Mar 172017
 

Biro media Komando Operasi Gabungan di Yaman mempublikasikan foto di mana helikopter Saudi ditembak jatuh di provinsi Hudaydah, Yaman, 16 Maret 2017.

Kelompok Houthi dan militan Popular Committees telah menembak jatuh sebuah helikopter Apache milik militer Arab Saudi di provinsi barat Hudaydah. Helikopter ditembak jatuh di distrik Bayt al-Faqih Hudaydah pada hari Kamis, lapor jaringan televisi al-Masirah. Belum diketahui nasib kedua pilot helikopter serang Apache.

Pada tanggal 25 Januari, militan Yaman juga menembak jatuh helikopter Apache lain yang disebut milik koalisi pimpinan Arab Saudi di Dhubab Provinsi Ta’izz, Yaman.

Pada Agustus tahun 2015, sebuah helikopter Apache milik Uni Emirat Arab juga pernah jatuh dan menewaskan kedua pilotnya, Jatuhnya Apache kala itu diklaim militan Houthi akibat ditembak jatuh oleh pasukannya, namun dibantah oleh militer Saudi.

Meski Apache adalah helikopter serang modern, namun tanpa perlindungan dari darat tetap rentan terkena serangan rudal anti pesawat. Apalagi dengan medan operasinya yang sering mengharuskannya terbang rendah, yang membuatnya bisa menjadi sasaran tembak dari senapan mesin berat atau rudal panggul anti pesawat musuh.

Press.TV
Editor : Muhidin

 Posted by on Maret 17, 2017