Mar 292019
 

Jet tempur ringan (LCA) Tejas mendarat © Hindustan Aeronautics Limited (HAL)

JakartaGreater.com – Hindustan Aeronautics Ltd. (HAL) telah memproduksi LCA Tejas ke-16 sesuai dengan targetnya hingga 31 Maret 2019. Uji penerbangan dari pelanggan ini diharapkan selesai pada akhir bulan, seperti dilansir dari rilis pers perusahaan.

HAL memiliki pesanan untuk produksi 40 unit LCA (masing-masing 16 unit untuk di IOC dan FOC dan 8 unit untuk pesawat latih) dari IAF (Angkatan Udara India). Pesawat ini dilantik ke dalam skuadron ‘Flying Daggers‘ di Angkatan Udara India pada 1 Juli 2016.

Produksi LCA dimulai pada tahun 2014 silam dengan kapasitas produksi saat ini 8 unit pesawat per tahun. Lini produksi kedua juga telah didirikan di Divisi Aircraft (Kompleks Bangalore), yang melakukan perakitan struktural, perakitan akhir dan memperlengkapi pesawat.

Baru-baru ini HAL telah menerima gambar dan dokumen yang berkaitan dengan FOC dengan izin terbatas untuk LCA Tejas dari CEMILAC dan ADA. Dengan ini HAL dapat mulai bekerja menuju produksi pesawat tempur standar FOC. Pesawat pertama dalam konfigurasi FOC dapat diluncurkan pada akhir tahun ini.

LCA Tejas menunjukkan kemampuan tempurnya dalam latihan ‘Gagan Shakti’ IAF dengan sukses menembakkan rudal udara-ke-udara BVR Derby buatan Israel. Dua LCA Tejas akan terbang dipameran Langkawi International Maritime Aerospace (Lima-2019) di Malaysia. Tim HAL akan memberikan dukungan teknis di pameran tersebut.