Aug 042017
 

Demonstrasi penerbangan helikopter kepresidenan Sikorsky VH-92 di Palwaukee Municipal Airport dekat Chicago, AS. © Lockheed

Lockheed Martin (NYSE:LMT) hari ini mengumumkan penerbangan perdana dari helikopter uji yang disebut VH-92A untuk mendukung program penggantian Helikopter Kepresidenan VH-92A dari Korps Marinir AS. Penerbangan tanggal 28 Juli menandai dimulainya program uji terbang selama 250 jam, yang akan berlangsung di fasilitas Lockheed Martin di Owego, New York, seperti dilansir dari laman Defence Blog.

Helikopter tersebut telah melakukan penerbangan perdana dan dihari yang sama juga telah menyelesaikan penerbangan kedua di Sikorsky Aircraft di Stratford, Connecticut, AS. Waktu penerbangan total untuk dua sortir adalah satu jam, termasuk pengecekan kendali hover, penerbangan dengan kecepatan rendah dan terbang melintasi lapangan udara.

“Penerbangan perdana dari helikopter uji yang dikonfigurasi VH-92A ini merupakan tonggak penting bagi program ini. Dengan menguji komponen dan subsistem helikopter secara independen, sekarang kami bergerak maju untuk memulai kualifikasi sistem helikopter secara penuh melalui program pengujian terbang”, kata Spencer Elani, direktur program VH-92A di Sikorsky.

Saat program uji coba berlangsung, helikopter uji tersebut (Engineering Development Model 1 atau EDM-1) akan digabungkan dengan helikopter uji tambahan (EDM-2) selama program tes terbang (12 bulan). EDM-2 berada dijalur untuk penerbangan perdana akhir tahun ini.

Helikopter VH-92A didasarkan pada helokopter komersial S-92A yang sukses dan berafiliasi dengan Sikorsky, yang baru-baru ini mencapai satu juta jam terbang. Heikopter S-92A, yang dirakit di Coatesville, Pennsylvania, sedang dimodifikasi untuk memasukkan integrasi sistem misi yang ditetapkan pemerintah dan pejabat dalam negeri.

“Dengan tercatatnya penerbangan perdana yang sukses ini, kami berharap dapat menyelesaikan program uji terbang Sikorsky, pengujian operasional dan produksi helikopter ini untuk mendukung Lembaga Kepresiden Amerika Serikat”, menurut Korps Marinir AS, Kolonel Robert Pridgen, manajer program untuk Helikopter Kepresidenan Komando Angkatan Laut.

Angkatan Laut AS memberikan kontrak insentif dan produksi Engineering and Manufacturing Development (EMD) sebesar $ 1,24 miliar dengan opsi produksi kepada Sikorsky Aircraft tanggal 7 Mei 2014. Kontrak EMD akan menghasilkan total enam unit helikopter, yaitu dua unit helikopter uji dan empat unit helikopter produksi. Terdapat opsi tambahan produksi 17 unit helikopter pada tahun anggaran 2019.

VH-92A akan mulai beroperasi pada tahun 2020. VH-92A akan mengangkut presiden serta wakil presiden Amerika Serikat dan pejabat negara lainnya. Sikorsky membawa pengalaman yang tak tertandingi dan rekam jejak yang terbukti pada misi ini telah menerbangkan setiap panglima tertinggi AS sejak Presiden Dwight D. Eisenhower. VH-92A akan terus melanjutkan warisan ini selama beberapa dekade yang akan datang.

Bagikan Artikel :

  One Response to “Helikopter Kepresidenan VH-92A Terbang Perdana”

  1. Sial….. saya pikir heli presiden Jokowi !!…

 Leave a Reply