Gunakan Komunikasi Satelit, Kemampuan Drone Orion-E Melonjak

Орион Э Orion E 3

JakartaGreater   –  Perusahaan Kronshtadt akan melengkapi drone Orion dengan sistem komunikasi satelit, ungkap CEO pengembang drone Rusia, Sergei Bogatikov kepada TASS, jelang Dubai Airshow 2021, Minggu 14 November 2021.

“Pengembangan drone Orion-E dengan sistem komunikasi satelit dilaksanakan bekerja sama dengan pengembang dalam negeri. Sistem dengan link komunikasi satelit ini diharapkan mendapatkan Kode “O” (ditugaskan pada tahap revisi dokumen desain sesuai untuk hasil produksi lot percontohan dan tes awal – TASS) pada tahun 2022,” kata manajer itu.

Dimungkinkan untuk menginstal sistem komunikasi satelit yang dikembangkan untuk Orion-E tidak hanya untuk drone Kronshtadt tetapi juga dapat ditawarkan kepada produsen kendaraan udara tak berawak (UAV) kelas berat lainnya sebagai komponen, kata Bogatikov.

drone oreon 3 russia 2

Drone serang/pengintai Orion-E. (@ Rostec )

Komunikasi non-line-of-sight memungkinkan untuk secara signifikan meningkatkan jangkauan operasi terkontrol yang efektif dari pesawat tak berawak.

“Jarak operasi tanpa komunikasi satelit dibatasi oleh garis pandang dan tidak di atas 250-300 km,” tambah kepala eksekutif. Komunikasi satelit awalnya tidak diantisipasi ketika mempersiapkan kerangka acuan untuk drone, kata
Bogatikov.

“Untuk tujuan memperluas jangkauan misi yang ditangani dan area fungsi sistem dan meningkatkan kemampuan ekspor Orion-E, Perusahaan Kronshtadt sampai pada kesimpulan tentang perlunya melengkapi sistem UAV dengan solusi semacam itu,” tambah Bogatikov.

*Foto: Drone Rusia. (@Rosoboronexport)

Leave a Reply