Sep 142015
 

Tni-6

Jakarta – Penyanderaan yang dilakukan oleh Gerakan Separatis Papua Bersenjata berada di wilayah Skouwtiau, Papua Nugini (PNG).

Negosiasi antara oknum Organisasi Papua Merdeka (OPM) itu dengan pihak PNG Army terus dilakukan dan hari ini adalah batas terakhir pembebasan sandera.

“Hari ini batas terakhir dari waktu 72 jam seperti negoisasi sebelumnya. Kalau sandera tidak dibebaskan, maka akan dilakukan langkah-langkah represif. Pembebasan sandera dengan cara pemaksaan untuk melepaskan warga,” ungkap Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Teguh Puji Rahardjo kepada detikcom, Senin (14/9/2015).

Meski demikian, ini tidak bisa dilakukan oleh TNI karena berada di wilayah PNG. Namun mengenai operasi pembebasan sandera ini, TNI terus berkoordinasi dengan angkatan bersenjata PNG dan pemerintah setempat melalui Konsulat RI dan Atase Pertahanan (athan) di Vanimo, Papua Nugini.

“Tapi ini yang melakukan PNG Army karena TNI tidak boleh masuk (melakukan operasi) ke wilayah negara lain,” katanya.

Meski begitu, prajurit TNI terutama dari Kodam Cenderawasih sejak peristiwa ini terjadi sudah berada di perbatasan. Ini juga sebagai bentuk antisipasi jika kelompok OPM memutuskan kembali ke wilayah Papua.

“Kita tetap standby di perbatasan. Kita siap dengan segala perkembangan yang, hanya tinggal menunggu perintah. Kita terus monitor apa yang dilakukan tentara PNG,” tutur Teguh.

Sebelumnya Kapuspen TNI Mayjen Endang Sodik mengatakan TNI berharap agar proses negosiasi oleh PNG Army terhadap pihak penyandera dilakukan tidak dengan kekerasan. Pasalnya ada kekhawatiran jika kekerasan dilakukan akan ada lagi korban jiwa dalam peristiwa ini.

“Kami harap tentara PNG tidak melakukan kekerasan agar korban tidak bertambah.Ā  Kita terus monitor dan kita harap semua selamat,” ujar Endang, Minggu (13/9).

Sebelum penculikan terjadi, peristiwa berawal dari penembakan OPM terhadap 4 pekerja penebang kayu di kampung Skofro, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Papua, Rabu (9/9). Satu orang tewas dalam insiden itu, namun satu orang berhasil kabur meski terluka. Sayangnya OPM berhasil membawa 2 pekerja lainnya untuk disandera di wilayah Papua Nugini.

Detik.com

  91 Responses to “Hari Ini Batas Akhir Pembebasan Sandera, Jika Tidak OPM akan Diserbu”

  1. 1 coba!!

  2. 3

  3. lakukan operasi Militer saja…. biar g berani macam2 OPM nya,

  4. Secara resmi dilakukan oleh PNG army, tetapi TNI harus tetap melakukan operasi terbatas yang senyap tapi mematikan untuk membasmi GPK OPM, Babat sampe habis GPK OPM !!!

  5. lakukan infilterasi dan habisin pemimpin OPM dengan Sniper…

  6. Biar aja mati..masih punya 250 juta warga

  7. Laksanaken!

  8. Martabat suatu negara dapat dilihat dari kesigapan negara tersebut dalam menyelamatkan warganya bukan pamer-pamer alutsista
    percuma alutsista canggih-canggih di beli, latihan tiap hari dan perekrutan angkatan tiap tahun kalau peruntukannya cuma buat gagah-gagahan terhadap warganya sendiri
    percuma banyak diciptakan satuan anti teror dari setiap mantra kalau tak bisa membebaskan WNI yang terancam nyawanya
    mana harga diri NKRI yang selama ini digadang-gadang itu
    semuanya NOL belaka
    miris melihat keadaan NKRI saat ini

  9. sepine..oplosan…

  10. Sudah saatnya OPM diberantas habis sampai ke akarnya, sudah cukup korban dari TNI dan rakyat Papua sendiri.

    Rangkul rakyatnya dan habisi pemberontak separatisme OPM, tanpa dukungan rakyat Papua lambat laun OPM akan musnah atau akan menyerah dengan sendirinya.

  11. turunkan brimob

  12. DARURAT MILITER yang paling pas diberlakukan di PAPUA

    • justru itu yang diinginkan amrik nanti dipancing lagi dengan HAM, habislah kita….harus teteup dalam skema sipil (brimob dibantu tni) supaya tidak ada alasan bagi internasional untuk masuk ikut campur…

  13. Darurat Militer yang paling pas untuk PAPUA

  14. Seek and destroy !
    Cari dan hancurkan

    sir yes sir !!
    Katanya TNI kan udh haus perang.. Mungkin ini waktu yang tepat

  15. Ah .peluru opm aja belinya di tni.jadi kalau mau di tewaskan tidak ada nanti pembelinya.ah.mikir dong

  16. Pake tukano nggak nihh

  17. Jangan dibiarkan penggangu sprti OPM merajalela lebih baik berikan saja label OPM sebagai kelompok teroris jadi amerika pun tidak akan2 macam krn masak sih mereka mo mendukung teroris
    Kirim saja satu tim komando (entah koppasus/Raider) secara senyap gak usah banyak2 cukup 8-12 personil utk membebaskan mereka jadi gak perlu nunggu PNG krn tentara PNG mana berani

  18. klo OPM nyebrang lagi ke wilayah RI sambut aja dg hangat, sambut dg berondongan timah panas. Ingat jangan di kasih ampun. Pemberontak klo di kasih hati dia kan makin ngelunjak. Dasar OPM pemalas, gak pernah mandi dan gosok gigi…

  19. gemas saya kalo mendengar nama OPM ini, dari dlu kyanya susah banget di berantas.
    Enaknya tuh tinggal di berondong aja pake MLRS biar jadi bubur.

  20. maaf ne bukan SARA, asu tahunya teroris itu yg pkai sorban, brjanggut lebat, pdahal asu sebenar2nya raja teroris

  21. hmmmmm… pelik jg ngebahas nya

  22. tugaskan saja salah satu dr satuan elit tni yg kita pny..

  23. Ngomong segede akhirnya spt sblm ini harus membayar Rp500 juta buat bebaskan sandera

  24. Kirim aja Kopassus 5 orang, situasinya persis dengan film serial Patriot di Net TV yg menyelamatkan warga desa yg disandera…

    Ada pembahasan tentang film itu gak nih, kan sekaligus taktik propaganda TNI…

  25. Turunkan sat gultor

  26. BUNG PEMO…G USAH DITANGGAPIN.
    SAMPAH BRITISH NGOMONG.

    PENASARAN DGN KEKUATAN RI SEKARANG.
    KONFRONTASI JILID II.

    SILAHKAN RASAKAN PERBEDAANYA.
    LAIN DULU LAIN SEKARANG.

    JAGAN DITANGGEPIN BUNG PEMO…WOLES AJA.

    • ndagel tong ?!

    • pakcik@ovusnovus

      5 jam perang=main playstation. Kalo nak buktikan hanya bertahan 5 jam atau 3 hari sile cube nyerang jakarta pakcik. Negara sebesar usa saja berpikir seribu kali nak nyerang indonesia, ape lagi negeri setetak pakcik! Amboooii ….. tak patut ….. tak patut..

      Pakcik kate media indonesia dikontrol pemerintah, tapi nyatenye pakcik percaye (menelan mentah2) berite 5 jam dan 3 hari tsb?! Jika para jenderal malay berpikir seperti pakcik, maka akan habislah semenanjung!

      Oh ya pakcik, ade kabar kah tentara (bayaran) malay di yaman? Mereka ikut berperang atau bahagian dapur sahaje? Jika ikut berperang, ketahuilah, yg diperangi adalah saudara muslim juga!!! Namun jika tak kirim pasukan ….. macem mane, duit arab dah banyak masuk di bank2 malay!!!!

      Bandingkan dengan indonesia pakcik, yg banyak dikirim adalah pasukan utk penjaga perdamaian UN!, bukan memerangi saudara muslim!!!

      Kesian ….. kesian ….. kesian …… malay.
      Nasib negare tanpa identiti!!! Karena dipenuhi orang2 seperti pakcik ini!

  27. waktunya operasi senyap…. target High Profile Person…!! !

  28. Ayo beruk makan pisangnya.. Mumpung msh bisa makan.. Cakap kaupunya pasukan hentak-hentak bumi jgn lg Pohon pisang dirubuhin.. Besok2 makan pohonnya ya.. Beruk teruklah sangat..kah..kah..kah..

    • Mohon ijin ndan bakul panci.. Utk para bakul segera merapat.. Ada beruk lepas di jkgr utk segera dibina.. Jika tdk bisa dibina..segera dibinasa-kan.. Bakul clurit..bakul golok..bakul rudal.. Dan bakul2 lainnya..dikopi dimonitor.. Bakul kopi naik motor…wkwkwkkwkwkwk..

  29. hajar aja tu opm tunggu apa lagi

  30. Saya:”yg melakukan dari pihak PNG ya hmmmm boleh saya tanya pak??
    Bapak:” tentu saja bolek nak, mau tanya apa?”
    Saya:” apakah ada tentara PNG ada yg memiliki wajah melayu dan berkulit coklat?”
    Bapak:”koe cah gemblung, gak ada tentara PNG yg berwajah melayu”
    Saya:”lha ini pak(sambil nunjuk foto ditablet milik bapak dr sersan xxxx)???”
    Bapak:”lho lho lho ini kog ber topi merah dengan senjata lengkap”
    Saya:”iya kan pak benar kata saya lah lah ini ada lagi pak, senjatanya panjang kira-kira kaliber 12,7 pakiannya kaya gendruwo”
    Bapak:” biarlah nak ikuti saja rilis resmi pemerentah kalau kita tunjukan nanti bapak bisa kena sanksi”
    Saya:”tapi pak??
    Bapak:”gak ada tapi tapian mau kamu kalau kita di tempatkan di perbatasan malaysia lagi???
    Saya:”ampun pak, kira-kira apa yg dilakukan itu prajurit pak??
    Bapak;” tenang nak saya sudah meminta sersan xxxx untuk memberi oleh-oleh dari PNG, dari operasi clandestine ini bapak berdoa semonga selamat”
    Saya:'” yossssss siap pak bos”
    Sebuah percakapan fiktif tentang operasi clandestine hihihi YOU MAD PAK BRO :mrgreen:

  31. Ditunggu kisah selanjutnya …

  32. Go go Sabah n Sarawak Merdeka..

  33. “buat skenario yg bagus jendral”…lepas atribut militer…pakai “si pitung”

  34. BERHASIL TAK DIPUJI,GAGAL DI CACI-MAKI,MATI TAK DI AKUI….?

    • Itulah tentaraku..patriot yang tak butuh pujian,,tak butuh sanjungan yang mereka kenal hanya satu..berbakti kepada NKRI dan tak ada balasan lebih indah selain surga disidiNYA..jayalah tni.

      • Bung@ovus, saya sudah melihat kesudahan dari tentara yg gaji nya 50x lipat dari gaji tni, negara KUWAIT. Habis sekali pukul oleh pasukan irak!

        Sungguh kasian dengan negeri mu bung@ovus, gaji berlipat itu terpaksa dilakukan untuk mengangkat mental ATM yang sangat rendah!

        ATM, gaji besar = semangat rendah!
        gaji rendah = semangat nol!
        TNI, gaji rendah = semangat nya bikin ngeri!
        gaji besar = tetap rendah hati!

    • kalau gw malas cakap sama malon
      mereka itu bukan manusia tapi beruk-berut godang/ besar

  35. Ah yang benar pakcik@ovus, kalo memang aman damai, kenape pemerintah malay nak susah2 mengubah hari kemerdekaan jadi hari kebangsaan? Takut sabahserawak misah dari semenanjung? Tanggal merdekanye saje sudah beda antara semenanjung dan sabahsrwk? Merdeka itu bukan saja urusan kemakmuran pakcik, tapi juga kebebasan berpendapat dan berpolitik! Itu yg takde di malay semenanjung, apalagi di sabah kalimantan! Kesian kalo terkurung terus dlm bilik termenung!

  36. Kalo malon yg satu lagi ini … anak hasil zina alias anak haram !!.. xixixixixi,..

  37. ***
    breaking news :
    tony abbott dilengserkan oleh turnbull sbg pm aussi yg baru.
    sumber : smh.com

  38. Malaysie banyak cakap jee,, kau orang nak lawan sulu pakai figter,,, kau orang berani nak serbu pemberontak macam TNI???hihihi sudahlah Malaysie nak kejap lagi bankcorrupt pon masih banyak bual jee,, pesawat ejext kat hanggar,, kapal tak mau tenggelam hedeehhhhh bentar lagi semenanjong nak de demo besa-besaran, kita orang sabah serawak tak sudilah nak bantu najib,, kita orang sabah serawak MERDEKA hihihihi

  39. Kasih perintah ke pasus baru bentukan pak moeldoko saja biar bisa tau kekompakan serta kelebihannya dalam operasi dibanding bila ditangani pasus angkatan asal mereka masingĀ².

  40. …hahaha……numpang ketawa bung

  41. Kirim ajah dulu si wulung komandan buat nyari sarangnya penyandera,hemat tenaga & biaya,itung2 buat mengetahui kehebatan/kekurangnya siwulung.abis ntu barudah dilakukan raid.

  42. Kok gak bisa komen bung @diego

  43. Testul

  44. klo ni hari batas waktunya sharusnya tim pengintai sdh dilokasi OPM, ane gak yakin PNG ngasih ijin, inget penurunan bendera RI diperbatasan, n ane yakin TNI dah punya Plan lain klo PNG gak brhasil, smoga para petinggi paham klo Papua medan tempur kredibilitas n kemampuan TNI.
    klo nglindungin 2 WNi aja gak mampu apalagi yg 250jt.
    buat kami bangga, Bersama Rakyat TNI kuat

  45. Densus kemana ya? Mestinya dilibatkan. Biasanya densus itu lebih hebat: belum menculik sudah ketahuan, belum mau menembak sudah ketahuan. Bisa tembak sana-sini tanpa khawatir dikritik Komnas HAM. Beda kalau TNI.

  46. opm memakai taktik gerilya cra menanganinya perkuat pasukan sniper tni di setiap titik rawan, dan perkuat intelijen dlm perekutan intelijen khusus org2 papua yg siap bela tanah air ibu pertiwi,,,
    sy curiga mungkin yg di sandera opm adalah inelijen yg menyamar sbg pkerja pemotong kayu,,,, krn tanpa qt sdari di papua bax intel2 indonesia sbetulx

  47. Malaysia ingat..! ente hanya budak britis, saya ulangi ente hanya budak britis yang tak lama lagi akan di guyur hujan rudal tiongkok., kami akan menyaksikan ente dari budak britis jadi jajahan dinasti HAN jilid 2

    hoi moseng malaysia, mayuh acarok bheih….

 Leave a Reply