Gunung Padang Jadi Perhatian Peneliti Dunia

75
128

Sejumlah negara sudah menyatakan niatnya meneliti Gunung Padang


Situs megalitikum Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat

Situs megalitikum Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat (Antara/ Agus Bebeng) 

VIVAnews – Wakil Gubernur Jawa BaratDeddy Mizwar menyatakan keberadaan situs Gunung Padang di Kabupaten Cianjur telah menarik perhatian peneliti dunia untuk mengungkap misteri di baliknya.

Menurut Deddy, hal itu terungkap setelah dia bertemu dengan salah satu lembaga carbon dating (penanggalan unsur karbon) yang bermarkas di Miami, Amerika Serikat.”Saat mengumumkannya secara online situs mereka, sudah cukup menggemparkan dunia. Buat para peneliti dunia, situs Gunung Padang merupakan sesuatu yang cukup menggiurkan dan menarik minat mereka untuk melakukan penelitian,” ucap Deddy.Selain lembaga carbon dating asal Negeri Paman Sam, Deddy juga menyatakan sejumlah negara sudah menyatakan ketertarikan untuk datang dan mengupas misteri sejarah yang berada di Gunung Padang. Salah satunya yang sudah menyampaikan langsung adalah Bosnia-Herzegovina.

“Sudah banyak peneliti yang datang dan menyampaikan langsung kepada kami. Salah satunya dari Bosnia, bahkan mereka menyatakan sudah membentuk tim untuk melakukan penelitian,” terang Deddy.

Meski para peneliti dunia sudah mulai berdatangan, namun Deddy menyatakan Pemprov Jabar belum bisa memberikan akses dan izin kepada mereka untuk menggelar penelitian.

“Memang banyak yang tertarik, tapi sejauh ini tidak kami izinkan untuk melakukan penelitian,” tegasnya.

Deddy menambahkan, Pemprov Jabar sendiri sudah menyusun rencana strategis, terutama untuk pengembangan potensi di sektor kepariwisataan dengan adanya Gunung Padang ini. “Untuk saat ini, kami baru kucurkan Rp3 miliar untuk menjadikan situs Gunung Padang sebagai kawasan wisata unggulan,” paparnya.

Sebenarnya, kata dia, Pemprov Jabar ingin kucurkan Rp15 miliar. Namun, dana ini terbentur payung hukum. Meski demikian, dia menjamin bahwa pemprov akan terus mendukung pengembangan Gunung Padang tersebut. (nasional.news.viva.co.id)

75 KOMENTAR

    • Setuju bung, Kita jg punya peneliti-peneliti yang hebat.. apabila memang benar ada teknologi canggih yang terkandung didalam situs ini, kedepan bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia, dan bahkan dunia, tapi yang pegang rahasia teknologi tsb tetap Indonesia.. mantep tenan.

  1. kalau situs2 tentang kerajaan besar yg pernah eksis di bumi Nusantara ini
    semacam kerajaan Majapahit…Pajajaran..Sriwijaya dll bagaimana ya ! …sebab
    yg ane ketahui cuma cerita2 legenda semata…maaf mungkin ini mungkin karena
    keterbatasan ane dalam mengakses info….atau ada yg bisa membabarkan hal tsb di sini….terima kasih !

  2. Yang sudah diketemukan di Gunung padang antara lain semen purba dengan komposisi biji besi tinggi yang bisa mengikat bebatuan dan Logam Purba yang menunjukan adanya upaya pemurnian Logam atau teknologi metalurgi di jaman purba saat itu,,

    ayoo opo maneh …
    apa nunggu semacam All spark yang diberitakan hehehehehe

    Lembaga carbon dating dari amerika itu ingin meneliti logam sepanjang 10 cm yang ditemukan digunung padang ,,

      • pentinglah…krn kalo ada peradaban bisa membuat logam jauh masanya dari peradaban normal.skr..yg kita sekarang …metode prosesnya harus dipelajari..mungkin ada potensi teknik lain….namanya ilmu sih luas-lah…kalo ada all spark…bagus juga…syukur2 ketemu optimus prime..he7x,,,..

        • Jadi inget kisah pedang baja damaskus. Pedang yang katanya jauh lebih tajam dari pedang katana Jepang. Mampu menembus baju zirah/perang bangsa Eropa dalam perang Salib.

          Teknik pembuatan pedang baja damaskus sangat rahasia, sayang hingga sekarang teknik ini putus turunan dan diyakini keluarga atau kaum pembuat pedang ini sudah punah.

          Dengan teknologi nano sekarang inipun, belum diperoleh cara atau teknik untuk membuat pedang baja damaskus. Jadi teknologi metalurgi jaman dulu masih banyak yang mengalahkan kecerdikan ilmuwan masa kini.

          Kalo di Indonesia, teknik pelipatan dalam pembuatan keris yang akhirnya menimbulkan patron atau pola khusus di permukaan keris yang justru memperkuat daya tekan ketika dilekuk-lekuk sampai sekarang masih membingungkan para ahli metalurgi modern. Jadi siapa bilang teknologi jaman dulu tidak penting?

    • buka lg dong tentang allsparknya bung sss…
      yg bikin penasaran tuh proses ngleburnya batu bata purba ini pasti menggunakan panas yg sangat tinggi ini bagaimana ya tehnologinya….tentang umurnya diperkirakan lebih tua dari piramid mesir ya bung?

    • bung Satrio,

      dari sudut timeline keberadaan batang logam tsb masih wajar,

      bukti-bukti menguatkan kesimpulan di awal penelitian Tim Katastrofi Purba dan Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM), bahwa situs megalitikum Gunung Padang merupakan monumen leluhur kita yang usianya lebih tua dari situs Machu Picu di Peru.

      mayoritas arkeolog yakin Machu Picchu dibangun antara 1438–1472 M

      sementara jaman besi / iron age adalah antara 1,300 SM – 700 M.

      foto ‘pistol’ (matchlock musket) dari awal masa renaisans / abad 15,
      http://38.media.tumblr.com/988f20113574c34ad1f3254f4837618e/tumblr_n0pp5cHDji1rwjpnyo1_500.png

    • mas Satrio..saya membayangkan dari sedikit saja spesiment semen purba itu diteliti di lab. dan mengetahui komposisi tepat bahannya lalu alur pembuatannya/produksinya lalu hasil penelitian itu diterapkan pada industri semen kita maka industri semen kita akan menjadi Raja semen dunia karena semen yang dihasilkan sudah battle proven tahan ribuan tahun. Kecuali kita tinggal di rumah dari kaca.. Bayangkan berapa besar pasar semen dunia, berapa besar nilainya dan kita Rajanya…Industri dengan nilai Bilyunan dolar untuk jangka waktu sepanjang masa, untuk selamanya.. hanya untuk Kejayaan Nusantara…berasal dari secuil speciment semen di Gunung Padang…{ ngarep.com }

  3. Jgn dikasih akses buat peneliti asing..!!!! Biar bangsa ini saja beserta para ahlinye yg meneliti situs ini..knp peneliti asing tertarik..???
    Karena bukan masalah piramida semata,tapi masalah yg lebih dahsyat lagi karena dlm gunung padang menyimpan teknologi dahsyat didalamnye ada chamber yg terdapat pembangkit listrik dari bahan bakar air yg disebut ” HYDROTANA” diteras 3 & 4..malah yg ane baca masih banyak lagi teknologi canggih lainye,salah satunye cara membuat bahan bakar dari air..mobil,motor ga usah lagi pake bbm kaya sekarang…ane yakin ini bakal jadi rahasia terheboh abad ini, karena bila bener terjadi bisa bikin dunia persilatan geger..!!!

    ….NKRI HARGA MATI…

  4. Sebelum disahkan kebenarannya baik kita gak usah angan muluk2 dulu.Apa hubungannya kota Atlantis yang hilang dgn Megalitikum gunung padang? Apalagi hubungannya dgn perahu nabi nuh dan kerajaan sulaiman? Kita mau fakta dan bukti,Dana riset 10 triliun spt yg diprogramkan pemarintah capres terpilih hrs diambil sedikit untuk membiayai dan membentuk tim ekspedisi khusus Badan purbakala dan sejarah megalitikum gunung padang.sebaiknya melibatkan tim khusus artifak purbakala dari 7 negara yg terpilih dan tim penyelidik pencarian purbakala dari 5 universitas indonesia yg terpilih.Hrs melibatkan Departemen Dikbud,alam sekitar,Dalam negeri,TNI,KPK pokoknya Badan yg berkenaan hrs turun lapangan semua.ini menyangkut soal asal usul dan peradaban nusantara juga peradaban dunia.jangan2 krn kebikjasanaan pemerintah yg klemer2 sudahnya nnt ada rombongan dari USA dtg ke situs megalitikum gunung padang lihat sana lihat sini,pleseran sana pleseran sini,dan akhirnya gondol sana gondol sini.

  5. Kalau banyak negara yng berminat, berarti mereka sudah tau apa yg didalamnya dan caranya bagaimana. Jangan sampai diboongin seperti Free Port. Sudah tau didalam ada gunung Mas mereka minta izin cari tembaga, sehingga namanya Tembaga Pura. Jangan sampai ada Karbonapura, Wisatapura, dan pura-pura lainnya.