Jul 312016
 

Puluhan kapal perang, kapal selam, pesawat, pasukan dan kendaraan amfibi dikerahkan di pelabuhan kota di seluruh Rusia menandai Hari Angkatan Laut pada Minggu (31/07/2016).

Perayaan untuk memperingati kemenangan Angkatan Laut Rusia secara tradisional diadakan pada hari Minggu terakhir bulan Juli, dengan parade Pasifik, Northern, Baltik dan Armada Laut Hitam serta Caspian Flotilla.

Penciptaan Angkatan Laut Reguler Rusia dilakukan pada masa pemerintahan Peter Agung. Selama Kampanye Kedua Azov melawan Turki pada tahun 1696, Rusia menggunakan 2 kapal perang, 4 kapal api, 23 kapal dan 1.300 perahu panjang yang dibangun di galangan kapal sungai di Voronezh. Setelah perebutan benteng Azov, BOYAR Duma mengeluarkan keputusan untuk memulai pembangunan Angkatan Laut pada 20 Oktober 1696.

Tanggal ini dianggap sebagai hari ulang tahun resmi dari Angkatan Laut Reguler Rusia.

Sesuai dengan Keputusan Presiden Vladimir Putin, Hari Angkatan Laut Rusia ditetapkan tanggal 31 Juli.

Pada hari Minggu, orkes simfoni Mariinsky Theater, yang dipimpin oleh Valery Gergiev, melakukan konser musik di Tchaikovsky, Glinka, Shostakovich dan Mussorgsky di atas kapal rudal berpemandu Vrayag di Vladivostok sebagai bagian dari perayaan nasional.

Para pelaut dan tamu juga menikmati pertunjukan pemain biola Jepang yang diakui dunia Akiko Suwanai.

Angkatan Laut aktif ambil bagian dalam operasi anti teroris Rusia di Suriah, yang dipimpin oleh kapal Moskva pembawa rudal jelajah dan Caspian Flotilla.

Pada tanggal 7 Oktober dan kemudian pada tanggal 20 November tahun lalu, kapal perang dari Caspian Flotilla menembakkan salvo dari rudal jelajah Kalibr dari Laut Kaspia dan berhasil mencapai target dari jarak 2.500 km.

Pada tanggal 8 Desember, Rusia meluncurkan kapal selam pertamanya yang membawa rudal jelajah Kalibr. Rudal diluncurkan oleh kapal selam Rostov-on-Don, dan berhasil mengenai semua sasaran yang memiliki jarak ribuan kilometer jauhnya.

Rusia telah melakukan sesuatu “yang belum pernah terjadi sebelumnya”, memperkuat Angkatan Laut dengan sejumlah kapal di lautan dunia hingga melampaui 100.

Dalam beberapa tahun terakhir Rusia telah menugaskan kapal selam yang dipersenjatai rudal balistik Vladimir Monomakh dan Alexander Nevsky, Varshavyanka kelas Novorossiysk, Rostov-on-Don dan subs Stary Oskol serta kapal rudal-ukuran kecil.

Sumber: Sputniknews

  4 Responses to “Hari Angkatan Laut Rusia: 320 Tahun Kejayaan Armada”

  1. Gahar kapalnya…. pensil yang dibawapun gede gede….

  2. dua

  3. nyam nyam rusia stronggg

  4. Happy Anniversary utk Russian Navy

    Where We Are, There is Victory!

 Leave a Reply