Aug 192014
 

Sejumlah negara sudah menyatakan niatnya meneliti Gunung Padang


Situs megalitikum Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat

Situs megalitikum Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat (Antara/ Agus Bebeng) 

VIVAnews – Wakil Gubernur Jawa BaratDeddy Mizwar menyatakan keberadaan situs Gunung Padang di Kabupaten Cianjur telah menarik perhatian peneliti dunia untuk mengungkap misteri di baliknya.

Menurut Deddy, hal itu terungkap setelah dia bertemu dengan salah satu lembaga carbon dating (penanggalan unsur karbon) yang bermarkas di Miami, Amerika Serikat.”Saat mengumumkannya secara online situs mereka, sudah cukup menggemparkan dunia. Buat para peneliti dunia, situs Gunung Padang merupakan sesuatu yang cukup menggiurkan dan menarik minat mereka untuk melakukan penelitian,” ucap Deddy.Selain lembaga carbon dating asal Negeri Paman Sam, Deddy juga menyatakan sejumlah negara sudah menyatakan ketertarikan untuk datang dan mengupas misteri sejarah yang berada di Gunung Padang. Salah satunya yang sudah menyampaikan langsung adalah Bosnia-Herzegovina.

“Sudah banyak peneliti yang datang dan menyampaikan langsung kepada kami. Salah satunya dari Bosnia, bahkan mereka menyatakan sudah membentuk tim untuk melakukan penelitian,” terang Deddy.

Meski para peneliti dunia sudah mulai berdatangan, namun Deddy menyatakan Pemprov Jabar belum bisa memberikan akses dan izin kepada mereka untuk menggelar penelitian.

“Memang banyak yang tertarik, tapi sejauh ini tidak kami izinkan untuk melakukan penelitian,” tegasnya.

Deddy menambahkan, Pemprov Jabar sendiri sudah menyusun rencana strategis, terutama untuk pengembangan potensi di sektor kepariwisataan dengan adanya Gunung Padang ini. “Untuk saat ini, kami baru kucurkan Rp3 miliar untuk menjadikan situs Gunung Padang sebagai kawasan wisata unggulan,” paparnya.

Sebenarnya, kata dia, Pemprov Jabar ingin kucurkan Rp15 miliar. Namun, dana ini terbentur payung hukum. Meski demikian, dia menjamin bahwa pemprov akan terus mendukung pengembangan Gunung Padang tersebut. (nasional.news.viva.co.id)

  75 Responses to “Gunung Padang Jadi Perhatian Peneliti Dunia”

  1. Alhamdulillah di babar….

  2. peradaban tertua akan jadi center ilmu pengetahuan nih…

  3. Wah indonesia hebat, tp peradaban tulis menulis tersingkap nggak ya?

  4. Berikan keleluasaan untk peneliti dalam negri

  5. Ijin nyimak……

  6. menyimak…,

  7. Waah gunung padang mau di eksplorasi nih

  8. absen dulu

  9. katanya banyak yang terkandung di dalam situs gunung padang,,ini kebesaran nusantara

  10. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang Besar.
    Peradaban yang Besar
    dan tetap besar.
    Walo kais pagi makan pagi.kais petang makan petang tetep bangga jadi warga Indonesia.

  11. Ijin Nyimak

  12. seharusnya dibuat aturan khusus untuk melarang peneliti asing meneliti gunung padang..ini lebih baik mengingat nilai sejarahnya sangat luhur..selain nilai yg lain yg terkandung di dalamnya..

    • Setuju bung, Kita jg punya peneliti-peneliti yang hebat.. apabila memang benar ada teknologi canggih yang terkandung didalam situs ini, kedepan bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia, dan bahkan dunia, tapi yang pegang rahasia teknologi tsb tetap Indonesia.. mantep tenan.

  13. kalau situs2 tentang kerajaan besar yg pernah eksis di bumi Nusantara ini
    semacam kerajaan Majapahit…Pajajaran..Sriwijaya dll bagaimana ya ! …sebab
    yg ane ketahui cuma cerita2 legenda semata…maaf mungkin ini mungkin karena
    keterbatasan ane dalam mengakses info….atau ada yg bisa membabarkan hal tsb di sini….terima kasih !

  14. “Namun, dana ini terbentur payung hukum.”

    Berita situs ini sama misteriusnya sama alutsita Indonesia.

  15. cerita punya cerita kata ilmuan ada pembangkit energi yg blm ada spt mesin2 modrn saat ini.

  16. Ijin nyimak…wah apa nanti setelah di eksplorasi situs gunung padang akan mengubah catatan sejarah dunia yg telah ditulis selama ini

    • Pasti !!! … sejarah peradaban manusia hrs berubah, termasuk asal usul tekno, bila situs gn padang telah terbukti …maka nenek moyang kita, manusia paling jenius

  17. Bagus lagi kalo situsnya direkontruksi ulang kayak borobudur n prambanan

  18. Yang sudah diketemukan di Gunung padang antara lain semen purba dengan komposisi biji besi tinggi yang bisa mengikat bebatuan dan Logam Purba yang menunjukan adanya upaya pemurnian Logam atau teknologi metalurgi di jaman purba saat itu,,

    ayoo opo maneh …
    apa nunggu semacam All spark yang diberitakan hehehehehe

    Lembaga carbon dating dari amerika itu ingin meneliti logam sepanjang 10 cm yang ditemukan digunung padang ,,

    • Apa pentingnya teknologi logam sebagai penanda kemajuan zaman?

      • pentinglah…krn kalo ada peradaban bisa membuat logam jauh masanya dari peradaban normal.skr..yg kita sekarang …metode prosesnya harus dipelajari..mungkin ada potensi teknik lain….namanya ilmu sih luas-lah…kalo ada all spark…bagus juga…syukur2 ketemu optimus prime..he7x,,,..

        • Jadi inget kisah pedang baja damaskus. Pedang yang katanya jauh lebih tajam dari pedang katana Jepang. Mampu menembus baju zirah/perang bangsa Eropa dalam perang Salib.

          Teknik pembuatan pedang baja damaskus sangat rahasia, sayang hingga sekarang teknik ini putus turunan dan diyakini keluarga atau kaum pembuat pedang ini sudah punah.

          Dengan teknologi nano sekarang inipun, belum diperoleh cara atau teknik untuk membuat pedang baja damaskus. Jadi teknologi metalurgi jaman dulu masih banyak yang mengalahkan kecerdikan ilmuwan masa kini.

          Kalo di Indonesia, teknik pelipatan dalam pembuatan keris yang akhirnya menimbulkan patron atau pola khusus di permukaan keris yang justru memperkuat daya tekan ketika dilekuk-lekuk sampai sekarang masih membingungkan para ahli metalurgi modern. Jadi siapa bilang teknologi jaman dulu tidak penting?

          • Ingin jadi keras? Paling dilakukan dgn cara quenching. Teknologi tua, relatif simpel dgn coba-coba ..

    • buka lg dong tentang allsparknya bung sss…
      yg bikin penasaran tuh proses ngleburnya batu bata purba ini pasti menggunakan panas yg sangat tinggi ini bagaimana ya tehnologinya….tentang umurnya diperkirakan lebih tua dari piramid mesir ya bung?

    • bung Satrio,

      dari sudut timeline keberadaan batang logam tsb masih wajar,

      bukti-bukti menguatkan kesimpulan di awal penelitian Tim Katastrofi Purba dan Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM), bahwa situs megalitikum Gunung Padang merupakan monumen leluhur kita yang usianya lebih tua dari situs Machu Picu di Peru.

      mayoritas arkeolog yakin Machu Picchu dibangun antara 1438–1472 M

      sementara jaman besi / iron age adalah antara 1,300 SM – 700 M.

      foto ‘pistol’ (matchlock musket) dari awal masa renaisans / abad 15,
      http://38.media.tumblr.com/988f20113574c34ad1f3254f4837618e/tumblr_n0pp5cHDji1rwjpnyo1_500.png

      • Bung danu @ menurut sepengetahuan saya Tim Katastrofi Purba dan Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM) adalah dua entity yang sama. jadi sebenarnya cuma ada satu yaitu TTRM. Adapun TKP adalah wadah globalnya untuk meneliti keseluruhan adanya kemungkinan bangunan prasejarah di Indonesia.

        Oya sebenarnya Penemuan piramida Gunung Padang ini tidak disengaja.. saat itu tim hendak mengkalibrasi peralatannya di Gn. Padang untuk nanti dipakai pada saat riset di Gunung sadahurip/Lalakon yang diduga ada indikasi bangunan piramida.

        Maaf pendapat awam

      • Bung danu
        Logam dan Semen purba itu diperkirakan umurnya berdasarkan carbon dating minimal 11.500 tahun yang lalu . j
        dugaan kuat sebelum 11.500 tahun yang lalu leluhur kita SUDAH mengenal teknologi Metalurgi.
        jadi bisa dibayangkan berapa tahun sebelum masehi bangsa ini sudah mengenal teknologi maju,, nah yang mau dicari Proses pembakaran material dengan temperatur tinggi – proses pemurnian pembuatan Logam pada waktu itu menggunakan apa ?

        Hasil pembakaran hancuran batuan untuk mengkonsentrasikan metalnya yg nampaknya masih tercampur dg CLINKERS (carbon) alias bahan pembakarnya (bisa carbon dari kayu atau dari batubara atau dari minyakbumi).
        Pengerjaannya bisa dari luar gunung padang atau dengan energi yang tersimpan didalam gunung padang tersebut (energi apa yaa ? )

        kebanyakan keceplosan kelihatannya yaa
        wis cukup yaa

        • nah itu ndan..ngapain juga kemenhan suruh nempatin pos militer disana..ada apa..hehehe..btw nyeplosnya kuraaang :mrgreen:

          • ama ngapain juga mamarika bela2in ngasih alutsista tapi pake syarat gunung padang diikutin..yg kerennya lg katanya koq ndaki kepuncaknya katanya gak cape lho :mrgreen:

        • bung Satrio,

          mungkin akurasi carbon dating itu yang perlu dicermati lagi, karena TTRM dan Pusat Arkeologi Nasional sepakat menyimpulkan bahwa situs Gunung Padang merupakan peninggalan sekitar abad ke-15 Masehi…

          • Dalam laporan penelitian TTRM disebutkan, bahwa G.Padang memiliki setidaknya 3 lapisan yg mewakili 3 kebudayaan beda zaman, 4000 SM, 11.500 SM & 100.000 SM (cek kembali persisnya). Memang ada kontroversi dmn pihak ARKENAS menolak hasil penelitian tersebut.

        • Logam super konduktor.
          Bener ngga tebakan saya bung satrio. Soalnya super konduktor harus pake pendingin cyrogenic, yang itu nggakan ya. All spark

        • energi yang akan menguak siapa sebenarnya leluhur bangsa di Nusantara ini…kalau sudah ketahuan habislah para negara2 yang mengusik negeri ini.. 🙂

    • mas Satrio..saya membayangkan dari sedikit saja spesiment semen purba itu diteliti di lab. dan mengetahui komposisi tepat bahannya lalu alur pembuatannya/produksinya lalu hasil penelitian itu diterapkan pada industri semen kita maka industri semen kita akan menjadi Raja semen dunia karena semen yang dihasilkan sudah battle proven tahan ribuan tahun. Kecuali kita tinggal di rumah dari kaca.. Bayangkan berapa besar pasar semen dunia, berapa besar nilainya dan kita Rajanya…Industri dengan nilai Bilyunan dolar untuk jangka waktu sepanjang masa, untuk selamanya.. hanya untuk Kejayaan Nusantara…berasal dari secuil speciment semen di Gunung Padang…{ ngarep.com }

  19. undang jg tuh …acara ancient history di cable tv …biar tambah rame

  20. Jgn dikasih akses buat peneliti asing..!!!! Biar bangsa ini saja beserta para ahlinye yg meneliti situs ini..knp peneliti asing tertarik..???
    Karena bukan masalah piramida semata,tapi masalah yg lebih dahsyat lagi karena dlm gunung padang menyimpan teknologi dahsyat didalamnye ada chamber yg terdapat pembangkit listrik dari bahan bakar air yg disebut ” HYDROTANA” diteras 3 & 4..malah yg ane baca masih banyak lagi teknologi canggih lainye,salah satunye cara membuat bahan bakar dari air..mobil,motor ga usah lagi pake bbm kaya sekarang…ane yakin ini bakal jadi rahasia terheboh abad ini, karena bila bener terjadi bisa bikin dunia persilatan geger..!!!

    ….NKRI HARGA MATI…

    • mau tipu-tipu ya? Rektor UMY aja lengser gara-gara ditipu bahan bakar air yang heboh itu

      • Terserah ente lah…klo mo yg realnye tanya langsung az sama TIM nya andy arif, klo ngga ente tanya sama bung satrio,ane yakin bung satrio tau tuh..!! Kata bung Satrio ini RAHASIA biarlah tetap jadi RAHASIA..ga mungkin dibabar secara vulgar ke umum..yg penting kita berdo’a semoga jadi kenyataan..!!! Ente mau ga INDONESIA jadi makmur,sejahtera & maju..??? He..he.he…!! Peace bung kobu..!!

      • bung kobu coba searching masalah hydrogen dan air,itu ada keterkaitannya
        hydrogen inilah yg kelak akan jadi bahan bakar masa depan

        • setuju bung urakan, H20 bisa gandeng, antara atom H dan atom O, brarti unsur tersebut juga bisa ditpisahkan. dan saya yakin ini bisa menjadi bahan bakar alternatif kelak. cmiw.

          • di negara maju sudah mulai digunakan di sana-sini. tapi katanya mahal, karena proses pemisahan dalam jumlah besar, dengan teknologi saat ini masih memerlukan biaya besar

          • yg mahal karena bahan pemisahnya dari luar negeri,tapi disini jg ada,lbh murah
            bayangkan 5liter bisa buat mobil pp jakarta bogor

          • bung ghi, semua pasti bisa di buat murah, dulu pemurnian minyak juga mahal, sekarang coastnya bisa ditekan, saya gak tau bnyk tentang hal tersebut. tp merujuk sejarah, semua mungkin terjadi, di jepang teknologi ini sudah di aplikasilan pada mobil prototipe, hehe,,

        • Bung urakan sekarang ada yang lebih bagus dari air. Thorium cuman, sesendok bisa 10 tahun. Tapi kudu ada pelindungnya. Yang di gua itu mungkin sangat berguna. Kalo di lab katanya udah ada yang buat, yang bikin ngga bisa keluar ya pelindungnya ngga ada. Kan radio aktip

          • klo thorium untuk pembangkit energi bung freaxout,klo hidrogen untuk bbm,tahap awal memang hrs pakai pemisah
            tahap selanjutnya ya tinggal masukin air aja
            itu yg dimaksud bbm pake air

      • [-(

  21. Yah ntar jg akan dijual ke asing ama si cepot calon pemimpin kita.

  22. Semoga gunung padang tidak seperti film allien vs predator

  23. Atlantis = Nusantara

  24. masih jauh kalau kesimpulan tsbt!perlu banyak bukti pendukung

  25. Kabarnya juga itu borobudur peninggalan nabi sulaiman….

  26. Affirmative 😈

  27. gunung padang penuh misteri sma dgen kota wentira konon katay negeriy indah dan makmur,ad jg yg bilng kota wentira warisan dr negeri atlantis..itulh indonesia pnuh dgn misteri..dr gunung padang smpi kota wentira..

  28. jati jawa berasal dari india?

  29. Sebelum disahkan kebenarannya baik kita gak usah angan muluk2 dulu.Apa hubungannya kota Atlantis yang hilang dgn Megalitikum gunung padang? Apalagi hubungannya dgn perahu nabi nuh dan kerajaan sulaiman? Kita mau fakta dan bukti,Dana riset 10 triliun spt yg diprogramkan pemarintah capres terpilih hrs diambil sedikit untuk membiayai dan membentuk tim ekspedisi khusus Badan purbakala dan sejarah megalitikum gunung padang.sebaiknya melibatkan tim khusus artifak purbakala dari 7 negara yg terpilih dan tim penyelidik pencarian purbakala dari 5 universitas indonesia yg terpilih.Hrs melibatkan Departemen Dikbud,alam sekitar,Dalam negeri,TNI,KPK pokoknya Badan yg berkenaan hrs turun lapangan semua.ini menyangkut soal asal usul dan peradaban nusantara juga peradaban dunia.jangan2 krn kebikjasanaan pemerintah yg klemer2 sudahnya nnt ada rombongan dari USA dtg ke situs megalitikum gunung padang lihat sana lihat sini,pleseran sana pleseran sini,dan akhirnya gondol sana gondol sini.

  30. Biasa aja kalee……ini sama seperti berita alutsista hoaks yang kadang membuat terbuai seakan-akan kita sudah hebat, jaguh, yang membuat kita cepat merasa puas dan terlena yang menyebabkan kita terus-menerus ketinggalan dari bangsa lain.

  31. sukro kowe ngomong opo !? kowe ngomong opo !! Hee SUKRO !!

  32. Kalau banyak negara yng berminat, berarti mereka sudah tau apa yg didalamnya dan caranya bagaimana. Jangan sampai diboongin seperti Free Port. Sudah tau didalam ada gunung Mas mereka minta izin cari tembaga, sehingga namanya Tembaga Pura. Jangan sampai ada Karbonapura, Wisatapura, dan pura-pura lainnya.

 Leave a Reply