Jun 032015
 
Helikopter Chinook dan Apache

Helikopter Chinook dan Apache

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu membeberkan alasan pihaknya membeli Chinook, helikopter buatan Boeing, perusahaan asal AS. Menurutnya, Chinook bisa membantu untuk penanganan bencana alam.

“Ancaman kita yang pertama bencana alam, bencana alam angkatnya kok pake sekop. Berikutnya kalau mau kirim pasukan ke PBB pake kapal. Kasihan,” jelas Ryamizard di Gedung Kementerian Pertahanan, Jakpus, Rabu (3/6).

Dia mengambil contoh ketika bencana tsunami di Aceh, pemerintah sampai menggunakan lima pesawat Hercules untuk evakuasi. Akhirnya, Indonesia menyewa Chinook dari negara lain.

“Masa nyewa lagi, beli dong!!!” tuturnya lagi.

Menurut Ryamizard, pembelian Chinook adalah demi efektivitas menyelamatkan korban. Sebab, keselamatan rakyat adalah hal yang utama.

Merdeka.com

  93 Responses to “Helikopter Chinook Sudah di Depan Mata”

  1.  

    borong yg banyak pak…

    •  

      Bah….kalo chinook ane gak antusias. Yg menarik itu seperti S400, Rafale, Jas39, SU35, U214, Kilo, Klub S, Destroyer dll

    •  

      Hahaha awas bung nanti banyak bantingan dari yg selalu memandang lautsista dan dana yg terbatas salam bung

    •  

      F22 tdk bakal dijuan bung, apalagi ke Indonesia..

    •  

      ”dijual”

    •  

      F22 tidak bakal ”dijual” bung, apalagi ke Indonesia..

    •  

      ini orang membohongi diri melulu…… 😀

      •  

        Dengung Perang Dunia Ketiga sudah mulai ramai berkumandang dimana-mana, berbagai macam prediksi dan analisis terus disampaikan. Dari Perang Cyber hingga Perang Nuklir diperkirakan segera terjadi antara 2015-2020 sebagai masa transisi. Berbagai konflik antar negara telah mewarnai tahun-tahun sebelumnya dan terus saja terulang kembali dengan banyak alasan yang kadang-kadang tidak masuk akal. Rekayasa dari intrik-intrik ini memang dari Barat, mengkondisikan negara lain sebagai musuh dan berusaha untuk melemahkan termasuk dengan cara mengadu domba antar negara dan antar warga negara, sehingga mereka akan masuk dengan mudahnya.

        Indonesia memang sudah mengantisipasi berbagai macam skenario dari Barat termasuk skenario Balkanisasi di Tanah Papua, sehingga tidak salah kekuatan militer disana merupakan salah satu kekuatan TNI yang terkuat di Asia Tenggara. Dimulai dari kejadian di bulan Desember 2004 itulah Pemerintah SBY seolah terbangun dari mimpi yang panjang, dan menjadi tonggak kebangkitan kejayaan Indonesia. Tidak salah rakyat Indonesia memilih SBY sebagai Presiden RI dua kali berturut-turut karena beliaulah yang membuka gerbang kejayaan Nusantara ini kembali menjadi Macan Asia. Dan bahkan bila dibandingkan, belum ada Presiden RI yang mampu menyamai prestasi beliau yang bahkan Soekarnopun tidak mampu. Kalaupun Undang-Undang dapat dirubah, SBY tentulah masih pantas memimpin negeri ini, yang masih membutuhkan tenaga dan pikirannya dimana beliau memang salah satu gurunya ahli strategi.

        Perkuatan alutsista Indonesia yang telah ditutup rapat-rapat dari media, perlahan namun pasti mulai dibuka meskipun sebatas alutsista kelas dua menurut ukuran TNI. Dari semua matra TNI mendapat porsi yang sesuai, ibarat apotik, Indonesia tersedia semua merk obat dari generik hingga obat dosis tinggi. Apapun penyakitnya, tersedia obatnya, Siapapun musuhnya, Indonesia sanggup menangkalnya. Negara manapun di dunia saat ini adalah sahabat Indonesia, “A thousand friends and zero enemies” yang merupakan prinsip dasar hubungan luar negeri yang didasarkan pada posisi non blok. Namun bisa saja berubah menjadi “All enemies without friends” sehingga memerlukan penangkalnya bila diserang oleh banyak negara, dan jawabannya adalah perkuatan kemandirian alutsista dan ekonomi.

        Apa yang dikawatirkan oleh negara barat bukanlah alutsista yang dibeli oleh pemerintah Indonesia, tetapi apa yang dapat dibuat dan diproduksi oleh negara ini , dalam hal ini adalah produksi alutsista. Teknologi Nuklir baik yang berupa reaktor maupun rudal ICBM telah dan terus dikembangkan, Satelit Militer sudah dan terus ditambah, Cyber Army telah dan terus berkembang, pesawat tempur generasi 4+++ dan generasi 5 telah dan terus dikembangkan, Kapal Siluman, Kapal selam, Kapal Induk, MBT, Radar dan masih banyak alutsista buatan Indonesia yang lain telah dan terus dikembangkan. Sedikit demi sedikit telah dibuka seiring penguatan nasionalisme rakyat dalam menjaga integrasi demi kejayaan dan kemakmuran rakyatnya.

        [SS,PS,YS & NJ] SALAM PATGA! 😎

    •  

      F22 nya sudah di sini bung ZERO…Sudah TERBANG dan sudah LUNAS !!!!

    •  

      Ikut mengamini aja bung,kalo benar alhamdulillah kalo bohong semoga bung zero cepat insaf gak baik bohongin org banyak

    •  

      Dikibulin kelihatane bung. Sales partai pling nih

    •  

      Welcome back narayana generation.please berikan semangat cinta tanah air kepada warjag agar tidak hanyut dengan perpecahan sesama anak bangsa.

    •  

      Bung nara-zero, Bukanya Astute dan Topol-M nya udah tiba di Priok ???

    •  

      Biarkan Bung ini berkhayal krn punya refrensi Jadul yg blm up dated

    •  

      Sedang khayal keras Dan mimpi sekaligus…..ngakakkk….

    •  

      BETUL BUNG,…

      SAKING JAGONYA SBY, di pemerintahan dia SUBSIDI BBM aja sampe bengkak Rp. 230 Triliyun, terus sma Jokowi dirubah tuh SUBSIDI BBM jadi PEBANGUNAN INFRASTRUKTUR,

      TKI kita di Malaysia & Timur tengah diperlakukan spt hewan ngga bisa diatasi, krn APBN HABIS UTK SUBSIDI BBM,

      menarik pulang TKI membutuhkan dana transportasi, pemerintah kemaren ngga bisa, ngga punya anggaran (HABIS UTK SUBSIDI BBM)

      TKI pulang kembali ke Indonesia ngga tahu mau diapakan, lapangan pekerjaan ngga, dana utk menstimulus pebangunan ngga ada (HABIS UTK SUBSIDI BBM)

    •  

      wa hhaahahahahahahahahahahahahahaha……………………………F22 keren amet mas bro … dapet wangsit dari mana

  2.  

    siiippp…

  3.  

    “Masa nyewa lagi, beli dong!!!” tuturnya lagi.

    “Masa beli, Bikin dong !!!” tutur saya.

  4.  

    Beli chinook langsung diberitain..beli pengganti f5 blm ada beritanya..

  5.  

    hahaha, nyewa slh, beli slh, bikin slh jg x y…kalem z brooo…

  6.  

    Kadang yg dari militer lebih manusiawi hehe

  7.  

    terus SU-35 kapan nih?

  8.  

    dan akhirnya spesifikasi pesawat chinoxnya juga hanya untuk penyelamatan bencana alam.. bukan utk perang… xixixii semua alutsista bikinan amrik yg di beli kita juga pasti di bawah negara tetangga . taruhlah si upil dan ausie karena kita bukan sekutu dekatnya

  9.  

    baru tahu … waktu tsunami kita sewa Chinook
    kirain gratis bantuan Amrik … kirain gratis bantu kemanusiaan,
    ckckck … tega amat amrik neh

    •  

      hehehe…mana ada gratisan dari USA bung…
      1. Hibah F16 Indonesia, tapi harus tambah uang untuk upgrade nyaris Rp10 T.
      2. Teranyar, Vietnam baru saja dapat hibah USD18 juta untuk kapal patroli tetapi beli kapalnya harus dari USA…dll…dll….mUSAng klo kata banyak orang.

  10.  

    MASA BELI BIKIN SENDIRI DONK

  11.  

    Bahasa alusnye menhan ya gitu buat SAR…duit banyak jgn kan pesawat nye. Pabriknye aje bisa dibeli sama INDONESIA…

    …..NKRI HARGA MATI….

  12.  

    Disini macan ngendap, kami ucapkan BAGUSS buat elang bondoll… Perang makin dekat pak… PT. DI ga sempet ngejer bikin, beli aja dlu pa, keburu dar der dor… ganti..

  13.  

    Beli dua-duanya om, jadikan 2 skuadron. 1 Spek Nato, 1 Spek Rusky. Bisa saja ada perbedaan spek pada masing2 Kogabwilhan. Misal Kogabwilhan Barat Spek Nato, Tengah Spek Rusky, Timur Made in Indonesia, Korea, Japan & Turki. Atau Angkatan Darat Spek Nato, Angkatan Laut spek Rusky, dan Angkatan Udara Berdasarkan Kogabwilhannya, biar tidak jadi tumpang tindih teknologi dan mengurangi masalah penyatuan perangkat lunaknya (software) 🙂

  14.  

    Menjaga tensi kawasan bung.. Namanya alutsista klo sdh diakuisisi dan dimiliki pasti bisa dioptimalkan utk multi peran..syukur2 bisa spt ss2 yg bisa dibuat didalam negeri dan memiliki kemampuan lbh dari senjata asli yg menjadi acuannya.. Maju PT.DI jadikan teknology chinook menjadi helikopter angkut tempur yg gahar dan lebih mematikan dari aslinya..

  15.  

    COBA INDONESIA BELI 3 BATERAI S-400 Triumpth (48 Unit), pasti lain ceritanya ne kawasan panas.. 😀

  16.  

    Kok skrng gaya pak RR jauuh beda y..apa krn faktor usia y..hmmm

    •  

      Masih sama kok, yg saya lihat dibalik ketegasannya dia lebih strategik. Pembelian Chinook ini adalah bagian dari prinsip “tidak menggantungkan” diri dari salah satu kubu super power. Terlalu mengarah ke Rusky juga tidak bagus karena berpotensi pada ketergantungan lainnya. Selain itu faktor teknologi maju yg berpotensi bisa diserap dari kedua belah pihak adalah lebih strategis.

  17.  

    Mantap…beli tros dari barat pak Menhan,…skalian tot rasa indomie…..

  18.  

    dari ASU aja cepet giliran sukro lama banget.. :'(

  19.  

    Setuju pak menhan buat sar. Kalo stetement bilang buat mobilisasi alat perang biar cepat bawa amunisi. Meriam.dll. pada heboh tetangga

  20.  

    bagus pak negara laen pada perang di lcs, kita siaga sar di natuna …ckckck

  21.  

    Pembeloan Chinook dan apache sudah menjadi bagian dari rencana pembelian dalam renstra. Untuk mengimbangi sumber pembelian alutsista.
    Yang saya bingung kok SU35 yang sudah fix jadi tenggelam atau bersembunyi beritanya, ada apa gerangan?

  22.  

    Kayaknya ada yang janggal dari komen bung kepo.
    Apa benar pembuatan spek SU35 dibikin dibawah spek SU30, sementara yang dihebatkan adalah SU35 bukan Sukhoi seri dibawahnya.
    Gagal paham saya.

  23.  

    apakah basarnas termasuk dibawah menhan?. klo tdk, menhan minta ganti posisi saja buat ngurusi basarnas krn kelihatannya lebih enjoy yg berbau sar.

  24.  

    yg timur berbau perang makanya disembunyikan beritanya sedangkan barat berbau SAR makanya diunggah di berita

  25.  

    Borong SU-35 4 Squadron, MiG-35 4 squadron,
    S-400 triump beli yg banyak :v, beli kapal destroyer Aegis, beli kapal destroyer nuklir Rusia, beli rudal Nuklir dri pakistan, beli kapal selam kilo, beli kapal selem shoryu. Beli pesawat pengebom TU 160 blackjack. Beli Tank Armata 500 unit
    .
    dah percaya deh. Gk bakal ada yg berani Usik indonesia :v
    hehe #ngayal

    •  

      Saya lebih demen kalo indonesia punya nuklir bro,…
      Soale yg pegang nuklir..ampir rata2 negara asia…rusia, china, india, pakistan, korut, …tepok jidat…

      •  

        Negara asia kn cuma pakistan n cina bro, israel,
        yg tanda tanya iran sama korut.
        Nuklir tu cuma monopoli barat bro, dari sudut lain “Barat” mengecam suatu negara punya senjata nuklir kyk wktu ngecam iran sama korut. Pdhl dia nya sndri punya.
        .
        tp mereka dg songongnya mengecam negara lain punya rudal nuklir.
        Heran aja sama pemimpin2 dunia yg cuma diem aja ngeliat kyk gini

  26.  

    Rusia nih wilnya 75 persen masuk asia, hanya karena ibukotnya di moskow makane dia masuk eropa,..india masuk asia mas bro.,..

    Nuklir iki bobot detergennya ngalah2i Rinso mas bro…sedep…

    Paling enak itu politik baek2 lah sama polisi dunia…jadi anak baik jgn plin plan…pasti deh akses kebuka smua bro…

    Xixixixixixi….

  27.  

    Bung @Zero-1 apakah anda Ndan Ngurah Rai ???

  28.  

    SAYA DUKUNG PAK MENHAN

    LAYAKNYA FILOSOFI GUNUNG ES, SAYA SANGAT YAKIN PEMBELIAN INI

    TIDAK HANYA SEKEDAR CHINOOK. CUKUP 25% YANG DILIATIN KELUAR,

    SISANYA SIMPAN DLM GUDANG

  29.  

    -dihapus oleh Admin

  30.  

    hely buatan Rusia memang bagus,Pentagon memaksa kongres Amerika untuk membeli hely tipe MI 17V5 untuk di Afganistan karena terbukti hanya hely rusia yang bisa bertahan di wilayah gurun yang berdebu.Sempat ditanda tangani kontrak untuk 3 unit hely dari 70 yang direncanakan. Masalahnya kemudian terganjal embargo yang dijalankan kemudian terhadap Rusia. Untuk Indonesia sulit memelihara hely buatan rusia ,cara bisnis Rusia sendiri yang belum bagus jadi penghalang. Hely TNI untuk perawatan rutin terpaksa di kirim ke Ukraina ,karena tehnologinya belum kita kuaisai . Kalau produk barat Indonesia sudah terbiasa.

  31.  

    omong2 tentang game ane dulu sering main game RA versi lama, n hampir smua tehnology dan kmampuan yg ada di game itu skrg ada, kecuali YURI yg dimiliki sovyet krena saya blm pernah tmukan fakta reel nya dimedia, tp klo memang ada kira2 om putin bisa nggak pinjemin ke RI syukur2 mau ajarin ke kita2, gak mgkin lah dr skian ratus juta nggak ada yg punya potensi seperti YURI,,

  32.  

    mustahil. tni ad sejak 2010 lewat jend pramono edhie wibowo sdh bersumpah no more ruskies. aplg dikarenakan eastern block weapons party jaman mbok mega ternyata lebih banyak masalahnya dari td2000, mi-17, mi-35 & grom

    realita terkini
    mi-17 2 skuadron batal bakalan digantikan blackhawk
    mi-35 1 skuadron tdk jadi berganti apache 3 skudron di natuna, bitubg & berau
    grom bakalan digantikan kombo mistral & giraffe
    td200 bakal digantikan forceshield

    artinya mi-26 tdk akan mungkin terwujud!! chinook pilihan terpilih tni ad tdk dpt diganggu gugat

  33.  

    Ane suka, akhirnya RI punya helikopter2 yg diidamkannya, baik dri Rusia ataupun ASU.
    Selanjutnya ane tunggu kemunculan heli canggih buatan dalam negeri yg akan membuat bangga anak bangsa.
    Majulah Indonesiaku!

  34.  

    Beli Heli Chinook 1 skuadron Ndan…terus jangan lupa…minta T O T nya sama Boeing….biar PT Dirgantara Indonesia tambah ilmu dan tambah pinter.
    Untuk negara yang rawan gempa bumi dan bencana alam,Heli Chinook sangat berguna.

  35.  

    kamuflase pak menhan ni dengan alasan sar, apakah dapet teOte untuk heli gandiwa nih??????

    •  

      yang luar biasa itu adalah helm apache yang order sampai 300 unit bung. padahal order apache-nya saja 8 unit x 2 = 16 unit. terus sisanya 284 unit buat apaan ya ? kalau buat spare part, kok banyak amat ya ? dengan teori 100% availability kan cukup order 32 unit saja cukup. kalau takut embargo ya tinggal order 50 saya rasa sudah lebih dari cukup. ini kok katanya order 300 unit.

  36.  

    keki niyee…

  37.  

    ane pilih cougar produk PT DI …
    maksimum bisa bawa 29 orang
    ToT sdh jelas proven …

    Chinook bisa bawa sekitar 44 orang
    beli cuman dikit
    ToT nya baru dikasih 10 thn lagi kalee …

    manuver lebih hot si cougar
    badan lebih ramping si cougar
    maintenance lebih mudah si cougar

  38.  

    PIYEE…, KAN WIS ONO COUGAR ?

    MANA NIH.. FANS TOT & PT.DI :mrgreen:

  39.  

    gw setuju tni beli chinook, bandel banget ni heli apalagi bareng ama blackhawk,, wahh mantab bung, produk buatan USA ini g diragukan lagi kehandalannya,, lanjutkan pak menhan