Nov 232018
 

F-16 bersiap lepas landas di Pangkalan Udara Misawa, Jepang. Foto (SADIE COLBERT / US.AIR FORCE)

Menggunakan komponen usang, mesin pesawat tempur F-16 AS menjadi overheat dan terbakar setelah lepas landas awal tahun ini di dekat Pangkalan Udara Misawa, Jepang, diungkapkan oleh Pacific Air Forces pada Senin kemarin.

Insiden itu memaksa pilot F-16 Fighting Falcon, yang sedang melakukan latihan rutin tanggal 20 Februari, membuang tangki bahan bakar eksternal ke dekat Danau Ogawara. F-16 kemudian mendarat dengan selamat di Misawa, dan insiden tersebut tidak menimbulkan korban.

Laporan Dewan Investigasi Kecelakaan Angkatan Udara menyalahkan kerangka turbine yang sudah usang, yang rusak sesaat lepas landas dan menutup aliran udara yang berfungsi mendinginkan mesin.

“Tanpa udara pendingin, ujung knalpot dan komponen bagian belakang terkena suhu yang terlalu panas dan melewati batas ketahanan yang mengakibatkan kebakaran,” kata laporan itu.

Pesawat tempur itu mengalami kerusakan yang ditaksir senilai $ 987.000. Perbaikan telah dilakukan sejak saat itu, kata Angkatan Udara.

Protokol pelaksanaan pemeliharaan standar yang buruk menciptakan kegagalan seperti penyelesaian dokumen penghitungan suku cadang yang tidak tepat, gangguan serius di gudang penyimpanan dan penanganan spare part yang tidak tepat, kata laporan itu.

Praktik pemeliharaan “Serampangan” menyebabkan bagian yang tidak terpakai sejak 2012 dipasang kembali ke pesawat, kata laporan itu.

Fighter Wing ke-35 telah memeriksa semua mesinnya, termasuk mesin cadangan, dan menegaskan pihaknya telah memasang fairing baru, kata pernyataan dari Kementerian Pertahanan Jepang.

Stripes.com

Bagikan:

  11 Responses to “Gunakan Komponen Usang, Mesin F-16 Terbakar”

  1.  
  2.  

    Kirain cm pswt tmpur kita sj yg pk canibalan

  3.  

    Negara super-power dengan anggaran pertahanan begitu besar koq pake sparepart usang? Apa duitnya pada dikorupsi pejabat militernya? Sepertinya perlu diusut juga oleh KPK Malaysia nih…

  4.  

    ane mah hanya numpang tertawa doank………… Bhahaahaa…………….

  5.  

    sudah usang &,kebanyakan bikin sudah gk laku,saking gak ada tempat nampung rongsokkan,sampai ditawarkan ke NKRI.

  6.  

    Perasaan yang di Jepang masalah mulu

 Leave a Reply