Helikopter KA-52 Alligator Kian Berotot

Tampilan Helikopter KA-52 tahun 2014 (foto:CommonWikipedia)

JakartaGreater.com – Mendapat pengalaman dari perang di Suriah, Rusia memodernisasi dan mengembangkan helikopter serang KA-52 menjadi helkiopter serang yang kian berotot dan bersenjata berat.

Helikopter KA-52K (foto:EnglishRussia)

Ini adalah tampilan helikopter KA-52K, varian terbaru dan tercanggih dari KA-52. KA-52K terlihat berotot dengan persenjataan penuh dan berat. Menggotong rudal anti tank terbaru dan paling canggih.

Rudal anti tank berpandu laser dan Rusia mengklaimnya sebagai rudal yang “pasti” mengenai targetnya. NATO memberi kode rudal tersebut sebagai “Scallions”, Rusia menyebutnya “Vikhr” atau “Whirlwind – Angin puyuh”.

Helikopter KA-52K (foto:EnglishRussia)

KA-52K dilengkapi 1 meriam tunggal Shipunov caliber 30mm. Di sayap sisi kanannya KA-52K menggotong roket anti tank berpandu radio “Spiral-2”, selain itu ada juga selongsong tabung dengan roket curah kaliber 80 mm atau 120mm yang bisa disesuaikan hulu ledaknya. Roket dapat menghancurkan kendaraan lapis baja atau memborbardir posisi benteng pertahanan musuh.

Selain itu menurut Andrei Boginsky- CEO pabrikan helikopter, KA-52K mendapatkan upgrade pada mesin generator untuk lebih meningkatkan tenaga. Memodernisasi sistem penjejak opto-elektronik targeting, juga fitur sistem perlindungan radio-elektronik dan pengurangan jejak radar dan jejak termal panas mesin.

Tinggalkan komentar