Mar 302017
 

(shephardmedia.com)


Pada hari Rabu (29/3) kemarin, Eurocopter Group mengumumkan bahwa dua platform dasar AS565 MBE Panther telah tiba di Indonesia untuk penyelesaian oleh PT Dirgantara Indonesia.

TNI Angkatan Laut memiliki pesanan 11 unit AS565 MBE Panthers kepada Eurocopter Group. Pesawat sedang dilengkapi oleh PT Dirgantara Indonesia dengan kemampuan anti-kapal selam, yang mencakup dipping sonar dan torpedo. Dua helikopter yang pertama akan dilengkapi dan dikirim pada pertengahan tahun 2017.

Eurocopter Group dan PT Dirgantara Indonesia bekerja sama pada sejumlah program untuk angkatan bersenjata Indonesia, memberikan satu H215M dan dua helikopter H225M untuk TNI Angkatan Udara, serta dua helikopter Fennec bersenjata untuk TNI Angkatan Darat.

Dua helikopter Fennec yang dikirim pada Januari 2017 merupakan unit pertama yang bersenjata untuk TNI Angkatan Darat. Bersama-sama dengan unit pertama disampaikan pada tahun 2015, tiga helikopter ini akan digunakan untuk pelatihan pilot. Sembilan tersisa dari 12 dipesan akan dikirimkan tahun ini.

Dua unit H225Ms yang dikirim bagi Angkatan Udara pada pertengahan Maret merupakan yang ketiga dan keempat dari batch enam unit pada kontrak. Sisa pengiriman akan selesai dalam beberapa minggu ke depan. Armada akan dikerahkan untuk CSAR.

Sumber: Shephard News

https://twitter.com/suparjorohman

  23 Responses to “Helikopter AS565 MBE Panthers Pertama Tiba di Indonesia”

  1. Semoga lancar pengiriman selanjutnya.

  2. siiip… paten jang… ditunggu lagi sisanya om

  3. banyakin !!!!!

  4. kl dipikir2 rentang 5 Tahun terakhir ini memang belanja Alutsista kita begitu masif. hampir stiap bulan datang silih berganti berbagai macam alat perang u 3 matra Tni. contoh u heli sj pesanan diatas sdh terlihat TNI AL 11 unit, AD 12 unit dan AU 6 unit belum termasuk nanti Apache dan black hawk atau chinok dll. tidak heran di forum2 militer negara Asean para netizen2 mrka bgtu iri dgn kita dan membanding2kan serta meminta pemerintah mrka meniru indonesia yg menurut mrka skrng smakin terkuat dan modern militernya.

  5. pelan tapi pasti,periode berikutnya ditambah lagi,dan semoga TNI AL menambah kapal pkr 10514 biar lebih banyak,syukur2 pt PAL dalam 5 – 10 tahun kedepan udah bisa produksi real frigate,optimis bisa…

  6. Sukuran nasi kuning dong
    Hehehe

  7. Menjadi keharusan Ri memelihara dan mengembangkan alutsistany, bukan untuk memulai perang tapi memulaj menjaga perdamaian dunia , dengan terus mengirim tni kemedan konflik dinegara lain! Dasar sebuah negara adalah pertahanan yg kuat ,

  8. Wah..perabotan yang udah ketelanjuran pada lunas dp nya mulai pada duateng
    ….xixixixix…yang dah pada lunas tinggal di tambahin..yg lebih canggih..
    .tinggal nunggu si “apache”.neh.
    Cuma dalam benaku berkata..
    Ntu nanti apache di downgrade apa di dandanin lagi parabotan lenongnya ya..??

  9. Bulan ini…
    Leopard..heli..heli..heli…
    Bulan depan apa nieh? Oh iya..kapal selam…hehe

  10. Mantaplah! Klu bisa heli serangnya ditambah terus!

  11. Kalau sudah sampai….kita tunggu kapan akan latihannya

  12. Dipping sonar torpedo.. yg mungkin dpt diperbaiki karena nampak kurang praktis seperti mau siram kebakaran hutan.

  13. Mungkin lbh tepat’y d serahkan oleh ptdi bkn d kirim…

    Heheee

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)