Jul 072014
 

Liputan6.com, Jakarta – PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) dan pemegang saham mayoritasnya, Nusa Tenggara Partnership B.V (NTPBV) yang merupakan badan usaha yang terdaftar di Belanda telah mengajukan gugatan arbitrase internasional terhadap pemerintah Indonesia terkait larangan ekspor yang diterapkan di dalam negeri.

Direktur Eksekutif Indonesia for Global Justice (IGJ), Riza Damanik menilai, gugatan PTNNT tersebut bisa membahayakan kedaulatan Indonesia. Hal ini akibat penerapan Bilateral Investment Treaties (BIT) yang memberikan perlindungan kuat bagi investor asing.

“Keberadaan BIT telah mengekang kedaulatan negara dalam menentukan arah kebijakan pemerintah,” ujarnya dalam konferensi pers di Cikini, Jakarta, Minggu, (6/7/2014).

Dia mengatakan pengakhiran BIT Indonesia-Belanda pada 2014 tidak menjadi penghalang bagi Newmont untuk mengajukan gugatan kepada Indonesia. Bahkan, sunset policy yang diatur dalam BIT Indonesia-Belanda semakin memberikan perlindungan hukum bagi Newmont hingga 30 tahun mendatang.

Riza juga mengingatkan, pengakhiran BIT tidak cukup untuk menghindarkan Indonesia dari sanksi hukum. Pemerintah harus segera menggantikan ketentuan investasi baru dengan mendasarkan pada kedaulatan dan kepastian nasional serta merevisi Undang-Undangn (UU) Penanaman Modal yang merupakan adopsi dari ketentuan BIT.

“Harus ada tindakan kongkrit dari pemerintah. Hal ini harus menjadi tugas prioritas dari pemerintahan baru yang terpilih dalam pemilihan tahun ini,” tandasnya.

BIT sendiri telah menjadi dasar untuk melindungi investor asing. Beberapa ketentuan perlindungan yang diberikan dalam BIT seperti perlindungan dari pengambalihan atau nasionalisasi, pelindungan dari kerugian yang diderita akibat perang, konflik, revolusi, keadaan darurat dan pemberontakan. (Dny/Gdn)


Seret RI ke Arbitrase, Tambang Newmont Bisa Tutup

Liputan6.com, Jakarta – Pemerintah mulai mengeluarkan ancaman terhadap PT Newmont Nusa Tenggara (PT NNT) yang telah menyeret Indonesia ke jalur arbitrase internasional atas kebijakan bea keluar progresif konsentrat. Jika tetap keukeuh dengan keputusan itu, maka mungkinkah pemerintah akan menutup tambang Batu Hijau Newmont?

Menteri Perindustrian, MS Hidayat menegaskan, pemerintah sangat siap menghadapi Newmont atas arbitrase internasional yang diajukannya.

“Kami mau tanyakan lagi apa benar dia (Newmont) mau arbitrase. Kami sudah siap benar nih mau menghadapi Anda,” tegasnya kepada wartawan di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (7/7/2014).

Namun pemerintah masih membuka pintu kepada perusahaan tambang tersebut untuk berunding sekali lagi lewat renegosiasi kontrak seperti yang dilakukan PT Freeport Indonesia.

“Karena sifatnya ingin win-win, dan mau melindungi investor, jadi kami kasih kesempatan sekali lagi berunding. Freeport saja sudah beres (renegosiasi). Tapi kalau bersikeras arbitrase, kami akan lawan secara hukum,” cetus Hidayat.

Meski begitu, dia melalui pemerintah memperingatkan Newmont agar berhati-hati terkait langkah tersebut. Pasalnya, Newmont justru akan menanggung kerugian apabila tetap membawa masalah ini ke arbitrase internasional.

Sayang, Hidayat tak membeberkan kerugian tersebut. Tapi dia tak menampik jika ada  kemungkinan menutup tambang Newmont.

“(Penutupan) itu kemungkinan yang bisa terjadi,” pungkasnya. (Fik/Ahm)

(Agustina Melani)

Sumber : Liputan6.com

  99 Responses to “Gugatan Newmont Bahayakan Indonesia”

  1. uno

    • Memang nomor SATU selalu menjadi idola, sampe2 koment saja berebut nomer SATU.
      qiqiqiqi..

      urusan renegoisasi freeport dan penjualan gas saja sudah rampung, loh kok ini malah mau menggugat Indonesia, apa mentang2 perusahaan pemegang saham mayoritasnya ada di belanda??

      apa dia gak tau Bangsa Indonesia sedang bangkit??
      Apa dia ga tau klo slogan kite “Lo Jual Gue Beli” sudah berkumandang lagi??
      Jangkan belande, ASU aja kite udeh punya taktik buat ngadepinnye..

      ckckckck

      • Pemuda Bangsa@….betul sekali bro, saya sangat setuju dgn pendapat anda

        • Nunut nomor kaleh

          Setuju Pemuda Bangsa
          Freepot yang milik US aja masih berpikir ulang apalgi NNT yang Belanda liat entar bulava datang ke denhaag

          dulu kita dipermainkan dengan korvet sigma sekarang giliran kita permainkan dengan minerba

  2. Ga enak

  3. traweh trawehh…

  4. Nyimak

  5. Klimax….

    • Waduhhh…selisih satu :mrgreen:

      • ga jadi klimax dong bung wehrmacht
        😀

        • Whahahahahaha…. 😀 mumet ndasku…

          • hahahaha
            walah nganti mumet barang
            ayo,menurut bung wehrmacht gimana newmont vs Indonesia ini
            hitung2 lepasin mumetnya
            😀

          • aku mumet nya harus dicari win2 solution juga sebenarnya…hendak dikemanakan ribuan karyawan lokal newmont, kecuali ada alternatif lain dari pemerintah untuk memberikan newmont ke pihak swasta lokal..

          • klo memang pt antam mampu melanjutkannya,ya harus didukung dan perekrutan pegawai newmont hrs disertakan jg oleh antam

          • Kalau sy gak khawatir bung urakan…kerikil kecil seperti ini memang jd batu sandungan tp kalau sampe bahayakan kedaulatan nggaklah….

            Freeport sj sadar dan memilih renegoisasi…mereka tahu lebih baik dr newmont…lha ini cari penyakit ke arbitrase…mereka pikir indonesia selemah yg dulu…mereka salah :mrgreen:

            Nilai tawar indonesia di mata internasional saat ini sangat baik dan inilah yg menguntungkan kita dlm menghadapi pengaduan newmont…ingat kasus sipadan-ligitan di arbitrase internasional? Kita kalah karena tdk ada yg bs tawarkan saat itu? Sekarang berbeda…

          • klo saya jg ga kawatir bung wehrmacht
            semua akan berjalan sesuai kehendakNYA
            keihlasan sebagian besar rakyat Indonesia dalam melihat negara dan bangsanya yg jauh dari toto,tentrem,loh jinawi mengkristal dalam harapan dan doa yg bersemayam dalam dada.
            perjuangan tidak akan pernah berhenti,dan berjuang pastinya susah,berat dan melibatkan emosi yg ga mudah
            bagian demi bagian keprihatinan bangsa ini telah dilalui
            semoga kelak membuahkan hasil yg bisa dirasakan seluruh rakya Indonesia
            yang akan terjadi,maka terjadilah,kita bangsa Indonesia takkan gentar menghadapinya

  6. yang kedua…

  7. yang keduax

  8. rawe rawe rantas,malang malang putung
    sekalian aja diakhiri klo memang newmont berulah tak tahu diri
    sudah terlalu lama mereka menikmati kekayaan negeri
    puluhan tahun,saya rasa itu sudah cukup waktu yg diberi
    saatnya berdaulat untuk sumber daya alam ini
    dengan ridho Illahi,mencapai kemakmuran negeri

    • Setuju om urakan….
      newmont cong,memang tdk tau diri mreka sdh lama mengeruk SDA qt yg nilainya mungkn tak ternilai,dengan Keuntungan yang Rruuarr Biasaaa Beessaar….
      Masih sj mrasa Kurang dan Kurang ajar lg.klo numoncong tdk mau mengikuti aturan main Perundang-undangn di Indonesia,klo masih ngeyel,bandel bin
      dableg tutp aj operasi tambngnya.kelola
      oleh BUMN qt..Aneka Tambang misalnya.
      Klo seandaynya semua Pejabat Indonesia
      berani mengatakan Apa Keuntungn untk Bangsa Indonesia bukn keuntungn Pribadi
      atw golongan.maka Bangsa ini akan lebh
      maju dan bermartabat.

  9. lawan saja pak,jgn takut rakyat di belakang anda..

  10. Ular mulai menggeliat …

  11. wadu… jd malu dah dobel melorot pula…

  12. new mont gk akan menang lewat RI

    klo menolak kmna mreka 5th yg lalu saat UU ini dibuat
    giliran skrng baru kebakaran jenggot

    mreka jual kita beli
    mreka ancam kita ancam juga
    wkwk

  13. Sedikit Background tentang limbahnya Newmont…

    PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) merupakan perusahaan patungan Indonesia yang dimiliki oleh Nusa Tenggara Partnership dan PT Pukuafu Indah (Indonesia). PTNNT menandatangani Kontrak Karya pada 1986 dengan Pemerintah RI untuk melakukan eksplorasi dan eksploitasi di dalam wilayah Kontrak Karya di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).Newmont merupakan perusahaan emas yang cukup besar akan tetapi sangat merugikan masyarakat menurut mantan Manajer Kampanye Tambang dan Energi Walhi Pius Ginting dalam situs WALHI mengatakan “Di SK Kementerian LH disebut bahwa posisi pembuangan pipa tailing Newmont itu disebut bahwa koordinatnya pada lintang 9 derajat 3 menit lintang selatan atau bujur 166 derajat 18 menit bujur Timur.

    Tetapi ternyata tidak sesuai dengan lokasi yang disebutkan dalam amdal. Lokasi pipa pembuangan PT Newmont ternyata berada pada laut yang masih dangkal sekali,”.kondisi tersebut menyebabkan rusaknya lingkungan yang sangat parah,bahkan bisa menghancurkan ekologi dimasa yang akan datang.Perlu diketahui menurut berbagai penelitian PT Newmont Nusa Tenggara membuang 148 ribu ton limbah tambang setiap hari ke laut. Itu merupakan pembuangan limbah tambang terbesar di dunia.Sebagai perusahaan besar Newmont seharusnya melakukan penambangan menggunakan prinsip pembangunan berkelanjutan.Pembangunan berkelanjutan mencakup tiga lingkup kebijakan: pembangunan ekonomi, pembangunan sosial dan perlindungan lingkungan.

    Dokumen-dokumen PBB, terutama dokumen hasil World Summit 2005 menyebut ketiga hal dimensi tersebut saling terkait dan merupakan pilar pendorong bagi pembangunan berkelanjutan.Bahkan terhadap hal ini Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) pernah menuntut dihentikannya pembuangan limbah tambang atau tailing terbesar di dunia yang terdapat di Indonesia di bagian laut selatan dan barat Pulau Sumbawa. Pasalnya, kawasan tersebut masuk dalam peta kawasan segitiga terumbu karang (Coral triangle) dan kawasan ini juga disebut sebagai “Amazon Of The Seas (kawasan Amazon di laut).

    Perlu diketahui bahwa Limbah PT Newmont telah sangat meresahkan tercatat pembuangan limbah tambang di tahun 2011 sebanyak 148.000 ton per hari, pembuangan limbah tambang atau tailing ini meningkat dari tahun 2010 sebanyak 120.000 ton per hari.Peningkatan itu akan terus terjadi sehingga perlu ada tindakan tegas dari pemerintah terhadap kasus tersebut.Kasus PT Newmont secara yuridis telah melanggar UUPPLH dan merugikan masyarakat,sekaligus mencemari lingkungan merupakan tindakan yang tidak bisa ditolerir karena menjaga lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama.

    • bung Jalo, yang masalah dengan freeport hasilnya gimana keputusan yg terakhir, saya nangkep britanya simpang siur
      maaf ya, oot nih

      • Saya masih belum yakin, nanti kita lihat perkembangan Pemerintahan kedepan aja. Saya denger desas-desus, bahwa PTFI tetap akan perjuangkan kontrak karya karena mereka akan mencoba buka lahan baru. Saat ini yg dihasilkan PTFI itu tembaga, emas, silver, molybdenum dan rhenium. Selain itu ahli geologist mereka juga menemukan cadangan – cadangan bijih baru kelas dunia dan itu belum terdaftar dalam kontrak karya.

        • Waduh..
          sebenernya ada kemungkinan ga sih kita untuk tidak memberikan kontrak berkelanjutan, lalu kita ambil alih.

          bisa ga sih bung jalo?

          • Nah kalau itu kita kembalikan kepada Pemerintahan baru, semoga kebijakannya bisa menyelesaikan masalah ini. Ok sedikit background,

            Dalam melakukan eksplorasi di dua tempat tersebut PT. Freeport melakukan perjanjian kontrak sebanyak dua kali dengan pemerintah Indonesia. Perbandingan kontrak karya I dan II adalah pada kontrak karya I luas arena kawasan pertambangan adalah 27.000 acres (11 ribu Ha) dengan jangka waktu 30 tahun, terhitung dari tahun 1967 sampai 1997.

            Fasilitas fiskalnya antara lain, pajak hariannya selama 3 tahun setelah berproduksi dan tidak ada royalti sampai tahun 1986. Kewajiban fiskalnya yaitu, pajak penghasilannya selama tahun 1976-1983 sebesar 35% dan pada tahun 1983-kontrak berakhir sebesar 41,75%. Sedangkan kewajiban royaltinya sejak tahun 1986 untuk tembaga sebesar 1,5-3,5% serta 1% untuk emas dan perak. Kepemilikannya sebesar 100% oleh pihak asing sejak tahun 1967-1986 dan 0,5% oleh pihak pemerintah Indonesia serta 91,5 FCX pada tahun 1986 sampai masa kontrak berakhir.

            Sedangkan pada kontrak karya ke II luas arena kawasan pertambangan adalah 6,5 juta acres (26 juta Ha) dengan jangka waktu 30 tahun, terhitung dari tahun 1991 sampai 2021 dan kemudian diperpanjang 20 tahun hingga tahun 2041. Dalam kontrak karya II tidak ada fasilitas fiskal, namun kewajiban fiskalnya antara lain, pajak penghasilan 35%, pajak dividen dan interest 15%, iuran tetap untuk wilayah KK, pajak penghasilan karyawan, PPn dan pajak barang mewah, Pajak Bumi dan Bangunan, pungutan, pajak, beban dan bea pemda serta bea pungutan lainnya. Kewajiban royaltinya sejak tahun 1986 untuk tembaga sebesar 1,5-3,5% serta 1% untuk emas dan perak. Sedangkan kepemilikannya 81,28% oleh FCX, 9,36% oleh pemerintah Indonesia dan 9,36% oleh PT. Indocopper Investama.

    • Nah tuh apa saya bilang terlalu mudah mencari titik lemah eksplorasi KP, Wahli saja kalau mau bisa, apalagi pemerintah tks tautannya bung Jalo, biar masyarakyat kita pada pintar semua, kagak mempan deh hari gini main gertak sambal, lo maju arbritasi brarti tidak ada negosiasi brarti tutup ijin pertambangan dengan dalih dan bukti yang kita miliki. selesai, siapapun pemimpin kita semoga konsisten memperjuangkan kepentingan nasional sesuai janji mereka saat kampanye

      • kayaknya pas debat ga disinggung ya bung Sastro

        • ya sekilas yang dimaksud bocor bocor ini salah satunya…..tujuan pemurnian di dalam negeri kan utk memaksimalkan nilai tambah plus mencegah manipulasi riil kandungan yang diboyong keluar….

      • Ada beberapa yg bisa berakibat fatal dari limbah ini pada kesehatan:

        1. Air Raksa /Hargentum/ Hg/ Mercury
        2. Chromium
        3. Cadmium (Cd)
        4. Cupper (Cu) / Tembaga
        5. Timah Hitam (Pb)
        6. Nickel (Ni)
        7. Pestisida
        8. Arsene
        9. Nitrogen Oxide (NOx)
        10. Sulfur Oxide (SOx)
        11. dan Karbonmonoksida (CO)

    • penyakit di semua industri pertambangan adalah mengenai limbah, baik itu limbah kimia maupun non kimia..yang lebih parah adalah apabila hal tersebut dilakukan oleh perusahaan asing, sungguh mudah sekali mereka berkelit dan pihak manajemen kabur keluar negeri..sedangkan kita hanya mendapatkan sampahnya saja..

    • Aslmkum wr wb..
      Ni Bung Jalo Asli apa Bukan nih?

    • …Tetapi ternyata tidak sesuai dengan lokasi yang disebutkan dalam amdal. Lokasi pipa pembuangan PT Newmont ternyata berada pada laut yang masih dangkal sekali,”…

      udah tahu melanggar amdal tapi didiamkan selama sekian tahun ?

      potret birokrat kita

      (apalagi kalau sampai harus menuntut negara lain, seperti pencemaran minyak dari anjungan lepas pantai di perairan timtim / kasus montara)

  14. Investor asing mesti menurut sama peraturan pemerintah,kalau gak mau silahkan keluar,masih banyak investor asing yang mau ber investasi di negeri ini…..Lanjutkan…..!!!!

  15. Sikat aja kalo merugikan negara & rakyat

  16. Ular mulai menggeliat…. Indonesia harus bersiap menghadapi ancaman2 dari dalam maupun dari luar.
    Like Mr. Muldoko says, TNI harus Netral, Tegas, Profesional ……
    (Jarene wong kene “Senggol Bacok”)
    Mantap Panglima TNI
    NKRI Harga Mati

  17. Mafia Tambang dalam kenekadan pengajuan gugatan Newmont, para mafia takut Pilpres menghasilkan Pemerintah Yang Bersih yang akan menginvestigasi kemana larinya saham newmont dan memberangus para mafia

  18. oknumnya atau perusahaan nya bung Aitarak, kalo perusahaan nya ane dukung niatnya,
    salam……

  19. siap diajak “rame” oleh para komandan dan rakyat indonesia. kedaulatan adalah harga diri bangsa.

  20. katakan tidak untuk seluruh investasi pertambangan

  21. Mumpung disini masih bebas ucapin kata2 buat luapin mumet : Dah tutup aja..lupain win win solution wong mereka dah lama nikmatin kemenangan..PUSING !!

  22. kalo tetep ngeyel nasionalkan aja
    gertakan sambele wis ra kroso pedes

  23. Sudah mulai terlihat. . . Perlombaan dan perebutan SDA sudah mulai terlihat dan terasa,bukan hanya di kawasan LCS tapi kini sudah mulai merambah di NKRI.secara langsung dan tidak langsung kini kita semua sudah mulai mengetahuinya…SUDAH SELAYAKNYA para petinggi kita untuk mulai berbenah dan meperbaiki alutsista tni di segala matra,memberikan alutsista pada tni dngan benar2 di pertimbangkan dngan masak2,dari segi kwalitas dan kwantitas nya,untuk menjaga keutuhan wilayah kesatuan NKRI dan SDA NEGRI KITA.ingat 2020-2030 adalah waktu yg tidak lama.untk membendung memanasnya LCS DAN UNTK MENJAGA KEDAULATAN BANGSA

  24. kalo memang ada perusahaan Nasional (baik BUMN maupun Swasta) yang bisa melanjutkan tambang PTNNT, kenapa ga di nasionalisasi aja tuh PT NNT

  25. maaf skdr info..ada obrolan Panglima TNI Moeldoko di TV ONE.

  26. Selama msh ad yg brkpntingan,rasa’nya sulit untuk menasionalisasikan semua tmbng2 trsbt,kcuali pejabat2 qt udh g doyan duit,,,,

  27. baru brs tarawih trus baca ini … tensi lsg naek, kalo limbah nya bisa 100.000 ton lebih artinya bila kandungan emas 1% maka hasil emasnya 1000 ton/thn, bila hrg per kg Rp.450.000.000 ,- per ton Rp.450Milyar kalo 1000 ton totalnya ?? … hadeuh jadi males itungnya, luarrr biasaaa !!!

  28. Panglima TNI bilang,di salah satu stasiun televisa”klu ada prajurit tni yg tidak netral buang saja ke laut” mantap pak moel….

  29. kenapa newmount berani? lha inikan konsikuensi dari hibah elang botak asu.

  30. rapatkan barisan……
    NKRI harga mati…….

  31. dan herannya pas saya lihat di televisi,,
    malah penduduk disana ada yg ngedukung aksi newmont..
    dgn dalih mereka tidak bisa makan,jika newmont stop ekspor..

    • ya wajar bung@bee,mrka berfikir individu bkn skala nasional.,apapun itu yg namanya aturan/uud pasti ada yg diuntungkan dan dirugikan tgl kt mlht mana yg lebih besar manfaatnya karna klo tdk bgtu sampai kapanpun kt akan jd budak asing di negeri kt sendiri

    • Makanya bung, bangsa kita sulit untuk maju. Karena masing masing individu mikir perut dan tabungannya masing masing.

  32. smoga pemimpin terpilih negeri ini dapat tegas dan berani melakukan yg terbaik bagi rakyat .

  33. tutup ae wes

  34. Menjadi pemimpin harus tegas, tidak takut kepada negara manapun. Kita bangsa Indonesia juga sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia. “Rawe-rawe rantas, malang-malang putung.”

  35. Kami masarakat NBT HUSUNYA SANGAT KWATIR DENGAN LIMBAH TAMBANG.. Usir pulang mereka kita..udah cukup dijajah puluhan tahun.dikruk hasil bumi kita

  36. Mari kita tutup kebocoran-kebocoran yang ada untuk Indonesia yang berdaulat. Merdeka. Jayalah Indonesiaku.

  37. Limbah emas yang mengandung merkuri sangat berbahaya bagi manusia dan lingkungan.
    Entah pernyataan di atas mengena atau tidak, yang pasti keselamatan bangsa dan negara (lingkungan) adalah bagian dari kedaulatan bangsa. Mari kita selamatkan rakyat dan persada bumi pertiwi.

  38. ap yg ddapat pt nowmont bila menang ats gugatn ke arbitrase internasional..hukaman apa yang ditrima indonesia..

    • Bung JPR mudah2an tulisan Pak Hikmahanto Juwana ini bisa membantu…

      Gugatan Newmont ke ICSID sangat janggal. Ada lima alasan mengapa demikian. Pertama , pengenaan bea keluar oleh pemerintah tidak hanya dikenakan secara khusus terhadap Newmont. Bea keluar dikenakan ke semua perusahaan tambang, baik lokal maupun multinasional. Memang terkait bea keluar ini sejumlah pihak melakukan gugatan terhadap pemerintah.

      Pelaku usaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Mineral Indonesia (Apemindo) mengajukan permohonan uji materi (judicial review) ke Mahkamah Konstitusi (MK). Pemerintah Jepang dikabarkan berencana mengajukan Pemerintah Indonesia ke Dispute Settlement Body yang dikenal dalam World Trade Organization. Besar dugaan gugatan dilancarkan karena perusahaan pemurnian bahan tambang di Negeri Sakura tersebut terganggu pasokannya karena bea keluar.

      Ini berarti keinginan Indonesia untuk melakukan hilirisasi di dunia pertambangan sudah tepat. Hilirisasi pasti tidak dikehendaki banyak pihak. Hilirisasi yang akan membuat Indonesia mengubah diri dari negara yang berbasis penambangan menjadi negara yang berbasis pengolahan mineral.

      Kejanggalan kedua, permohonan arbitrase oleh Newmont ke ICSID sangat tidak etis ketika pemerintah sedang mencari jalan keluar atas permasalahan bea keluar yang dihadapi banyak perusahaan tambang. Bagi pemerintah pengolahan dan pemurnian di dalam negeri merupakan kebijakan final dan harga mati. Ini karena UU Minerba telah menggariskan demikian. Hanya saja pemerintah tentu bisa meninjau besaran dari bea keluar.

      Bila peninjauan dilakukan, ini bukan karena tekanan dari Newmont atau perusahaan tambang multinasional, melainkan pemerintah harus memperhatikan banyaknya tenaga kerja yang harus dirumahkan atau harus mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). Ketiga, gugatan yang dilancarkan Newmont terhadap Pemerintah Indonesia ke ICSID anehnya dikaitkan dengan kontrak karya.

      Padahal bila substansi kontrak karya yang hendak dipermasalahkan arbitrase, yang seharusnya menyelesaikan adalah arbitrase komersial yang dibentuk berdasarkan kontrak karya, bukan melalui forum ICSID. Argumentasi Newmont bahwa Pemerintah Indonesia harus tunduk pada kontrak karya dan tidak boleh menerbitkan peraturan terkait bea keluar sama saja dengan mengatakan kedaulatan hukum pemerintah Indonesia dibelenggu oleh kontrak.

      Di dunia ini tentu tidak ada suatu pemerintahan pun yang mau dibelenggu kedaulatan hukumnya oleh sebuah kontrak. Pemerintah sebagai pembuat regulasi tidak boleh dibelenggu ataupun dibatasi perannya. Keempat , Newmont memanfaatkan anak perusahaannya, Nusa Tenggara Partnership BV, yang didirikan di Belanda untuk mengajukan Pemerintah Indonesia ke ICSID.

      Padahal Newmont Mining Corporation adalah sebuah perusahaan Amerika Serikat. Menjadi pertanyaan mengapa tidak Newmont Mining Corporation yang mengajukan gugatan? Gugatan didasarkan pada Perjanjian Peningkatan dan Perlindungan Penanaman Modal (P4M) atau Bilateral Investment Treaty antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Belanda.

      Tidak seharusnya Newmont Mining Corporation membawa-bawa Pemerintah Belanda dalam sengketa ini. Publik di Indonesia tentu akan sensitif bila pemerintah atau perusahaan Belanda mengajukan Pemerintah Indonesia ke hadapan ICSID. Rasa nasionalisme pun akan muncul. Terakhir kejanggalan dari gugatan ini, Newmont mengajukan permohonan arbitrase ICSID di waktu Indonesia sedang menjalani proses pemilihan presiden.

      Apakah ini merupakan gertakan kepada siapa pun yang akan menjadi presiden Indonesia ke depan? Yang pasti, siapa pun presiden pengganti SBY, mereka akan menjadikan gugatan Newmont sebagai komoditas politik. Presiden pengganti SBY akan bertindak lebih keras dan tegas terhadap perusahaan tambang multinasional yang menunjukkan arogansinya. Mengajukan Pemerintah Indonesia ke ICSID merupakan tindakan arogan dari Newmont.

  39. Jadi inget wkt pres Suharto digoyang krismon di 1997 … waktu nya persis dg berakhirnya KK Freeport, apakah ada kaitannya ? wallahualam

  40. Ohh.. Apa gr2 Bung Afiq mint alamat email trus Bung Jalo bikin email klonengan, hehehehe..

    Transkrip DPR n TNI AU nya katanya mau Dbabar dimari, ditunggu ya, suwun..

    • Gaklah bung Awangho, cuman karena saya kalau nulis artikel notifikasinya akan memenuhi email saya. Dan itu jadi mengganggu kerjaan, jadi saya buat email khusus mau tuh email itu penuh juga gak apa2… 🙂

      Iya, ada di hard disk data2 saya di kantor. Saya hari ini belum masuk kantor karena ada urusan, Insyallah besok saya cariin.

  41. Pintar pintarlah kita memilih Presiden berikutnya… jangan pernah melupakan sejarah, kontrak2 dengan pihak asing yang merugikan bangsa indonesia jgn sampai terulang lagi

    • Setuju tutup sj momon..Hasil bumi dan Seisinya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat..dikelola antam sj utamakan karyawan ex momon

  42. Hallaah…nek susah diatur ditutup wae itu newmont, jaman gini kita mau dijajah terus sama asing. Nanti pelan2 toh kita juga bisa kelola sendiri.

  43. kalo satpamnya kurus kerempeng, mana takut rampoknya?..

  44. Saya menginginkan Presiden yang memperjuangkan kedaulatan RI milik RI jangan jadi milik penjajah Barat, Logikanya pemerintah harus memberikan kemakmuran kepada rakyatnya buka kepada asing, masa memperjuangkan kemakmuran rakyatnya dilarang

  45. apakah Hal ini akibat penerapan Bilateral
    Investment Treaties (BIT) yang memberikan
    perlindungan kuat bagi investor asing.
    “Keberadaan BIT telah mengekang kedaulatan
    negara dalam menentukan arah kebijakan
    pemerintah bung jalo..

  46. kurang ajaaarrr !!!!!!!!!! god damn newmount

  47. “Kita harus berdiri diatas kaki sendiri” Kalau rewel Tutup saja Newmont. Bangsa Indonesia harus jadi bangsa yang berani. Jayalah bangsaku. Semoga kita tidak salah memilih Presiden yang akan datang.

  48. Jayalah Indodesia………kalau macam2 yg merugikan NKRI tutup saja

  49. wahai bung ADMIN,,,, kalau mau nunjukin dukungan anda pada slah satu capres jngan bgitu caranya, sangat rendah cara yg anda pakai, brsikaplh profesional di blog ini, apa anda tidak malau bersikap seperti orang yg tidak berpendidikn dan beradab, sayang kalau sampai image anda jelek karena itu,,,
    cuma pendapat dari saya, skian trima ksih

    • hehehe… saya coba bantu jawab ya Bung, karena saya netral hahaha…. yang bung maksud iklan kampanye hitam di blog ini kan ya? itu otomatis dari google bung, admin sini ndak bisa untuk mendelete nya, jangan kan Bung saya aja ngeliat iklan itu kemarin udah emosi juga disini hahaha…. :mrgreen:

      sudah Bung hiraukan saja, itu memang sinyalemen dari bangsa ular di luar negeri. sing penting jaga persatuan! wes tak lanjut siaga 1 ya… :mrgreen:

      • Maklum bung @PS, mungkn bng @arul belum pernah belajar tentang internet maketing khususnya google adsense. Jadi ya agak-agak gimana commentnya 😀

    • betul bung PS, maaf bung arul, itu iklan otomatis dari google, bung diego pun kesulitan untuk memblok atau mendeletenya.
      Sayapun jengkel dan emosi waktu pertama kali melihat iklan tsb……
      Jadi yg penting di warjag tetap netral, dan jaga Persatuan dan Kesatuan!

      Salam hangat dari kami

      • Sepertinya susah di block bung @gue. Sebab iklan yang nongl menyesuaikan dengan IP dan Cookie yang terbanyak terekan di kompi masig” user. Nah di PC saya nggak pernah sekalipun nongol iklan kampanye… yang sering nongol malah iklan game online. Sebab PC saya lebih sering buat main game online :v

    • @arul : sampeyan ini grusa grusu sudah ngomel2 sama admin pake salah pula..tanya dulu baik2, hal ini sudah dibahas di artikel sebelumnya mengenai iklan2 yang tak nyaman ini..intinya tanyakan terlebih dahulu,baru anda bisa berkomentar dan sepengetahuan saya admin blog bukanlah pengelola google..

    • Saya tidak pernah dapat iklan-iklan dari adsense atau google-ad. Saya install Adblock plus untuk Mozilla, bisa dicoba hampir untuk semua pop up tidak bisa muncul lagi termasuk link pop up

    • @arul cangkemu kuwi lho,,
      disaring ndisik ora asal njeplak

  50. Saya dukung langkah pemerintah RI. Dengan catatan, hasil renegoisasi harus menguntungkan rakyat Indonesia.

    Jayalah NKRI!!!

  51. kalau melawan ancam penutupan tambang alihkan ke yang lain.. itu aja repot……… bilang aja ujung ujungnya sogok telah itu habis masalah renegosiasi.

  52. MERDEKA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

 Leave a Reply