JakartaGreater.com - Forum Militer
Jul 302014
 

Liputan6.com, Tak hanya kecanggihan persenjataan, sistim pertahanan anti-rudal Israel yang disebut Iron Dome atau ‘kubah besi’ menjadi faktor pembeda dalam konflik Israel-Palestina yang terjadi belakangan ini. Membuat jumlah korban jiwa di pihak negeri zionis bisa diminimalisasi. Dari 53 yang tewas, 50 di antaranya tentara.

Sementara, di pihak Palestina yang tak punya perlindung secanggih itu, sebanyak 1.200 warga Gaza meninggal dunia. Mayoritas penduduk sipil termasuk anak-anak tak berdosa.

Baru-baru ini terkuak, peretas (hacker) yang diduga berafiliasi dengan militer Tiongkok dilaporkan pernah mencuri ‘sejumlah besar data sensitif’ mengenai perisai rudal Israel yang juga didanai Amerika Serikat.

Dokumen dari tiga kontraktor pertahanan Israel dilaporkan dicuri dalam serangkaian serangan hacker pada 2011 dan 2012 oleh kelompok yang diketahui sebagai  “Comment Crew” — organisasi peretas yang disebut-sebut didanai oleh Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA).

Tuduhan terkait serangan tersebut disampaikan kelompok cybersecurity, Cyber ??Engineering Services (CyberESI) di blog analis keamanan independen Brian Krebs.

Berdasarkan laporan tersebut,  kontraktor pertahanan Israel, Israel Aerospace Industries (IAI), Rafael Advanced Defence Systems, dan Elisra Group dijadikan target. Data yang dibobol termasuk dokumen teknis yang meliputi segala sesuatu dari roket balistik sampai drone.

Joseph Drissel dari CyberESI mengatakan bahwa, berdasarkan sifat serangan, para peretas sedang mencari tahu informasi tentang Iron Dome.

Para hacker juga mencuri dokumen 900 halaman yang menyediakan informasi skema rinci dari rudal Arrow III — teknologi yang menurut  Joseph Drissel tidak didesain Israel, “melainkan oleh Boeing dan kontraktor pertahanan AS.”

“Dalam prosesnya, mereka pada dasarnya menyerahkan banyak hal yang mungkin juga digunakan dalam sistem kita (AS), “kata Drissel kepada Krebs, seperti Liputan6.com kutip dari Belfast Telegraph, Rabu (30/7/2014).

Koneksi dengan pihak AS mungkin jadi penyebab mengapa peretasan itu tak dilaporkan oleh kontraktor Israel. Dua dari mereka menolak berkomentar, sementara IAI mengatakan, itu “informasi lama”.

“IAI melakukan tindakan pencegahan insiden seperti itu di masa depan,” kata  juru bicara IAI Eliana Fishler.

Comment Crew, yang jadi ‘tersangka’ peretasan diidentifikasi oleh perusahaan keamanan Mandiant pada Februari 2013 sebagai  Unit 61398 yang menjadi bagian dari PLA. Laporan ini menyebabkan penangkapan 5 anggota kelompok itu oleh Departemen Kehakiman AS terkait serangan terhadap perusahaan-perusahaan swasta.

Namun, CyberESI belum mengungkap bukti langsung keterlibatan militer Tiongkok. Sementara, modusnya diduga dengan menginstal sejumlah tool dan program  Trojan pada sistem internal kontraktor Israel, dengan cara itu  hacker dilaporkan memperoleh akses ke akun email dari para petinggi.

Kepada Business Insider, ilmuwan riset Jon Lindsay dari University of California’s Global Institute on Conflict and Cooperation mengatakan, peretasan bisa mengindikasikan ketertarikan Tiongkok untuk mengembangkan perisai rudal mereka sendiri. Apalagi, teknologi semacam itu sulit dikembangkan. Juga tak murah.

Tiongkok Siap Bantu Gaza

Sementara itu di Beijing, Menteri Luar Negeri China,  Wang Yi mengaku pihaknya menyesalkan konflik yang terjadi di Gaza. Mengutuk keras konflik yang telah menewaskan lebih dari 1.200 warga Palestina dan lebih dari 50 warga Israel.

“Pertempuran terus terjadi, bahkan di saat perayaan Idul Fitri. Kami merasa sedih dan berduka,” kata Pak Menlu seperti dimuat situs People Daily.

Tiongkok mengaku siap membantu perundingan damai antara Palestina dan Israel.

“China mengerti bagaimana rakyat Gaza telah menderita dan akan terus memberikan bantuan sesuai kapasitas kami untuk Palestina dan Jalur Gaza,” kata Wang.

(Elin Yunita Kristanti)

Sumber : Liputan6.com

Berbagi

  62 Responses to “Hacker China Bobol Sistim Pertahanan Rudal Israel ‘Iron Dome’?”

  1.  

    Lanjutkan bobol bang cyber,tularkan ilmunya ke cyber cyber lain….!!!

  2.  

    Baguslah kita bisa borong KW2 nya dengan harga murah meriah

  3.  

    pertamax

  4.  

    klimaxx??

  5.  

    ikuuut

  6.  

    ayo koko panda, jual roket-roket koko ke gaza, yang bisa jangkau jarak 150 km

  7.  

    bagus bagus, bikin iron dome nembakin fasilitas2 militer israel biar senjata makan tuan

  8.  

    Coba hacker indonesia yg begitu,mantaab tuh..!! Boleh juga nih hasil hack irondome di publish biar tau kelemahanye..paling”ga laku tar dipasaran,emang tiongkok numero uno dlm hal intelejen masalah nyolong teknologi canggih..jln pintas daripada ngembangin sendiri susah & juga gede biayanye..emang bukan rahasia lagi negara maju juga sama saling nyolong menyolong …he.he..he..!!! Apalagi eranye perang dingin antara asu sama uni soviet..lanjutkan…!! Biar seru nih dunia ceritanye..!! ( kaya sinetron az).

    …NKRI HARGA MATI…

  9.  

    izin nyimak

  10.  

    mudah2an kerja hecker berhasil, iron drone israel nembak markas sendiri

  11.  

    Berharap bantuan china tdk hanya diplomasi, tp jg bantuan nyata berupa obat2an bg warga gaza dan -kl bisa nich- senjata bg hamas 🙂
    Btw advertising laman jakartagreater.com di gadget sy kok .il ya, ironis! 🙂

  12.  

    Hemmmm … Kita tunggu progres nya lebih lanjut …

  13.  

    btw berita hacker cina yg 34 orang yg di tangkap kemaren di Semarang dalam rangka apa y..?

  14.  

    Saya harap ngga ada lagi hujatan dan kutukan. Doa yang buruk akan di tolak langit dan balik pada empunya. Apalagi sampe ayat al qur’an keluar.

  15.  

    Sudah ya bung LA ngehujat sama kutukannya selesai yah, biar enak di baca

  16.  

    jgn terlalu percaya sama china…

    ingat kasus muslim Uyghur di Xinjiang China

  17.  

    pencerahan yg brilian dari sultan yg sangat kami hormati …

  18.  

    numpang..like it jg

  19.  

    monggo

  20.  

    JKGR sekarang penuh Hujatan dan Cacian. Baru adem dr cacian waktu Pilpres..ini udh dimulai lg sm adminnya soal Palestina..udh jadi Forum Politik ya?..boleh2 aja artikel soal Palestina, tp krn ini Forum Militer hrsnya yg di bahas kan soal taktik/strategi militer ke dua pihak atw soal persenjataan Hamas/IDF..biar nambah pengetahuan kita sbg military fans boy..

  21.  

    Hadir

  22.  

    Pelajaran bagi kita, bahwa mempunyai pertahanan udara yg handal adalah suatu hal yang wajib kita miliki..kalau pertahanan udara kita lemah…kasihan rakyat…bakalan banyak korban dari kalangan sipil/rakyat.

    Ayoo…beli SAM-300, SAM-400 dan pantsyr..untuk menjaga seluruh rakyat Indonesia dari bombardir serangan pesawat udara musuh.

    Belilah secepatnya…jangan sampe terlambat…

  23.  

    Imho, jika adanya kebocoran dilaporkan oleh korban, kemungkinan besar lubang telah ditutup. Tampaknya tidak mungkin pembuat benteng menyebarluaskan kabar kepada publik bahwa bentengnya sudah berlubang. Mungkin ya, sekali lagi mungkin.

  24.  

    utk apa kawan..negara kita bkn palestine,dan negara2 tetangga kita jg bkn seperti israel,nyantai doong…

    •  

      buat koment no 24,kawan lesmono..

    •  

      Kawan, boleh saja nyantai tapi nanti kalau indonesia telah kuat dalam hal pertahanan negara.

      Info dari sesepuh bahwa kita telah dikelilingi kekuatan militer asing…so bukanlah hal yg tepat kalau santai2 pada saat ini…malahan harus terus kerja keras dan mawas diri.

      Ingat..ingat…pada saat keadaan damai sekarang ini..itulah saat yg tepat untuk mempersiapkan diri..memperkuat diri..

      Salah satu langkah tepat memperkuat diri dan mawas diri adalah pembelian pertahanan udara..sam-300,sam-400 dan pantsyr.

    •  

      jangan lupa tetangga kita si upil merupakan “murid” israel……
      negara kita juga dikepung dengan pangkalan musang…..
      jadi HanUd kita merupakan keniscayaan dan keharusan…..
      …..
      satu lagi
      sekarang banyak situs palsu yang berusaha mengadudomba rakyat indonesia yang asalnya dari US
      Wikileaks tentang skandal pencetakan uang …. indikasinya mengarah ke Australia
      mari kita jaga Persatuan Indonesia ….. terutama setelah pilpres ini
      Salam Nusantara

  25.  

    Disini juga udah pw..

  26.  

    Itu hak mereka di negara mereka @Frans tetapi politik luar negeri mereka jauh lebih baik daripada ASU dan Konco-konconya

    •  

      lah..katanya sesama muslim itu adlh bersaudara,ternyata khusus muslim di china tdk termasuk dlm persaudaraan muslim indonesia..hmm berarti agama anda pilih2 ras jg,saya br tahu!

      •  

        Hati hati, jgn asal jeplak. Itu pendapat pribadi dia. Jgn bawa bawa agama.
        Emangnya ibadah anda pd agama anda sendiri udh benar? Gak akan enakkan krn omongan anda itu kl saya bilang berarti agama anda ngajarin ngehujat orang lain?

  27.  

    Affirmative 😈

  28.  

    Kita terus meningkatkan kemampuan untuk membuat alutsista agar tdk mudah didikte oleh asing.salam sejahtera bagi sultan dan rakyatnya yg telah memilih sistem yg menjauhkan dari kehancuran.

  29.  

    hehehe….:)

  30.  

    tenang bung, frans lagi mabok kecubung kayaknya

 Leave a Reply