Mar 102017
 

Kapal selam nuklir USS Aleksandria

Gara-gara mengambil foto di kompartemen mesin kapal selam bertenaga nuklir USS Alexandria, seorang awak kapal selam yang bernama Kristian Saucier harus menjalani hukuman penjara selama satu tahun.

Saucier saat ini sudah menjalani tiga bulan masa hukuman karena mengambil foto dari berbagai komponen teknis dari sistem propulsi kapal selam bertenaga nuklir USS Aleksandria, seperti kompartemen reaktor nuklir, panel steam propulsi tenaga cadangan dan kompartemen manuver. Saucier sendiri bekerja dibagian teknis mesin di kapal selam nuklir Los Angeles class tersebut.

Pada persidangan federal pertengahan tahun 2016 lalu, Saucier mengakui mengambil enam foto di area dalam kapal selam nuklir yang terlarang, menurutnya foto tersebut hanya untuk dipamerkan kepada anaknya.

ilustrasi : Kompartemen torpedo kapal selam Colins class – HMAS Dechaineux Australia

Beberapa pihak menyayangkan hukuman yang harus diterima Saucier yang dianggap terlalu berat. Sebagai perbandingan, beberapa waktu sebelumnya, dua kru kapal selam USS Aleksandria juga pernah menjalani hukuman dengan kasus yang hampir sama, namun keduanya mendapatkan hukuman yang lebih ringan.

Sebagian pihak menyatakan, Saucier memang layak mendapatkan hukuman karena kecerobohannya berfoto di dalam kapal selam yang sebenarnya merupakan rahasia negara, namun menyayangkan karena hukuman yang diterimanya terlalu berat.

Biasanya personel yang bersalah akibat menyebarkan foto ‘terlarang’ kegiatan di dalam kapal selam hanya menerima hukuman pengurangan gaji atau penurunan pangkat, namun kali ini tampaknya militer AS ingin menerapkan hukum yang keras agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

Author : Muhidin

  13 Responses to “Hati-Hati Berfoto Di Area Terlarang”

  1.  

    1st

  2.  

    Serem bener, foto di dekat mesin, di bui 1 tahun.

  3.  

    widih,….lontong nike,….
    kapan yah mbak akula jadi kenyataan berenang dimari
    ngarep,…

  4.  

    Untung tadi gak jadi ikutan foto

  5.  

    Namanya juga komponen reaktor, katanya hanya orang yang berkepentingan yang boleh masuk, lah itu malah difoto

  6.  

    Saya jg pernah ada pengalaman begitu dulu saya&temen saya pernah study tour pas masih smp di museum dirgantara. Pas di situ kan saya&temen saya nyelonong ke landasan bandara adisucipto lewat sawah samping meseum itu di sana saya foto2 pesawat ehh katauan sama penjaganya setelah itu langsung kabur dah

  7.  

    Tanda dilarang foto nya belum terpasang..

  8.  

    Lebih parah yg di Turki kemaren! Akibat wabah selfie jd lebay dah.

  9.  

    di sini ga boleh foto di dkt sukhoi 35 sama kasel kilo krn emang ga punya

  10.  

    Cek..cek

  11.  

    Kabar buruk untuk awak alutsista militer yg hobi narsis. Mending narsis diwarteg bersama embok bakul, tdk melangar SOP perbakulan..

  12.  

    dari poto tersebut, terbongkar sudah rahasia kapal selem nuklir tersebut.. mesinnya terdiri dr 2 katup yg mana tiap katup dilengkapi dengan enzim protelecious teknologi mrta terbaru dari malaysia yg bisa mendorong laju mesin menjadi 3 x lbh irit.

  13.  

    Tes tes ,,, adew eror lg yah , jadi susah coment