Nov 302016
 

a-chinese-kilo-class-submarine-sailing-on-the-surface

Televisi Pemerintah China menampilkan beberapa momen langka aktifitas salah satu kapal selam Angkatan Laut Cina, termasuk penembakan sistem torpedo anti kapalnya.

Kapal selam Kilo class dibeli dari Rusia pada tahun 1990-an dan merupakan ujung tombak Beijing dalam menghadapi sengketa dengan tetanga-tetangganya. China membeli 10 unit kapal selam Project 636 dan 2 Project 877 pada 1990-an dan awal 2000-an. Kapal selam, yang dikenal NATO sebagai “Kilo” class, awalnya dirancang oleh Uni Soviet untuk beroperasi di medan Eropa saat Perang Dingin. Setelah jatuhnya Uni Soviet dan berakhirnya Pakta Warsawa, kapal selam Project 636 menjadi alat yang berguna bagi Rusia untuk mendapatkan uang segar, dan kapal selam terssebut akhirnya diekspor ke China, Aljazair, India, Iran, dan Vietnam.

Project 636 terbilang cukup kecil daripada kapal selam nuklir modern milik AS dan Inggris, dengan panjang hanya 72 meter dan lebar 9.7 meter. Berbobot saat tenggelam3.076 ton, hanya separoh dari ukuran kapal selam nuklir AS. Kapal selam Kilo menggunakan tenaga penggerak mesin diesel yang memungkinkannya bergerak pada kecepatan hingga 10 knot di permukaan dan 17 knot di bawah air. Memiliki kedalaman operasi maksimum 300 meter, tapi kedalaman maksimum yang disarankan berkisar 240 meter.

Project 636 memiliki dua keunggulan bila dibandingkan kapal selam pesaing, yakni ‘hening’ dan kemampuan beroperasi di laut dangkal.
Keheningan kapal selam Kilo didapatkan dengan menggunakan sistem propulsi yang terisolasi dengan bantalan karet untuk mencegah keluarnya getaran kapal selam, dan juga penggunaan ubin karet yang menutupi seluruh lambung kapal selam.

Dilengkapi sepasang propulsi motor low-speed untuk memungkinkannya beroperasi lebih dekat ke pesisir pantai, fitur yang berguna ketika beroperasi di perairan dangkal.

landscape-1480446625-plan636

Karena keheningannya, AS dan NATO memberi julukan sebagai kapal selam “Black Hole”, apalagi dengan desain lambung teardrop yang mengurangi hambatan air laut saat berlayar. Kapal selam Kilo class jelas merupakan lompatan besar bagi China yang sebelumnya diperkuat kapal selam Ming class yang sudah tua.

Kapal selam Kilo dipersenjatai dengan enam tabung torpedo diameter 533 milimeter yang dapat menembakkan torpedo homing, roket anti-kapal selam SS-N-15A Starfish, dan rudal anti-kapal Klub.

Cina telah menempatkan kapal selam Project 636 di Laut Cina Timur dan Laut Cina Selatan, berhadapan dengan Taiwan dan negara-negara kepulauan di Laut Cina Selatan. Kilo class adalah kapal selam yang sangat ideal untuk beroperasi di wilayah itu. Dekat dengan Cina, kedalaman rata-rata Selat Taiwan hanya enam puluh meter, sedangkan Laut Cina Selatan rata-rata cukup dalam, namun pada beberapa selat memiliki kedalaman yang dangkal. Jika ketegangan terjadi antara China, Taiwan dan tetangganya di Laut Cina Selatan, maka dapat dipastikan kapal selam Kilo class China akan memainkan peran besar di wilayah itu.

Bagikan:

  55 Responses to “Hati-Hati, Ada Kapal Selam Kilo di Laut Cina Selatan”

  1.  

    boleh diadu ama 212….

  2.  

    Kilo kita jg sdh di LCS.

  3.  

    Kita punya amur, akula, kilo

  4.  

    kalau ada killo ya jelas siapa yg punya…..jelas vietnam ama cina…….adalagi killo negara lain cuma sebatas akan dan beli poster kalender doang

  5.  

    Nanti bisa ketemu Kilo Class RI nih di LCS

  6.  

    NKRi hrs bergerak cepat..karena musuh sdh didepan mata..buruan BORONG Alutsista gahar..jgn santai saja sebelum semuanya terlambat..

  7.  

    NKRI LELET BANGET BELI KAPAL SELAM GAHARNYA..BKNNYA DARI DULU..KEBURU MUSUH MASUK dan semuanya sdh terlambat..terlalu sibuk ngurusin yg gak jelas..

  8.  

    Borong kilo 20 unit

  9.  

    Sudah dari dulu bung, RI tidak pernah sombong dengan alutsista bersifat sangat strategis (kilo class). Kudu ada tetangga duluan nyari gara” duluan baru sikat “HAJAR”.
    AUSIAL sudah kilo sudah ronda di nusantara, dengan cepat ausial membeli 12 ks “GAHAR” pula. dari situ suhu” sudah bisa menafsirkan.. Bla..Bla..Bla

  10.  

    maaf,ralat@ AUSIAL sudah tahu kilo

  11.  

    Heli anti kapal selam made in PT. DI kapan akan di uji kan?

  12.  

    Astuti ada ga ya..

  13.  

    Kilo china??? ..

    Tenang ……ada 1/4 Kwintal Indonesia….

  14.  

    Jangan kuwatir, TLDM (angkatan laut Malaysia) sdh memiliki kasel Scorpene yg lbh hening dan senyap dibanding kasel Kilo milik china. TLDM lah yg akan menetralisir kekuatan laut china di LCS dg keheningannya. Oleh karena itu, sangat tdk bijak jika kita selalu menakut-nakuti Malaysia dg kekuatan china yg akan menjarah LCS, lalu merangsek ke arah Natuna dan perairan Indonesia lainnya. Beri Malaysia dorongan semangat, minimal do’a agar semakin giat mengasah kemampuan perang angkatan bersenjatanya, lalu dorong semangat militansi rakyatnya jika hrs berhadapan dg china. Lumayan juga, jika Malaysia bisa menjadi benteng pertama dari china..

  15.  

    Yaahhh…waktu nya Ber Mimpi dan Mabuk lagi untuk Beli Kilo class.
    Pengen beli tapi nyari yang murah meriah aja.., yang kata nya Kemampuan nya Ga kalah bersaing dgn milik negara lain.
    Kata nya Kita Punya Kapal Selam yang Ghoib… Tapi sampai Sekarang Sampeyan semua Dan Saya Ga Pernah tau tempat nya dimana berada…, Yaa Jawaban nya karena memang kita ga pernah punya..
    Weeaallaahh…Mesti nya Kita Bangga Dengan Apa ada nya Alutsista kita…, Tapi Kita tetap harus berjuang untuk Belajar Teknologi dan Memiliki Alutsista yg Terbaik seperti milik Negara lain.
    Maju lah NKRI ku….

  16.  

    bukannya scorpene jg ngapung seliweran di LCS?

  17.  

    Papasan ma Kilo di LCS mah biasa, soalnya banyak yang punya, tapi kalo ketemu Scorpene di LCS….itu baru luar biasa

  18.  

    @donbapeace

    Yang dibeli dari turki alat untuk mengukur kedalaman laut biar kapal selamnya nggak kandas

  19.  

    pantesan pemerintah NKRI ga sida beli kilo, la wong cina aja punya kilo to.. brati kita ga akan di beliin kilo, tp tipe anu/anu..
    pemerintah kita mungkin sudah memperhitungkan, bila terjadi konplik maka kilo ga mungkin lwan kilo, tp harung d lwan dgn tipe lain..
    jadi kasel tipe apa yg bkalan jadi di beli dr rusi..? (entah)

  20.  

    Borong

  21.  

    NKRi terlalu lemah alutsistanya kalau lawan China..hanya semangat yg mnggebu ..itupun semangatnya kalo liat ada duit..

    •  

      tanpa semangat mungkin kamu masih jadi babu sampai sekarang.. jd budak londo.. bahkan satu singa lebih berani dari seratus banteng.. padahal belum tentu satu lawan satu singa akan menang.. semua karena hanya nyali.. kalau anda hanya pecundang yg hanya koar koar di belakang komputer butut.. jiwau jiwa penjilat dan pemalas

  22.  

    Lumayan buat uji tembak kasel nuklir uss tucson…

  23.  

    Borong 1 juta unit

  24.  

    BOLEH DIA ADU SAMA RATU PANTAI SELATAN

  25.  

    Mikir bro,ga mungkin kita perang dgn china. Negeri ini sudah d kuasai sepenuhnya oleh china.rezim yg berkuasa di atur oleh china.jokowi ke natuna cuma sandiwara tingkat dewa.ane berani taruh,kalau reklamasi pantai jakarta gagal jokowi pasti lengser.rezim skrg hanya jembatan buat china menduduki istana presiden pada 2024

  26.  

    Tessstt

  27.  

    china punya sgalany.tpi knp mreka mau mngakui natuna sbagai milik indonesia?cuma sm indonesia mreka bersikap lunak.amerika aja dilawan.indonesia punya apa sih?hehehe… negara penuh dengan misteri.

  28.  

    lh iya la..indonesia gitu lho..sebenarnya cina takut sama nkri sbb wasiat empu gandring..iyaitu pedang naga puspa..
    hahaha…

  29.  

    Bisa2 LCS isinya Kilo semua..

 Leave a Reply