Mei 062017
 

Helikopter Kamov ka-52 dirancang untuk menghancurkan material tempur di segala kondisi cuaca, saat sepanjang hari, siang dan malam.

Helikopter Kamov 52 Rusia (commons.wikimedia.org)

Moskow – Helikopter pengintai serang Kamov Ka-52 Alligator (Hokum-B) pesanan Mesir kini memasuki tahap uji terbang. Helikopter yang dibeli dari Rusia ini rencananya akan diserahkan ke Mesir pada semester kedua (Juni) tahun 2017, ujar CEO Russian Helicopters Andrei Boginsky yang dilansir dari TASS Defense.

Rusia sepakat dengan Mesir untuk mengirimkan 46 unit helikopter pengintai serang Ka-52 Alligator yang sekaligus pengiriman ekspor pertama dari helikopter tersebut yang dimulai tahun 2017.

Februari 2017 helikopter pengintai serang Kamov Ka-52 Alligator telah melakukan serangkaian tes perdana untuk pembeli dari luar negeri. “Batch pertama dari helikopter pengintai serang Ka-52 dijadwalkan akan dikirim tahun ini sesuai ketentuan kontrak…”, menurut juru bicara Russian Helicopters.

Pada era 1990-an, Kamov dan Israel Aerospace Industries (IAI) mengembangkan helikopter kursi tandem, Kamov Ka-50-2 “Erdogan”, untuk bersaing dalam kompetisi helikopter serang Turki. Kamov juga merancang varian lain dari helikopter kursi tandem, yaitu Kamov Ka-52 “Alligator” (Hokum B)

Helikopter Kamov Ka-52 “Alligator” (Hokum-B) Rusia ini dirancang untuk menangani bermacam kendaraan perang seperti tank dan kendaraan lapis baja lainnya. Kamov Ka-52 juga mampu untuk melakukan operasi dukungan tembak serta misi pengawalan maupun patroli.

Helikopter Kamov 52 Rusia (Dmitry)

Spesifikasi Kamov 52

Ka-52 merupakan pengembangan lebih lanjut dan versi dua kursi dari helikopter Hokum Ka-50 yang terkenal. Helikopter serang ini mulai beroperasi dengan Angkatan Darat Rusia dan produksi skala kecil dimulai pada tahun 2008.

Ka-52 adalah salah satu helikopter serang tercepat dan paling bermanuver karena dua rotor utama kontra-rotasi koaksial. Helikopter ini dilapisi armor untuk menahan tembakan dari proyektil 23 mm. Pilot duduk di kursi ejeksi.

Pesawat tempur ini dipersenjatai dengan meriam 30 mm dan hingga 12 rudal anti-tank Vikhr. Heli ini juga dapat membawa roket (unguided) dan rudal udara ke udara Igla-V.

Ka-52 dilengkapi dengan sistem manajemen medan perang dan dapat bertukar data dengan helikopter lain, serta sumber pihak ketiga. Helikopter ini juga dimaksudkan sebagai pos komando udara untuk sekelompok helikopter. Ini menyediakan deteksi target dan mengkoordinasikan serangan.

JKGR

Bagikan:

  26 Responses to “Helikopter Kamov Ka-52 Mesir, Uji Terbang”

  1.  

    Heli tampilan garang

  2.  

    Baru liat, heli catnya orange begini….

  3.  

    serem nih kamov … tp lebih serem lagi kalo di beli g banyak cingcong..

  4.  

    woow,, telat lagi neh pesanan TNI kesalip mesir.. wkwkkkk..

  5.  

    Laris Manis..

  6.  

    busyettttt……!!!!!! 46 unit.tanpa ba-bi-bu maen borong aja nich Firaun.bung@JS….pasti girang bukan maen.dagangan lancar jaya….bonus mengalir deras ke kocek.wahhhh….nambah bisa nambah bini muda lgi nich. 😀

  7.  

    Ri beli ini….jgn di muat deh…artikelnya di jkgr…nasibnya kayak sukro-35…mbulet…, berbelit,… Kyk bnang kusut…, apa itu cuma klo bli alut dari rusia ya…,? Kayaknya Apache adem2 aja , lancar jaya, gak ribut soal telolet..eh tot…

  8.  

    Nah klo bikin judul itu spt ini…apa ga ngiler tu petinggi2 tni dgn ka-52 milik rusia….malaaahh beli blak hawk, ga abis pikir dgn keputusan menhan dan pihak terkait…pilih alutsista kok yg macem kelas teri yah…mbok ya sekalian yg kakap, kerapu dna paus bilaperlu…

  9.  

    Negara yg tipikal blanja nya mirip Indonesia…mesin dn Vietnam..kenapa hayo?wkwkwkwk

  10.  

    Tetep lebih moncer apache kemana2, udah kebukti dari vietnam war, gulf war dan syrian civil war ga pernah absen dan selalu terlibat

  11.  

    …Yonhap=kantor berita Zimbabwe.

  12.  

    Wuih sangar! Cuma sayang klu dr Rusia pemerintah RI njelimeeeet terlalu banyak persyaratan ba bi bu! Klu dr AS kok lancar jaya walau beli bekas, telat pengiriman dan rusak dlm pengirimanpun gak ada komplain! Aneh!

 Leave a Reply