Nov 192014
 

https://i2.wp.com/cdn.klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2014/09/04/423953/670x335/habibie-sebut-subsidi-bbm-warisan-keliru-orde-baru.jpg?w=695

BJ Habibie. citraindonesia.com

Merdeka.com – Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharudin Jusuf Habibie menyatakan tidak setuju bila Bahan Bakar Minyak terus disubsidi. Pandangan ini sudah disampaikan sejak dia bergabung dengan pemerintahan pada era Orde Baru.

Dia mengenang diskusinya bersama Presiden Soeharto awal 1980-an mengenai potensi subsidi energi salah sasaran. Dari seharusnya dinikmati warga yang mayoritas tidak mampu, malah menguntungkan kalangan menengah ke atas.

“Saya tidak setuju energi disubsidi. Bayangkan misalnya perusahaan asing, investasi di sini. Dia awalnya menghitung ongkos produksi berdasarkan harga pasar. Tapi ada BBM bersubsidi, dia beli itu, dia bakar untuk perusahaannya dan untung lebih besar. Ini tidak bisa dicegah, itu sifat manusia,” kata Habibie saat memberi orasi ilmiah di Seminar “Refleksi Tiga Tahun MP3EI” di Jakarta, Kamis (4/9).

Sayangnya, saran Habibie yang kala itu menjabat menteri riset dan teknologi tak digubris. Soeharto berkukuh mempertahankan subsidi, dengan alasan negara masih punya uang.

Kala itu, Indonesia memproduksi 1,8 juta barel minyak per hari. Konsumen di dalam negeri cuma menyerap sepertiganya, sisanya diekspor. Karenanya Indonesia masih bisa bergabung dengan kartel minyak internasional, OPEC.

Kini keadaan sudah berbalik, dengan produksi terus anjlok, sementara konsumsi melonjak dua kali lipat. Habibie heran, mengapa pemerintahan pasca Orde Baru masih mempertahankan kebijakan subsidi BBM yang bikin anggaran mubazir.

“Anda bisa bayangkan berapa triliun kita harus subsidi, bisa di antara Rp 250-300 triliun,” urainya.

Prinsip itu yang membuatnya menaikkan harga jual BBM pada 1999, selepas menggantikan Soeharto. Dia berpandangan tak perlu ragu menghapus total subsidi BBM, duitnya dialihkan ke anggaran pendidikan dan kesehatan.

Kalau ada protes, dia meyakini itu hanya sementara. Sedangkan pemerintah akan menikmati keuntungan jangka panjang.

“Saya tidak tahu siapa yang suka protes itu (kalau BBM naik). Tapi dari pengalaman saya, bangsa ini adalah bangsa pejuang. Bangsa ini mau berkorban, asal jelas berkorban untuk siapa,” kata Habibie.

“Zaman saya tidak ada subsidi BBM, silakan dicek. Yang jelas uangnya direncanakan untuk pembangunan, untuk pendidikan gratis, kesehatan gratis, atau modal kerja UKM dengan suku bunga 0 persen,” imbuhnya. (www.merdeka.com)

 Posted by on November 19, 2014

  71 Responses to “Habibie sebut subsidi BBM warisan keliru Orde Baru”

    • Setuju pendapat pak habibie lagian subsidi bbm itu di kuasai mafia, berharap pemerintah jokowi – jk berantas mafia migas segera

      • Nah kayak gini dong mantan presiden. . Berpikir untuk maju. Jangan kayak mantan presiden lain .berpikir untuk popularitas.

        • bung @anak mandailing, anda akan menangis kalau tahu perjuangan seluruh mantan presiden kita. Karena yang kita ketahui tidak ada seujung kuku-pun. Tidak ada yang tidak berjasa. semua ada masanya sendiri-sendiri.
          Move ON bung, yg lalu biar menjadi pelajaran. lihat kedepan.

      • Kalau harga BBM mengikuti harga pasar sama saja pemikiran liberalisasi sektor migas, yang diuntungkan asing dari hulu sampai hilir mereka explorasi disini dibawa ke tempat mereka lalu dijual lagi di sini…. luar biasa untung yg berlipat ganda, lalu sampai kapan Pertamina menjadi tuan rumah dinegeri sendiri ???

        • saya lebih percaya pemikiran bapak BJ Habibie dari pada ente bung @rafly

          • Hehehe… sy tidak memaksa siapapun utk menjadi satu kepala dengan saya, sama halnya pak Pramono edi tidak berharap pak Habibie satu kepala dengan dia.

            Salam bung arbizzam lama tak jumpa.

        • Kenapa bangsa ini belum mampu membangun kilang sendiri????????? Aneh…..??!

        • Nah betul ini bung jalo, ini salah satu cara kita agar menuju kemandirian sektor migas… kita tahu membangun kilang biayanya sangat besar, maka salah satunya cara ya kerjasama tetapi harus win-win solution supaya bangsa ini tidak selamanya menjadi kuli di rumah sendiri.

        • oke2 aja kalau dana subsidi dialihkan tepat sasaran, tapi efek kenaikan sembako harus diakali

        • Yah bener bung edo, makanya sekarang sudah diurus dalam rapat kabinet. Memang untuk masalah ini tidak bisa diselesaikan dalam 1/2 hari, kasih waktu…. Dan mari kita pantau agar program2nya amanah seperti kata Pak Habibie, outputnya untuk kepentingan rakyat.

        • Makanya itu kenaikan gak 100% bung rafli, kalau lihat hitungan keekonomian dengan harha minyak sekarang yaitu Rp. 8.600, jadi pemerintah subsidi Rp. 100. Nanti kalau harga minyak dunia naik lagi, yah kan nambah lagi subsidinya, kalau harga gak dinaikan juga…
          http://www.hetanews.com/article/8900/pertamina-harga-keekonomian-premium-rp-8600

          Oohhh iya, kalau masalah hukum bisa dijelaskan gak? Itu UU apa dan pasal berapa?

        • Pasal 28 Ayat (2) UU Migas 2001 yang berbunyi, ”Harga bahan bakar minyak dan harga gas bumi diserahkan pada mekanisme persaingan usaha yang sehat dan wajar,” telah dinyatakan batal dan tidak mempunyai kekuatan hukum yang mengikat oleh Mahkamah Konstitusi. Artinya, jika ada upaya-upaya pemerintah kita tetap menyerahkan harga BBM pada “persaingan usaha yang sehat dan wajar” atau pasar bebas, maka mereka telah melanggar konstitusi UUD 1945.

        • Bung Jalo saya mau tanya yang dinaikin BBM subsidi nah kalau pertamax ngikutin harga pasar dunia dan sekarang BBM lagi turun..kenapa harga Pertamax ga ikut turun kan pertamax ga disubsidi..?
          maklum orang awam ga tau mslh ky ginian…

        • subsidi bbm gk bakal bikin orang lepas dari kemiskinan bung rafly
          klo dsuruh bangun kilang 80T itu gede loh
          gaji sluruh pns aja dbwh itu
          klo mau bikin kilang pns gk digaji 1 thun biar dananya ada
          atau mau hutang lagi

          minyak dri prusahaan asing pun dibeli kan dngan harga dunia bung
          skrng boleh lah 80 dolar per barel, tp 1 bulan lagi?
          minyak itu paling susah di tebak prgerakannya gk kayak saham
          banyak aktornya bung
          coba ente rata2 1th brp dolar harga minyak?
          monggooooo

        • bung Jalo,

          menkeu sekarang adalah orang lama di kemenkeu, artinya dia punya kompetensi untuk bicara seperti ini tentang kemudahan bagi investor kilang;

          …kami siapkan insentifnya, insentifnya luarbiasa, tax holiday diatas 10 tahun.
          sudah ada area free and clean 500 hektar di bontang.
          sewanya bisa gratis, cuman kalau dari kementerian teknisnya tidak maju, kita tidak bisa maju…

          menteri teknisnya ya jero ‘mangkrak’ wacik, ini orang gak becus, rfid mangkrak, konversi bbg mangkrak sekarang kilang (yang milih dia juga gak bisa lepas tangan, asal2an)…

          dan gak jalannya proyek kilang di masa SBY ini harusnya bisa diselidiki polisi, kejaksaan, atau KPK, apakah ada unsur pelanggaran terhadap sumpah menteri;

          ..bahwa saya untuk melakukan atau TIDAK MELAKUKAN sesuatu dalam jabatan ini, tidak sekali-sekali MENERIMA dari siapapun juga (mis. mafia migas)…

          supir bus yang ugal2an dan celaka bisa dituduh melakukan kelalaian yang mengakibatkan kematian orang lain, jw harus bisa menjelaskan kenapa dia gagal mewujudkan proyek kilang padahal kemenkeu sudah menyiapkan insentif habis2an.

          jika penjelasannya tidak logis, harusnya bisa didakwa melakukan kelalaian yang menyengsarakan rakyat…

        • …ada beberapa hal yang tidak bisa kita laksanakan dari pihak Kuwait terkait hal perundangan. Permintaan menyangkut PPh badan minta 5 persen, padahal undang-undang kita mengatakan 25%…

          hayo mana yang bener, menkeu bilang udah disiapkan tax holiday diatas 10 tahun…

          http://www.kabarenergi.com/beritam-pertamina-gagal-gaet-investor-kuwait.html

        • Hehehehehe, sekarang si JW sudah berhadapan dengan KPK tinggal tunggu hasilnya aja.

        • makanya harga skr kan moderate….asing g bisa masuk. masih dibawah harga pasar normal ..tapi negara g rugi.banyak..(jujurnya sih untung tipis)..yg seharusnya pemerintah subsidi itu penyusutan kilang minyak…dan biaya angkut ke remote area…

    • Bagaimana dengan PETRAL? ada yang mau bahas? ada yang tahu tentang Muhammad rizal chalid?

  1. Subsidi sumber korupsi anti transparant

  2. absen

  3. emangnya indonesia saja yg bbmnya di subsidi bi,,?

  4. Betul sekali Pak, Hormat..

  5. ikut ajalah..

  6. habuska supsidi bbm.

  7. hapuska supsidi bbm.

  8. Se7 Prof, sayangnya masih ada mahasiswa yang tidak setuju, dng turun kejalan yang rawan terjadinya anarkis.

  9. Iye’ Datuk ku BJ.Habibie saya setuju , dan terima kasih atas perjuanganta’ seLama ini , saya akan seLaLu menjunjung tinggi ki’ , Tabe’ Hormat buat Datukku Puang BJ Habibie .

  10. Kpn negeri ini maju klo ratusan triliun APBN terus saja digerus oleh kacung2 pemilik mobil dan rumah mewah, para mafia yg mementingkan perut dirinya sendiri. Saatnya negeri ini bangkit, yg berada tak lg termanja, yg papa dpt sentuhan lgsung negara. Cabut total subsidi BBM….!!!!

  11. Subsidilah sektor yg memiliki manfaat besar dan jangka panjang.. Stop diperbudak oleh Emas Hitam. Wake Up dan Change.

  12. yang penting jelas kemana ?(rakyat) dan untuk apa ? (rakyat) dan jelas juga itung-itungannya (jangan dikorupsi).

  13. “Saya tidak tahu siapa yang suka
    protes itu (kalau BBM naik). Tapi dari
    pengalaman saya, bangsa ini adalah
    bangsa pejuang. Bangsa ini mau
    berkorban, asal jelas berkorban untuk
    siapa,” LIKE THIS! Diajak berkorban dan berjuang dan lapar sebentar tidak mau, hla kalau perang?

  14. tabe’ puang, sy harap pemikiran cerdas tuan bs mencerahkan sodara2 kita yg belum tercerahkan. langkah cerdas pemerintahan mengalihkan subsidi BBM hrs di dukung, selama kebijakan itu untuk kebaikan bangsa siapapun presidenya wajib kita dukung.

    • Tentu harus kita dukung bila itu untuk kebaikan, tetapi kita juga harus konsekwen bila kebijakan tersebut bertentangan dengan perundang-undangan yg berlaku harus kita pertanyakan apa dasar hukumnya, karena ini negara ada pilar-pilar hukumnya sebagai pegangan bukan seperti rumah tangga.

      • Perundang2an yg mana bos………? UUD 45 psl 33 ya…… dicermati n difahami dulu br comment
        ” karena ini negara ada pilar-pilar hukumnya sebagai pegangan bukan seperti rumah tangga.” ini aja tdk mencerminkan anda ngerti hukum……. salam damai

  15. Kalau ada masih kepenting2an..utk memeras rakyat secara halus..selama negara kita berdiri..nama nya BBM gak bakalan kelar urusan nya..kecuali..ada yg berani dan tegas..pemimpin atau orang2 yang bener2 berjiwa nasionalis..rakyat berani berkorban..tapi tindakan atau rencana pemerintah harus real kebawah..bukan keatas..maaf..tukang panjat tower..heee..

  16. yang penting jelas alirannya kemana?(rakyat) dan untuk apa?(rakyat) serta jangan dikorupsi.

  17. gw juga bingung sama yg demo,
    klo emang subsidi untuk pembangunan negara dan untuk mensejahterakan rakyatnya knapa mesti protes,, toh naik nya cuma 2000, bukannya saya sombong dan mampu untuk bilang seperti itu,
    tapi pembangunan infrastruktur negara itu lebih penting,,seperti di kutip JK (jarwo kuat)
    lebih baik hidup sederhana,dari pada hidup mewah di bawah subsidi,,
    sungguh memalukan ,,,

  18. Semua itu kembali lagi pada niatnya …. Saya hanya orang biasa yang mempunyai gaji dibawah UMR, sudah lama saya tidak ‘mencicipi’ yang namanya BBM bersubsidi. Kalau kompensasinya diperuntukan atau dikembalikan kembali buat rakyat dan tidak diselewengkan saya dukung aja. Tetapi di daerah saya banyak masyarakat yang membutuhkan ‘bantuan’ kesehariannya maklum wong cilik.
    Buat para penguasa disana kami titipkan harapan jangan sampai ada kebocoran dalam APBN …
    Buat saya pribadi saya mencoba mengembargo diri sendiri supaya lebih mandiri dan kreatif mencari penghasilan tambahan yang halal, maklum cuma guru swasta … IMHO
    Majulah Bangsaku …
    NKRI HARGA MATI …

    • Bung Seajurig, saya juga untuk bbm ini merasa berat dengan gaji saya dari seorang jurnalis. Saya seperti anda mencari penghasilan tambahan seperti ngajar untuk membantu tambahan uang kuliah saya. Dan juga mengatur pola penggunaan bbm agar tidak anjlok keuangan saya. Solusi saya adalah dengan mengorbankan duit untuk membeli sepeda, untuk jarak terjauh 7 km, saya menggunakan sepeda seperti ke kampus, dll. Memang kekurangan pasti ada, yakni waktu, karena menggunakan sepeda waktu akan lebih terbuang daripada menggunakan sepeda motor. Kalau masalah waktu saya termasuk orng yg sangat menghargai masalah ini, makanya saya mengakalinya dengan menghitung, meski harus ada pengorbanan waktu istirahat yg kurang. Keuntungannya nambah pola hidup sehat, 🙂

      Jadi intinya, solusi itu pasti selalu ada…. Maaf jadi curhat, 😀

    • Saya mengagumi optimisme anda bung seajurig., selalu ada jalan kalo kita mau berusaha. Semoga semangat bung seajurig bs menggugah kita semua
      Trims

  19. Goooood prof

  20. ah kemaren pas pak sby naikan bbm , pak habibie engga dukung kaya gini !

    • bener juga bro,,,,, perjuangan makin berat di depan,,,, BBM naik pasti semua ikut naik juga, imbasnya jelas terasa bagi masyarakat miskin, parahnya lagi yang kemarin ada di bawah garis kemiskinan kemudian naik pas di garis kemiskinan eeeh turun lagi ke bawah garis kemiskinan cuma riwayat hidup Bapk prof yg satu ini kan kelamaan hidup enak di negeri orang, so gampang dong bikin statetement begitu tapi semoga memang semua untuk tujuan mensejahterakan rakyat ,,,, lancaaaar https://www.youtube.com/watch?v=FEXO6_ImgMg&spfreload=10

  21. naik Rp. 2000 tapi sebahagian kecil orang indonesia seperti mau kiamat, padahal saudara kita di daerah kabupaten di kaltim beli bbm Rp.30.000 nyantae aja, dulu prapejuang berjuang dengan harta bahkan nyawa, la ini naik 2000 aja dah kayak mau kiamat, lebay banget

    • Kalau BBM aja yang naik gk masalah…. ini tidak, smua nya pada ngikut naik….terutama utk kebutuhan hidup panjang, sepeeti sembako. Itu yang dipikirkan rakyat yang kecil, kurang mampu jauh dri kesejahteraan.

      • Yang penting dari segi supply dana tercukupi pak, dana itu dari pekerjaan atau usaha, Dgn hapus subsidi buanyak manfaatnya yaitu lapangan kerja baru. Jadi ga masalah harga mahal tapi supply dana tuk kita dan anak2 kita nanti juga lebih besar.

        • Coba deh sekali2 bung2 pd nyobain tukar nasib sebulan aja ama tukang becak, buruh tani, kuli bangunan dll.
          Yg pnya tanggungan ank seklah biar anda semua tau kaya apa rasanya, krn tdk smua program2 yg dijanjikan pmrintah utk kesejahteraan rakyat tersalurkan dg baik. Itu yg hrs bnr2 dibenahi. Maaf org pinggiran yg g sekolah tinggi ikut comen.

          • Coba bung Nesta tukar nasib sebulan aja jd Presiden, atau menteri., kira2 ada solusi apa?

  22. Sang profesor ahli pesawat terbang dgn buanyaak gelar bergengsi dr dlm dan luar negeri sj sdh memberi pencerahan knp yg masih kuliah dan belum punya gelar satupun masih ngotot paling benar?
    Otak semua pendemo itu biarpun dijadiin satu bwt mikir bareng2 belum bs mendekati kemampuan sang profesor. Mendekati aja belum bs kok merasa paling benar..dgn dalil yg tdk tepat lagi.

    Lebih tdk logis ada yg mencemooh dan mendoakan pemimpin biar celaka dunia akhirat.
    Tidak ada doa mencelakai org lain apalagi pemimpin yg dikabulkan-Nya.
    Terlepas dr benar salah seorang pemimpin, apalagi klo benar, semua pemimpin sejak awal sdh didoakan oleh ulama atau pemimpin2 agama untuk mengambil keputusan scr tepat biarpun tdk menyenangkan semua pihak. Doa2 mereka jelas lebih menyentuh hati Sang Pencipta.
    Klo tiba2 cm beberapa puluh org mendoakan celakanya sang pemimpin hanya akan nol besar hasilnya.
    Lebih baik berhati hati dlm menyumpahi dan mendoakan org lain.
    Sama2 mendoakan, lebih baik mendoakan yg baik2 saja agar klo doa itu berbalik ke diri sendiri hasilnya adalah kebaikan.

    Maaf sedikit oot

    Salam

  23. He he he …
    Komen balasan buat bung Jalo disini aje ya … Soalnya ga bisa reply maklum jaringan lemot …
    Kaya atau miskin itu adanya ‘dipikirkan’ masing-masing individu manusia. Manusia itu tidak akan merasa cukup dan akan merasa kekurangan walaupun diberi 2 gunung emas. Sifat qonaah harus ada dalam tiap diri manusia bila ingin terhindar dari penyakit wahn …
    Saya hanya mengorbankan kebahagian kecil atau ego pribadi buat kebahagiaan yang lebih besar … IMHO
    salam Hormat … Bung Jalo

    • Iya bener bung, seperti kata saya ditulisan bawah, setiap masalah pasti ada solusinya. Masalah kaya atau miskin itu sudah diatur oleh yg kuasa, tinggal kembali kepada kita bersyukur atau cuman ngeluh….

  24. maaf jika salah coment, maklum tukang cangkul …..

    – Pemerintah harus menghapus calo / makelar untuk import minyak mentah, bahkan kalau bisa bertahap menghapus semua bentuk calo calo import dari luar negeri.

    – Pemerintah harus memaksimalkan diplomasi untuk pembuatan kilang minyak / pemurnian minyak mentah hingga kapasitas memadai sesuai kebutuhan, dengan bekerjasama langsung dengan negara negara exportir minyak ( tanpa calo )

    – Deversifikasi BBM, dari bahan bahan terbarukan ( bio diesel, bio petro, dll

  25. Assalamualaikum wr.wb.
    yang naik biarlah naik wuahahaha :mrgreen:
    tapi tolong pemanfaatannya dari menaikkan harga BBM bisa di nikmati dan di lihat secara nyata.
    terutama untuk anak yatim/piatu dan yatim piatu, hehehe kasian mereka sekali-sekali undang makan bersama dengan presiden ya pak :mrgreen: tidak peduli pencitraan atau bukan.

    kalau salah ya maaf 😀
    maaf oot 😀

  26. Saya berharap pemerintah menghapus subsidi BBM secara bertahap sampai habis, bila mungkin dilakukan harga BBM di Indonesia harus lebih tinggi dari harga jual minyak dunia. Negara bisa untung dan bisa dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur dan bantuan hibah untuk wirausaha muda.

  27. Bangsa ini adalah bangsa pejuang. Bangsa ini mau berkorban, asal jelas berkorban untuk siapa,” kata Habibie. Setuju bapak krn sejarah panjang Negeri ini telah mencatat perjuangan Bangsa ini
    Nah kalo yg buat protes kan wajar yg muda2 ini adalah generasi yg sudah biasa menikmati apa yg namanya subsidi nah jadi butuh penyesuain diri dlm hal zona nyaman buat mereka…lain mungkin dng generasi sprti waktu bapak Habibie muda

  28. Yang saya tahu bahwa 53 % pemakai BBM subsidi adalah Mobil Pribadi ,dan 40 % adalah motor, sementara sisanya untuk angkutan umum dan kapal nelayan . (berdasarkan Informasi yang saya lihat dari Metro TV-koreksi bila salah ).
    Jadi 132 Juta 500 ribu dari 250 juta penduduk Insonesia adalah pemakai mobil- yang dianggap sebagai kategori tingkat ekonomi atas,sisanya adalah motor dan angkutan umum dan nelayan.
    Dari 40 % motor tidak semuanya dari kalangan menengah kebawah, karena boleh jadi yang punya motor bisa jadi di rumahnya punya mobil, bahkan memiliki 2 atau lebih motor. Persentase kepemilikan atas kedua jenis kendaraan tersebut tidak diketahui. Sehingga BBM bersubsidi ke pemakai tidak tepat sasaran pengguna.
    Menurut pendapat saya pribadi , alasan yang tidak terlepas dari konsumen BBM adalah dari pemakai transportasi. Sehingga dijadikan alasan bagi pihak penjual atau produsen dari sektor konsumsi untuk menaikkan barang yang akan dijual dikarenakan angkutan untuk mengangkut barangnya juga naik,dari sini dijadikan alasan keterpaksaan barang naik.
    Mari kita lihat mengapa di beberapa negara. Di Singapura penduduk negara tersebut hanya 5 juta jiwa,sehingga wajar negara tersebut makmur,namun coba kita bandingkan bila semua penduduk Singapura yang 5 juta tersebut memiliki mobil artinya kalah banyak dengan Indonesia yang menggunakan 132 juta mobil.Fantastis bukan?secara logika-nyeleneh artinya Rakyat Singapura kalah makmur dibandingkan Indonesia. Sementara di Jerman,hampir tiap hari harga Bensin berubah sebagaimana di Indonesia yang harga tiket kereta dan pesawat terbang berubah, namun di Jerman ,sama sekali tidak ada pergolakan ekonomi didalam negerinya. Alangkah baiknya pemerintah kita mulai studi banding dan belajar banyak dari negara negara maju tsb.
    Oleh karena itu saya mengusulkan agar Pemerintah dapat mendirikan semacam SPBU khusus subsidi untuk Angkutan umum,angkutan sembako dan kapal nelayan,dan meningkatkan powernya untuk mematok batas angkutan umum yang tidak memberatkan masyarakat
    Selain itu mulai secara bertahap Pemerintah mulai melakukan pengadaan angkutan umum massal dengan melibatkan pihak pihak organisasi angkutan masyarakat,sehingga terjadi keuntungan diantara kedua belah pihak.
    Untuk saat ini Pemerintah sebaiknya juga mulai melakukan operasi pasar dan kedepannya bila memungkinkan Pemerintah dapat turut campur menstabilkan harga dengan mendirikan depot depot sembako untuk menekan harga sembako bila sektor transportasi sudah dibenahi.
    mungkin ini usulan nyeleneh,goblok bodoh dan tolol (botol),namun paling tidak saya masih bisa memberikan ide jelek ini dibandingkan dengan pemerintah yang cuma punya solusi yang itu itu juga tanpa ada penyelesaiannya sampai sekarang .silakan bagi teman teman yang punya usulan yang lebih baik. Ini hanya sekedar corat coret yang mungkin tidak membantu,saya hanya orang kecil yang ingin negara saya besar.

  29. Minyak nya pada kencing di tengah laut tuch……!

    kalau engga percaya silahkan di Cek di tengah laut…….!!!

  30. alkisah disebuah negeri antah berantah,

    Ruangan pimpinan SKK Migas luasnya hampir setengah lapangan bola di Lantai 40 Wisma Mulia, Jl Gatot Subroto, Jakarta.

    Berdasarkan penelusuran detikFinance, salah satu pejabat SKK Migas membenarkan ada ruangan yang sangat luas untuk pimpinan SKK Migas.

    ‘Selantai itu cuma ada 3 ruangan besar plus atribut-atribut mewah lainnya,’ ucap pejabat tersebut, Kamis (20/11/2014).

    Ia menambahkan, tiap ruangan pimpinan mencapai 1.000 m2 dan terdapat tiga kamar tidur yang besar juga untuk para pimpinan.

    ‘Ruangannya gede banget, hampir 1.000 m2 per ruangan. dan ada 3 kamar besar atau kamar tidur,’ ucapnya.

    Pejabat tersebut mengungkapkan lagi, tiga ruangan besar dan berisi barang-barang atau atribut mewah itu diperuntukkan untuk tiga pejabat.

    ‘Tiga ruangan dan 3 kamar tidur itu untuk Ketua Komisi Pengawas SKK Migas, Kepala SKK Migas dan Wakil Kepala SKK Migas,’ ujarnya.

  31. wah pak Habibie saya setuju bgt dgn pemikiran Bpk…..apa untungnya mensubsidi BBM ?….meminjam istilah bu Susi, menteri perikanan & kelautan kita, “subsidi BBM itu awal kemudaratan”….saya tetap yakin bapak orang jenius yg pernah Indonesia miliki, yg telah meletakkan dasar2 teknologi dirgantara di Indonesia, melalui karya2 bpk di NURTANIO dulu..berubah menjadi IPTN, berubah lagi menjadi Dirgantara spt saat ini

    semoga sehat selalu ya Pak, Indonesia masih membutuhkan bapak…

 Leave a Reply