Mar 102017
 

Kapal selam nuklir USS Aleksandria

Gara-gara mengambil foto di kompartemen mesin kapal selam bertenaga nuklir USS Alexandria, seorang awak kapal selam yang bernama Kristian Saucier harus menjalani hukuman penjara selama satu tahun.

Saucier saat ini sudah menjalani tiga bulan masa hukuman karena mengambil foto dari berbagai komponen teknis dari sistem propulsi kapal selam bertenaga nuklir USS Aleksandria, seperti kompartemen reaktor nuklir, panel steam propulsi tenaga cadangan dan kompartemen manuver. Saucier sendiri bekerja dibagian teknis mesin di kapal selam nuklir Los Angeles class tersebut.

Pada persidangan federal pertengahan tahun 2016 lalu, Saucier mengakui mengambil enam foto di area dalam kapal selam nuklir yang terlarang, menurutnya foto tersebut hanya untuk dipamerkan kepada anaknya.

ilustrasi : Kompartemen torpedo kapal selam Colins class – HMAS Dechaineux Australia

Beberapa pihak menyayangkan hukuman yang harus diterima Saucier yang dianggap terlalu berat. Sebagai perbandingan, beberapa waktu sebelumnya, dua kru kapal selam USS Aleksandria juga pernah menjalani hukuman dengan kasus yang hampir sama, namun keduanya mendapatkan hukuman yang lebih ringan.

Sebagian pihak menyatakan, Saucier memang layak mendapatkan hukuman karena kecerobohannya berfoto di dalam kapal selam yang sebenarnya merupakan rahasia negara, namun menyayangkan karena hukuman yang diterimanya terlalu berat.

Biasanya personel yang bersalah akibat menyebarkan foto ‘terlarang’ kegiatan di dalam kapal selam hanya menerima hukuman pengurangan gaji atau penurunan pangkat, namun kali ini tampaknya militer AS ingin menerapkan hukum yang keras agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

Author : Muhidin

 Posted by on Maret 10, 2017