Agu 162013
 
Helikopter Serang AH 64 Apache

Helikopter Serang AH 64D Apache

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Moeldoko memastikan pemerintah Indonesia membeli delapan unit helikopter serang AH-64-D Apache Longbow. Kementerian Pertahanan telah memberi lampu hijau untuk membeli helikopter serang canggih AH-64-D Apache Longbow dari Amerika Serikat.

Dewan Perwakilan Rakyat yang sebelumnya menolak pembelian Apache karena dianggap kemahalan, kini telah sepakat menyetujuinya. ”DPR dan Kementerian Pertahanan sudah oke,” ujar KSAD di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

KSAD  tidak menyebut harga pembelian delapan helikopter itu dengan alasan tidak tahu harga pastinya. ”Lagipula itu teknis.” Ia mengatakan, pemerintah pada tahun ini sudah mulai membayarkan uang muka ke pemerintah Amerika Serikat. ”Pembayaran uang muka menjadi awal kesepakatan pembelian helikopter,” ujar dia. Kedelapan helikopter akan diterima Indonesia secara bertahap mulai 2018 hingga 2021.

Adapun Komisi Pertahanan DPR membenarkan menyetujui pembelian Apache, meski awalnya menolak. ”Setelah dipikir-pikir, memang dibutuhkan Apache untuk memperkuat jajaran Angkatan Darat,” ujar Wakil Ketua Komisi Pertahanan, Tubagus Hasanuddin. (tempo.co.id)

  5 Responses to “Helikopter AH 64D Apache Longbow TNI AD”

  1.  

    bung diego, katanya ada paket lain. apa isinya bung?

  2.  

    Kt mr. Tubagus, DPR setuju krnn radar apache mampu meluncurkan pensil 40-100km.

  3.  

    Akhirnya jadi juga .. Heli cantik yg cocok untuk menghabisi MBT Pendekar, Kucing Liar FNSS jiran..

  4.  

    bukan AH64D tapi AH64E, namanya beda dikit tapi harganya AH64D 2x lipat lebih mahal dan itupun cuma dijual ke sekutu dekat amrik, singapore misalnya..