Pesawat CN235 Bisa Lacak Kapal Selam

66
109

//images.detik.com/content/2014/10/03/1036/083145_sesfinishingdihanggar.jpg

CN235 sedang dalam penyelesaian di hanggar PTDI (Foto: Feby/detikFinance)

Jakarta -PT Dirgantara Indonesia (PTDI) meningkatkan kemampuan salah satu produk unggulannya yakni pesawat baling-baling CN235 dengan teknologi Anti-Submarine Warfare (ASW). Pesawat CN235 ini bisa dilengkapi oleh sonar dan radar khusus yang mampu mendeteksi keberadaan kapal selam.

“Kita coba anti submarine di pesawat CN235. Kita upgrade menjadi anti submarine. Dia bisa deteksi kapal selam,” kata Direktur Niaga dan Restrukturisasi PTDI Budiman Saleh kepada detikFinance, Jumat (3/10/2014).

Selain dilengkapi teknologi anti kapal selam, CN235 bisa dipasang torpedo. Teknologi anti kapal selam ini baru terpasang pada pesawat CN235 yang dibeli dan dimiliki oleh militer Turki.

“Kita ujicobakan pada CN235 di Turki,” sebutnya.

Budiman menjelaskan insinyur PTDI memiliki kemampuan di bidang rekayasa atau pengembangan pesawat. Dengan kemampuan itu, para insinyur mampu meningkatkan kemampuan CN235 yang awalnya merupakan produk kerjasama PTDI dan Cassa Spanyol (sekarang Airbus Military) tersebut.

“Kita banyak buat rekayasa, itu justru bikin nilai lebih tinggi. Itu dilakukan dari Bandung semua,” sebutnya.

Dengan nilai tambah ini, harga pesawat pun bisa melonjak. Varian termahal seperti CN235 MPA. Pesawat yang biasa digunakan untuk patroli laut atau marine patrol ini telah dipakai militer Indonesia dan penjaga pantai Korea Selatan.

“CN235 sangat variatif harganya. Minimal US$ 28 juta. Itu sangat basic sedangkan untuk yang kompleks bisa US$ 55 juta,” jelasnya.

PTDI berencana mengembangkan varian CN235 next generation (nextG). Nantinya kapasitas penumpang akan dinaikkan. Pesawat, CN235 nextG ini, menggunakan sistem navigasi dan komunikasi digital dan glass cockpit technology. (finance.detik.com)

66 COMMENTS

    • Bagi teman teman warjag semuanya yang beragama Islam, Baik yang merayakan hari raya Idul Adha 2014 baik yg merayakan besok sabtu atau minggu…

      Kami ucapkan :

      Berbahagialah orang-orang yang mengerti arti cinta,
      karena Cinta akan memberikan warna bagi kehidupan
      Selamat Hari Raya Idul Adha 1435 Hijriyah

      Di hari Idul Adha tibalah saatnya merayakan
      Semangat kita dalam berkurban
      Untai harapan untuk ampunan
      dan keteguhan dalam beriman

      Sebelum terbit mentari
      Semburatnya kan kuhiasi
      Untaian doa dan harapan
      Untukmu di hari raya kurban

      Naik unta pergi berhaji
      berbekal iman dan ketakwaan.
      Idul Adha saat berbagi
      lambang ukhuwah dan persaudaraan
      Selamat Hari Raya Idul Adha

      Salam Hangat Dari Kami

      Gue

  1. Mlm JKGR

    alhamdllah, puji syukur kpd Allah SWT. bangsa kita perlhan smkin bersinar, mandri, dn hebat dlm rekyasa. smoga trus meningkat kmampuan bangsa Indonesia . Amin..

    SR lg deh..

    smbil ngegame

    😀

    • kasih nampan ama mrecon dalam negeri yg jarak 10-15km lumayan buat hajar kpl permukaan minimal lobang aja lambungnya dah lama2 juga tengelam klo kena 6x tuh kapal. Apalagi ni pesawat terkenal irit bgt, dan usul buat pak menhan belikan 10 jadi tiap pulau besar ada 1 yg tiap bulan bsa buat ronda di tiap pulau nyari lontong kesasar siapa tau ada yg ketemu lg tinggal buat trial semua persenjataan. Jd deh rumpon abadi

  2. Selamat Idul Adha buat teman2 semua…skalian minta doanya ya teman2 agar Ibu mertua saya bisa melewati wukuf dan lempar jumrah……cn 235 ya keren,mudah2an TNI dan kemhan bisa beli yg banyak karna Indonesia negara Kepulauan ..

  3. dari sisi ekonomis sebenarnya kita akan lebih untung jika fokus pada pengembangan CN 235 jika dibandingkan dgn CN 295, langkah pemerintah menggunakan platform 235 sebagai ASW sudah tepat dibandingkan jika menggunakan 295 yg konon katanya kontraknya terlalu mengikat sehingga PT DI tidak boleh melakukan inovasi produk. jika gosip pengembangan pesawat eriye dgn saab benar,ada baikx platform 235 sj yg digunakan.

  4. Giliran article alutsista buatan Negeri sendiri SEPI, kemaren2 ngebahas alat2 yang gahar2 pada nongol semua. Mohon sesepuh2 tolong di babar Buatan negeri tercinta ini . biar kita semakin menghargai & mencintai produk lokal.Produk gahar sangatlah pentingtapi kalo masih impor ya mohon maaf 50;50, ga ada jaminan ga di embargo , coba kawan2 berfikir kalo pas diembargonya ga saat perang sih mending., tapi klo embargonya di ambang perang gimana???. menurut saya politik internasional itu lebih ga bisa di tebak kawan.Mohon maaf semua Agak terbawa emosi.

    • Sabar mas… kemaren dg berita Alutsista impor rame bukan karena impornya bung. Tetapi tuh Alutsista sudah beberapa lama jadi bahan perdebatan disini dan di formil-formil lain. Dan kebetulan kemarin ada release resmi sehingga terjadi ledakan eforia “kemenangan debat. Nah kalo pesawat ini kan emang dari awal udah ada berita resminya, jadi ya biasa saja.
      Kita bangga kok dengan Alutsista buatan dalam negeri, apalagi kalau Alutsista dalam negeri yang masih dalam “CERITA di dunia bawah” menjadi kenyataan…. yang rame bukan kita saja.

    • Dan satu lagi bung @Kasmo , kalo ada artikel alutsista impor pasti bisa dipastikan ada pihak yang pro dan kontra. Sehingga kesannya menjadi rame karena saling adu argumentasi. Nah kalo Alutsista buatan dalam Negari kan semua mendukung dan setuju…. jadi suasanany lempeng-lempeng saja. 😀

  5. Maaf mo nanya dikit, bung gue…katanya CN235MPA ntu buatan PTDI, ttrus yg ngapgrade engineernya PTDI, koq yg jadi objek punyanya si attaturk…koq bukan punyanya kita yg dioprek…monggo dibabar…

LEAVE A REPLY