi nir-laba yang mendedikasikan diri pada sistem pertahanan di Amerika Serikat, Guam dicakup oleh sistem pertahanan rudal AS yang digelar secara permanen oleh Departemen Pertahanan di Pangkalan Angkatan Udara Andersen, yang meliputi sistem Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) dan sistem radar AN/TPY-2.

Militer DPRK mengatakan di dalam satu pernyataan pada Kamis bahwa rencananya untuk menyerang Guam dengan menggunakan rudal jarak menengah akan siap pada pertengahan Agustus dan pelaksanaannya akan tergantung atas keputusan pemimpin tertinggi DPRK Kim Jong Un.

Itu adalah reaksi terhadap peringatan sangat keras dari Presiden AS Donald Trump kepada DPRK pada Selasa, ketika ia mengatakan, “Korea Utara (DPRK) sebaiknya tidak mengeluarkan ancaman lagi terhadap Ameriak Serikat. Mereka akan dihadapi dengan tembakan dan kemarahan yang tak pernah disaksikan dunia sebelumnya.” Antara/Xinhua.

  17 Responses to “Guam Punya 14 Menit untuk Hadapi Tembakan Rudal Korut”

  1. Kim Jong Un pura-pura gila, biar Trump keder alias ngeper tuh. Efeknya, Cina ttg pembangunan kekuatan di lcs bs berjalan lancar-lancar tuh

  2. Korut berapa detik menghadapi rudal as ??

    • as ga mau ikut ngerudalm cara mainnya adalah jatuhkan bom nuklir dari atas langit korut, minimal 10 biji dl, di kota2 vital…nah yg bom atom yg terbesar jatuhkan tepat di jidat kim jong un, biar badan nya kecipratan kemana2..xixi

      • Tpi klw kim punya elmu kartun donald bebek smpai gosong g bkalan dead bang wkwk…

      • @Bung Good People, gak sembarangan AS bisa ngeluncurin B 83 (rudal nuklir AS dg daya ledak tunggal terbesar) atau Castle Bravo, bom hidrogen terkuat milik AS. Radius keduanya pasti bakal mengenai Vladivostok dan daerah Manchuria, China. Itu artinya perang nuklir abis2an antara AS+Inggris+Prancis vs Rusia+China+Korut. Bisa jadi badai radioaktif diseluruh dunia termasuk Indonesia. Ente juga bakal mati atau minimal kena kanker. Paham?? Ngomong kok asal njeplak.

        • klo sdh pernag, apa aja bs dilakukan bung, ga usah oake permisi dl sm pbb atau piham lawan itu sendiri, apalagi as negara super power, apa yg ga bs as lakukan di dunia ini, udah banyak contoh negara2 yg hancur krn ulah as, ente tu yg asal protes, bahlul ente,..

          • masalah radiasi ya ane ga bodoh2 aat bung, jarak mrk perangkan ga deket bung dan ga begitu jauh jg, jd ya spt hirosima dna nagasaki kan ga smpe negara kita, klo ente yg kena lah, kan npente org jepang, nama ente aja jepang bgt, artinya ente tuh yg bakal kena kanker kulit..bego n bodoh ente

  3. Lets get burned America

  4. Drama Korea yang gak kelar2

  5. maju terus un,..akulah pendukung mu xixixi

 Leave a Reply