Jul 072014
 

Liputan6.com, Jakarta – PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) dan pemegang saham mayoritasnya, Nusa Tenggara Partnership B.V (NTPBV) yang merupakan badan usaha yang terdaftar di Belanda telah mengajukan gugatan arbitrase internasional terhadap pemerintah Indonesia terkait larangan ekspor yang diterapkan di dalam negeri.

Direktur Eksekutif Indonesia for Global Justice (IGJ), Riza Damanik menilai, gugatan PTNNT tersebut bisa membahayakan kedaulatan Indonesia. Hal ini akibat penerapan Bilateral Investment Treaties (BIT) yang memberikan perlindungan kuat bagi investor asing.

“Keberadaan BIT telah mengekang kedaulatan negara dalam menentukan arah kebijakan pemerintah,” ujarnya dalam konferensi pers di Cikini, Jakarta, Minggu, (6/7/2014).

Dia mengatakan pengakhiran BIT Indonesia-Belanda pada 2014 tidak menjadi penghalang bagi Newmont untuk mengajukan gugatan kepada Indonesia. Bahkan, sunset policy yang diatur dalam BIT Indonesia-Belanda semakin memberikan perlindungan hukum bagi Newmont hingga 30 tahun mendatang.

Riza juga mengingatkan, pengakhiran BIT tidak cukup untuk menghindarkan Indonesia dari sanksi hukum. Pemerintah harus segera menggantikan ketentuan investasi baru dengan mendasarkan pada kedaulatan dan kepastian nasional serta merevisi Undang-Undangn (UU) Penanaman Modal yang merupakan adopsi dari ketentuan BIT.

“Harus ada tindakan kongkrit dari pemerintah. Hal ini harus menjadi tugas prioritas dari pemerintahan baru yang terpilih dalam pemilihan tahun ini,” tandasnya.

BIT sendiri telah menjadi dasar untuk melindungi investor asing. Beberapa ketentuan perlindungan yang diberikan dalam BIT seperti perlindungan dari pengambalihan atau nasionalisasi, pelindungan dari kerugian yang diderita akibat perang, konflik, revolusi, keadaan darurat dan pemberontakan. (Dny/Gdn)


Seret RI ke Arbitrase, Tambang Newmont Bisa Tutup

Liputan6.com, Jakarta – Pemerintah mulai mengeluarkan ancaman terhadap PT Newmont Nusa Tenggara (PT NNT) yang telah menyeret Indonesia ke jalur arbitrase internasional atas kebijakan bea keluar progresif konsentrat. Jika tetap keukeuh dengan keputusan itu, maka mungkinkah pemerintah akan menutup tambang Batu Hijau Newmont?

Menteri Perindustrian, MS Hidayat menegaskan, pemerintah sangat siap menghadapi Newmont atas arbitrase internasional yang diajukannya.

“Kami mau tanyakan lagi apa benar dia (Newmont) mau arbitrase. Kami sudah siap benar nih mau menghadapi Anda,” tegasnya kepada wartawan di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (7/7/2014).

Namun pemerintah masih membuka pintu kepada perusahaan tambang tersebut untuk berunding sekali lagi lewat renegosiasi kontrak seperti yang dilakukan PT Freeport Indonesia.

“Karena sifatnya ingin win-win, dan mau melindungi investor, jadi kami kasih kesempatan sekali lagi berunding. Freeport saja sudah beres (renegosiasi). Tapi kalau bersikeras arbitrase, kami akan lawan secara hukum,” cetus Hidayat.

Meski begitu, dia melalui pemerintah memperingatkan Newmont agar berhati-hati terkait langkah tersebut. Pasalnya, Newmont justru akan menanggung kerugian apabila tetap membawa masalah ini ke arbitrase internasional.

Sayang, Hidayat tak membeberkan kerugian tersebut. Tapi dia tak menampik jika ada  kemungkinan menutup tambang Newmont.

“(Penutupan) itu kemungkinan yang bisa terjadi,” pungkasnya. (Fik/Ahm)

(Agustina Melani)

Sumber : Liputan6.com

  98 Responses to “Gugatan Newmont Bahayakan Indonesia”

  1.  

    Ohh.. Apa gr2 Bung Afiq mint alamat email trus Bung Jalo bikin email klonengan, hehehehe..

    Transkrip DPR n TNI AU nya katanya mau Dbabar dimari, ditunggu ya, suwun..

    •  

      Gaklah bung Awangho, cuman karena saya kalau nulis artikel notifikasinya akan memenuhi email saya. Dan itu jadi mengganggu kerjaan, jadi saya buat email khusus mau tuh email itu penuh juga gak apa2… 🙂

      Iya, ada di hard disk data2 saya di kantor. Saya hari ini belum masuk kantor karena ada urusan, Insyallah besok saya cariin.

  2.  

    Pintar pintarlah kita memilih Presiden berikutnya… jangan pernah melupakan sejarah, kontrak2 dengan pihak asing yang merugikan bangsa indonesia jgn sampai terulang lagi

    •  

      Setuju tutup sj momon..Hasil bumi dan Seisinya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat..dikelola antam sj utamakan karyawan ex momon

  3.  

    Hallaah…nek susah diatur ditutup wae itu newmont, jaman gini kita mau dijajah terus sama asing. Nanti pelan2 toh kita juga bisa kelola sendiri.

  4.  

    Saya menginginkan Presiden yang memperjuangkan kedaulatan RI milik RI jangan jadi milik penjajah Barat, Logikanya pemerintah harus memberikan kemakmuran kepada rakyatnya buka kepada asing, masa memperjuangkan kemakmuran rakyatnya dilarang

  5.  

    apakah Hal ini akibat penerapan Bilateral
    Investment Treaties (BIT) yang memberikan
    perlindungan kuat bagi investor asing.
    “Keberadaan BIT telah mengekang kedaulatan
    negara dalam menentukan arah kebijakan
    pemerintah bung jalo..

  6.  

    kurang ajaaarrr !!!!!!!!!! god damn newmount

  7.  

    “Kita harus berdiri diatas kaki sendiri” Kalau rewel Tutup saja Newmont. Bangsa Indonesia harus jadi bangsa yang berani. Jayalah bangsaku. Semoga kita tidak salah memilih Presiden yang akan datang.

  8.  

    Jayalah Indodesia………kalau macam2 yg merugikan NKRI tutup saja

  9.  

    wahai bung ADMIN,,,, kalau mau nunjukin dukungan anda pada slah satu capres jngan bgitu caranya, sangat rendah cara yg anda pakai, brsikaplh profesional di blog ini, apa anda tidak malau bersikap seperti orang yg tidak berpendidikn dan beradab, sayang kalau sampai image anda jelek karena itu,,,
    cuma pendapat dari saya, skian trima ksih

    •  

      hehehe… saya coba bantu jawab ya Bung, karena saya netral hahaha…. yang bung maksud iklan kampanye hitam di blog ini kan ya? itu otomatis dari google bung, admin sini ndak bisa untuk mendelete nya, jangan kan Bung saya aja ngeliat iklan itu kemarin udah emosi juga disini hahaha…. :mrgreen:

      sudah Bung hiraukan saja, itu memang sinyalemen dari bangsa ular di luar negeri. sing penting jaga persatuan! wes tak lanjut siaga 1 ya… :mrgreen:

    •  

      betul bung PS, maaf bung arul, itu iklan otomatis dari google, bung diego pun kesulitan untuk memblok atau mendeletenya.
      Sayapun jengkel dan emosi waktu pertama kali melihat iklan tsb……
      Jadi yg penting di warjag tetap netral, dan jaga Persatuan dan Kesatuan!

      Salam hangat dari kami

      •  

        Sepertinya susah di block bung @gue. Sebab iklan yang nongl menyesuaikan dengan IP dan Cookie yang terbanyak terekan di kompi masig” user. Nah di PC saya nggak pernah sekalipun nongol iklan kampanye… yang sering nongol malah iklan game online. Sebab PC saya lebih sering buat main game online :v

    •  

      @arul : sampeyan ini grusa grusu sudah ngomel2 sama admin pake salah pula..tanya dulu baik2, hal ini sudah dibahas di artikel sebelumnya mengenai iklan2 yang tak nyaman ini..intinya tanyakan terlebih dahulu,baru anda bisa berkomentar dan sepengetahuan saya admin blog bukanlah pengelola google..

    •  

      Saya tidak pernah dapat iklan-iklan dari adsense atau google-ad. Saya install Adblock plus untuk Mozilla, bisa dicoba hampir untuk semua pop up tidak bisa muncul lagi termasuk link pop up

    •  

      @arul cangkemu kuwi lho,,
      disaring ndisik ora asal njeplak

  10.  

    Saya dukung langkah pemerintah RI. Dengan catatan, hasil renegoisasi harus menguntungkan rakyat Indonesia.

    Jayalah NKRI!!!

  11.  

    kalau melawan ancam penutupan tambang alihkan ke yang lain.. itu aja repot……… bilang aja ujung ujungnya sogok telah itu habis masalah renegosiasi.

  12.  

    MERDEKA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  13.  

    keleponnya nanti dilempar kepada bung@Frans wkwkwk

 Leave a Reply