Jan 162018
 

N-219 Nurtanio (en.wikipedia.org)

Nunukan, Jakartagreater.com – Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie inginkan pesawat N-219 Nurtanio beroperasi pada tahun 2019 untuk melayani penerbangan di wilayah perbatasan RI dengan Malaysia.

Hal ini meneguhkan keinginan Pemprov Kaltara agar memiliki pesawat sendiri untuk pengoperasian angkutan udara bagi masyarakat di wilayah perbatasan, pelosok dan terpencil.

Melalui pesan tertulisnya, Senin 16 Januari 2018, Irianto Lambrie menyatakan, demi pelayanan angkutan udara bagi masyarakat di daerahnya maka pembelian pesawat buatan dalam negeri sangat tepat.

Ia menegaskan, Pemprov Kaltara perlu bergerak cepat dalam mewujudkan ketersediaan angkutan udara di daerahnya yang seringkali menjadi permasalahan yang dialami masyarakat di wilayah perbatasan.

Irianto Lambrie pun mengatakan, pihaknya segera membentuk tim kecil yang dipimpin Asisten II, Syaiful Herman untuk mempercepat negosiasi dengan PT DI. Harapannya, April 2018 telah dilakukan penandatanganan kontrak pembelian dengan PT DI untuk satu unit N-219.

Selanjutnya, PT DI akan merakit lagi pesawat jenis yang sama disesuaikan dengan kondisi daerah Provinsi Kaltara yang rencananya dioperasikan 2019.

Pesawat yang dipesan dengan desain sesuai kondisi wilayah Kaltara berdimensi tinggi 6,18 meter dan panjang 16,74 meter yang diperuntukkan melayani angkutan udara di Kabupaten Malinau, Nunukan dan Bulungan. (Antara)

Bagikan :

  31 Responses to “Gubernur Kaltara Inginkan Pesawat Nurtanio Beroperasi 2019”

  1.  

    Woof

  2.  

    asik tuh pesawat buat ngantor

  3.  

    Borongggg..,

  4.  

    gubernur cerdas bisa melihat peluang dalam kekurangan….!!!!

    •  

      tapi harus melalui jalur yang benar agar kedepan tidak bermasalah dengan penegakan hukum…..!!!

      •  

        seharusnya PT DI mulai memikirkan memperbesar kandungan lokalnya…bisa kerja sama dengan pihak lain…kalo perlu engine{mesin}dikerja samakan agar bisa buat pabrik didalam negri….setidaknya perakitan…engine…jadi tak perlu reengineering lagi….!รทรท!

    •  

      Sepertinya ada rekan kita yg sudah terkena kontaminasi virus Carin yg sangat akut, komen sendiri di riple sendiri…….ini suatu gejala tidak bisa dibiarkan, karena bisa menimbulkan endemi……

      *saran saya, si korban harus sering peluk2 pokok Pisang…… ๐Ÿ˜†

  5.  

    appreciate buat bung gubernur Kaltara …
    mau pakai dan bangga pake produk anak bangsa,
    target 2019 sbg cambuk agar DI serius berkarya utk bangsa.

  6.  

    Mesinya buatan spanyol?

    •  

      Seperti China dong memakai mesin sepanyol (separuh nyolong) ilmunya.he3

      •  

        Bisa ga kita buat mesin pesawat?

        •  

          Bisa bung, tp ga skr, mungkin seabad lg..ato 1000 abad lagi..xixixixi pokok nya masih lama aja..

        •  

          Bisa aja kalau ada Blueprint dan data2 colongan wkkkkk….

          •  

            Iya mk dr itu, dpt nyolong data2 dan blue print , bisa nya lg seabad lg, krn dijaga ketat dr keamanan dunia nyata dan maya,,.,ga mudah ditembus….xixi

          •  

            Yg jelas lucu bung seven kalau punya teknologi hasil nyolong tapi di banggain… Dan yg lebih lucu lagi kalau ada rudal Delay yg di salahin teknisinya… Sepertinya dia terlalu meremehkan teknisi2 indonesia, Teknisi kita sudah sering pasang Rudal yg lebih canggih dan mahal masa cuman instal rudal KW aja ga bisa wkkkkk….

          •  

            Wah, waktu makan siang dah mau habis…back to work lanjut lagi nanti xixixi….

          •  

            Lho jika bisa dan ada sdmnya apa susahnya pesawat su 30 punya jika gampang tinggal dibongkar aj mesinnye trus copy paste hehe bukan meremehkan teknisi bro cuma aneh kok hizbulah,pkk,houthi bisa dan sukses khan anehhhhh

          •  

            Mas Kena, walau punya blue print sekalipun akan tetap sulit bikin pesawat terutama mesin jet nya, komponen material nya jika tdk kwalitas bagus bisa meledak tuh mesin walau teknologi nya sdh benar.

            Rudal produk Indonesia itu aja kesulitan di material komponen nya, kalau teknologi nya kayak nya Indonesia sdh menguasai

          •  

            @HK

            Haha… Ente mintanya keterlaluan, Bahkan Asu yg sudah punya Sukhoi bekas Ukraina tidak bisa melakukan itu… Lain halnya mungkin kalau asu punya Barang + blue print dan data2nya xixixi… Makanya berterima kasihlah sm Uni soviet Lagian bisa apa cina kalau bukan karena Unisoviet?? Semua teknologi Alutsistanya dari Uni soviet… Kalau indonesia dulu punya banyak Ahli yg belajar ke Uni soviet dan setelah pintar mulai berani Nyolong Maka kita pasti sudah Bikin banyak Copyan AK, Tank, Pespur, Kaprang, kasel sampai nuklir xixixi…

  7.  

    Mantap! Bs memajukan daerah perbatasan yg sulit dijangkau jalur darat agar jalur distribusi barang2 made in Indonesia bs mengisi pasar dsn, karena selama ini produk Malaysia yg mengisi kebutuhan didaerah2 perbatasan. Cuma perlu dana jg membuat bandara perintis dsn.he3

  8.  

    N219 Nurtanio – PT. Dirgantara Indonesia (PTDI)

    https://www.youtube.com/watch?v=-jZ_GsvZFlc&feature=youtu.be

  9.  

    Di berita online CNN.. laksamana Ade supandi mengatakan TNI AL akan membeli 2 destroyer.. Diluar pesanan 2 fregat sigma dan 4 KCR60m… Destroyer dari mana lagi itu..?? Denmark, Belanda, Korea Selatan..?? xixixi..

 Leave a Reply