Aug 072017
 

Jet Tempur Su-35 (photo : Vitaly V. Kuzmin)

Rencana pembelian jet tempur Su-35 Indonesia menarik perhatian sejumlah media Vietnam, antara lain Baodatviet.vn dan Anninhthudo.vn.

Pembelian jet tempur Su-35 Indonesia ini dikaitkan dengan jet tempur Su-35 yang lebih dulu dibeli China.

Media Aninhthudo.vn membuat judul yang cukup heboh tentang rencana pembelian jet tempur Su-35 Indonesia. Dalam artikel tanggal 6/8/2017, Aninhthudo.vn mengangkat judul  : Jet tempur Su-35 akan hadir di Laut Cina Selatan, menghancurkan monopoli China (destroying the uniqueness of China).

Isi artikelnya cukup singkat, yakni :

Menteri Pertahanan Indonesia Ryamizard Ryacudu telah mengumumkan pemerintah akan membeli 11 pesawat Su-35 buatan Rusia. Kesepakatan (MoU) ditandatangani 4 Agustus 2017. Dengan event ini, Su-35 secara resmi akan hadir di Laut China Selatan yang mematahkan monopoli China (to break the unique position of China).

Sementara media Baodatviet.vn mengangkat tulisan lebih panjang, terkait rencana pembelian Su-35 Indonesia yang dirilis, 3/8/2017.

Judulnya adalah : Penyerahan Su-35 yang lambat dari Rusia membuat China kehilangan kekuatannya.

Direktur dari Russian Military Technical Cooperation Service, Dmitry Shugaev, mengatakan baru pada tahun 2019, Moskow menyelesaikan kontrak 24 pesawat Su-35 untuk China.

Menurut Dmitry Shugaev, Rusia akan menyerahkan 10 Su-35 ke China pada tahun 2017. “Batch pertama dari empat pesawat Su-35 dikirim pada akhir tahun 2016, dan batch kedua dari 10 Su-35 akan dikirim ke pelanggan pada 2017, “kata direktur tersebut.

Rusia membutuhkan waktu hingga tahun 2019 untuk menyelesaikan kontrak memasok 24  jet tempur Su-35 ke China, yang membuat kesepakatan itu tertunda satu tahun.

Menurut informasi yang tersedia untuk umum, China dan Rusia telah secara resmi menandatangani kontrak pembelian pesawat tempur generasi ke 4 ++ pada tahun 2015. Kontrak akan selesai setelah tiga tahun penandatanganan resmi, yaitu pada 2018. Namun Dmitry Shugaev mengumumkan, Kontrak akan tertunda selama setahun.

Produsen Sukhoi Rusia mengatakan Su-35 adalah jet tempur 4-stroke multi-functional yang dilengkapi dengan mesin jet AL-117S modern, yang mampu terbang dengan kecepatan hingga 2.500 km/jam, untuk terbang sejauh 3.400 km dengan radius tempur sekitar 1.600km.

Beijing telah mengincar Su-35 sejak 2008 di sebuah pameran internasional China Airshow, namun baru pada 2011 kedua pihak secara resmi memasuki kesepakatan penjualan.

Berbicara tentang rencana Su-35 Beijing, The Diplomat, yang menurunkan laporan yang belum dikonfirmasi ke Angkatan Udara China, mengatakan bahwa Angkatan Udara China akan dapat mengoperasikan jet tempur Su-35 di Laut Cina Selatan dan Laut China Timur untuk mengambil keuntungan dari sengketa wilayah dengan Beijing.

The Diplomat mengatakan bahwa setelah membeli Su-35, China mungkin akan fokus untuk menggunakannya sebagai “satuan tugas tempur.” Keunggulan jauh Su-35 akan efektif di Laut Cina Selatan, membangun jaringan pertahanan udara di depan Pulau Hainan, melakukan patroli tanpa mengisi bahan bakar di Laut Cina Selatan untuk jangka waktu yang lama. .

Namun, kekuatan ini tidak akan bertahan karena dalam waktu dekat, Su-35 yang hadir di Laut Cina Selatan tidak hanya dari Angkatan Udara China.

Menurut informasi Duta Besar RI untuk Rusia, Wahid Supriyadi, Angkatan Udara Indonesia akan membeli 8 jet tempur Rusia Su-35 generasi ke-4 +++, bersamaan dengan persyaratan lainnya untuk transfer teknologi.

Wahid Supriyadi menekankan bahwa kedua pihak pada dasarnya telah menyelesaikan proses negosiasi kontrak pembelian pesawat buatan Rusia, yang saat ini sedang membahas tahap finalisasi, terutama di pihak Rusia, terkait produk transfer teknologi Su-35 ke Indonesia.

Dengan penjualan dan pengalihan teknologi Rusia ke Indonesia, kepemilikan jet tempur Su-35 bukan lagi menjadi kekuatan China semata di kawasan ini.

Dari tulisan itu, tampak media Vietnam berharap Su-35 Indonesia nantinya (yang sesama anggota ASEAN),  bisa mematahkan monopoli atau dominasi Su-35 di wilayah Laut China Selatan.

Saat ini China dan Vietnam telah berulang kali bersitegang di Laut China Selatan, terkait klaim tumpang tindih di wilayah Laut China Selatan. Vietnam baru saja merampungkan pembelian enam kapal selam Kilo dari Rusia, untuk memperkuat posisi mereka di Laut China Selatan.

  76 Responses to “Harapan Media Vietnam untuk Su-35 Indonesia”

  1. Beijing tertarik SU35 tahun 2008 dan melakukan negosiasi tahun 2011. Tanda tangan Kontrak 2015.

    Lah indonesia baru berproses 2-3 tahun terakhir , kenapa pada “sumbe pendek” semua yaaa???

  2. wooowww…brrti beritanya sdh mnggemparkn donk…
    brrti selama ini bnyk negara2 mngikuti perkembangan alutsista indonesia..
    mgkin krn dulu indonesia prnh jd macan asia dibelahan bumi selatan, mknya negara lain ada yg mendukung ada jg yg rada2 cemas…trmasuk negara2 persemakmuran yg sllu cemas dgn prkembangan kekuatan militer indonesia,, tp syg nya pemerintah indonesia kurg respeck krna minimnya anggaran utk pertahanan…

  3. betul bung venus anggaran pertahanan seharus lebih di tingkatkan lagi, sekarang Cina lebih agresif di kawasan

  4. Ke ge-er’ran nih vietkong.

  5. Assalamu’alaikum wr. wb.
    Indonesia tidak berniat berperang dengan China ataupun Amerika.

  6. Itu bagian keseimbangan alutsista regional

  7. Vietnam memiliki kepentingan di LCS, jika di lhat dari kandungan arah isi berita yang mereka muat, seakan-akan SU35 TNI AU akan head to head dengan SU35 Tiongkok.
    Indonesia tidak memiliki kepentingan di LCS dan sudah pasti pespur SU35 TNI AU tidak akan memasuki zona merah dan lebih fokus di zona hijau indefikasi pelanggar batas udara NKRI.
    Jika ada sebagian negara di dunia ini memiliki pespur untuk invasi, semoga Indonesia memilikinya hanya untuk kepentingan menjaga keamanan dan keutuhan bangsa dan negara.

  8. Apage kalau pihak pemerintah indonesia beli T 50 fak da
    Ha ha

  9. Diely udah.tpi pesawaty lgi di bikin.proses masih lama x

  10. Sudah matang digoreng terusss,, awas gosong min,,

  11. ngeri ngeri sedap nih buat malontot baca beritanya

  12. Media Vietnam gaduh….itu baru beli SU35….belum yg goib

  13. Dengan adanya Su-35 gak terlalu inferiorlah lawan siluman F tetangga Aussie

  14. vietnam menaruh harapan…
    kalo australia ama singapure mah kaga takut mreka..karena su35 akan g ada apa apa nya dibanding f35 seperti perkiraan para pendukung f35 disiko…
    kalo malon mah..nonton aeeeeee….wkwkwk

  15. Sesuai rencana akan datang 11 pesawat 2018 – 2019 dengan opsi penambahan 6 unit sambil menungggu proses Sukhoi 57 produksi dan ifx.

  16. Sdah sudah bosennnnnn dengernya min dari dulu kagak deal2 itu berita sdah dari tahun 2014, nyatanya gak terealisasi

  17. Indonesia beli Su 35 buat pertahanan diri supaya negara tetangga tk kacau..

  18. Ayo indonesia, tambah juga sama f16 blok 70

  19. Ini tambahan lgi alutsista f 16 blok 72

  20. Admin su35 vs f15SG lebih canggih mana

  21. Bismillah..semoga SU-35 kita nanti bisa bermanfaat untuk kestabilan kawasan laut ASEAN. Yang tamak sempga cepet sadar jika kekuatan bukanlah segala2nya..semua saling membutuhkan dan saling menolong!!!

    Media vietnam jadi terlalu berharap banyak dengan militer indonesia!!

  22. 1 skuadron saja cukup sembari menunggu pengembangan jet tempur kfx/ifx,tahun 2019 rencananya kfx/ifx akan membuat purwarupanya.
    Kita tidak mungkin selamanya bergantung kepada negara luar.
    Tank medium = selesai
    Kapal selam = pembuatan di pt pal.
    Jet tempur = pengembangan di korsel.
    Jika tempur yg saat ini sedang di kembangkan tsb selesai,maka kita akan kembali menyandang gelar macan asia.
    Bangsa indonesia adalah bangsa yg besar.
    1 langkah lagi kawan.
    Tetap semangat

  23. Hello world…
    Hello warjager…

  24. Wk,pertanda vietnam menaruh hrapan utk mnepis pngaruh cina di lCS

    Tp pmerintahnya ni smpai skrng belum teken kontrak

  25. Indonesia tidak punya musuh, Indonesia tidak ingin bermusuhan dengan siapapun tapi tentang wilayah,, Indonesia tidak kompromi dengan siapapun dia yang mengganggu batas teritorial negara ini,,

  26. Harusnya F16 viper nya Indonesia yang menjadi kekuatan di UTARA karena SU 35 Akan ditempatkan Indonesia di SELATAN…?

  27. su 35 kaleng lagi turun injin

  28. kalo harapan sayah, tambah lagi dong 3 ska ajah,.plus 1 ska su34 bonus setengah losin pak fa xixixi

  29. Kapan ya sukhoi bikin sukhoi single engine di Indonesia? http://i.ebayimg.com/images/i/390411050858-0-1/s-l1000.jpg

  30. berapa unit di beli Indonesia

  31. Biar…podo keder…..beritanya…mau borong sepuluh ribu skadron….hohoho….

  32. wajar vietnam berharap sama indonesia dulu vietnam dijajah amrik indonesia yang mengajarkan gerilya,sekarang dengan cina wajar vietnam mengandalkan kakaknya…indonesia…hidup indonesia

  33. Min sebebarnya saya jengkel sama pemerintah… sudah jelas bahwa pembelian alutsista itu mesti berdasarkan kebutuhan bkn keinginan…
    Udah beli 8 minta ToT pula…
    Sebenarnya su 35 itu bagus…
    Tapi apakah tahan lama?
    Versi downgrade nya itu loch yg saya jengkel… amerika ke israel aja versi downgrade apalagi?
    Rusia ke indo?

    • jengkelnya ditahan aja dulu bung…
      ttg belinya berapa unit, pastinya diluar dr pihak2 yg bukan pemangku kepentingan itu cukup jd misteri saja.
      TOT itu kan berlaku relatif.
      krn su35 masih brand new, wajar andaikata dpt downgread. nyatanya pesanan su 27/30 RI jaman dulu yg gagal dibeli malah lebih canggih dr Rusia punya yg akhirnya berpindah tangan ke India

  34. Tumben kok sepi, biasanya kalau ada berita SU 35 kan rame wkwk

  35. Vietnam… Vietnam… Dikira Indonesia anak kemarin sore yg gampang digiring ke medan konflik hanya dengan provokasi kacangan spt itu…
    Semakin terlihat jelas bahwa Indonesia itu mmg memegang peranan penting di kawasan. Amerika dan sekutunya, serta cina dan sekutunya tau persis itu, dan mereka tdk akan gegabah bila ingin menyerang Indonesia. Kestabilan Asean akan terganggu, ujung2 nya mereka sendiri yg akan rugi. Mereka sadar betul bahwa Indonesia haruslah dirangkul. Sebenarnya inilah momentum yg paling tepat utk Indonesia bermain cantik. Mendapatkan keuntungan dari keduanya (USA dan China) yg sedang getol2 nya ingin menarik hati Indonesia. Nah, cuman dr sisi kita Indonesia, jangan lengah, tetap bangun kekuatan, hingga kapan pun seandainya suatu saat nanti kedaulatan itu perlu ditegakkan dengan kekuatan otot militer, kita siap…
    NKRI harga Mati!!!

  36. Salam kenal, numpang ijin gabung sama para senior…

  37. Mhn maaf, jika boleh usul ……..

    Kekuatan terpadu udara menjaga NKRI

    – 32 Radar jarak menengah, dengan jangkauan poros 500 km … Dipasang tersebar diwilayah NKRI / garis pantai / pulau terluar

    – 05 Radar jarak jauh, dengan jangkauan poros hingga 1500 km, dipasang khusus didaerah perbatasan ( batam, natuna , ntt, cilacap, nunukan, )

    – 32 batray rudal jarak menengah mobile system ,

    – 11 Skadron komposit ( pesawat latih, tempur anti gerilya, tempur ringan, medium, berat )

    Hmmmm mak nyuss

  38. Saya punya teman orang Vietnam, ketemu pas sama2 training dari perusahaan… sejatinya mereka (orang Vietnam) tidak suka dengan orang USA (mungkin karena sejarah perang), orang China (sejarah panjang dari era kekaisaran China) dan orang Thailand (mungkin karena saingan antar tetangga)… kalau cerita boss saya yang pernah ke Vietnam, sebenarnya orang sono sama orang Indonesia memang sangat menghormati (mungkin orang seangkatan jaman perang dengan USA, karena temen saya yg orang Vietnam itu biasa saja sikapnya ke saya), mereka menganggap orang Indonesia adalah saudara tua… tidak heran jika mereka menaruh harapan ketika Indonesia membeli SU-35 maka mereka menganggap Indonesia memang tidak main2… dan konsep laut LCS yang di claim China meskipun secara tidak langsung, jelas berbenturan dengan kepentingan maritim Indonesia…

  39. top 10 jet fighter di dunia ini link nya

    https://youtu.be/lBEaPF61m18

  40. top 10 jet fighter di dunia ini link nya,lumayan gan su 35 masuk nomer 3

    https://youtu.be/lBEaPF61m18

 Leave a Reply