HAL India Akan Ekspor Mesin Su-30MKI dan MiG-29

Jakartagreater.com – Hindustan Aeronautics Limited (HAL), pabrikan dirgantara Pemerintah India menandatangani kesepakatan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Rosoboronexport Rusia untuk mengekspor suku cadang dan aksesoris mesin pesawat tempur Su-30MKI dan MiG-29, lansir Defenseworld.

“MoU ini kedepannya akan mengekspor suku cadang dan service ke negara-negara sahabat yang izinnya telah diberikan kepada HAL. Kedua pihak selanjutnya akan menandatangani perjanjian tentang syarat dan ketentuan yang disepakati bersama. Cakupannya akan mencakup Su-30 MKI, mesin AL-31FP, mesin RD-33, aksesoris dll, ”kata HAL dalam sebuah pernyataan.

Perjanjian tersebut ditandatangani Jumat lalu selama pameran DefExpo 2020 yang diadakan di kota Lucknow, negara bagian Uttar Pradesh.

Sebelumnya, pemilik pesawat tempur buatan Rusia seperti MiG-29 (mesin RD-33) dan Su-30 (mesin AL-31F) membeli sumber suku cadang dari negara ketiga yang tidak diotorisasi oleh produsen peralatan asli Rusia (original equipment manufacturer – OEM) karena pertimbangan biaya dan pasokan . Perjanjian baru menghubungkan India ke dalam rantai pasokan global jet tempur Rusia, meningkatkan daya tarik pelanggan saat ini dan berpotensi meningkatkan HAL ke tingkat mitra pemasok suku cadang global untuk Rosoboronexport.

Mesin AL-31FP

Mesin AL-31FP mendukung varian jet tempur Sukhoi India, Su-30MKI. Kesamaan bagian antara versi India dengan jet varian baru Su-30 seperti Su-30SM dan Su-30MKM, telah membuka pasar ekspor potensial untuk mesin. Jet tersebut digunakan oleh Aljazair, Angola, Armenia, Kazakhstan, Indonesia, Malaysia, dan Vietnam.

Menurut HAL, AL-31FP adalah mesin twin spool, axial, mesin turbofan bypass rendah yang menggabungkan Sistem After Burner, nozzle jet dengan vectoring dorong, air-to-air heat exchanger, dan anti-surge system.

Fitur spesifik dari AL-31FP adalah axi-symmetric vectoring nozzle dengan sudut vektoring ± 15 derajat di bidang vertikal yang memberikan kemampuan manuver super pesawat. Kontrol nozzle vectoring terintegrasi dengan sistem kontrol engine. Engine AL-31FP memastikan operasinal pesawat yang stabil saat melakukan manuver super.

Mesin lain yang termasuk dalam perjanjian adalah RD-33 yang menggerakkan jet tempur Mikoyan MiG-29 yang dioperasikan oleh Aljazair, Bangladesh, Kazakhstan, Malaysia, Mongolia, Myanmar, dan Serbia.

HAL memproduksi RD-33MK yang memberikan daya dorong yang lebih tinggi daripada model dasar (RD-33) dengan memberikan berbagai keunggulan seperti kontrol penerbangan tidak terbatas dan stabilitas tinggi terhadap gangguan sekitar. Jet tempur yang dilengkapi dengan mesin ini dapat dengan aman lepas landas dari dek kapal induk dan efektif melakukan tugas tempur pada iklim panas. Mesin tersebut berisi sistem yang mengurangi jejak inframerah dan visibilitas optiknya.

3 pemikiran pada “HAL India Akan Ekspor Mesin Su-30MKI dan MiG-29”

Tinggalkan komentar